Inilah Bisnis Rumahan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Dipublikasikan oleh Cahyadi Nugraha dan Diperbarui oleh Achlisia Putri ∙ September 14, 2022 ∙ 3 menit membaca

Bisnis rumahan juga bisa dilakukan oleh mahasiswa. Telat membayar uang semester, menunggak pembayaran kontrakan, atau sering puasa agar bisa menghemat uang saku. Itulah beberapa keadaan yang mungkin sering dialami oleh mahasiswa.

Jika kamu juga mengalami hal yang saya sebutkan di atas, ada baiknya untuk mencoba berbisnis sambil kuliah. Tentu hal itu sangat sulit untuk dijalani, karena banyaknya materi dan tugas dari dosen yang harus kamu kerjakan. Tapi jika kamu bisa mengatur waktu dengan baik, hal itu bukanlah suatu kendala yang bisa kamu jadikan alasan untuk tidak membuka bisnis dari rumah walaupun masih kuliah.

Usaha rumahan untuk mahasiswa

Membuka usaha ketika masih kuliah adalah ide yang tepat bagi kamu yang secara finansial mengalami kesulitan. Dengan membuka usaha kamu bisa membantu meringankan beban orang tua. Tapi kamu harus memilih usaha yang tidak mengganggu aktifitas belajar, agar kamu juga bisa tetap berprestasi dalam akademik. Berikut ini beberapa usaha rumahan yang cocok dijalankan oleh mahasiswa.

1. Membuka bimbel

Jasa Bimbel

Usaha membuka bimbingan belajar pastinya membutuhkan modal besar uantuk membeli semua perlengkapan yang dibutuhkan, eits tunggu dulu, saya tidak menyuruh kamu untuk membuka bimbingan belajar sekelas Primagama atau lembaga bimbingan belajar lain.

Yang saya maksudkan membuka bimbel adalah kamu berusaha menjadi pengajar sendiri untuk memberikan les kepada siswa SD, SMP atau SMA. Jika kamu kuliah di PTN atau PTS yang terkenal di kota-besar, sangat muda bagi kamu untuk menjadi guru les. Apalagi di kota besar para orang tua sangat peduli terhadap kegiatan belajar anak-anaknya.

Apalagi menjelang ujian nasional, pasti banyak orang tua murid yang mencarikan anaknya guru privat agar lulus ujian. Bayaran sekali mengajar ini sesuai kesepakatan, jumlahnya pun bervariasi mulai 50 ribu sampai 200 ribu sekali mengajar.

2. Jasa Pengetikan dan Print

Jasa Pengetikan Untuk Mahasiswa

Jasa ini menjadi salah satu alternatif usaha yang menjanjikan bagi mahasiswa, terlebih lagi bagi kamu yang tinggal di lingkungan kampus atau dekat dengan lokasi kos mahasiswa, bisnis ini sangat menjanjikan walaupun hanya dijadikan usaha sampingan.

Banyaknya tugas dari dosen, makalah, atau skripsi semua tugas itu mengharuskan mahasiswa untuk mengetik. Dan pada kenyataanya banyak mahasiswa yang menggunakan jasa pengetikan untuk membantu menyelesaikan tugas mereka. Alasan mahasiswa tersebut memilih menggunakan jasa, karena mereka tidak memilki perangkat cetak dan tidak mau report atau tidak memiliki keahlian yang cukup untuk mengetik atau mencetak tugas tersebut.

3. Menjadi Penulis Lepas

Writerpreneur

Kamu suka menulis? Atau punya kemampuan untuk menyampaikan ide melalui sebuah tulisan? Jika iya maka peluang bisnis sebagai penulis lepas ini cocok untuk kamu. Selain mudah untuk menjalankannya, bisnis ini juga tidak memerlukan banyak modal.

Peluang bisnis ini nyaris tanpa modal karena mengandalkan bisnis ini hanya mengandalkan kemampuan menulis, imajinasi serta kreatifitas kita. Selain itu yang menyenangkan dari bisnis ini bisa dilakukan kapan saja, dan di mana saja, sehingga kita bebas memilih waktu yang cocok untuk mengerjakannya.

Peluang menjadi penulis ini masih memiliki banyak peluang. Karena pada hakekatnya kebutuhan akan konten tulisan ini sangat dibutuhkan di media, baik di media cetak ataupun media online . Tawaran sebagai penulis bisa kamu temukan di berbagai media offline seperti koran, majalah ataupun media online seperti website atau blog yang membutuhkan penulis konten.

Salah satu bentuk tulisan yang dibutuhkan adalah menulis cerpen, novel atau buku. Sebagai contoh jika kamu menulis buku, bila naskah yang kamu buat lolos seleksi dan dicetak oleh media tersebut maka pundi-pundi rupiah akan mengalir ke kantong kamu.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Menghapus Watermark Pada Foto dan Video

Ada banyak aplikasi menghapus watermark untuk menghapus atau menghilangkan watermark dari foto dan

Properti
Properti Apa Itu Kota Mandiri? Ini 5 Rekomendasi Perumahan di Kota Mandiri

Untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat akan hunian yang nyaman, tidak hanya dinilai dari

Gadget
Gadget 5 Cara Cek Baterai Health Samsung dengan Cepat

Sejak beberapa tahun terakhir, Samsung membekali gawai rilisan terbarunya dengan kapasitas yang bes

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Oppo 3 Jutaan

Mengumpulkan uang berjumlah Rp4 jutaan untuk membeli handphone memang terasa banyak dan berat. Deng

Gadget
Gadget 8 Cara Reset HP Xiaomi Semua Tipe Secara Otodidak

Sebagai salah satu brand gawai pintar ternama di dunia, produk dari Xiaomi juga tak luput dari erro

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia