BlogLifestyleGadget5 Cara Reset HP Realme, Mudah dan Lengkap!
0
0

5 Cara Reset HP Realme, Mudah dan Lengkap!

Dipublikasikan oleh Shinta Dewi Kurniawati dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
HP Realme - Tekno Sindo Newstop-right-banner

HP Realme merupakan salah satu merk HP terpopuler di kalangan masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. HP Realme yang tadinya merupakan sub-brand dari Oppo memiliki harga yang cukup terjangkau namun dilengkapi dengan fitur dan spesifikasi yang tak kalah bersaing. Seiring berjalannya waktu, tidak menutup kemungkinan hp satu ini mengalami kerusakan. Oleh karena itu, penting untuk Pins mengetahui cara reset HP Realme supaya masalah yang terjadi dapat terselesaikan.

Saat terjadi kerusakan pada smartphone, Pins jangan buru-buru panik. Tetapi cobalah untuk melakukan perbaikan secara mandiri terlebih dahulu. Pinhome akan membagikan cara mereset HP Realme langkah demi langkah yang bisa kamu ikuti. 

Baca juga:

Masalah Umum Pengguna HP Realme

Masalah yang sering kali terjadi pada pemilik smartphone adalah sebagai berikut:

  1. HP nge-hang/nge-freeze saat digunakan. Ini bisa jadi disebabkan oleh kinerja aplikasi yang terlalu berat, eror pada sistem, kapasitas RAM yang overload, dan masalah lainnya.
  2. HP tiba-tiba mati, lalu nyala kembali. Hal ini biasanya disebabkan oleh kinerja aplikasi yang tidak stabil, sistem yang tidak kompatibel, atau masalah pada baterai.
  3. Lupa password atau kode buka kunci HP, kalau masalah satu ini disebabkan oleh human error.

Apakah Pins pernah mengalami masalah tersebut? Pinhome punya tips untuk mengatasinya, yaitu dengan mereset kembali HP Realme kamu. Reset adalah cara mengatur ulang hp, baik kembali ke setelan pabrik, mengosongkan memori, maupun hanya sekedar menghapus aplikasi dan mengembalikan aplikasi seperti sediakala.

Sebelum melakukan reset HP, ada baiknya kita melakukan backup data terlebih dahulu. Kamu bisa gunakan fitur backup yang ada di pengaturan HP, menggunakan Cloud seperti Google Drive untuk menyimpan data di pihak ketiga, serta memindahkan data secara manual ke laptop, flashdisk, atau harddisk. Setelah data tersebut tersimpan, maka kamu bisa mulai melakukan reset. 

Cara Reset HP Realme

Kembali ke Setelan Pabrik (Factory Reset)

Realme - IDN Times
Source : IDN Times

Nah, ini cara yang paling umum digunakan jika HP kamu mulai error atau rusak tetapi tetap bisa nyala. Sebagai contoh kamu lupa pin & tidak ingat pola buka kunci HP maka kamu dapat melakukan factory reset. Berikut cara mereset HP Realme yang dapat Pins ikuti:

  1. Langkah awal, buka menu “Pengaturan”.
  2. Kemudian, klik “Pengaturan Tambahan”.
  3. Selanjutnya kamu pilih opsi “Buat Cadangan dan Reset”.
  4. Setelah itu, Pins masuk ke menu “Reset ke Data Pabrik”.
  5. Akan muncul berbagai opsi reset, pilih sesuai kebutuhan kamu ya Pins. Seperti hapus seluruh data untuk menghilangkan semua data dan aplikasi di HP. Ada juga pilihan reset pengaturan sistem saja untuk mengembalikan sistem seperti HP baru, dan berbagai pilihan reset lainnya.

Menggunakan Hard Reset

Realme IDN Times 2
Source : IDN Times

Opsi cara reset HP Realme ke dua dapat Pins pilih apabila sudah tidak bisa direset dengan cara halus. Hard reset Realme bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, matikan HP kamu terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, Pins dapat menekan tombol volume down & power secara serentak.
  3. Kemudian, akan muncul menu Realme UI Recovery.
  4. Setelah itu saran dari Pinhome kamu bisa memilih Bahasa Inggris untuk memudahkan langkah berikutnya.
  5. Klik “Wipe Data” apabila Pins ingin menghapus seluruh data di HP Realme kamu.
  6. Konfirmasi langkah tersebut dengan memasukan kata sandi atau pola buka kunci HP
  7. Terakhir, klik “Format”
  8. Pins tinggal menunggu HP kamu selesai melakukan Reboot.

Baca juga: 4 Cara Main Ome TV di iPhone Dengan Mudah dan Aman!

Melalui Fitur Find My Device

Cara reset Realme melalui menu Find My Device berfungsi saat kondisi HP kamu dicuri orang atau tertinggal di suatu tempat. Pins tidak ingin orang lain menyalahgunakan data-data yang ada di HP tersebut. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ya, Pins:

  1. Pertama-tama, buka halaman Find My Device melalui perangkat lain yang kamu miliki.
  2. Lalu, pilih opsi “Hapus Perangkat” serta jangan lupa untuk melakukan konfirmasi.
  3. Kemudian, akan muncul permintaan email dan kata sandi akun Google kamu. Apabila kamu belum login, silahkan untuk masuk terlebih dahulu.
  4. Setelah data-data kamu berhasil diverifikasi, maka Google akan menghapus seluruh data di HP Realme awal kamu dan mengembalikan OS Android seperti setelan awal.

Baca juga:

Kunjungi Website Realme

Cara reset HP Realme berikutnya adalah dengan cara mengunjungi website Realme. Reset melalui website ini digunakan untuk mereset ulang HP dikarenakan kamu lupa password. Nah, berikut merupakan langkah yang bisa Pins ikuti:

  1. Masuk ke website realme.com terlebih dahulu.
  2. Kemudian, langkah selanjutnya kamu perlu untuk login dengan mengetik username dan nomor HP. Selalu gunakan no HP yang kamu gunakan untuk mendaftar.
  3. Setelah Pins berhasil masuk maka pilih opsi forgot password hp kamu.
  4. Langkah selanjutnya, Pins akan diberikan beberapa pertanyaan keamanan yang perlu dijawab. Apabila Pins dapat menjawab dengan benar maka kamu bisa reset HP dikarenakan lupa password.
  5. Segera setelah itu kamu buka kembali HP kamu dan buat ulang password yang baru. Saran dari Pinhome untuk memiliki password yang mudah diingat agar tidak lupa kembali.

Datang ke Service Center

Realme Service Center
Source : Portal Ekonomi

Apakah Pins masih belum berhsail melakukan reset HP Realme meskipun sudah mengikuti beberapa cara di atas? Maka cara berikutnya adalah mengunjungi service center official Realme yang terletak disekitar daerah tempat tinggal kamu. Cara ini juga membantu Pins apabila sudah buntu. Atau bisa jadi kamu sedang sibuk sehingga butuh agar HP Realme segera kembali normal. Ini dapat menjadi cara yang tepat untuk Pins.

Jadi, begitulah Pins berbagai cara reset HP Realme dari Pinhome. Ingat, sebelum HP kamu mengalami berbagai masalah, lakukan langkah-langkah pencegahan seperti backup data, karena seperti peribahasa “Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati”. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source feature image: Tekno Sindo News


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download