Baca Doa Sebelum Ujian, Insya Allah Lancar Ujiannya

Pinhome

Baca Doa Mau Ujian, Insya Allah Lancar Ujiannya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 25 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Allah SWT senantiasa menganjurkan umat-Nya untuk terus berdoa di segala suasana. Sebab, dengan berdoa kita akan semakin dekat dengan Allah SWT sehingga apa yang diharapkan terwujud. Selain itu, doa pun dapat membuat hati lebih tenang saat hati sedang gelisah. Salah satu kondisi yang menganjurkan untuk berdoa yakni ketika menghadapi ujian. Dengan membaca doa mau ujian, Pins akan diberikan keterbukaan pikiran dan kemudahan dalam mengerjakan soal. 

Pinhome – Berikut ini disebutkan beberapa doa ujian sekolah yang dapat Pins baca. Doa mau ujian ini bisa dibaca menjelang ujian atau beberapa waktu sebelumnya. Bahkan, dapat pula terus dibaca barangkali Allah SWT memberikan mukjizat atas hasilnya. 

Baca Juga: Agar Mudah Meresap Ilmu, Ini Dia Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar

Perintah Berdoa dalam Al-quran

(Pexels)

Berdoa merupakan salah satu tanda keimanan seseorang. Dengan berdoa, Pins dapat meraih keberkahan dari Allah SWT. Namun perlu diingat bahwa doa semestinya dilakukan dengan niat yang baik dan ikhlas. Selain itu, akan lebih bagus jika doa tersebut dibaca secara rutin. 

Perintah untuk berdoa termuat dalam surah Al-A’raf ayat 55-56, Allah SWT berfirman yang seperti berikut: 

ٱدْعُوا۟ رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُعْتَدِينَ (55) وَلَا تُفْسِدُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَٰحِهَا وَٱدْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٌ (56) مِّنَ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya: “Berdoalah kepada Rabb-mu dengan sikap rendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi setelah Allah memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut akan tidak diterima dan penuh harapan untuk dikabulkan. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” 

Dalam surah Al-baqarah ayat 186, Allah SWT pun berfirman sebagaimana berikut: 

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Baca Juga: Belajar Mengerti Apa Yang Dimaksud Dengan Ta’awun Dalam Islam

Doa Menghadapi Ujian

(Pexels)

Fungsi doa dalam Islam sangatlah beragam. Namun ada tiga hal utama yang menjadi fungsi pokoknya, yaitu sebagai ungkapan syukur, ungkapan penyesalan, serta permohonan atau harapan. 

Saat hendak mengikuti ujian kamu dapat memanjatkan doa agar segalanya dipermudah dan dilancarkan. Berikut ini ada beberapa doa mau ujian yang dapat Pins baca. 

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِيوَيَسِّرْ لِي أَمْرِيوَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِييَفْقَهُوا قَوْلِي

Arab latin: Rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul ‘uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī.

Artinya: “Ya Rabb-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” – QS. Thaha ayat 25-28

Lalu ada pula berikut: 

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Arab latin: Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

Doa ujian sekolah berikut juga dapat dibaca jika kamu ingin lebih tenang dan mantap hatinya. 

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

Arab latin: Rabbi yassir wa a’in wa laa tu’assir

Artinya: “Wahai Rabb-ku, mudahkanlah (urusanku). Bantulah aku, jangan Engkau persulit.”

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa siapa yang merasa was-was maka dapat membaca doa berikut ini. Hadis ini datang dari Aisyah ra sebagaimana terdapat dalam kitab Ibnu Sunni. Berikut bacaan doanya: 

آمَنْتُ بِاللَّهِ وَبِرُسُلِهِ

Arab latin: A mannaa billaahi wa birusulihi

Artinya: “Aku beriman kepada Allah dan rasulnya.”

Tak lupa, kamu pun bisa membaca potongan surah Al-Kahfi ayat 10. Berikut bacaannya: 

إِذْ أَوَى ٱلْفِتْيَةُ إِلَى ٱلْكَهْفِ فَقَالُوا۟ رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Arab latin: Iż awal-fityatul al-kahfi fa qālụ rabbanā ātinā mil ladunka raḥmataw wa hayyi` lanā min amrinā rasyadā 

Artinya: (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)”.

Doa berikut ini juga dapat Pins baca menjelang ujian atau saat belajar. 

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا ناَفِعًاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا 

Arab latin: Rodhitu billahi robba, wabil islami dina, wabi muhammadin nabiyya warasula. Robbi zidni ilma nafia warzuqni fahma. 

Artinya: “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Baca pula doa berikut, supaya apa yang kamu pelajari dapat menjadi amalan shaleh dan bekal masuk surga nanti. 

رَبِّ هَبْ لِيْ حُكْمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَۙ

Arab latin: Rabbi hablii hukman wa alhiqnii bisholihiin. 

Artinya: (Ibrahim berdoa):”Ya Rabbku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh. – QS. Asy Syuara ayat 83.

Doa menghadapi ujian di atas sebetulnya juga dapat dibaca kapan saja. Tak harus ketika mengikuti ujian sekolah atau ujian lainnya. Malah dengan sering membaca doa tersebut, Allah SWT akan senantiasa menuntun jalanmu. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut: 

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Arab latin: Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

Demikian ulasan mengenai doa menghadapi ujian. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel