BlogLifestyleEdukasi15 Contoh Judul PKM Pengabdian Masyarakat yang Mudah Disetujui 2023
0
0

15 Contoh Judul PKM Pengabdian Masyarakat yang Mudah Disetujui 2023

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Sep 25, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
contoh judul pkm pengabdian masyarakattop-right-banner

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan suatu kegiatan yang diluncurkan oleh Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. Program dalam dunia pendidikan ini biasa dilakukan oleh mahasiswa di perguruan tinggi dan dikeluarkan setiap tahunnya. Contoh judul PKM Pengabdian Masyarakat yang baik tentu perlu diketahui, agar memudahkan proses pengabdian dan disetujui. Kegiatan ini juga selalu dikeluarkan setiap tahunnya baik untuk mahasiswa maupun dosen.

PKM ini dilakukan agar mampu mendorong mahasiswa atau dosen di seluruh perguruan tinggi Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di suatu kehidupan masyarakat. Nantinya, hasil dari penelitian tersebut akan dibuat dalam bentuk karya ilmiah. Berikut selengkapnya!

Baca juga: 3 Contoh Aspek Topologi Geografi di Masyarakat

Apa Itu PKM Pengabdian Masyarakat?

contoh judul pkm pengabdian masyarakat
Source : KKN IPMAFA

Sebelum mengetahui beberapa contoh judul PKM Pengabdian Masyarakat, kamu tentunya harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu PKM, Pins! Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa PKM ini dibuat agar mahasiswa maupun dosen ikut andil dalam mencari solusi atas masalah yang terjadi di masyarakat.

Pengabdian ini merupakan pelaksanaan dari pengalaman ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni dan budaya langsung kepada masyarakat. Dilakukan secara kelembagaan dengan menggunakan metodologi ilmiah. Sebagai penyebaran Tri Dharma perguruan tinggi dan tanggung jawab yang luhur dalam mengembangkan kemampuan masyarakat.

Melalui program ini, perguruan tinnggi sebagai lembaga pendidikan di Indonesia ikut berupaya untuk mendorong peningkatan kualitas SDM di Indonesia untuk mencapai tujuan pembangunan nasional. Pengabdian oleh mahasiswa dan dosen ini dilakukan secara berkala dan menyasar masyarakat di sekitar lingkungan perguruan tinggi. Melalui program inilah nantinya kualitas SDM yang diinginkan dapat tercapai.

Baca juga: Pengertian Integrasi Nasional: Syarat, Jenis, Faktor, dan Contohnya

Bentuk Kegiatan PKM

Source : Republika

Kegiatan apa saja yang mencerminkan pengabdian masyarakat dan dapat dilakukan oleh mahasiswa atau dosen dalam dunia pendidikan? Sebelum mengenal Contoh Judul PKM pengabdian masyarakat, berikut penjelasannya!

Kegiatan Pendidikan

Pengabdian yang pertama biasanya adalah dengan melakukan kegiatan pendidikan. Misalnya, mahasiswa atau dosen melakukan kursus, lokakarya, penyuluhan, kampanye, publikasi, proyek, percontohan, serta demonstrasi. Semua itu dilakukan untuk memberikan dan melakukan kegiatan pendidikan.

Kegiatan Pelayanan

Pelayanan juga bisa menjadi suatu bentuk pengabdian masyarakat, layanan ini diberikan sesuai dengan ilmu pengetahuan, hasil penelitian, dan keterampilan yang dimiliki.

Kegiatan Pengembangan Hasil Penelitian

Merupakan suatu proses implementasi atau penggunaan secara langsung dari hasil penelitian yang dilakukan. Setiap penelitian, akan menghasilkan suatu teknologi atau produk yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

KKN merupakan suatu bentuk pengabdian, dimana seorang dosen ditugaskan untuk membimbing siswanya yang melakukan penelitian. Nantinya, mahasiswa akan menerapkan ilmu pengetahuan serta keterampilannya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pengembangan Wilayah

Merupakan bentuk pengabdian dengan mengembangkan suatu daerah tertentu atau memberikan suatu solusi bagi wilayah yang bermasalah. Biasanya dilakukan dengan memperbaiki infrastruktur di sebuah desa untuk peningkatan SDM.

Baca juga: 12 Manfaat Musyawarah dalam Kehidupan Masyarakat

Contoh Judul PKM Pengabdian Masyarakat

Source : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten

Sudah paham tentang apa itu PKM? Berikut beberapa contoh judul PKM Pengabdian Masyarakat yang bisa kamu jadikan referensi untuk penelitian selengkapnya!

  1. Teknologi Alternatif Mengolah Air Limbah Dengan Media Tanaman (Karya Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sumatra Utara).
  2. Teknologi Pengolahan Umbi Gadung (Dioscorea Hispida Menjadi Makanan (Karya Mahasiswa Universitas Muhamadyah Bengkulu).
  3. Cobek (Comunitas Belajar Aktif)Beringin Kencana, Lampung Selatan (Karya Mahasiswa Muhamadiyah Metro).
  4. Penerapan Lubang Resapan Biopori Sebagai Alternatif Untuk Meminimalisir Banjir Di Kawasan Perumahan Ciledug Indah I (Karya Mahasiswa Universitas Esa Unggul).
  5. ”Edu Fun  Farming” : Model Pendidikan Pertanian Menyenangkan Menggunakan Buku Bergambar Dan Praktik (Karya Mahasiswa IPB.
  6. Pemanfaatan Lahan Kosong Di Yayasan “Ibu Penyayang Anak Yatim” Desa Cibanteng Bogor ”Green Wall Eco-Park” Solusi Tepat Guna Dalam Gerakan Hijaukan Lingkungan Melalui Penerapan Vertikal-Horizontal Kultur Pada Lahan Padat Pemukiman (Karya Mahasiswa IPB).
  7. ”Laboratorium Paparazi”: Wahana Edukasi Masyarakat Tentang Diversifikasi Pangan Berbasis Bahan Lokal Dengan Inovasi Baru IRumpi (Karya Mahasiswa IPB.
  8. Reinkarnasi Tungku Serbuk Tradisional Dengan Modifikasi Limbah Baglog Jamur Tiram Dan Sekam Padi Sebagai Bahan Bakar Alternatif Penghemat Migas Di Kalangan Masyarakat Desa Darmaga (Karya Mahasiswa IPB.
  9. Rebot (Recycle Botol Tidak Repot)Penyuluhan Mengenai Daur Ulang Sampah Plastik (Botol)Untuk Pemulung Di Tpa Putri Cempo Yang Bernilai Ekonomis (Karya Mahasiswa ISI Surakarta).
  10. Kunci Mantra (Komunitas Pecinta Permainan Tradisional) Sebagai Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Di Tengah Modernisasi Zaman Untuk Slb Panca Bakti Mulia Surakarta (Karya Mahasiswa ISI Surakarta).
  11. Domisol (Doa Muslim Sholih) : Games Edukasi Dengan Memanfaatkan Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Mempermudah Anak-Anak Tk Darussalam Wedoro Sidoarjo Dalam Menghafal Dan Menerapkan Doa Sehari-Hari (Karya Mahasiswa ITS).
  12. Santri Transformers : Program Pelatihan Dan Pembinaan Kompetensi Robotika Di Kalangan Santri Madrasah Aliyah (Ma)Pondok Pesantren Al-Badar Darud Da’Wah Wal Irsyad (Ddi) Parepare (Karya Mahasiswa ITS).
  13. Narsiss (Nugget Kulit Manggis) : Pengolahan Kulit Manggis (Garcinia Mangostana L.) Untuk Peningkatan Nilai Ekonomis Manggis Di Desa Slawe, Kecamatan Watulimo, Trenggalek (Karya Mahasiswa ITS).
  14. Aplikasi Mondusia( Monitoring Posyandu Lansia) Sebagai Peningkatan Monitoring  Mental Dan Kesehatan Bagi Lansia Usia Lebih Dari  55 Tahun Di Desa Lohgung (Karya Mahasiswa Politeknik Surabaya).
  15. Aksesoris Resin Sebagai Titik Awal Pemberdayaan Karang Taruna Yang Produktif (Karya Mahasiswa Politeknik Bandung).

Itulah beberapa penjelasan mengenai PKM yang bisa Pins jadikan sebagai pedoman untuk melakukan pengabdian di masyarakat. Selain itu, berdasarkan referensi contoh judul PKM Pengabdian Masyarakat di atas, kamu tentu akan lebih mudah untuk melakukan penelitian yang disetujui. Selamat mencoba!

Sama seperti memilih judul PKM, memilih hunian yang tepat, seperti rumah di daerah Jakarta Selatan, tentu akan sangat penting! Jika kamu bingung, cek halaman rumah eksklusif seperti Puri Tenjo, untuk cari tahu rumah idamanmu!

Baca juga:

Featured image source: STMIK Antar Bangsa


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cikarang Griya Pratama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download