BlogLifestyleHobiPilihan Kerajinan dari Bahan Serat Alam adalah Sebagai Berikut!
0
0

Pilihan Kerajinan dari Bahan Serat Alam adalah Sebagai Berikut!

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri

Mei 26, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Serat fiber sering dijadikan bahan untuk kerajinan alam. Serat fiber dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu serat sintetis dan serat alam. Serat sintetis merupakan serat yang dibuat menggunakan material-material bahan kimia. Serat ini dapat diolah menjadi berbagai macam benda misalnya kaca, logam, dan karbon. 

Pinhome – Serat alam merupakan material yang bahan dasarnya adalah materi organik yang dapat diperoleh dari tumbuhan dan hewan. Contoh serat alam misalnya sutra, wol, katun, serta kapas. Serat alam ini memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah digunakan dalam pembuatan berbagai kerajinan. 

Kerajinan dari bahan serat alam adalah kerajinan yang dibuat menggunakan bahan dasar serat alam. Pins mau tahu apa saja kerajinan yang dapat dibuat dari serat alam? Mari simak ulasan berikut. 

Kerajinan dari Bahan Serat Alam Kelapa

kerajinan dari bahan serat alam adalah
Source : Pinterest

Salah satu bahan serat alam yang sering dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan adalah serat dari buah kelapa atau kadang dikenal dengan sebutan coco fiber. Buah kelapa memiliki lapisan serat yang cukup tebal sehingga seratnya mudah diambil.

Pins mungkin mengetahui bahwa serat kelapa ini sering dijadikan sebagai media pembakaran karena serat kelapa bisa mempertahankan api dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, serat kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai tambahan media tanam untuk menanam tanaman di pot. Namun ternyata, serat kelapa ini juga memiliki fungsi lain yaitu dapat diolah menjadi kerajinan lho Pins. 

Serat kelapa atau coco fiber ini sering diolah menjadi karpet atau keset, sapu, tali, dan beberapa jenis alat rumah tangga yang lain. Karpet atau keset yang terbuat dari serat kelapa memiliki tekstur yang kasar sehingga karpet ini lebih sering digunakan di bagian luar rumah. 

Karpet ini paling sering diletakkan di depan pintu masuk agar dapat Pins gunakan untuk menyaring kotoran yang menempel di alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah. 

Kerajinan dari Bahan Serat Alam Sutra

kerajinan dari bahan serat alam adalah
Source : Pinterest

Kain yang ditenun dari serat sutra sudah lama dikenal masyarakat sebagai salah satu kain yang indah dengan harga yang cukup mahal. Namun, tahukah Pins jika serat sutra diambil dari kepompong? 

Serat sutra merupakan serat protein alami yang diperoleh dari kepompong dari larva ulat sutra yang diternak. Serat sutra juga dapat diperoleh dari beberapa jenis serangga lain, tetapi serat sutra dari ulat sutra merupakan jenis yang paling sering digunakan pada industri tekstil.

Harga kain yang dibuat dari sutra tenun ini mahal karena proses pengambilan dan pengolahan serat sutranya yang sulit. Namun, harganya tentu sebanding dengan hasilnya. Kain sutra memiliki tekstur yang lembut dengan permukaan yang terlihat mengkilap. Kain ini cukup populer untuk digunakan sebagai selendang maupun rok. 

Kerajinan dari Bahan Serat Alam Rotan

kerajinan dari bahan serat alam adalah
Source : Pinterest

Pernahkah Pins melihat barang-barang yang terbuat dari rotan? Rotan termasuk kedalam serat fiber yang diambil dari alam. Serat ini diambil dan diolah dari tanaman yang tergolong ke dalam jenis palma. 

Setelah diambil dari tanaman, serat akan dibersihkan dari pelepah yang berduri dan menjalani proses pengawetan agar terhindar dari jamur. Serat ini kemudian akan diolah dan dibentuk menjadi panjang dan menyerupai tali. Serat rotan kemudian dianyam dan dibentuk sesuai dengan bentuk furniture yang diinginkan.

Serat rotan sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan furniture karena serat ini dikenal memiliki daya tahan yang kuat. Beberapa contoh hasil olahan serat rotan adalah perlengkapan rumah tangga, kursi, meja, rak, hingga dekor ruangan.

Apabila dibandingkan dengan kayu, rotan memiliki beberapa keunggulan seperti lebih ringan, kuat, mudah dibentuk, dan murah. Namun, rotan juga memiliki kelemahan yaitu sering terkena kutu bubuk. Sehingga, Pins harus menyemprotkan cairan anti serangga untuk mencegah rotan diserang oleh kutu bubuk. 

Kerajinan dari Bahan Serat Alam Wol

Bahan dasar lain yang sering digunakan untuk membuat kerajinan adalah serat wol. Benang wol sendiri secara umum dibagi menjadi 2 jenis yaitu serat wol alami yang dibuat dari bulu domba asli dan juga serat wol sintetis.  

Serat wol alami diambil dari rambut hewan yang termasuk ke dalam keluarga Caprinae, seperti domba dan kambing. Domba biasanya dicukur bulunya setiap tahun sekali. Bulu wol dinilai melalui kehalusan bulunya, panjang, warna, serta beberapa karakteristik lainnya seperti elastisitas dan kekuatan. 

Serat wol sering digunakan untuk berbagai hal, salah satu penggunaannya yang paling sering adalah untuk membuat rajutan. Rajutan dapat dibentuk sesuai dengan keinginan. Pins pasti sering melihat berbagai jenis barang yang dibuat dengan rajutan serat wol misalnya kaos kaki, selimut, baju, syal, sarung tangan, sampai boneka. 

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Pins berminat untuk membuat kerajinan dari serat alam? Karena serat alam dibuat dari bahan-bahan organik, kerajinan dari serat alam termasuk ke dalam kerajinan yang ramah lingkungan. 

Beberapa contoh kerajinan dari serat alam dapat Pins buat sendiri di rumah loh, misalnya rajutan. Pins dapat berkreasi untuk membuat rajutan sesuai yang Pins inginkan. Jadi, apakah Pins tertarik untuk membeli atau membuat kerajinan dari serat alam? 

Baca Juga: Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas


Temukan beragam pilihan rumah, apartemen atau tanah dijual seperti jual tanah di Medan terlengkap seperti Apartemen LRT City Jakarta Urban Signature di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download