Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ November 30, 2022 ∙ 5 menit membaca

Pada era modern ini, berkembangnya teknologi sudah banyak sekali memberikan manfaat kepada hidup manusia, salah satunya yaitu di sektor keuangan. Bukan hanya itu, cakupan metode pembayaran juga semakin beragam, mulai dari transfer, debit, kredit, mobile banking, internet banking, hingga dompet digital. Khusus mata uang crypto, ada yang dikenal dengan nama crypto wallet. Namun, apa itu crypto wallet?

Baca juga: Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Mengenal Apa Itu Crypto Wallet

apa itu crypto wallet
(Freepik)

Dilansir dari halaman Coinbase, crypto wallet adalah sebuah aplikasi yang dapat menyimpan atau mengirim aset digital pengguna cryptocurrency. Fungsi umum crypto wallet mirip dengan dompet digital pada umumnya untuk keuangan konvensional. Para penggunanya tidak harus lagi menggunakan dompet konvensional untuk membawa uang tunai saat berbelanja karena telah menyimpannya di suatu tempat yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

Sebagai aplikasi digital, crypto wallet ini dapat diakses melalui laptop, smartphone, ataupun komputer desktop. Aplikasi ini dikenalkan oleh Satoshi Nakamoto ketika merilis protokol dari Bitcoin pada tahun 2009 lalu. Seperti yang dapat ketahui, Bitcoin adalah salah satu cryptocurrency yang paling terkenal dan banyak digunakan.

Dalam proses perkembangannya, muncul juga beragam jenis crypto lain yang sudah dibangun dengan teknologi blockchain. Namun apapun jenis cryptocurrency-nya, seluruh mata uang tersebut bisa disimpan di crypto wallet. Tentunya aplikasi ini tidak memiliki bentuk fisik seperti dompet yang digunakan menyimpan mata uang konvensional pada umumnya.

Crypto wallet juga memiliki fitur alamat cryptography yang unik dan sanggup menampilkan lokasi penyimpanan uang tunai pada blockchain, buku besar umum yang dapat mencatat dan mengotentikasi semua transaksi yang dilakukan di mata uang crypto. Penggunaannya juga sangat mudah, sebab pengguna hanya perlu melakukan pemindaian QR code saja.

Baca juga: 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Penggunaan Crypto Wallet

apa itu crypto wallet
(Freepik)

Cryptocurrency adalah sebuah aset virtual yang tidak memiliki bentuk fisik, namun dapat dipakai dan juga dirasakan manfaatnya dengan nyata. Untuk itu, kepemilikan ini semestinya senantiasa dijaga supaya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dan keperluan penggunanya. 

Ada hal  yang salah bila kamu menganggap bahwa aset mata uang crypto ini dapat disimpan dalam crypto wallet layaknya mata uang konvensional lain. Secara teknis, crypto wallet tidak menyimpan mata uang crypto kamu, sebab kepemilikan seluruh jenis mata uang itu berada di dalam blockchain, yang hanya dapat diakses dengan memakai private key.

Prinsipnya kegunaan dari private key ini sama dengan password atau PIN dalam dompet digital, dimana para penggunanya wajib memasukkan password atau PIN supaya dapat melakukan transaksi dengan dana dari dompet digital. Jika kamu kehilangan private key, maka nantinya kamu bisa kehilangan akses ke aset digital kamu sendiri. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kerahasian dari private key ini supaya kamu dapat selalu mengakses crypto wallet untuk keperluan transaksi.

Apa itu Public Key dan Private Key dalam Crypto Wallet?

Bila ditarik garis kesimpulan, crypto wallet memiliki cara kerja yang tidak sama dari dompet digital lainnya. Di dalam crypto wallet ada dua kunci yang wajib dimiliki oleh para penggunanya, yakni private key dan public key. Kedua kunci ini hanya bisa didapat ketika penggunanya membuat crypto wallet. 

Sama dengan namanya, private key ini hanya bisa diketahui oleh pengguna dan wajib dijaga ketat kerahasiaannya. Untuk public key dapat diketahui dan diberikan pada orang lain, yang pastinya tidak membahayakan.

Hal ini sama dengan email, jika kamu ingin menerima e-mail dari seseorang, tentu kamu wajib memberikan alamat e-mail kamu. Namun, bukan berarti orang tersebut dapat mengakses e-mail kamu. 

Pengguna wajib mengetahui terlebih dahulu password e-mail supaya dapat melakukannya. Jadi pada crypto wallet, public key ini sama dengan alamat e-mail yang dapat kamu berikan pada siapapun untuk menerima dana. Sedangkan private key sama dengan password e-mail untuk mengakses crypto wallet milik kamu.

Baca juga: Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Jenis- Jenis Crypto Wallet

(Freepik)

Di dalam dunia dompet digital atau sering disebut dengan crypto wallet memiliki 2 jenis yang bisa kamu gunakan, yaitu hot crypto wallets (dompet panas) dan cold crypto wallets (dompet dingin). Bagaimana masing-masing penjelasannya, simak langsung yuk!

Crypto Wallet Dingin

Crypto wallet dingin adalah sebuah dompet digital offline yang penggunanya membutuhkan tanda tangan offline yang nantinya dapat diproses online. Prinsipnya, crypto wallet ini sama seperti brankas. 

Untuk dapat melakukan aktivitas transaksinya memang cukup merepotkan, karena ada banyak sekali prosedur yang harus kamu lalui. Namun crypto wallet dingin memiliki tingkat keamanan sangat tinggi untuk menyimpan aset crypto, sebab tidak memakai sistem cloud. Jadi, crypto wallet dingin ini cenderung lebih aman dari peretasan.

Crypto Wallet Panas

Crypto wallet panas adalah dompet online dimana crypto kamu dapat ditransfer dengan sangat cepat. Jenis ini bisa membantu pemakai untuk dapat melakukan aktivitas transaksi dengan lebih mudah. Oleh sebab itu, private key dari crypto wallet panas ini disimpan dalam cloud, sehingga aktivitas transfer dapat dilakukan dengan cepat. 

Dompet panas juga lebih mudah untuk diakses secara online dari mana saja dan kapan saja melalui desktop, tablet atau smartphone. Namun jenis ini mempunyai risiko pencurian yang tinggi, sebab tidak dapat dipulihkan kembali jika diretas.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai apa itu crypto wallet. Tentunya dalam hal ini, kamu harus dapat mengelola keuangan atau aset crypto yang kamu simpan pada crypto wallet dengan baik. Semua pengetahuan yang kamu dapatkan bisa menjadi ilmu bermanfaat, khususnya bagi kamu yang aktif investasi crypto, Pins!

Baca Juga: Apa itu FUD? Serta Moment Terbesar FUD?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Samesta Dramaga dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Freepik

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Pengubah Suara Terbaik

Pernahkah Pins berpikir untuk mengubah suara asli kamu untuk membuat efek gema seperti robot, atau

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Hobi Menyanyi

Karaoke merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang menghilangkan penat setelah bekerja atau akt

Lifestyle
Lifestyle 18 Aplikasi Baca Manga Terbaik Untukmu

Ingin baca manga untuk mengisi waktu luangmu? Atau memang kamu hobi membaca manga? Selain berbentuk

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Font Android Menarik

Melihat tampilan HP Android yang begitu-begitu saja setiap harinya cukup membosankan bagi setiap or

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia