BlogLifestyleGadget4 Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Terlengkap
0
0

4 Cara Mengunci Aplikasi di HP Vivo Terlengkap

Dipublikasikan oleh Shinta Dewi Kurniawati dan Diperbarui oleh Shinta Dewi Kurniawati

Apr 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Vivo merupakan smartphone yang kian lama semakin diminati masyarakat Indonesia karena harga yang terjangkau dan fitur yang cukup lengkap. Namun, seiring bertambahnya pengguna HP Vivo yang berbasis OS Android ini, maka banyak juga aplikasi yang bekerjasama dengan HP tersebut. Ketika kita bicara aplikasi, tentunya buat sebagian orang aplikasi maupun isi HP bersifat privat/rahasia. Oleh karena itu, Pinhome akan mengulas cara mengunci aplikasi di HP Vivo yang lengkap dan mudah. 

Siapa yang tidak risih saat teman atau kerabat kita mengotak-atik HP. Apalagi HP bisa dibilang tempat menyimpan rahasia. Terkadang sebagian orang bahkan mencatat password tertentu di dalam catatan HP, pesan yang bersifat rahasia, maupun dokumen penting lainnya. Sehingga, sangat penting untuk kita berhati-hati saat meletakkan HP. Kali ini, Pinhome akan membahas beberapa cara mengunci aplikasi di HP Vivo Pins. Yuk, kita simak cara berikut ini:

Baca juga:

Memanfaatkan Menu Pengaturan

Source : Kompas Tekno

Cara pertama untuk mengunci sebuah aplikasi di HP Vivo adalah melalui menu Pengaturan atau Settings. Hampir semua cara pengaplikasian smartphone ada di menu Pengaturan ya Pins. Nah, berikut langkah-langkah yang dapat Pins ikuti:

  1. Pertama, Pins masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  2. Kemudian, pilih menu Keamanan atau Security.
  3. Pada menu Keamanan, Pins dapat memilih Privasi dan Enkripsi Aplikasi atau Privacy and App Encryption.
  4. Langkah berikutnya, masukkan kode keamanan yang terdiri dari kombinasi 6 angka.
  5. Pins juga bisa mengatur pola, mengganti kata sandi, dan opsi lain untuk membuka kunci aplikasi.
  6. Pilih dan masukkan pertanyaan keamanan yang kamu inginkan.
  7. Klik selesai di pojok kanan atas.
  8. Langkah terakhir, Pins dapat memilih aplikasi yang ingin dikunci dengan melakukan klik pada slider di kanan hingga berubah menjadi warna biru (aktif).
  9. Selanjutnya, setiap saat ingin membuka aplikasi yang dituju, maka harus memasukkan kode keamanan yang telah Pins atur sebelumnya.

Jika sewaktu-waktu Pins ingin menonaktifkan fitur ini, tinggal mengikuti langkah yang sama, dan ubah warna slider pilihan aplikasi menjadi putih (nonaktif) kembali.

Menggunakan Menu iManajer

Source : Kompas Tekno

Cara kunci aplikasi di Vivo selanjutnya melalui menu i Manajer. Cara ini sebenarnya mirip dengan cara pertama, hanya saja cara ini digunakan untuk tipe HP Vivo keluaran lama yang masih menggunakan Funtouch OS versi 2.6 ke bawah. Jika HP Vivo kamu termasuk yang ini, berikut Pinhome jabarkan cara mengunci aplikasinya:

  1. Langkah awal adalah masuk ke menu i Manajer.
  2. Kemudian, klik Manajer Aplikasi.
  3. Selanjutnya, Pins bisa memilih Kunci Aplikasi.
  4. Jangan lupa untuk atur kata sandi, kode keamanan, maupun pola kunci yang kamu inginkan, ya. Kode ini merupakan kode yang nantinya akan diminta saat kamu membuka aplikasi.
  5. Terakhir, pilih aplikasi yang ingin dikunci sesuai kebutuhan kamu dengan menggeser toggle menjadi warna biru.

Jika ingin menonaktifkan kunci aplikasi, maka Pins dapat masuk ke menu yang sama dan menggeser toggle menjadi warna putih. Ini menjadi tanda bahwa kunci aplikasi menjadi nonaktif kembali Pins.

Baca juga:

Memakai Aplikasi AppLock

Source : Daily Social

Jika bingung memakai cara pertama dan kedua, terdapat cara berikutnya yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini bernama AppLock yang dapat Pins unduh di Play Store. Nah, berikut cara mengunci aplikasi di HP Vivo menggunakan bantuan AppLock:

  1. Langkah pertama tentunya Pins perlu mengunduh (download) dan pasang (install) aplikasi AppLock.
  2. Buka aplikasi dan ikuti petunjuk awal sampai aplikasi bisa digunakan.
  3. Selanjutnya, masukkan kata sandi. Kode ini yang nantinya akan menjadi kode keamanan untuk membuka aplikasi yang terkunci. Pins juga dapat mengatur pola, kombinasi huruf dan angka, maupun opsi penguncian lainnya.
  4. Izinkan aplikasi untuk membuka akses melalui fingerprint kamu (ini diminta pada HP Vivo yang memiliki fitur fingerprint).
  5. Setelah kode atau kata sandi keamanan dibuat, Pins akan langsung masuk ke menu Dashboard.
  6. Pilih aplikasi yang ingin dikunci dengan mengklik tanda tambah (+) berwarna biru.
  7. Klik slider (toggle) menjadi berwarna biru pada aplikasi yang ingin dikunci. Berikan izin aksesibilitas jika diminta.
  8. Terakhir, simpan pengaturan, lalu selesai.

Seperti cara pertama dan kedua, untuk menonaktifkan fitur penguncian aplikasi pada HP Vivo cukup dengan mengubah slider, ya Pins. Kamu bisa menggeser slider menjadi berwarna putih kembali. Ini adalah tanda fitur sudah dalam keadaan nonaktif.

Mendatangi Counter Resmi Vivo

Source : Kompas Tekno

Cara terakhir untuk mengunci aplikasi pada HP Vivo adalah mendatangi counter HP atau toko resmi Vivo. Cara ini bisa Pins lakukan apabila mengalami kesulitan menggunakan tiga cara di atas. Tentunya mereka yang lebih berpengalaman akan dengan lebih mudah membantumu, lho Pins.

Namun, perlu diperhatikan jika Pins meminta bantuan ke pihak ketiga dan menyangkut kode keamanan, pastikan kamu tidak memberi tahu kode keamanan, kata sandi, maupun pola kunci kepada orang lain. Hal ini bersifat rahasia, jadi jika diminta memasukkan kode tersebut, Pins dapat memasukkannya sendiri dan setelah selesai baru deh diberikan kembali kepada orang tersebut.

Nah, jadi begitu Pins cara mengunci aplikasi di HP Vivo yang bisa Pinhome jabarkan. Selain bertanya ke counter HP atau toko resmi Vivo, kamu juga bisa menanyakan ke kerabat yang juga pengguna HP Vivo lho, Pins. Kalau menurut kamu cara mana nih yang paling mudah untuk diikuti Pins?

Baca juga: 17 Merk HP dengan Kamera Terbaik 2022 dan Spesifikasinya!

Source feature image: IDN Times


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami PIK 2 Residence Exlusive Cluster Arcadia & Cluster Miami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.  

 
Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download