BlogPemilik PropertiFinansialMasih Awam di Dunia Crypto? Begini Cara Trading Crypto untuk Pemula
0
0

Masih Awam di Dunia Crypto? Begini Cara Trading Crypto untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Athiah Amida

Jul 26, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara trading cryptotop-right-banner

Trading merupakan cara yang ditempuh banyak orang untuk mendapatkan penghasilan dalam kurun waktu singkat. Saat ini, trading crypto menjadi salah satu bentuk trading yang semakin naik daun, termasuk di Indonesia. Banyak pemula yang ingin mencoba melakukan trading, tapi masih belum tahu cara trading crypto.

Apakah kamu termasuk salah satunya, Pins? Untuk membantumu memahami cara trading crypto bagi pemula, simak informasi lengkapnya berikut ini:

Pengertian Trading Crypto

Source : Freepik

Apa sih yang dimaksud dengan trading crypto? Trading crypto adalah kegiatan memperjualkan belikan aset digital crypto di pasar cryptocurrency untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Koin atau token crypto ini beraneka ragam, diantaranya adalah Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin.

Crypto memiliki votatilitas yang tinggi, dimana harga dapat naik dengan cepat dan turun tiba-tiba. Untuk itu, cara untuk mendapatkan cuan ini lebih cocok untuk dijadikan sebagai investasi jangka pendek.

Baca juga: Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Cara Trading Crypto untuk Pemula

Source : Freepik

Untuk dapat melakukan trading crypto, sangat penting untuk mencari tahu lebih dulu informasi bagaimana cara kerjanya. Terutama bagi pemula, agar aktivitas trading yang dilakukan dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal. Untuk itu, kamu bisa mengecek 5 cara trading crypto bagi pemula ini.

Dalam melakukan transaksi finansial, siapapun tak ingin mengambil resiko dengan trading di tempat yang tak terpercaya. Hal ini juga berlaku dalam memilih aplikasi crypto. Meskipun sekarang semakin banyak aplikasi trading crypto yang bermunculan, tapi aplikasi tersebut belum tentu legal. 

Pilihlah aplikasi trading crypto yang legal, karena ini berarti aplikasi tersebut sudah memperoleh izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Setelah memastikan kelegalannya, kamu bisa melanjutkan ke proses pendaftaran. Umumnya, setelah pendaftaran kamu harus melakukan verifikasi Know Your Customer (KYC) dan mengisi data diri.

Baca juga: Apa itu Bored Ape? Lihat Gambar NFT “Monyet” di Cryptocurrency

Mengecek Syarat-syarat yang Tercantum

Untuk dapat melakukan trading, kamu perlu tahu lebih dulu syarat-syarat dari aplikasi crypto yang dipilih. Diantaranya, kamu perlu mengecek syarat deposit dan juga biaya yang harus dikeluarkan per transaksi. 

Apakah syarat depositnya ini rendah, sedang, atau mungkin tinggi? Untuk pemula, sebaiknya mencoba lebih dulu deposit yang rendah atau murah. Terkait biaya per transaksi, apakah biaya yang dikenakan relatif terjangkau, atau justru tinggi? Pastikan syarat-syaratnya ini tidak memberatkanmu kedepannya.

Menentukan Aset Crypto yang Ingin Dibeli

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, koin atau token crypto beragam jenisnya. Banyak orang memilih koin atau token crypto ini berdasarkan popularitas yang paling sering digunakan, atau memilihnya dari segi harganya.

Untuk pemula, kamu harus tahu lebih dulu kelebihan dan kekurangan dari token atau koin yang dipilih. Misalnya saja, untuk Bitcoin yang merupakan koin crypto yang banyak digunakan, memiliki jumlah yang terbatas. Selain itu, dari segi harganya pun tergolong mahal yang mungkin bisa cukup memberatkan bagi pemula.

Walaupun aset crypto ini fluktuatifnya tinggi, tapi kamu bisa melihat dari segi kenaikan dan penurunannya, manakah yang paling sering terjadi. Tentu saja, siapapun ingin memilih token atau coin dengan performa yang baik.

Hal yang tak kalah penting adalah untuk memastikan koin atau token crypto yang kamu pilih ini juga sudah legal di Indonesia. Jangan sampai niat untuk mendapatkan keuntungan malah berakhir merugikan kamu nantinya.

Melakukan Transaksi

Cara trading crypto bagi pemula berikutnya adalah dengan melakukan pembelian pada koin atau token yang kamu pilih. Dengan memulainya dari modal kecil memang tidak akan membuat kamu mendapatkan keuntungan yang signifikan. Tetapi, seiring berjalannya waktu dan semakin familiar dengan trading crypto, kamu bisa meningkatkan modalmu.

Melakukan Analisis dan Memerhatikan Kondisi Pasar

Bukan hanya sekedar membeli, untuk mendapatkan keuntungan dari dunia trading kamu juga perlu belajar melakukan analisis pasar. Berbeda dari investasi, pasar crypto beroperasi 24 jam! Dengan waktu yang tak ada batasnya ini, perubahan harga dapat terjadi kapan pun. Dengan melakukan analisis, kamu dapat memperkirakan pergerakan harga token yang kamu pilih.

Dalam memerhatikan kondisi pasar ini, seringkali kamu akan dihadapkan pada istilah-istilah terkait crypto. Untuk pemula pasti akan sulit untuk memahaminya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari tahu terms yang berhubungan dengan pasar crypto untuk menambah wawasanmu dan memahami trading ini.

Baca juga: Perlu Tahu! Apa Itu Bitcoin dan Bedanya dengan Instrumen Investasi Lain?

Memantau Aset Crypto yang Dimiliki Secara Berkala

Langkah terakhir dalam trading crypto adalah mengecek atau memantau aset crypto milikmu secara berkala. Berhubung aset crypto ini diperjualbelikan di seluruh dunia dan beroperasi sepanjang waktu, membuat pasar crypto sangat dinamis. Jika tidak memantau pasar secara rutin, kamu akan sulit dalam memprediksi perubahan-perubahan yang dapat terjadi kapan pun.

Pada dasarnya, jika kamu sudah terbiasa melakukan investasi, kamu akan lebih cepat beradaptasi dengan trading crypto. Hal yang paling membedakan dari keduanya adalah jangka waktu tujuannya. Trading crypto lebih ditujukan bagi kamu yang mencari keuntungan dalam waktu relatif singkat.

Itulah penjelasan mengenai pengertian trading crypto beserta caranya. Semoga cara trading crypto yang sudah dijabarkan di atas, bisa memberikanmu gambaran mengenai proses trading, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Lippo Thamrin dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download