Pahami Apa itu Token Crypto Serta Perbedaannya dengan Koin

Diperbarui oleh Ramanda Salsa ∙ December 5, 2022 ∙ 5 menit membaca

Apa itu token crypto? Token satu ini merupakan aset digital yang sekarang ini tengah menjadi trend masyarakat dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Untuk kamu yang masih awam dengan dunia cryptocurrency, token crypto sering disamakan dengan koin crypto, mengingat token bisa berkembang untuk menjadi koin. 

Tidak jarang orang sering memakai istilah “koin” dalam merujuk apa yang dikenal orang sebagai “token”, dan “token” pula merujuk apa yang dikenal orang lain sebagai “koin”. Itulah mengapa dalam artikel ini, Pinhome akan membahas mengenai perbedaan keduanya. Simak langsung yuk!

Apa Itu Token Crypto?

(Freepik)

Token crypto adalah cara untuk melakukan rancangan jaringan terbuka yang timbul dari gerakan cryptocurrency yang dimulai dengan munculnya Bitcoin pada tahun 2008. Selanjutnya dikuatkan dengan hadirnya Ethereum pada tahun 2014. Token crypto diciptakan melalui Initial Coin Offering (ICO).

Apa itu crypto token? Crypto token prinsipnya merupakan terobosan pada desain jaringan terbuka yang dapat membuat jaringan tersebut saling terdesentralisasi dan mengkombinasikan properti arsitektur dari teknologi jaringan terbuka. Setelahnya, ini menjadi cara baru untuk memberikan insentif pada semua yang terlibat jaringan terbuka. Hal ini termasuk pengembang, pengguna, penyedia layanan, dan investor. 

Dengan membuat pengembangan jaringan terbuka yang baru menjadi aktif, token crypto bisa membantu memulihkan sentralisasi internet. Selain itu pula menjaganya supaya tetap bisa mudah diakses dan memberikan inovasi yang lebih besar.

Token crypto juga dikenal sebagai aset crypto, yaitu jenis khusus dari mata uang virtual yang ada di blockchain mereka sendiri dan merepresentasikan utilitas atau aset tertentu. Apa itu token crypto sering dipakai untuk menggalang dana dalam penjualan massal, namun mereka juga bisa digunakan menjadi pengganti hal-hal lain. Contohnya, seseorang bisa memiliki token crypto yang merepresentasikan X dari jumlah poin loyalitas pengguna pada suatu blockchain yang dipakai untuk mengelola detail pada sebuah ritel.

Di dunia ini bisa jadi ada token crypto lain yang memberikan hak pada pemegang token untuk melihat streaming selama 10 jam pada blockchain video sharing. Token crypto lainnya bahkan bisa mewakili mata uang crypto lainnya, misalnya token crypto yang setara dengan 15 bitcoin pada sebuah blockchain. Token crypto semacam itu dapat diperjual belikan dan ditransfer kepada pengguna blockchain yang bervariasi. Dari penjelasan di atas, kamu bisa memahami apa itu token crypto bukan?

Baca juga: Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Cara Kerja Koin Crypto

apa itu token crypto
(Freepik)

Nah, cara kerja token crypto hampir sama dengan vending machine atau tanpa penjual dengan memanfaatkan pihak ketiga. Penjual atau pihak ketiga ketika transaksi token crypto digantikan oleh sistem pencatatan yang terdesentralisasi. Walau begitu, masih ada pihak sekuritas yang menjadi jembatan pembelian dan penjualan token memakai uang fiat. Token Crypto umumnya dibuat, didistribusikan, diedarkan, dan dijual melalui proses Initial Coin Offering (ICO) yang melibatkan crowdfunding dalam mendanai proyek.

Aset crypto ini sering berguna sebagai unit transaksi dalam blockchain yang diciptakan memakai template standar seperti yang ada di jaringan Ethereum yang bisa membuat pengguna membuat token. Blockchain jenis itu bekerja di konsep kontrak pintar atau aplikasi terdesentralisasi, yang mana kode yang bisa diprogram dan dijalankan sendiri dipakai dalam memproses dan mengelola banyak transaksi yang ada di blockchain.

Sementara itu, pada teknologi blockchain, token menjadi bentuk mata uang digital yang bisa ditransfer ke pihak lain untuk pembayaran. Ketika melakukan transaksi, baik itu untuk penerimaan atau pengiriman, Smart Contract (perangkat kode yang dipakai untuk pencatatan pada token crypto) akan mencatat dan membuatnya tidak bisa direkayasa.

Baca juga: Ini Dia Cara Mining Tether dan Cara Mendapatkannya

Perbedaan Token Crypto dengan Koin Crypto

apa itu token crypto
(Unsplash)

Token dan koin crypto sangat sulit dibedakan, terlebih bila kamu tidak memahami latar belakang sebuah aset crypto. Untuk mengetahui perbedaan dua aset crypto tersebut, kamu harus membaca keterangan tentang sistem blockchain yang dipakai. Pada umumnya ada tiga perbedaan token dan koin crypto, yaitu sistem penyokong transaksi mata uang crypto atau blockchain, regulasi mengenai transfer, dan reputasi.

Sistem Blockchain Pada Crypto

Sebuah aset crypto akan dikatakan sebagai koin crypto bila mempunyai sistem blockchain sendiri. Hal ini tidak sama dengan token crypto yang beroperasi memakai sistem blockchain koin crypto. Token crypto yang berkembang bisa mulai membuat dan memakai blockchain-nya sendiri supaya dapat terlepas dari koin yang mulanya menaungi.

Regulasi Transfer Token dan Koin Crypto

Koin crypto tidak dapat melakukan transfer pada koin lain, sebab ada perbedaan sistem blockchain. Sedangkan token bisa melakukan transfer pada token lain selama masih ada pada sebuah blockchain. Misalnya token Aave bisa barter dengan token crypto Chainlink, sebab keduanya masih ada pada sistem blockchain-nya Ethereum.

Reputasi Token dan Koin Crypto

Token crypto dan koin crypto sama-sama dapat dijadikan menjadi objek investasi. Walau demikian, kamu wajib melakukan riset tentang reputasi koin sebelum membeli aset crypto. Saat harga sebuah token jatuh, harga koin crypto yang dipakai sebagai blockchain-nya belum tentu ikut terpengaruh. Sebaliknya, bila harga sebuah koin crypto tumbang, maka berbagai token crypto yang berada di dalamnya bisa ikut tumbang.

Jadi, kini apa Kamu telah memahami mengenai apa itu token crypto serta perbedaannya dengan koin? Mulai terlebih dahulu masuk dalam investasi crypto agar pemahaman akan berbagai istilah crypto dapat kamu pahami.

Baca juga: Apa itu Bearish dan Bullish dalam Pasar Kripto? Begini Cara Memprediksinya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Grand Zamzam Syariah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Freepik

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Program dari BJB KPR Gaul untuk Para Millenial

Kabar gembira untuk para milenial dengan gaji minimal Rp3 juta, sekarang bisa banget untuk punya ru

Finansial
Finansial Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rumah KPR non subsidi boleh direnovasi? Apakah jika melakukanny

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia