BlogLifestyleEdukasi10 Contoh Judul PKM AI (Artikel Ilmiah) yang Didanai Oleh Dikti
0
0

10 Contoh Judul PKM AI (Artikel Ilmiah) yang Didanai Oleh Dikti

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Okt 20, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ada banyak pilihan untuk menyalurkan kegiatan menulis bagi mahasiswa. Salah satunya melalui pembuatan artikel ilmiah. Arti artikel ilmiah adalah karya tulis yang dibuat dengan tata cara ilmiah dan bertujuan untuk dimuat di jurnal. Saat ini ada banyak contoh judul PKM AI yang bisa Pins pelajari dan cermati jika ingin mencoba membuat artikel ilmiah sendiri.

Bagi mahasiswa, memahami PKM AI beserta contohnya itu sama penting dengan membeli rumah melalui aplikasi yang tepat seperti Pinhome. Aplikasi ini punya fitur PinValue yang memberikan informasi harga rumah bekas di Kab Bekasi Selatan hingga rumah di Jagakarsa. Ataupun hunian baru di Tamaruma dan Crown Regency.

Yuk, pahami lebih jauh tentang definisi PKM dan contoh PKM AI yang bisa kamu jadikan pembelajaran!

Baca juga:

Apa Itu PKM AI (Artikel Ilmiah)?

Sumber: Freepik

PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Kemendikbud melalui Dikti. Pada dasarnya, program ini sudah berdiri sejak tahun 1997 lalu hingga saat ini. Jadi, bisa kita bayangkan ada berapa banyak karya tulis yang di-submit dan lolos kualifikasi.

Dalam prosesnya PKM terbagi menjadi 3 bagian yakni PKM 5 Bidang. PKM-GFK, dan juga PKM-AI dan PKM-GT.

PKM AI adalah PKM yang dibuat dengan melibatkan pelaksanaan kegiatan fisik sebelumnya, baik kegiatan tersebut di laboratorium ataupun lapangan.

Jenis PKM ini nantinya akan dipublikasikan di jurnal elektronik milik Direktorat Belmawa apabila penulis setuju. Hal inlah yang membuat PKM AI punya syarat mutlak yakni tidak boleh berasal dari publikasi jurnal dan bahkan conference sebelumnya.

Bagaimana dengan sumber lain?

PKM AI oleh diajukan dari PKL (Praktek Kerja Lapangan, PPL (Praktek Pengalaman Lapangan, atau bahkan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Selain itu, PKM pendanaan tahun sebelumnya yang tidak diundang ke PIMNAS juga boleh diikutsertakan.

Apabila seseorang lolos PKM AI ini menurut banyak pihak ia ia akan memperoleh insentif atau dana tunai sebesar Rp3 juta. Selain itu juga ia berkesempatan untuk mengikuti PIMNAS.

Baca juga:

Tujuan PKM AI

Sumber: Freepik

Pelaksanaan PKM AI bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa, khususnya dalam mengomunikasikan ide-ide mereka. Ide-ide ini bisa muncul saat mahasiswa melakukan kegiatan.

Melalui program ini, harapannya mahasiswa punya bekal berupa pengetahuan, keterampilan, dan wawasan agar bisa menghasilkan publikasi ilmiah di masa depan. Dalam proses pembuatan artikel ilmiah ini, mahasiswa juga diharapkan untuk bisa mendefinisikan masalah dengan jelas beserta solusinya.

Untuk mencapai tujuan ini, maka artikel ilmiah yang di-submit dalam PKM harus memiliki 3 karakter utama yakni:

  • Tidak ada usulan pembiayaan yang diikutsertakan.
  • Artikel ilmiah harus dalam bentuk atau status siap terbit dengan mengikuti kaidah penulisan jurnal ilmiah dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
  • Sumber penulisan harus berupa kegiatan ilmiah (kegiatan nyata) yang statusnya sudah selesai oleh tim atau kelmpok mahasiswa yang bersangkutan.

Baca juga: Kumpulan Contoh Penutup Makalah Mahasiswa

Contoh Judul PKM AI yang Di Danai Dikti

Sumber: Freepik

Pada kesempatakan kali ini akan membagikan tentang judul-judul PKM AI contoh yang pernah di danai Dikti, antara lain;

  1. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012 (Karya Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya).
  2. Peningkatan Inovasi Produk Dan Promosi Pada Kelompok Makanan Basah Desa Dresi Wetan Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang (Karya Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YYPI).
  3. Eco Underwater City : Konsep Kota Sehat Ramah Lingkungan Sebagai Pembangunan Berkelanjutan Di Indonesia Solusi Mengurangi Kepadatan Pemukiman Penduduk (Karya Mahasiswa Unair).
  4. Jalur Panu (Jaringan Jalan Umum Terintegrasi dengan Panel Surya) Sebagai Sumber Energi Ramah Lingkungan Terbarukan di Kota Surabaya (Karya Mahasiswa Unair).
  5. Obat (Potato Battery) Sebagai Alternatif Sumber Energi Listrik (Universitas Undip).
  6. Jakarta SACTY (Jakarta, Smart and Green City), Pemanfaatan Hutan Bawah Tanah sebagai Pembangkit Listrik untuk Mewujudkan Jakarta yang Bebas Banjir dan Mandiri Energi (Karya Mahasiswa UGM).
  7. Aerospace Medical Bunker : Inovasi Pesawat Masa Depan Melalui Desain Bunker Evakuasi Dan Unit Kesehatan Sebagai Solusi Tuntas Jaminan Keamanan Dan Keselamatan Penumpang (Karya Mahasiswa UII).
  8. JAVEDU PARK (Javanesse Education Park)Taman Kreasi dan Kebudayaan Jawa sebagai Sarana Edukasi Anak (Karya Mahasiswa UII).
  9. PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)Sederhana Dengan Sistem Water Cycle Sebagai Upaya Untuk Mengatasi Masalah Kelangkaan Listrik Di Dusun Rawa Baru Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi (Karya Mahasiswa Unja).
  10. Electric Supply Truck Sebagai Solusi Mengatasi Masalah Bahan Bakar Kendaraan Listrik (Karya Mahasiswa Unej).

Dari contoh PKM AI di atas bisa dilihat ini adalah usaha kongrit pemerintah dalam mendorong mahasiswa untuk mampu menuangkan pemikiran dan hasil kegiatan ilmiah yang telah dilakukan dalam artikel ilmiah yang sesuai dengan kriteria.

Demikianlah ulasan mengenai contoh judul PKM AI (Artikel Ilmiah) yang didanai oleh Dikti. Semoga bermanfaat ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami The Agathis dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download