Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Contoh Kerajinan Bahan Keras Buatan dan Alami

Hobi

Contoh Kerajinan Bahan Keras Buatan dan Alami

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 29 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Banyak orang yang menganggap dekorasi rumah merupakan hal yang penting. Terkadang, dengan meletakkan beberapa benda dekorasi di rumah, ruangan dapat terlihat lebih menarik dan tidak tampak membosankan. Berbagai hal dapat digunakan sebagai alat dekorasi, salah satunya adalah benda-benda kerajinan. Lebih spesifiknya adalah kerajinan bahan keras.

Pinhome – Salah satu kerajinan yang dapat Pins gunakan untuk mendekorasi ruangan adalah kerajinan dari bahan keras. Bahan keras secara umum dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu bahan keras alami dan bahan keras buatan. Contoh kerajinan bahan keras alami misalnya kerajinan yang terbuat dari kayu, tulang, rotan, hingga biji-bijian. Sedangkan, contoh kerajinan bahan keras buatan contohnya adalah kerajinan yang dibuat dari kaca, logam, kawat, hingga kaleng. 

Kerajinan dari bahan keras ini tersedia dalam berbagai bentuk. Pins mungkin akan bingung untuk memilihnya. Oleh karena itu, mari simak ulasan berikut untuk membantu Pins menentukan pilihan. 

Wadah Lilin Estetik dari Kaleng

(MomSpark)

Kerajinan bahan keras yang pertama adalah kerajinan bahan keras yang berupa wadah lilin estetik dari bahan dasar kaleng. Kerajinan ini dapat Pins buat sendiri di rumah. Yang pins butuhkan hanya kaleng bekas, paku, palu, dan cat sesuai warna yang Pins inginkan. 

Cara pembuatannya juga terbilang cukup mudah. Sebelum membuat wadah lilin, pastikan kaleng yang akan Pins gunakan sudah dicuci dengan bersih. Pertama, tentukan objek atau pola yang ingin Pins buat. Kemudian, buatlah lubang-lubang sesuai pola yang telah dibuat. Setelah selesai, kaleng dapat di cat sesuai dengan keinginan. 

Masukan lilin ke dalam kaleng, lalu nyalakan. Ketika lilin menyala, akan terbentuk bayangan estetik dari cahaya-cahaya yang keluar melalui lubang di sisi kaleng. 

Kerajinan dari Kaca Patri 

(Pinterest)

Kerajinan kaca patri adalah kerajinan yang dibuat dari potongan-potongan kaca berwarna-warni. Potongan kaca akan diatur sedemikian mungkin sehingga tampilannya seperti sebuah lukisan. Kerajinan kaca patri ini sering digunakan pada daun pintu atau jendela untuk mempercantik penampilan sebuah ruangan. 

Namun, kini kerajinan kaca patri tersedia dalam berbagai ukuran, sehingga kegunaannya pun menjadi semakin beragam. Pins dapat menjadikan kerajinan ini sebagai pembatas/partisi antar ruangan atau bisa juga menjadikannya pajangan mungil diatas meja atau lemari pajangan.  

Pajangan dari Kayu 

(Pinterest)

Kayu merupakan salah satu bahan keras yang paling banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan. Kayu dapat diolah dan dibentuk sedemikian rupa untuk dijadikan alat dekorasi. 

Kerajinan yang dibuat dari kayu dapat berupa pajangan, patung, atau bahkan hiasan dinding. Kayu digemari selain karena warna dan coraknya yang alami, kerajinan dari kayu juga memiliki daya tahan yang baik dan dapat awet hingga bertahun-tahun. 

Dekorasi Dinding dari Logam 

(Pinterest)

Dekorasi dinding dari logam juga dapat dijadikan pilihan jika Pins ingin melakukan dekorasi pada sebuah ruangan. Terdapat berbagai macam bentuk kerajinan dari bahan logam sehingga Pins dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dekorasi yang Pins inginkan. 

Sebagai contoh, Pins dapat memilih kaleng minuman bekas. Tekan dan ratakan, haluskan pula ujungnya supaya tidak tajam Terkadang, kerajinan dari logam ini juga dapat diwarnai dan dibentuk sesuai dengan keinginan Pins. Sungguh menarik bukan? 

Wind Chime dari bambu 

(Pinterest)

Pins pernah melihat wind chime dari bambu yang tergantung di teras atau balkon rumah? Kerajinan dari bahan keras bambu ini memang sudah tidak asing lagi dan banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. 

Wind chime ini memang merupakan kerajinan yang unik. Ketika terkena angin, wind chime akan menghasilkan suara yang menenangkan untuk di dengar. Suara yang dihasilkan akan terdengar sangat alami apabila dibandingkan dengan wind chime yang terbuat dari logam. 

Kerajinan ini dibentuk dari beberapa potongan batang bambu yang diikat melingkar pada batok kelapa. Ketika diterpa angin, potongan bambu akan bertabrakan satu sama lain dan menghasilkan suara yang indah. 

Dekorasi Bentuk Geometri dari Kaca 

(Pinterest)

Apakah Pins sudah familiar dengan dekorasi yang berbentuk geometri? Dekorasi ini dibuat menggunakan material besi sebagai kerangkanya dan kaca pada sisi-sisinya. Kerajinan ini biasanya berbentuk tiga dimensi, sehingga kerajinan ini akan memiliki ruang kosong di dalamnya. 

Ruang kosong di dalam dekorasi ini dapat dimanfaatkan untuk menambahkan berbagai hal. Sebagai contoh, banyak orang yang mengisi ruang kosong ini dengan tanaman-tanaman hias yang berukuran kecil dan menjadikannya sebagai terarium.

Namun, jika Pins mau, Pins juga bisa mengisinya dengan bunga-bunga kering ataupun miniatur. Pins dapat berkreasi sesuka hati dan membuat pajangan yang unik dan menarik. Kerajinan ini dapat Pins letakkan di atas meja maupun di dalam lemari pajangan. 

Setelah membaca ulasan diatas, apakah Pins masih kesulitan untuk menentukan pilihan dekorasi? Kerajinan bahan keras terdapat dalam berbagai bentuk, ukuran, dan berbagai bahan dasar dalam pembuatannya. 

Pembuatan masing-masing kerajinan juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Oleh karena itu, setiap kerajinan memiliki seni dan nilai tersendiri. Pins juga perlu menyesuaikan kerajinan yang akan Pins pilih dengan suasana atau dekorasi ruangan yang lain agar tetap terlihat sesuai dengan keinginan. Jadi, apakah Pins sudah menentukan pilihan? 

Baca Juga: Pilihan Kerajinan Dari Bahan Serat Alam Adalah Sebagai Berikut!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel