0+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dengan Pengertian dan Struktur

Diperbarui oleh Bryan Dharmanta ∙ November 3, 2022 ∙ 43 menit membaca

Observasi merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang digunakan dalam suatu penelitian. Seperti apa contoh teks laporan hasil observasi?

Teks hasil observasi yaitu isi teks yang menjelaskan suatu informasi, baik itu informasi tentang hewan, tanaman, fenomena alam, hasil karya manusia, dan fenomena sosial yang sesuai dengan fakta, yang di dalamnya terdapat klasifikasi kelas dan subkelas berdasarkan observasi yang telah dilakukan.

Hasil observasi ini harus memaparkan hasil secara sistematik dan objektif sesuai kenyataan dan fakta yang ada. Hasil pengamatan tersebut dijelaskan dengan rinci sesuai dengan pengamatan yang dilakukan.

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan secara rinci mengenai teks laporan hasil observasi yang meliputi pengertian, ciri-ciri, fungsi, tujuan, kaidah kebahasaan, sifat, struktur, contoh serta cara menyusunnya. Apabila dijadikan sebuah pertanyaan barangkali sebagai berikut.

  1. Jelaskan pengertian atau definisi dari teks laporan hasil observasi?
  2. Sebutkan ciri-ciri teks laporan hasil observasi?
  3. Apa saja fungsi dari teks laporan hasil observasi?
  4. Apa tujuan dari teks laporan hasil observasi?
  5. Bagaimana kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi?
  6. Apa saja sifat teks laporan hasil observasi?
  7. Bagaimana cara membuat laporan hasil teks observasi?
  8. berikan contoh teks laporan hasil observasi dengan menggunakan berbagai topik?

Setidaknya artikel ini akan menjawab 8 pertanyaan di atas, silahkan simak sampai tuntas.

Baca juga: Contoh Teks Editorial

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi Menurut Ahli

(Unsplash)

Berikut ini merupakan pengertian atau definisi teks laporan hasil observasi yang diungkapkan oleh beberapa ahli.

  • Karl Welck, “Definisi observasi merupakan pencatatan, pemilihan, penyusunan, penandaan, penggantian dari serangkaian proses tingkah laku dan suasana yang memiliki hubungan dengan organisasi tertentu.”
  • Gibson, R.L dan Mitchell. M.H, “Observasi adalah teknik yang bisa dipergunakan untuk menyeleksi derajat dalam menentukan keputusan dan konklusi terhadap orang lain yang diamati. Pengamatan seperti ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus dibantu dengan metode penelitian yang lainnya.”
  • Prof. Dr. Bimo Walgito, “Observasi adalah suatu penelitian yang dijalankan secara sistematis dan disengaja diadakan dengan menggunakan alat indra (terutama mata) atas kejadian–kejadian yang langsung dapat ditangkap pada waktu kejadian berlangsung.”
  • Prof. Dr. Sofyan S. Willis, menurutnya observasi yaitu pengamatan yang dilakukan secara partisipan dan non – partisipan. Metode partisipan mengharuskan peneliti terlibat di dalam kegiatan anak – anak dan remaja. Sedangkan metode non – partisipan hanya mengamati dari luar, tidak perlu terlibat.
  • Nurkancana (1986), “Observasi adalah suatu cara untuk mengadakan penilaian dengan jalan mengadakan pengamatan secara langsung dan sistematis. Data-data yang diperoleh dalam observasi itu dicatat dalam suatu catatan observasi. Kegiatan pencatatan dalam hal ini adalah merupakan bagian daripada kegiatan pengamatan.”

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Terdapat 5 tujuan dalam pembuatan teks laporan hasil observasi sebagai berikut.

Mengatasi Suatu Persoalan

Salah satu dari tujuan dibuatnya teks laporan hasil observasi ialah untuk mengatasi suatu persoalan yang timbul. Teks laporan hasil observasi akan memudahkan untuk mengatasinya karena sudah diketahui dengan jelas persoalan yang akan dipecahkan.

Menemukan Ide, Teknik, Inovasi atau Cara Terbaru

Laporan dari hasil observasi memungkinkan kamu menemukan sebuah ide, gagasan, teknik atau cara terbaru yang lebih baik dan lebih efektif. Hal tersebut telah menjadi salah satu tujuan mengapa teks hasil laporan observasi harus dibuat.

Mengambil Keputusan yang Lebih Efektif

Pengambilan keputusan dirasa akan lebih efektif apabila ada laporan atau hasil dari lapangan. Sebab dengan begitu keputusan yang diambil akan lebih objektif, tidak berdasarkan pendapat dan keinginan pribadinya. Tentu hal ini amatlah penting, mengingat setiap keputusan yang diambil akan berdampak.

Melakukan Pengawasan atau Perbaikan

Laporan hasil observasi memiliki beragam kegunaan, salah satunya ialah untuk melakukan kontrol atau pengawasan terhadap apa yang terjadi di lapangan. Kemudian dengan begitu akan sangat mudah melakukan evaluasi apabila terjadi sebuah permasalahan.

Mengetahui Perkembangan Suatu Permasalahan

Suatu permasalahan atau persoalan yang terjadi akan sangat mudah diketahui apabila dibuat dalam suatu laporan. Mengapa demikian? Sebab dari laporan hasil observasi tersebut dapat dilihat permasalahan yang terjadi seperti apa. Sehingga jika pun dicarikan solusinya akan lebih mudah.

Baca juga: 30+ Kata Kata Lucu Bahasa Minang, Bikin Hari Makin Berwarna!

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

Laporan hasil observasi memiliki berbagai fungsi untuk menunjang berbagai kebutuhan. Tidak heran dalam sebuah penelitian, organisasi, perusahaan ataupun pemerintahan laporan hasil observasi kerap kali dibuat dengan bentuk teks atau tulisan.

Berikut beberapa fungsi dari laporan hasil observasi;

  • Melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan kegiatan setelah pengamatan.
  • Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan pemecahan masalah dalam melakukan pengamatan.
  • Sarana untuk dokumentasi
  • Sebagai sumber informasi terpercaya.

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Laporan dapat dikatakan sebuah hasil observasi apabila memiliki ciri-ciri yang ditetapkan serta memenuhi syaratnya. Apa saja ciri-ciri dari teks laporan hasil observasi?

  • Bersifat objektif, global, universal.
  • Objek yang akan dibicarakan/dibahas ialah objek tunggal.
  • Ditulis secara lengkap dan sempurna.
  • Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan, bukan hoax.
  • Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.
  • Tidak mengandung prasangka atau pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat.
  • Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.

Sifat Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut sifat dari teks laporan hasil observasi;

NoSifatPenjelasan
1Informatifmemberikan informasi yang berguna mengenai objek yang diamati kepada pembaca.
2KomunikatifTeks tersebut menggunakan bahasa yang seolah-olah membuat kita sedang berkomunikasi dengan teks tersebut, dengan tujuan agar isi laporan dalam teks lebih mudah dimengerti.
3ObjektifTeks laporan tersebut harus faktual dan berpatokan pada informasi yang sah tentang apa yang benar-benar terjadi, bukan hoax atau karangan semata.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Seperti halnya struktur artikel, teks dari laporan hasil observasi memiliki struktur yang terbagi ke dalam beberapa bagian, misalkan bagian umum, objek atau aspek, definisi umum serta definisi bagian. Berikut penjelasan terkait hal-hal tersebut.

  • Pernyataan umum (klasifikasi), merupakan pembuka atau pengantar mengenai hal yang dilaporkan, pada tahap ini akan disampaikan bahwa benda-benda di dunia bisa diklasifikasikan atau dikelompokkan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
  • Objek atau aspek yang dilaporkan merupakan bahasan atau rincian tentang objek yang diamati.

Selain struktur di atas, beberapa sumber ada yang menjelaskan mengenai struktur dari teks laporan hasil observasi adalah sebagai berikut.

  • Definisi umum, merupakan pembukaan yang berisi pengertian mengenai sesuatu yang dibahas di dalam teks.
  • Definisi bagian, merupakan bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf atau penjelasan rinci.

Baca juga: Contoh Proposal Usaha Dan Business Plan

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini adalah kaidah-kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi;

  1. Menggunakan verba relasional, seperti : ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut (digunakan untuk menyatakan definisi pada istilah teknis atau istilah yang digunakan secara khusus pada bidang tertentu).
  2. Menggunakan verba aktif alam untuk menjelaskan perilaku, seperti : bertelur membuat, hidup, makan, tidur, dan lainnya.
  3. Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi.
  4. Menggunakan paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi utama, diikuti rincian aspek yang hendak dilaporkan dalam beberapa paragraf.
  5. Menggunakan kata keilmuwan atau teknis, seperti : herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, syndrom, dan lain-lain.
  6. Menggunakan kata penghubung yang menyatakan: tambahan (dan, serta), perbedaan (berbeda dengan), persamaan (sebagaimana, seperti halnya, demikian dll), pertentangan (sedangkan, tetapi, namun dll), pilihan (atau).

Langkah Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi

Langkah-langkah menyusun teks laporan hasil observasi adalah sebagai berikut;

  1. Membuat judul laporan sesuai dengan pengamatan yang telah dilakukan.
  2. Mengumpulkan data atau bahan dari pengamatan
  3. Membuat kerangka teks yang condong ke pembuatan gagasan utama sesuai dengan hasil pengamatan.
  4. Menyusun teks berdasarkan gagasan utama yang telah dibuat, diawali dengan paragraf pernyataan umum lalu ke bagian isi, setelah membuat klasifikasi secara umum, langkah berikutnya yaitu menjabarkan klasifikasi tersebut berdasarkan hasil pengamatan atau secara khusus.
  5. Meneliti kembali hasil penulisan teks, apabila ada kalimat janggal atau salah penulisan, segera perbaiki kembali.

Syarat atau Kriteria Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut adalah syarat atau kriteria yang harus terpenuhi dalam membuat dan menyusun teks laporan hasil observasi.

No Syarat atau Kriteria
1Mempunyai susunan struktur teks yang urut dan lengkap.
2Dalam struktur teks tidak mempunyai kesimpulan/penutup.
3Di dalam teks tidak ada opini dari penulis.
4Teks menjelaskan sebuah informasi yang benar adanya atau fakta.

Perbedaan Teks Laporan dengan Teks Deskripsi

Umumnya teks laporan hasil observasi memiliki bentuk yang hampir sama dengan teks deskripsi, padahal sebenarnya sifat kedua teks tersebut berbeda.

Teks laporan menggambarkan sesuatu secara umum dan sesuai fakta apa adanya tanpa ada opini/pendapat penulis.

Sedangkan teks deskripsi menggambarkan secara khusus (unik dan individual) dan menggambarkan sesuai
dengan sudut pandang penulis.

Baca juga: Contoh Teks Biografi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

(Unsplash)

Berikut ini adalah beberapa contoh mengenai teks laporan hasil observasi yang dapat kamu pelajari.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah (Pendidikan)

Pentingnya Pendidikan di Indonesia

Pendidikan merupakan hal yang paling penting untuk anak atau kita karena pendidikan suatu jenjang mendidik karakter kita.

Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang harus diperhatikan, disiapkan, dan diberikan sarana dan prasarananya dengan baik. Kita berharap memiliki generasi penerus yang berkompetensi, yakni pengetahuan, sikap, dan keterampilan atau sering kita dengar afektif, kognitif, dan psikomotorik yang direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan juga merupakan kewajiban bagi semua warga Negara yang harus dilaksanakan untuk meningkatkan kemajuan dan membentuk sebuah karakter Negara tersebut.

Pendidikan dapat membedakan manusia dari segi kedudukannya di masyarakat. Orang yang berpendidikan tinggi akan jauh lebih dihargai orang lain dalam masyarakat. Dari segi tingkat atau kedudukan dalam pekerjaan, pendidikan juga sangat berpengaruh.

Apalagi kalau sudah menyangkut pada jabatan, tentu orang yang berpendidikan tinggi dapat diposisikan pada kedudukan yang lebih tinggi pula.

Sebaliknya, orang yang berpendidikan lebih rendah akan diposisikan pada kedudukan atau jabatan yang lebih rendah pula dalam pekerjaannya. Karena setiap bidang pekerjaan disesuaikan dengan kemampuan seseorang, agar bisa melaksanakan pekerjaannya dengan baik.

Hal tersebut juga akan menentukan pendapatan dari setiap pekerjaannya. Pendidikan dasar dapat dilakukan oleh orang tua di rumah, karena keluarga merupakan lembaga pendidikan dasar. Di sini jelas, peran orangtua sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak.

Namun dari waktu dan cara yang dilakukan di lembaga formal, misalnya sekolah, memang sudah diatur sedemikian rupa agar bisa berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan oleh lembaga yang sesuai dengan tingkat pendidikannya.

Selain memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan, lembaga pendidikan juga berfungsi sebagai sarana, alat, atau cara untuk mengembangkan kepribadian, emosional, moral, dan sosial.

Kemampuan ini sangat berguna bagi anak ketika memasuki dunia masyarakat, tidak lain  agar komunikasi atau interaksi anak dengan lingkungan sekitar dalam masyarakat berjalan dengan baik.

Baca juga: 4 Sifat Umar Bin Khattab Yang Patut Diteladani

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Cara Mengatasi Masalah Sampah

Menumpuknya sampah di berbagai tempat, seperti tempat pembuangan sampah (TPS), sungai dan bahkan di tempat-tempat umum, lambat laun akan menjadi persoalan yang serius, terutama untuk kesehatan serta pencemaran lingkungan.

Hal tersebut tidaklah hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab masyarakat luas secara umum. Sebab tidak mungkin rasanya pemerintah dapat bekerja sendiri, sedang masyarakat tidak sadar akan lingkungan.

Diketahui dari beberapa penelitian yang dilakukan, penyumbang sampah terbesar ialah berasal dari sampah rumah tangga. Meskipun jumlah sampah yang diproduksi tiap harinya sedikit, akan tetapi sampah yang dihasilkan terus menerus secara continue.

Untuk itu sudah waktunya masyarakat sadar akan lingkungan dan dapat mengelola sampah secara mandiri, mulai dari mengklasifikasikan sampah hingga mengelola sampah, misal dijadikan kompos untuk sampah dengan jenis organik.

Seperti yang telah disinggung dalam bagian sebelumnya, masyarakat harus mampu mengklasifikasikan jenis-jenis sampah. Tujuan agar mereka dapat melakukan pengelolaan secara mandiri.

Terdapat 2 jenis sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik sendiri dapat dimanfaat oleh masyarakat sebagai kompos. Sampah yang termasuk ke dalam sampah organik misalnya kertas, sisa makanan, sisa sayuran, kulit buah dan lain sebagainnya.

Sedangkan sampah anorganik seperti kaca, plastik, popok pembalut dan sejenis dapat masyarakat kelola melalui petugas sampah. Dengan demikian lingkungan diharapkan akan bebas dari sampah, terutama sampah yang berasal dari rumah tangga.

Maka dari itu, sampah sebaiknya ditanggulangi dengan sungguh-sungguh oleh berbagai pihak, sebab hal ini akan menjadi ancaman yang serius bagi lingkungan secara global.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Kucing

Kucing merupakan hewan dengan jenis mamalia dari keluarga atau famili felidaeKucing dapat dikelompokan ke dalam dua kelompok, yakni kucing besar dan kucing rumahan.

Kucing besar ialah seperti harimau, macan, macan kumbang, cheetah, jaguar dan lainnya. Sedangkan untuk kucing dengan kategori kucing rumahan ialah kucing dengan jenis yang dipelihara oleh masyarakat. Baik kucing besar maupun kucing rumahan, keduanya merupakan hewan karnivora, yaitu pemakan daging.

Kucing yang umumnya dipelihara oleh masyarakat, atau yang kita kenal kucing rumahan adalah kucing dengan berat badan maksimal 16 kg, panjang 60 cm dan memiliki panjang 45 cm.

Kucing memiliki cakar dan taring yang tajam, apabila mereka sedang merasa terancam, cakar dan taring biasanya dikeluarkan.

Menurut beberapa penelitian, kucing merupakan hewan peliharaan paling populer. Terdapat beberapa alasan mengapa hewan lucu ini menjadi peliharaan favorit, selain menggemaskan kucing juga terkenal dengan kejinakannya.

Kelinci

Kelinci adalah hewan mamalia dari Family Leporidae, yang dapat kita temukan di berbagai negara dan banyak tempat di belahan bumi ini. Kelinci terkenal dengan bentuk dan tingkahnya yang lucu. Pada mulanya hewan ini merupakan hewan liar yang tersebar di Benua Afrika.

Berdasarkan jenisnya kelinci dibedakan ke dalam dua kategori, yaitu kelinci liar dan kelinci peliharaan. Sedangkan berdasarkan jenis bulunya, kelinci dibedakan ke dalam 2 jenis, yaitu kelinci dengan bulu pendek dan kelinci dengan bulu panjang atau lebat.

Selain dijadikan sebagai hewan peliharaan, beberapa jenis kelinci, seperti kelinci dengan bulu pendek biasanya dijadikan sebagai bahan konsumsi.

Daging kelinci yang gurih dan empuk menjadikan kelinci menjadi makanan favorit di kalangan masyarakat, terutama mereka pecinta daging.

Selain memiliki rasa yang nikmat, daging kelinci dipercaya memiliki berbagai khasiat, seperti mengobati asma, liver, radang tenggorokan serta asam urat.

Kupu-Kupu

Kupu-kupu merupakan hewan bersayap, mereka masuk ke dalam kingdom animalia. Sedangkan filumnya adalah arthropoda, yaitu hewan dengan kaki beruas-ruas atau berbuku.

Arthropoda sendiri terbagi ke dalam beberapa kelas, diantaranya Insecta, Arachnida, Crustacea, dan Myriapoda. dan kupu-kupu termasuk ke dalam Insecta.

Kupu-kupu adalah hewan bersayap yang sangat indah, maka tidaklah heran apabila banyak orang merasa takjub dengan bentuk kupu-kupu.

Mereka memiliki banyak jenis, bahkan berdasarkan penelitian terdapat ribuan jenis kupu-kupu yang tersebar di dunia ini. Jenis kupu-kupu dapat dibedakan dengan melihat warna dan bentuk dari sayapnya.

Kupu-kupu memiliki peran penting dalam ekosistem, dimana mereka membantu tumbuhan melakukan penyerbukan. Bahkan beberapa jenis kupu-kupu dapat menghasilkan benang sutra.

Kuda

(Wikipedia)

Pernyataan umum:

Kuda adalah salah satu jenis mamalia yang sudah banyak menolong manusia dalam melakukan pekerjaan selama ribuan tahun ini.

Tenaga yang dimiliki kuda ini banyak dimanfaatkan manusia untuk mengangkat barang dan bepergian jauh. Bahkan sekarang ini banyak olahraga yang melibatkan kuda dalam pelaksanaannya, contohnya adalah pacuan kuda.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Kuda adalah 1 dari 10 spesies mamalia modern dari genus equus.

Kuda juga merupakan hewan peliharaan yang penting baik itu secara historis maupun ekonomis, dan sudah memegang peranan yang sangat penting dalam pengangkutan orang maupun barang selama ribuan tahun.

Kuda dapat dinaiki oleh manusia dengan memakai sadel, selain itu juga dapat digunakan untuk menarik sesuatu seperti kendaraan yang beroda atau bisa juga untuk membajak.

Di beberapa daerah, kuda dipakai digunakan sebagai sumber makanan. Meskipun peternakan kuda sudah ada sejak 4500 SM, namun bukti-bukti penggunaan kuda untuk kepentingan manusia baru ditemukan 2000 SM.

Kuda-kuda ringan seperti Quarter Hoise, Morgan, Paint, Arab, dan Thoroughbread beratnya dapat mencapai 590 kg.

Sedangkan kuda yang berat atau kuda beban, contohnya seperti Percheron, Draft,Shire, dan Clydesdale beratnya bisa mencapai 907 kg.

Baca juga: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi.

Kambing

Contoh Teks LHO Kambing
(Pinterest)

Pernyataan umum:

Kambing adalah seekor binatang pemamah yang baik dengan ukuran sedang. Kambing ternak adalah sub spesies dari kambing liar yang tersebar di Asia Barat Daya dan Eropa. Kambing jantan dan betina mempunyai dua tanduk, ukuran tanduk kambing jantang lebih besar dibanding betina.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Biasanya kambing mempunyai janggut, ekor yang agak keras, dahi yang cembung, dan kebanyakan rambutnya kasar lurus.

Panjang tubuh dari kambing liar (tidak termasuk ekor) bisa mencapai 1,4 meter, sedangkan ekornya bisa mencapai 15 cm. Bobot dari kambing betina adalah 55-55 kg, sedangkan untuk kambing jantan dapat mencapai 120 kg.

Kambing liar ini tersebar mulai dari Spanyol ke arah timur sampai di India, kemudian dari India ke utara sampai di Siberia dan Mongolia. Habitat yang disukai kambing ini adalah pegunungan yang berbatu.

Kambing sudah mulai dibudidayakan sejak 8000-9000 tahun yang lalu. Di habitat aslinya, kambing berkelompok dengan 5 – 20 ekor. Dalam pencarian makannya, kelompok kambing akan dipimpin oleh betina yang paling tua.

Sedangkan kambing jantang di sini berperan untuk menjaga keamanan dari kawanannya. Waktu aktif dalam mencari makan adalah siang dan malam hari. Makanan utama kambing adalah dedaunan dan rumput-rumputan.

Ayam

contoh
(Cantiks)

Pernyataan umum:

Ayam merupakan jenis hewan unggas yang biasanya dipelihara oleh orang-orang untuk dijadikan hewan ternak dan diambil daging serta telurnya untuk lauk sehari-hari. Jenis ayam dibagi menjadi dua jenis yaitu ayam petelur dan ayam pedaging.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Ayam mempunyai jalu di kakinya, jengger, dan bulu yang warnanya bervariasi. Ada yang berwarna cokelat, hitam kemerahan, hitam, dan sebagainya. Ayam ini mempunyai kaki dengan tiga jari dan satu jari berada di belakang. Ayam biasanya berkokok di pagi dan sore hari.

Daging ayam memiliki banyak sekali kegunaan, salah satunya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Selan itu telur ayam juga berguna untuk kalian yang sedang ingin diet.

Sapi

Contoh Teks LHO Sapi
(Pertanianku)

Pernyataan umum:

Sapi adalah hewan ternak yang menghasilkan susu dan bisa diambil dagingnya, sapi mempunyai tanduk, berkuku gelap, berbulu tipis, bertubuh besar, berkaki empat, dan merupakan hewan mamalia dan herbivora yang memiliki kelenjar susu.

Berdasarkan ada atau tidaknya kelenjar susu sapi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sapi potong dan sapi perah.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Sapi perah adalah sapi betina yang dipelihara untuk diambil susunya, sapi perah yang dapat dipelihara adalah sapi perah peranakan. Sapi peranakan ini bisa menghasilkan sampai dengan 25 liter/hari susu namun normalnya antara 12-20 liter per harinya.

Sapi perankan mempunyai bulu yang berwarna putih dan belang hitam serta ada segitiga putih di bagian kepalanya.

Sedangkan sapi potong adalah sapi yang dipelihara untuk diambil dagingnya. Ciri-ciri sapi potong adalah bertubuh besar, bentuknya balok atau segi empat, laju pertumbuhan cepat, kualitas daging bagus, tidak terserang penyakit.

Sapi mempunyai banyak sekali kegunaan, mulai dari susunya yang dapat dijual atau diolah menjadi minuman / makanan dengan protein kalsium yang bagus untuk manusia. Daging sapi juga bisa digunakan untuk makanan yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

Burung Merpati

Contoh Teks LHO Burung Merpati
(PeakPX)

Pernyataan umum:

Burung merpati atau burung dara adalah salah satu hewan yang hidup di berbagai belahan dunia, karena burung jenis ini ditemui di seluruh belahan dunia kecuali Antartika. Burung merpati hidup berdampingan dengan manusia sebagai hewan peliharaan.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Burung merpati termasuk burung berukuran sedang. Ukuran panjang burung ini antara 20 cm hingga 30 cm dan berat antara 700 gram hingga 900 gram. Merpati adalah burung berbadan gempal dengan leher pendek dan paruh ramping pendek.

Burung merpati memiliki beragam jenis warna, antara lain coklat, putih, hitam, atau perpaduan dari beberapa warna tersebut. Makanan burung ini adalah biji-bijian seperti, jagung, beras, kacang hijau, dan lain sebagainya. Merpati merupakan binatang pemakan biji-bijian.

Burung merpati biasanya tinggal di dalam sarang berbetuk balok dengan lubang persegi sebagai pintunya. Pada habitat alamnya merpati membangun sangkarnya dari ranting dan sisa-sisa lainnya, yang ditempatkan di pepohonan, birai, atau tanah, tergantung spesiesnya. Sarang burung merpati sering di sebut pagupon. Pagupon biasanya ditempel di dinding rumah pemilik burung merpati.

Deskripsi Manfaat

Burung merpati dapat digunakan dalam perlombaan atau kontes kecantikan burung merpati. Perlombaan merpati yang sering dijumpai adalah belapan. Balapan biasanya dilakukan untuk dengan cara menerbangkan dari jarak jauh secara bersamaan. Merpati yang sampai terlebih dahulu di tempat perlombaan sebagai pemenang.

Merpati sering diapakai sebagai lambang perdamaian oleh manusia dan sering digambarkan sedang memegang daun zaitun, menurut catatan dahulu merpati pernah dipakai untuk mengirim surat dengan mengikatkan surat di kakinya.

Populasi burung merpati di Indonesia sangatlah besar, namun kebanyakan burung merpati di Indonesia adalah peliharaan. Keberadaan burung merpati liar sangatlah sedikit, mungkin hal ini karena berkurangnya habitat merpati karena pesatnya pembangunan.

Buaya

Contoh Teks LHO Buaya
(Medium)

Pernyataan umum:

Buaya adalah hewan pemakan daging (karnivora).Dan banyak jenis-jenis buaya yaitu , buaya Kalimantan, buaya siam, buaya irian, buaya sahul, buaya muara, dan buaya senyulong.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Buaya kalimantan adalah buaya yang mirip dengan buaya muara. Lantaran itu, buaya kalimantan ini statusnya masih menjadi perdebatan para ahli. Dan buaya ini hanya bisa di temukan di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Buaya Siam adalah buaya yang relatip kecil ukurannya dengan panjangnya maksimal empat meter dan panjang umumnya dua sampai tiga meter. Dan buaya siam ini dapat di jumpai di Thailand, Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja. Dan di indonesia buaya ini hanya terdapat di daerah jawa dan kalimantan.

Deskripsi Manfaat

Manfaat Hewan karnivora ini adalah untuk menambah ekosistem dan untuk menambah koleksi hewan, dan juga kulit nya bisa digunakan untuk membuat tas, jaket,dompet, dan sepatu.

Ikan

Contoh Teks LHO Ikan
(Pelago)

Pernyataan umum:

Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (beradarah dingin) yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 di seluruh dunia secara taksonomi.

Ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan, biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang, ikan bertulang rawan, ikan bertulang keras.

Sampai saat ini, ikan pada umumnya dikonsumsi langsung. Ikan dapat diolah menjadi ikan kering, dendeng ikan, abon ikan, kerupuk ikan, ikan asin, kemplang, baso ikan dan tepung darah ikan sebagai pupuk tanaman dan pakan ikan.

Anggota / aspek yang dilaporkan:

Berikut adalah unit-unit yang mencakup semua vertebrata yang bisa disebut sebagai ikan.

  • Kelas Theladonti
  • Kelas Anaspida
  • Clephalaspidormorphi
  • Hyperoartia
  • Petromyzontidae
  • Kelas Galeaspida
  • Kelas Osteostraci

Deskripsi Manfaat

Kandungan ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Contoh Teks LHO Tumbuhan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Kelapa

Pohon kelapa atau dalam bahasa latinnya Cocos nucifera merupakan jenis tumbuhan palem dengan batang tinggi. Memiliki buah yang dilapisi dengan serabut serta tempurung yang keras, sedang untuk bagian dalam terdapat daging kelapa berwarna putih serta air yang jernih.

Pohon kelapa setidaknya memiliki tinggi lebih dari 3 meter, memiliki daun yang berwarna hijau dan panjang. Apabila merincinya, kelapa memiliki beberapa bagian, seperti akar, batang, buah dan pelepah. Pohon ini biasanya banyak kita temukan di daerah pantai.

Kemudian untuk manfaat, kelapa memiliki berbagai manfaat, terutama buahnya, selain dijadikan sebagai minuman, kelapa juga biasa dimanfaatkan sebagai rempah untuk memasak.

Selain itu, beberapa manfaat bagi kesehatan, diantaranya wasir, luka bernanah, disentri serta dapat mengatasi keracunan, sebab kelapa dapat menetralisir racun. Bukan hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, akan tetapi bagian lain, seperti daun untuk janur dan sapu lidi.

Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk tanaman paling populer dan terlaris yang ada di dunia, hal ini berpotensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat atau kebutuhan industri. Tanaman dengan nama latin Aloe Vera atau Aloe Barbadensis Milleer sangat mudah dibudidayakan di berbagai tempat.

Meskipun lidah buaya dapat dikembangkan di berbagai daerah, akan tetapi daerah yang cocok untuk mengembangkan tanaman ini ialah di daerah-daerah yang memiliki suhu panas. Makanya tidaklah heran apabila menemukan lidah buaya yang ditanam di dalam pot.

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, lidah buaya memiliki daun yang agak runcing berupa taji dengan tekstur daun bintik-bintik. Sedangkan untuk ukurannya, lidah buaya memiliki panjang 15-36 cm serta lebar 2-6 cm.

Sejauh ini lidah buaya dikenal sebagai tumbuhan yang kaya manfaat, bahkan dapat menyembuhkan beberapa penyakit, seperti amandel, sakit mata, keseleo, bisul serta manfaat lidah buaya yang paling terkenal yaitu untuk melebatkan rambut.

Baca juga: Contoh Teks Anekdot

Bunga Bougenville

Contoh Teks LHO Bunga Bougenville
(Bonsai2u)

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang Bunga Bougenville, simak di bawah ini.

Definisi Umum

Bunga bugenvil atau yang yang memiliki nama Latin yaitu Bougenville atau kita sering menyebutnya dengan nama bunga kertas adalah bunga yang banyak dijumpai di sekitar lingkungan hidup kita.

Bunga Bougenville disebut juga sebagai bunga kertas dikarenakan memiliki selendang bunga yang tipis yang mirip dengan kertas.

Bunga bugenvil juga memiliki nama ilmiah yang nama tersebut diambil dari nama seorang prajurit angkatan laut yang berasal dari Perancis yang bernama Sir Louis Antoine de Bougenville.

Bunga bugenvil dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki bentuk yang indah dan warnanya yang cantik serta tidak sulit dalam perawatannya.

Definisi Bagian

Bunga bugenvil merupakan bunga yang berasal dari Amerika Selatan. Bunga jenis ini dapat tumbuh di daerah tropis maupun subtropis di Amerika Selatan.

Pada saat menghubungkan file ingin memekarkan bunganya, kebiasaan yang dilakukan oleh bunga ini yaitu merontokkan daunnya. Bentuk bunga ini yaitu seperti pohon kecil yang sulit untuk tumbuh tegak.

Warna dari bunga bugenvil terdapat banyak jenis warna antara lain seperti warna putih, warna ungu, pink atau merah jambu, jingga, warna merah terang dan lain sebagainya.

Definisi Manfaat

Bunga ini memiliki ukuran yang kecil, akan tetapi bunga bugenvil juga memiliki manfaat berguna bagi manusia. Manfaat bunga bougenville dapat dijadikan sebagai bunga pada kegiatan upacara pemakaman bagi para kaum Cina dan juga India. Dapat dijadikan kan untuk tatanan rambut dan manfaat yang lainnya.

Bunga Euphorbia

(Haibunda)

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi singkat Bunga Euphorbia, simak di bawah ini.

Definisi Umum

Bunga euphorbia atau yang memiliki nama Latin yaitu Euphorbia Millii merupakan bunga yang pada bagian batangnya ditumbuhi oleh banyak duri yang tajam.

Dari negara asalnya itu Madagaskar, nama bunga euphorbia diambil dari salah satu dokter yang berasal dari kerajaan Juba Mauritania di Afrika Utara yang bernama Euphorbus.

Faktor inilah ah yang menjadikan bunga eforbia yang tadinya berada pada gurun pasir menjadi bunga yang dijadikan sebagai tanaman hias pada kerajaan.

Definisi Bagian

Bunga euphorbia memiliki ciri-ciri yaitu memiliki berbagai jenis pada warna bunganya seperti warna putih, merah, pink dan yang lainnya, pada bagian batangnya ditumbuhi oleh duri duri yang tajam, dan memiliki kelopak bunga yang berukuran kecil. Bunga euphorbia memiliki tinggi sekitar 150 cm dan memiliki lebar 100 cm.

Bunga euphorbia adalah jenis bunga yang perawatannya tidak perlu disiram menggunakan air yang banyak, justru bunga euphorbia sangat menyukai panas terik dari sinar matahari.

Media tanam pada bunga euphorbia dapat berupa serbuk kulit kelapa, sekam bakar, kotoran kambing dan pasir tembikar Malang yang memiliki butiran yang tidak terlalu kecil. Penyiraman bunga euphorbia dilakukan kan sehari sekali dapat pada sore hari ataupun pagi hari.

Definisi Manfaat

Manfaat dari bunga euphorbia yaitu tentunya dapat dijadikan sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik lingkungan tempat tinggal kamu.

Selain dapat dijadikan sebagai tanaman hias, tumbuhan euphorbia di dapat dijadikan sebagai obat herbal namun kita juga harus tahu dosis pemakaian dari tumbuhan ini karena tumbuhan euphorbia adalah tumbuhan yang beracun.

Rumput Laut

(WBUR)

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Rumput Laut, simak di bawah ini.

Definisi Umum

Tumbuhan rumput laut atau yang biasa disebut dengan tanaman gulma laut adalah salah satu sumber daya hayati yang hidupnya tumbuh dan berkembang di wilayah pesisir dan di dasar laut.

Tumbuhan rumput laut atau gulma laut yang memiliki bahasa Latin yaitu seaweed. Rumput laut merupakan anggota yang berasal dari kelompok vegetasi atau yang biasa dikenal sebagai ganggang atau alga.

Definisi Bagian

Biasanya rumput laut dapat hidup dan tumbuh di atas pasir dan juga karang yang mati. Rumput laut banyak ditemui pada daerah pantai bagian Selatan Jawa dan Pantai Barat Sumatera yang memiliki batu karang.

Rumput laut dapat juga ditemui pada Pantai Selatan di wilayah Jawa Barat seperti Pantai Santolo, pantai Sayang Heulang di kabupaten Garut.

Ciri-ciri dari tanaman rumput laut antara lain yaitu autotroph, eukariot multiseluler, berklorofil dan multiseluler. Tanaman rumput laut juga hanya dapat tumbuh hidup di daerah perairan dan memiliki cara gerak motil (kekuatan sendiri), motil (tidak dapat bergerak.

Rumput laut dapat berkembangbiak dengan cara membelah sel, fragmentasi serta juga pembentukan zoosprora. diketahui apabila kadar esterogen yang ada di dalam tubuh terlalu tinggi maka akan menyebabkan timbulnya kanker yang ada di dalam tubuh.

Penelitian telah dilakukan pada penderita kanker yang ada di Amerika bahwa jika wanita yang melakukan diet ketat dengan hanya mengkonsumsi serat tinggi serta mengurangi asupan lemak dari daging dan susu.

Maka akan memiliki kadar estrogen yang rendah, dan hal tersebut dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker.

Definisi Manfaat

Tumbuhan rumput laut memiliki manfaat dapat mencegah kanker apabila dikonsumsi dengan aturan yg ada. Pesawat banyak mengandung serat, seng dan selenium yang tinggi yang berfungsi untuk mereduksi estrogen. Apabila kadar esterogen dalam tubuh yang terlalu tinggi maka akan dapat menyebabkan timbulnya kanker.

Bunga Anggrek Bulan

teks laporan hasil observasi tentang tanaman

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi singkat Bunga Anggrek Bulan, simak di bawah ini.

Definisi Umum

Tumbuhan anggrek bulan atau hanya memiliki nama latin yaitu Phalaenopsis Ambilis adalah tanaman yang yang masuk ke dalam salah satu suku tumbuhan berbunga yang juga ditetapkan sebagai puspa pesona yang berasal dari negara Indonesia yang termasuk ke dalam jenis Genus Phalaenopsis.

Bagian

Tumbuhan anggrek bulan termasuk tumbuhan yang masuk ke dalam jenis Anggrek Ochidaceae yang mana ciri-ciri dari anggrek yaitu memiliki kelopak bunga yang lebar.

Tanaman Anggrek Bulan merupakan tanaman yang berasal dari wilayah Asia tenggara dan Saat ini Anggrek Bulan dapat ditemukan diseluruh bagian dunia kecuali di wilayah benua Antartika.

Pertama kali tumbuhan Anggrek Bulan ditemukan di daerah Maluku, dan tanaman ini termasuk ke dalam tumbuhan Epifit.

Manfaat

Tumbuhan anggrek bulan juga memiliki manfaat untuk dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena anggrek bulan memiliki warna yang indah.

Perawatan anggrek cukup mudah dibandingkan dengan jenis bunga yang lainnya, misalnya seperti bunga mawar, bunga dahlia, bunga melati dan lain sebagainya.

Kelebihan dari tanaman anggrek bulan yaitu tidak membutuhkan banyak ruang jika ingin menanamnya karena tumbuhan ini dapat hidup meski hanya di gantung di dalam pot.

Penutup

Bulan dapat dibudidaya karena hanya membutuhkan sistem yang sederhana, yaitu hanya dengan menyebarkan biji atau bibit tanaman bunga Anggrek Bulan dan hanya dengan menyetek.

Media tanah yang digunakan untuk menanam bunga anggrek bulan yaitu arang kayu, serabut kelapa, potongan batu bata atau genting.

Bunga Mawar

(Wikimedia Commons)

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi singkat Bunga Mawar, simak di bawah ini.

Definisi umum

Mawar merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer dan merupakan jenis tanaman semak dari Genus Rosa. Tanaman mawar memiliki tinggi kurang lebih sekitar 2-5 meter dan memiliki lebih dari 100 spesies.

Tanaman bunga mawar yang memiliki batang yang dikelilingi oleh duri yang tajam, licin dan halus dan daun bunga mawar yaitu menyirip dan memiliki panjang kurang lebih sekitar 5-15 cm.

Bunga mawar memiliki berbagai jenis warna, seperti warna merah, warna putih, warna biru, warna merah muda, dan terdapat pula bunga mawar yang memiliki warna hitam.

Pada bunga mawar memiliki mahkota bunga yang berjumlah 4 sampai 5 helai daun mahkota. Tumbuhan mawar dapat hidup pada daerah yang sejuk.

Definisi Bagian

Bunga mawar dapat dibudidayakan dengan cara menanam biji bibit bunga mawar, okulasi, dan dapat pula dengan cara stek batang. Perawatan yang paling utama dalam bunga mawar yaitu supaya tumbuhan ini dapat berdiri kokoh pada masa pertumbuhannya.

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk merawat bunga mawar, salah satu diantaranya yaitu dengan cara rutin menyiram tanaman tersebut, dan memberi pupuk paling tidak 3-4 bulan sekali dengan dosis yang telah ditentukan dan tidak berlebihan.

Waktu yang paling tepat untuk menyiram bunga mawar yaitu pada pagi dan sore hari. Hal tersebut dikarenakan suhu udara pada waktu itu tidak terlalu panas.

Dalam perawatan bunga mawar hanya perlu memangkas tangkai bunga mawar yang telah layu dan membuang bahan yang telah kering. Tujuan pemotongan batang yang telah layu yaitu supaya tumbuh menjadi tunas yang baru.

Bagian Manfaat

Bunga mawar memiliki bentuk yang indah dan biasanya bunga ini dijadikan sebagai tanaman hias di sekitar rumah. Selain itu bunga mawar juga memiliki manfaat yaitu dapat dijadikan sebagai anti bakteri, anti depresan, anti peradangan, sumber vitamin C, dan anti viral.

Bunga mawar juga dapat dijadikan sebagai skin care atau produk kesehatan seperti moisturizer atau pelembab, parfum, sabun, toner. Selain itu bunga mawar juga dapat dijadikan sebagai sirup bunga mawar, selai, jelly dan masih banyak lagi manfaat dari tanaman bunga mawar.

Bagian Penutup

Dapat disimpulkan setelah melakukan observasi secara menyeluruh terhadap bunga mawar, yaitu mawar adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki bentuk yang indah dan memiliki berbagai manfaat yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Bunga Bangkai

(Tribun)

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi singkat Bunga Bangkai, simak di bawah ini.

Definisi Umum

Tanaman bunga bangkai atau yang memiliki nama Latin yaitu Rafflesia Arnoldi. Bunga bangkai atau raflesia arnoldi memiliki ukuran yang begitu besar serta dapat mengeluarkan bau yang tidak enak garis rambut dan sangat menyengat.

Definisi Bagian

Habitat asli dari bunga bangkai itu berada di hutan Sumatera. Akan tetapi setelah dilakukan konservasi bunga bangkai hidup di banyak tempat seperti di Hutan Raya Ir. Djuanda Bandung. Bunga bangkai dapat tumbuh tinggi mencapai hingga 4 meter.

Pada saat bunga bangkai mekar, kelopak yang terdapat pada bunga bangkai akan keluar dan akan berwarna putih padahal warna asli dari mahkotanya berwarna merah tua keunguan.

Bentuk dari bunga bangkai cukup besar dan cukup kokoh, bunga bangkai dapat bertahan hidup selama 7 hari dan setelah itu bunga bangkai akan mati. Oleh karena itu bunga bangkai atau raflesia Arnoldi dikatakan pula sebagai tanaman yang langka.

Definisi Manfaat

Bunga bangkai atau raflesia Arnoldi dikenal karena dapat mengeluarkan bau yang menyengat, bau menyengat tersebut dapat memberi manfaat dan dijadikan sebagai perlindungan bagi bunga bangkai tersebut dan dapat pula dijadikan sebagai alat untuk menarik perhatian dari serangga seperti lalat, kumbang supaya mendekat dan membantu terjadinya proses penyerbukan.

Tumbuhan Kantong Semar

teks lho kantong semar
(Baamboozle)

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Kantong Semar, simak di bawah ini.

Definisi Umum

Kantong Semar adalah tumbuhan jenis karnifornia, hal tersebut dikarenakan tumbuhan kantong semar hidup dengan cara memakan serangga serangga kecil seperti semut, lalat, lebah, dan serangga kecil yang lainnya.

Aspek yang Dilaporkan

  • Cara memangsa serangga oleh tumbuhan kantong semar sangatlah unik, tumbuhan ini memangsa dengan cara membuka kantong mulutnya dengan lebar, apabila terdapat serangga yang masuk ke dalam mulut tumbuhan kantong semar maka tumbuhan tersebut kemudian akan menutup kelopaknya.
  • Tumbuhan kantong semar saat ini mulai dikonservasikan di berbagai wilayah di Indonesia. Tujuan dilakukannya konservasi pada tumbuhan kantong semar ini itu supaya mencegah terjadinya kepunahan dan menjaga kelestarian dari kantong semar.

Rumput

teks laporan hasil observasi
(Eartheasy)

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi singkat dari Rumput, simak di bawah ini.

Definisi Umum

Rumput adalah jenis tumbuhan monokotil yang memiliki daun dengan bentuk yang meruncing dan sempit tumbuhan ini dapat tumbuh dari dasar batang, tumbuhan rumput merupakan tumbuhan yang berasal dari keluarga poacae.

Definisi Bagian

Tempat tumbuhnya rumput biasanya ada pada lingkungan sekitar rumah dan tumbuhan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 5-10 cm dan tumbuhnya tidak beraturan serta sulit untuk dikontrol.

Terdapat beberapa contoh jenis tumbuhan rumput yang dapat ditanam di Indonesia, antara lain seperti jenis rumput manila, rumput jepang, rumput gajah, rumput mini, rumput peking, rumput kucai, rumput ilalang, dan rumput teki.

Definisi Manfaat

Rumput biasanya ditanam dan dapat dijadikan sebagai tanaman hias, tanaman obat, serta dapat pula dijadikan sebagai pakan ternak. Di Indonesia sendiri manfaat dari rumput dapat dijadikan sebagai pakan bagi hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, kuda kan yang lainnya.

Tumbuhan rumput juga dapat ditanam untuk dijadikan sebagai lanskap taman dan dapat pula dijadikan sebagai karpet taman, rumput memiliki warna daun yang hijau dan dapat menyejukkan mata orang yang melihatnya.
Rumput yang tumbuh pada tanah yang lapang dapat dibiarkan tumbuh secara liar dan dapat dijadikan sebagai pakan ternak.

Akan tetapi, rumput yang tumbuh liar pada lahan pertanian tentunya dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman sehingga tumbuhan rumput sering disebut juga sebagai tanaman atau gulma.

Tomat

(Healthline)

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Tumbuhan Tomat, simak di bawah ini.

Definisi Umum

Tumbuhan tomat atau yang memiliki nama Latin adalah Solanum Lycopersicum syn. Lycopersicum Esculenta merupakan termasuk tumbuhan yang berasal dari keluarga solanaceae.

Tumbuhan tomat ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, yaitu dari Meksiko sampai Peru. Tomat sendiri berasal dari kata Nahuatl, tomatl.

Definisi Bagian

Tumbuhan tomat merupakan jenis tumbuhan yang memiliki siklus hidup yang singkat, ukuran anne-marie tumbuhan tomat sekitar 1 sampai 3 meter.

Tumbuhan ini dapat menghasilkan buah yang berwarna hijau, kuning dan merah yang biasanya buah tersebut dipakai sebagai sayur dalam suatu masakan atau dapat pula dimakan secara langsung.

Tumbuhan tomat hanya dapat dikonsumsi bagian buahnya saja sedangkan untuk bagian batang dan daun tidak dapat dikonsumsi hal tersebut dikarenakan batang dan daun dari tumbuhan tomat termasuk keluarga kentang dan terong yang mengandung zat Alkaloid.

Tumbuhan tomat memiliki banyak sekali jenis yang berbeda-beda dan banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Biasanya tomat dibedakan berdasarkan bentuk, penampilan serta ragam kegunaan yang dimiliki oleh tumbuhan tomat. Banyak sekali orang yang memanfaatkan tomat untuk dijadikan sayur ataupun buah yang dapat dimakan secara langsung.

Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tempat merupakan klasifikasi dari buah ataupun sayur, meskipun secara keseluruhan struktur dari tomat termasuk ke dalam jenis buah.

Deskripsi Manfaat

Tomat dapat dijadikan sebagai buah sekaligus juga sayuran yang banyak disukai oleh banyak orang. Tidak hanya itu, rumah juga memiliki manfaat seperti dapat dijadikan sebagai bumbu sayuran.

Dapat diawetkan dan kemudian menjadi makanan yang memiliki daya simpan yang lebih lama, dapat dijadikan jus, bahkan buah tomat banyak pula dijadikan sebagai bahan untuk merawat wajah.

Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh buah tomat Karena terdapat kandungan vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang ada di dalam buah tomat.

Buah Naga

(Healthline)

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi singkat Tumbuhan Buah Naga, simak di bawah ini.

Definisi Umum

Buah naga adalah buah yang termasuk ke dalam jenis kaktus dari marga Hylocerreis dan Selenicereus. Terdapat banyak sekali jenis dari buah naga yang dibedakan berdasarkan manfaat, khasiat yang dimiliki oleh buah naga, dan sistem budidaya untuk merawat buah naga.

Definisi Bagian

Terdapat empat jenis buah naga yaitu 2 jenis buah naga yang memiliki daging berwarna merah dengan kulit yang berwarna merah muda atau merah. Dan terdapat dua jenis buah naga yang memiliki daging berwarna putih dengan warna kulit merah atau kuning.

Jenis-jenis buah naga ini pada umumnya mempunyai manfaat yang yang baik untuk kesehatan, mungkin terdapat pula sedikit perbedaan kandungan nutrisi yang dimiliki oleh setiap jenis buah naga.

Deskripsi Manfaat

Buah naga memiliki khasiat antara lain dapat mencegah terjadinya penyakit kanker, mencegah serta dapat mengatasi penyakit diabetes, dan kandungan yang dimiliki oleh buah naga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Penutup

Mulai dari batang buah, daging buah, sampai kulit buah naga memiliki banyak sekali manfaat dan juga terdapat kandungan vitamin serta zat yang baik apabila dikonsumsi. Buah naga juga direkomendasikan oleh dokter karena dapat dijadikan sebagai bahan terapi dalam menyembuhkan suatu penyakit.

Anggur

teks lho anggur
(Soul Sheperding)

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Tumbuhan Anggur, simak di bawah ini.

Definisi Umum

Anggur merupakan tumbuhan yang masuk kedalam jenis tanaman buah berupa perdu yang merambat dan termasuk ke dalam jenis keluarga Vitaceae.

Tanaman anggur sendiri telah dibudidayakan sejak pada tahun 4000 SM di wilayah Timur Tengah. Berdasarkan dari jenisnya kamu dapat dibagi menjadi tiga macam antara lain yaitu anggur Merah, anggur hijau, dan anggur hitam.

Definisi Bagian

Jenis anggur merah merupakan anggur yang paling terkenal dan paling diminati oleh banyak orang. Jenis anggur ini memiliki banyak sekali manfaat dibandingkan dengan jenis anggur yang lain, Selain itu kalori yang dimiliki oleh anggur Merah lebih rendah dibandingkan dengan anggur hijau.

Anggur hijau merupakan jenis anggur yang memiliki rasa asam dan sedikit manis, akan tetapi nilai gizi yang dimiliki oleh buah anggur hijau tinggi.

Seperti namanya yaitu anggur hitam kulit yang dimiliki oleh anggur ini berwarna hitam akan tetapi memiliki ukuran yang sama seperti anggur yang lainnya, biasanya jenis anggur hitam tidak terdapat biji dalam buahnya. Dan jenis anggur hitam memiliki rasa yang lebih manis dan lebih segar dari anggur jenis yang lain.

Definisi Manfaat

Tentunya semua jenis anggur memiliki banyak sekali manfaat. Buah anggur mempunyai kandungan vitamin serta nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh serta kesehatan kulit manusia.

Selain itu bentuk serta warna dari anggur menjadi daya tarik tersendiri oleh banyak orang untuk mengkonsumsinya.

Damar

contoh teks lho tanaman
(IDN Times)

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Tumbuhan Damar , simak di bawah ini.

Definisi Umum

Tumbuhan damar merupakan tumbuhan yang pada zaman dahulu sangat mudah ditemukan di beberapa wilayah daerah di Indonesia seperti di daerah Ternate, Lampung, dan samar. Pohon damar dapat mencapai ketinggian sekitar 60 meter pada masa pertumbuhannya.

Aspek yang Dilaporkan

Tumbuhan damar saat ini sudah semakin langka karena telah banyak dilakukan pengeksploitasian yang secara berlebihan an-naml dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Cairan pada pohon damar atau yang disebut sebagai getah pohon damar dapat dimanfaatkan dalam pembuatan bahan baku vernis, kaca, dan pelapis kertas.

Pohon Cendana

(Greeners)

Berikut ini adalah contoh dari teks laporan hasil observasi Tumbuhan Cendana, simak di bawah ini.

Definisi Umum

Pohon cendana merupakan jenis pepohonan yang banyak sekali manfaat yang dihasilkan oleh pohon ini antara lain dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan dupa, aromaterapi, rempah-rempah, dan manfaat yang lainnya.

Aspek yang Dilaporkan

Hal tersebut yang menjadikan pohon cendana kini telah banyak dieksploitasi oleh oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab. Selain karena hal itu, pohon cendana juga tidak mudah untuk dibudidayakan sehingga membuat populasi pohon cendana menjadi semakin berkurang dan bahkan pohon cendana hampir mengalami kepunahan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Jeruk

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Jeruk
(Britannica)

Pernyataan Umum

Jeruk merupakan buah yang termasuk ke dalam spesies citrus. Buah jeruk sendiri berasal dari daerah Cina Selatan, India, dan Myanmar. Saat ini, tumbuhan jeruk merupakan tumbuhan yang paling banyak dibudidayakan.

Brazil merupakan produsen terbesar dari buah jeruk diikuti oleh Cina dan India. Konsumsi jeruk yang tinggi di berbagai belahan dunia juga mendorong terhadap produksinya yang semakin naik dari tahun ke tahun.

Deskripsi Bagian

Jeruk sendiri memiliki banyak jenis dan setiap jenis memiliki karakteristik tersendiri. Ada buah jeruk yang memiliki segmen yang bisa dipisahkan, namun ada juga yang tidak bisa dipisahkan. Walaupun awalnya berasal dari negara-negara Asia, pada perkembangannya sekarang, jeruk sudah dibudidayakan di seluruh penjuru dunia karena permintaannya yang sangat tinggi.

Manfaat

Sebagian besar jenis dari spesies jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin ini sangat baik untuk mendukung kesehatan gusi serta mempertahankan daya tahan tubuh yang lebih kuat. 

Selain manfaat kesehatan, jeruk juga sering digunakan untuk membuat berbagai macam makanan yang enak dan minuman yang menyegarkan. Jadi tidak heran jika buah ini sering dijadikan sebagai bahan  dalam pembuatan berbagai makanan dan minuman.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Alam Pantai

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Alam Pantai
(CNN)

Pernyataan Umum

Pantai diartikan sebagai  batasan antara daratan dengan lautan. Batas ini merupakan zona laut sampai dengan kedalaman 200 m (garis isobath 200 m). Jadi, sifat-sifat pantai sama dengan daratan. Menurut bentuknya ada empat macam pantai, yaitu Pantai Landai, Pantai Curam, Pantai Bertebing, dan Pantai Karang.

Deskripsi Bagian

Pantai Landai memiliki ciri permukaan yang relatif datar. Termasuk pantai jenis ini adalah Pantai Mangrove, Pantai Bukit Pasir, Pantai Delta, dan Pantai Estuari. Pantai Curam biasanya identik dengan tekstur topografi bergunung-gunung yang disebabkan karena retakan memanjang yang sejajar dengan pantai dan terkikis ombak besar sehingga terjadilah tebing-tebing curam dan laut dalam. Adapun contohnya, yaitu pantai di selatan Pulau Jawa dan barat Pulau Sumatera. Sementara Pantai Bertebing (flaise) adalah pantai yang curam di muka tebing karena adanya pegunungan melintang tegak lurus terhadap pantai. Di pantai ini sering dijumpai laut yang dangkal. Terjadinya flaise karena penimbunan hasil perusakan tebing pantai itu sendiri yang disebabkan oleh abrasi atau erosi. Terakhir, ada Pantai Karang terjadi jika di dasar laut sepanjang pantai terdapat terumbu karang, misalnya pantai di pulau Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. Pantai seperti ini biasanya dijadikan objek wisata laut. Misalnya, Taman Bunaken di Manado.

Manfaat

Pantai  merupakan tempat wisata yang populer dan pantas untuk dinikmati bersama keluarga. Pantai juga memiliki ekosistem yang kaya akan komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik pantai terdiri atas tumbuhan dan hewan yang hidup di daerah pantai.  Sementara itu, komponen abiotik pantai terdiri atas gelombang, arus, angin, pasir, batuan, dan sebagainya. Tidak hanya itu, masih banyak komponen lainnya yang ada di pantai, dapat kita manfaatkan untuk kehidupan, seperti  pasir yang dicampur dengan air laut diolah menjadi garam dan manfaat lain yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang adalah manfaat pasir buat kesehatan manusia.

Baca juga: Mengenal Teks Deskripsi: Definisi, Struktur, dan Contoh yang Bisa Kamu Gunakan!

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Wayang

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Wayang
(Volkpop)

Pernyataan Umum

Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor berasal dari Indonesia. Wayang merupakan warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Deskripsi Bagian 

Wayang wong (bahasa Jawa yang berarti ‘orang’) adalah salah satu pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang. Wayang orang yang dikenal di suku Banjar adalah wayang gung, sedangkan yang dikenal di suku Jawa adalah wayang topeng. Wayang topeng dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng. 

Wayang tersebut dimainkan dengan iringan gamelan dan tari-tarian. Perkembangan wayang orang pun saat ini beragam, tidak hanya digunakan dalam acara ritual, tetapi juga digunakan dalam acara yang bersifat menghibur.

Manfaat

Wayang bermanfaat sebagai media pendidikan karena isinya banyak memberikan ajaran kehidupan kepada manusia. Pada era modern ini, wayang juga banyak digunakan sebagai media informasi. Ini antara lain dapat kita lihat pada pagelaran wayang yang disisipi informasi tentang program pembangunan seperti keluarga berencana (KB), pemilihan umum, dan sebagainya. Yang terakhir, meski semakin jarang, wayang masih tetap menjadi media hiburan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Hutan

(FAO)

Pernyataan Umum 

Hutan sebagai paru-paru dunia memegang peranan penting bagi keseimbangan ekosistem, termasuk flora dan fauna di dalamnya. Dari 193 negara yang memiliki hutan, Indonesia menduduki peringkat ke-9 dengan hutan seluas 888.950 meter persegi. 

Deskripsi Bagian 

Setiap tahun, luas hutan di dunia mengalami penurunan karena berbagai faktor, baik yang diakibatkan manusia ataupun yang disebabkan oleh alam. Contoh penyebab berkurangnya luas hutan karena manusia adalah penebangan pohon secara liar, pembakaran hutan secara sengaja, alih fungsi lahan hutan, dan sebagainya. Penyebab menurunnya luas hutan karena alam adalah kebakaran hutan akibat cuaca panas. 

Manfaat 

Fungsi hutan dalam menyeimbangkan ekosistem sangat penting. Tanpa adanya hutan, produksi oksigen dapat mengalami penurunan. Pemanasan global juga bisa dipicu oleh jumlah lahan hutan yang semakin berkurang. 

Kesimpulan 

Oleh karena itu, penyebab menurunnya luas hutan perlu ditekan agar keseimbangan ekosistem tidak terganggu.

Baca juga: Mengenal Teks Debat: Definisi, Struktur, Ciri, Beserta Contoh Lengkap!

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Suku Baduy

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Suku Baduy
(DInas Pariwisata Provinsi Banten)

Pernyataan Umum 

Orang Kanekes  atau  orang Baduy/Badui  adalah suatu kelompok masyarakat adat sub-etnis  Sunda  di wilayah  Kabupaten Lebak,  Banten.  Masyarakat  Suku Badui di Banten  termasuk salah satu suku yang menerapkan isolasi dari dunia luar. Itulah salah satu keunikan Suku Badui sehingga wajar mereka sangat menjaga betul ‘pikukuh’ atau ajaran mereka, entah berupa kepercayaan dan kebudayaan. . 

Deskripsi Bagian 

Hingga saat ini, suku Badui Dalam tidak mengenal budaya baca tulis. Yang mereka tahu, ialah aksara Hanacaraka (aksara Sunda). Anak-anak suku Badui Dalam  pun tidak bersekolah, kegiatannya hanya sekitar sawah dan kebun. Menurut mereka, inilah cara mereka melestarikan adat leluhurnya. Meskipun sejak pemerintahan Soeharto sampai sekarang sudah diadakan upaya untuk membujuk mereka agar mengizinkan pembangunan sekolah, tetapi mereka selalu menolak. Dengan demikian, banyak cerita atau sejarah mereka hanya ada di ingatan atau cerita lisan saja.

Badui Luar merupakan orang-orang yang telah keluar dari adat dan wilayah Badui Dalam. Ada beberapa hal yang menyebabkan dikeluarkanya warga Badui Dalam ke Badui Luar. Pada dasarnya, peraturan yang ada di Badui Luar dan Badui Ddalam itu hampir sama, tetapi Badui Luar lebih mengenal teknologi dibanding Badui Dalam.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Alam Kaktus

(Britannica)

Pernyataan Umum 

Kaktus adalah salah satu anggota famili Cactaceae yang sangat khas karena dapat hidup lama tanpa air. Habitat kaktus ada di daerah gurun, padang rumput kering, atau wilayah yang panas. Untuk membedakan kaktus dengan tanaman lainnya, ciri yang bisa dilihat adalah daun kaktus yang berbentuk duri, batang yang dilapisi lilin, serta akar yang panjang untuk membantu mencari air pada kondisi kering. 

Deskripsi Bagian 

Kaktus termasuk tumbuhan yang cukup unik dari golongan sukulen. Kaktus bisa menyimpan banyak air pada bagian batang, sehingga dalam kondisi sangat kering tetap hidup. Pada malam hari, kaktus akan membuka stomata serta mengambil karbondioksida untuk disimpan di vakuola. 

Manfaat 

Kaktus memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai hiasan di rumah. Terdapat banyak jenis tanaman kaktus yang kemudian dijadikan hiasan rumah dan diletakkan dalam pot. Perawatan kaktus yang mudah namun tidak kalah bagus dengan tanaman hias lainnya menjadikan kaktus semakin diminati.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Alat Pemadam Kebakaran

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Alat Pemadam Kebakaran
(The NY Times)

Pernyataan Umum 

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebuah tabung berwarna merah yang sering ditemukan pada gedung-gedung dan juga pada pom bensin. Tabung berwarna merah tersebut adalah alat untuk memadamkan api yang mungkin muncul di dalam maupun di luar ruangan.

Deskripsi Bagian  

Alat pemadam kebakaran biasanya terdiri dari beberapa jenis yang memiliki karakteristik sendiri. Salah satu jenisnya adalah yang berisi air yang dicampur dengan nitrogen atau karbondioksida. Selain itu, ada juga alat pemadam kebakaran yang memadamkan api dengan mengeluarkan serbuk kering, yang biasanya bertujuan untuk memadamkan api yang berasal dari bahan kimia.

Manfaat

Pada umumnya, api membutuhkan  tiga hal agar tetap hidup, yaitu bahan bakar, oksigen, dan panas. Ketiga hal ini juga sering disebut sebagai segitiga api. Untuk memadamkan api, perlu untuk mengeliminasi salah satu aspek dari ketiga hal tersebut.

Jika kamu memadamkan api dengan air, maka kamu akan malah menambah suplai oksigen karena air mengandung oksigen. Ini sebabnya mengapa penggunaan alat pemadam kebakaran sangat efektif untuk mencegah api terus terbakar.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Tentang Pendidikan

(UNICEF Indonesia)

Pernyataan Umum 

Teknologi dalam bidang pendidikan berperan penting dalam membantu pengajar mencapai tujuan pembelajaran. Dari tahun ke tahun, penyampaian materi di kelas telah mengalami banyak perubahan. Tidak ada lagi papan tulis dan kapur karena sudah diganti spidol. Ada pula yang sudah menerapkan teknologi menggunakan LCD.

Deskripsi Bagian

Teknologi di bidang pendidikan bisa dikembangkan oleh siswa, guru, atau pihak lain yang memiliki kompetensi. Guru dapat mengembangkan aplikasi atau membuat animasi pembelajaran sederhana untuk menjelaskan materi-materi rumit. 

Jika masalah yang dialami adalah keterbatasan tempat untuk belajar, solusi yang paling memungkinkan adalah menyelenggarakan pendidikan jarak jauh tanpa tatap muka secara langsung. Di masa pandemi, kreativitas guru semakin diasah agar tujuan pembelajaran tetap tercapai.

Deskripsi Manfaat 

Adanya teknologi dalam bidang pendidikan turut memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Contohnya aplikasi untuk video call dan berinteraksi langsung dengan para siswa. Tanpa harus datang ke sekolah, guru bisa menyampaikan materi, bahkan memberikan animasi atau gambar pendukung secara virtual. Penugasan yang dilakukan secara online melalui formulir digital pun sebenarnya memberikan keuntungan karena bisa menghemat penggunaan kertas.

Itulah beberapa contoh teks laporan hasil observasi singkat beserta strukturnya yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari tentang teks laporan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!

Baca juga: Mengenal Teks Pembawa Acara Rapat Beserta Contohnya!

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya

Hutan Bakau

StrukturKalimat
Definisi UmumIndonesia adalah salah satu negara dengan hutan bakau terluas di Dunia, luas hutan bakau yang terdapat di Indonesia setidaknya mencapai sekitar 4,3 juta ha. Informasi tersebut berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementrian Negara Lingkungan Hidup.
Deskripsi BagianHutan bakau atau dikenal juga dengan nama hutan mangrove. Hutan ini termasuk ke dalam bagian yang tak terpisahkan dengan ekosistem pantai. Hutan bakau berada di garis pantai, dimana berada di daerah air payau. 
Jenis hutan ini terletak di kawasan pasang surut pantai, dimana daerah ini termasuk ke dalam kawasan ekosistem pantai, sebab letaknya di antara lautan dan daratan. 
Letak hutan bakau berada diantara wilayah pantai dan muara sungai. Tepatnya hutan ini berada di garis pantai. Hutan bakau memiliki fungsi dan manfaat yang luar biasa bagi lingkungan, diantaranya penahan badai, berfungsi sebagai resapan air laut yang ke darat serta dapat menurunkan kandungan karbondioksida (CO2) yang ada di daerah sekitar.
KesimpulanHutan bakau adalah hutan yang berada di garis pantai, dimana memiliki banyak manfaat, baik dari segi lingkungan maupun ekonomi.

Semoga informasi mengenai pengertian, fungsi, ciri, hingga contoh teks laporan hasil observasi di atas bermanfaat untuk kamu semua ya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.

Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Unsplash

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia