BlogLifestyleTeknologiBegini Cara Money Management Trading yang Benar
0
0

Begini Cara Money Management Trading yang Benar

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Begini Cara Money Management Trading yang Benartop-right-banner

Sebagai seorang investor atau trader, kamu perlu tahu apa saja faktor yang memengaruhi sukses atau tidaknya kegiatan trading yang kamu lakukan. Salah satunya adalah manajemen risiko, termasuk money management trading atau memiliki sebutan lain manajemen uang. 

Sayangnya, masih banyak investor, terutama para pemula yang belum memahami apa itu manajemen uang dalam trading. Tak heran jika para investor cenderung mengalami kesulitan dalam mengetahui potensi keuntungan dari aktivitas trading yang mereka lakukan. Lalu, apa sebenarnya money management trading itu dan bagaimana cara tepat melakukannya?

Baca juga: Mari Pahami Perbedaan Investasi dan Trading!

Mengenal Money Management Trading

Source : Pexels

Secara general, money management memiliki arti sebagai cara atau strategi memanfaatkan sekaligus menyimpan uang yang kamu punya. Penerapan konsep ini dalam kehidupan yaitu melalui perhitungan jumlah uang yang bisa kamu pakai untuk belanja dan berapa banyak yang harus kamu simpan dari pemasukan yang kamu dapatkan. 

Sementara itu, arti dari money management trading yaitu suatu strategi untuk menaikkan atau menurunkan ukuran dengan tujuan untuk mencegah terjadinya risiko sekaligus menjangkau angka pertumbuhan dari akun trading sebesar mungkin. Sebagai trader, money management menjadi salah satu cara penting. 

Sebab, kamu tidak dapat menunjukkan sikap konservatif atau terlalu agresif. Semakin agresif, kamu akan memiliki potensi kerugian semakin besar. Sebaliknya, kalau kamu menunjukkan sikap konservatif, bukan tidak mungkin kamu akan kesulitan untuk mencapai tujuan finansial. 

Penerapan money management trading oleh para investor, khususnya investor independen biasanya memiliki tujuan untuk mendapat untung dalam jumlah besar sekaligus mengurangi potensi risiko seminimal mungkin. 

Penerapan Money Management Trading

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam menggunakan strategi manajemen uang. Akan tetapi, cara paling tepat yaitu dengan berpegang pada tingkat pengembalian dan faktor risiko. Mudahnya, kamu harus menyeimbangkan profit dan risiko. Berikut ini beberapa cara money management trading yang dapat kamu coba terapkan:

Menerapkan aturan 2%

Source : Pexels

Cara pertama yaitu menerapkan aturan 2%. Aturan ini berfokus pada pendekatan anti-martingale melalui peningkatan metrik posisi. Implementasinya yaitu menentukan batas risiko belanja sebesar 2% dari total saldo pada akun. Langkah ini terbilang konservatif karena berfokus pada membatasi risiko.

Apabila kamu masih pemula dan memiliki modal tidak lebih dari 1 juta dolar AS, maka strategi ini menjadi opsi terbaik untuk kamu terapkan. Sebab, aturan ini akan membuat kamu dalam posisi aman saat melakukan trading sambil mencari ilmu dan pengalaman lainnya. 

Sementara itu, bagi investor yang sudah memiliki modal lebih besar pada akun trading, aturan ini juga bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, para investor dapat mengurangi risiko untuk bisa sampai pada tingkat return sesuai dengan harapan. 

Baca juga: Mengenal Apa itu Rising Wedge Pattern dan Tips dalam Tradingnya

Fixed Fractional

Source : Pexels

Cara money management trading selanjutnya adalah melalui fixed fractional. Implementasinya dengan memecah kontrak trading pada level posisi uang sudah kamu tentukan setiap kali nilainya berada pada jumlah tertentu. Contohnya, kamu menjual 1 kontrak dengan harga 10 ribu dolar AS. 

Apabila nilainya sudah sampai angka 20 ribu dolar AS, maka kamu wajib memecah kontrak menjadi dua dengan harga 10 ribu dolar AS untuk setiap kontraknya. Cara ini menjadi opsi yang tepat supaya terhindar dari risiko dengan pertumbuhan lambat jika nilai setiap kontrak terlalu tinggi. 

Namun, apabila nilai setiap kontrak justru terlalu kecil, maka bukan tidak mungkin level pertumbuhannya akan sangat masif, tetapi kamu juga bisa mengalami kerugian yang sangat besar. 

Fraksi optimal atau optimal F

Source : Pexels

Fraksi optimal atau memiliki sebutan lain optimal F merupakan money management trading buah karya Ralph Vince. Ia adalah seorang ahli program komputer yang sudah menulis dan menerbitkan banyak buku mengenai manajemen uang dan trading plan. 

Fraksi optimal sendiri adalah suatu model matematika berupa pemecahan fraksi optimal dari rangkaian proses trading dengan harapan bisa menghasilkan pengembalian yang lebih besar. Cara manajemen ini mempunyai peluang pertumbuhan yang cukup besar. Namun, tetap ada risiko yang signifikan dan mungkin tidak terduga datangnya. 

Secure F

Source : Pexels

Ada pula manajemen uang secure F atau model matematika yang penerapannya melalui pemecahan fraksi optimal dari rangkaian trading. Sebenarnya, metode ini adalah versi dari cara optimal F yang lebih aman. Sayangnya, meski penerapan langkah ini bisa mencegah munculnya risiko tidak terduga, level pertumbuhannya ternyata tidak semaksimal saat menggunakan langkah optimal F. 

Baca juga: Buku Trading Forex yang Wajib Kamu Miliki

Fixed Ratio

Source : Pexels

Metode money management trading yang terakhir adalah fixed ratio hasil pengembangan dsri Ryan Jones. Metode ini terbilang sebagai pendekatan yang jauh berbeda dalam konsep manajemen uang. Sebab, fixed ratio mengacu pada profit yang kamu dapatkan daripada metrik posisi.

Terkait implementasinya, metode ini memanfaatkan variabel delta. Contohnya seperti berikut, kamu dapat melakukan trading dengan 1 kontrak yang nilainya sebesar seribu dolar AS. Saat kamu berhasil memperoleh angka tersebut, kamu dapat menaikkan ukurannya menjadi 2 kontrak dengan nilai yang sama. 

Setelahnya, barulah kamu boleh menaikkan lagi menjadi 3 kontrak setelah bisa mendapat untung sebesar 2 ribu dolar AS. Cara ini terbilang sangat efektif untuk akun trading yang memiliki ukuran kecil. Pasalnya, metode ini menawarkan angka pertumbuhan yang maksimal sekaligus penurunan level risiko bersama dengan pertumbuhan akun.

Demikian tadi informasi mengenai money management trading dan cara melakukannya yang dapat kamu coba. Kamu bisa mengombinasikan dengan rencana trading milikmu sendiri, Pins. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan Riscon Green Jatayu dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download