BlogLifestyleEdukasiPengertian dan Kondisi Pendidikan di Indonesia Saat Ini 2023
0
0

Pengertian dan Kondisi Pendidikan di Indonesia Saat Ini 2023

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
pendidikan di indonesia saat initop-right-banner

Pins masih belum begitu paham apa yang dimaksud dengan pendidikan serta fungsinya? Kamu mungkin sering mendengar istilah pendidikan serta berita tentang pendidikan di Indonesia saat ini tanpa mengetahui lebih dalam tentang maksudnya. Istilah pendidikan secara umum adalah proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan yang diwariskan dari satu generasi ke selanjutnya.

Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis pendidikan yang bisa ditemukan, serta tujuan utamanya adalah agar memberikan manfaat bagi sesama manusia. Menjadi bekal khusus untuk kesiapan menghadapi masa depan. Begitupun dengan fitur PinValue dari Pinhome yang bisa Pins jadikan sebagai bekal penting untuk mempelajari proses dan cara membeli rumah dengan cepat dan aman. Berikut penjelasan tentang pendidikan dan kondisinya di Indonesia saat ini.

Baca juga:

Pengertian Pendidikan

Source : The Guardian

Pendidikan merupakan istilah proses pembelajaran serta sarana untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi manusia. Istilah pendidikan juga sering didefinisikan sebagai salah satu usaha sadar dan dilakukan secara sistematis untuk mewujudkan suasana belajar-mengajar agar peserta didik dapat mengembangkan potensinya. Pendidikan hadir agar seseorang bisa memiliki kecerdasan, kepribadian, akhlak yang mulia, kekuatan spiritual, serta keterlampilan yang bermanfaat.

Istilah pendidikan pada awalnya diambil dari bahasa Inggris dengan kata education yang berasal dari bahasa Latin yakni eductum. Terdiri dari dua kata yaitu E dengan arti pengembanga dari dalam keluar kemudian duco dengan arti berkembang. Untuk itu, secara etimologis, pendidikan memiliki arti proses mengembangkan kemampuan diri sendiri serta kekuatan bagi individu.

Pengertian Pendidikan Menurut Ahli dan UUD

pendidikan di indonesia saat ini
Source : Leadership News

Untuk memahami lebih dalam mengenai pengertian serta fungsi pendidikan berikut penjelasan berdasarkan ahli dan UUD di Indonesia. Selengkapnya!

Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar, beliau menjelaskan bahwa pendidikan merupakan proses menuntun segala kekuatan kodrat pada peserta didik. Tujuannya agar mereka sebagai anggota masyarakat dan manusia bisa mencapai keselamatan serta kebahagiaan setinggi-tingginya.

Martinus Jan Langeveld

Martinus menjelaskan bahwa pendidikan merupakan suatu upaya untuk menolong anak agar dapat melakukan tugas hidupnya secara mandiri, tujuannya adalah agar dapat bertanggung jawab secara susila. Pendidikan juga merupakan suatu usaha manusia dewasa dalam memberikan bimbingan bagi manusia yang belum dewasa menuju kedewasaannya.

Undang-Undang RI

Di dalam Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003, menjelaskan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Tujuannya agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, kepribadian, keterampilan, serta akhlak yang mulia untuk dirinya, bangsa, masyarakat, serta negara.

Baca juga: Pengertian Integrasi Nasional: Syarat, Jenis, Faktor, dan Contohnya

Pendidikan di Indonesia Saat Ini

Source : School Education Gateway

Berdasarkan apa yang telah disampaikan pada Undang-Undang Negara Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 menjelaskan, bahwa perkembangan pendidikan di Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun, berdasarkan faktanya, apakah semua itu sudah terwujud? Berikut fakta sebenarnya tentang pendidikan di Indonesia!

Pengembangan SDM yang Tidak Merata

Kondisi yang menggambarkan pendidikan di Indonesia yang pertama adalah pengembangan SDM yang tidak merata. Intinya, dunia pendidikan selalu bergantung pada kualitas SDM-nya itu sendiri baik itu tenaga pendidik maupun siswanya. Peningkatan SDM di Indonesia masih cenderung berfokus pada Pulau Jawa, sedangkan wilayah lainnya masih didiskriminasi. Menurut data BPS, Papua Barat dan Papua memiliki nilai paling rendah di antara seluruh provinsi di Indonesia. Human Development Index rata-rata di Indonesia yaitu 61,73 sedangkan Papua hanya 57,25.

Pendidikan di Indonesia Timur yang Memprihatinkan

Di Indonesia khususnya wilayah timur, kondisi pendidikannya masih sangat memprihatinkan. Berdasarkan data dari Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal, masih terdapat sekiranya 800 ribu anak di Indonesia Timur yang putus sekolah. Kebanyakan dari mereka putus sekolah karena masih banyak yang buta huruf. Paling tinggi berada di Provinsi Papua yaitu sebesar 36,31, NTB sebesar 16,48, dan Sulawesi Barat 10,33 persen.

Fasilitas Pendidikan yang Belum Merata

Tidak hanya kelas sosial seperti Perumahan di Kota Tangerang contohnya New Abaya Village, yang berbanding jauh dengan Perumahan di kota kecil lainnya. Pendidikan di Indonesia saat ini memang cukup baik, tetapi masih banyak hal yang perlu dibenahi seperti fasilitas pendidikan yang belum merata. Masih banyak daerah khususnya di bagian timur Indonesia dengan kondisi fasilitas serta akses pendidikan yang jauh dari kata layak. Bahkan dengan kondisi bangunan serta akses jalan yang tidak layak masih banyak ditemukan. Pasokan listrik pun masih terbatas.

Kualitas Tenaga Pengajar yang Belum Mumpuni dan Tidak Merata

Kualitas tenaga pengajar menjadi salah satu faktor pendorong yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan bangsa. Bisa dibayangkan jika kualitas tenaga pengajar belum dibenahi atau ditingkatkan dengan baik, kondisi peserta didiknya tentu sulit untuk ditingkatkan. Contohnya, di NTT hampir 50 persen dari 80 ribu tenaga pendidik yang tersedia hanya memiliki Ijazah SMA Sederajat. Sedangkan di dalam UU No.14 Tahun 2005 menjelaskan bahwa minimal untuk tenaga pengajar paling tidak berpendidikan D-IV atau S1.

Kesadaran Masyarakat Akan Pendidikan yang Kurang

Tanpa kita sadari, di Indonesia masih banyak orang yang belum sadar akan pentingnya pendidikan. Dibalik kondisi pendidikan di Indonesia saat ini yang masih belum membaik, masih banyak orang yang kesadaran akan pendidikannya rendah. Seperti contohnya, banyak orang tua yang berkecukupan atau kelas ekonomi menengah ke bawah menerapkan pada anaknya bahwa pendidikan bukanlah suatu hal yang penting. Pedahal hal inilah yang menghambat kemajuan pendidikan di negeri ini.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kondisi pendidikan di Indonesia saat ini termasuk pengertiannya. Seiring dengan perkembangan jaman, sebaiknya Indonesia sebagai salah satu negara yang maju mampu meningkatkan kualitas pendidikan bagi masyarakatnya. Kesejahteraan pendidikan yang merata tentu akan sangat dibutuhkan demi masa depan anak bangsa.

Featured image source: European Union


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download