BlogPemilik PropertiFinansialPerbedaan Asuransi dan Investasi, Lebih Penting Mana?
0
0

Perbedaan Asuransi dan Investasi, Lebih Penting Mana?

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
asuransi dan investasitop-right-banner

Asuransi dan investasi adalah dua bagian penting dari rencana financial. Asuransi sangat penting untuk membantu Pins mengatasi kesulitan keuangan yang mungkin timbul karena hal tak terduga, sementara investasi bisa membantu Pins untuk menghindari resiko inflasi.

Lantas, apa beda asuransi dan investasi? Mana yang lebih penting dari keduanya? Untuk mengetahui jawabannya, simak uraian lengkap di bawah ini!

Apa Beda Asuransi dan Investasi?

Jika kamu bingung menentukan mana yang lebih penting antara asuransi dan investasi, di sini kami akan memberikan beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilihnya. Namun sebelum itu kamu juga perlu mengetahui apa beda asuransi dan investasi.

Pada dasarnya, dua hal ini sama-sama hal penting dalam rencana keuangan. Hal yang membedakan adalah tujuan dari keduanya. Investasi bertujuan untuk mempertahankan aset yang kamu miliki. Sementara asuransi bertujuan untuk memberikan perlindungan finansial jika sewaktu-waktu ada hal tak terduga yang terjadi.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang apa perbedaan asuransi dan investasi, simak pengertian lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Cara Investasi Emas yang Menguntungkan Supaya Bisa Beli Hunian Impian

Apa Itu Asuransi?

asuransi dan investasi
Source : Shutterstock

Asuransi adalah perjanjian antara individu (orang yang menggunakan asuransi) dan perusahaan asuransi (biasanya entitas). Penanggung akan memberikan perlindungan finansial kepada tertanggung terhadap jenis kerugian tertentu.

Penanggung menanggung risiko sebagai ganti pembayaran premi tepat waktu pada tanggal yang telah ditentukan. Ada berbagai jenis asuransi yang tersedia untuk aset yang berbeda. Jenis asuransi yang paling populer adalah asuransi kesehatan dan berjangka.

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan kepada tertanggung terhadap kemungkinan biaya pengobatan akibat keadaan darurat kesehatan yang mengarah ke rawat inap.

Asuransi berjangka menawarkan perlindungan finansial bagi tanggungan tertanggung ketika suatu kejadian yang tidak diinginkan merenggut nyawa tertanggung.

Dalam kasus seperti itu, polis asuransi berjangka membayar uang pertanggungan polis kepada calon penerima polis berjangka. Hal ini dilakukan dengan imbalan premi tahunan yang dibayarkan oleh tertanggung.

Baca juga: Berapakah Premi Asuransi Rumah Tinggal? Cek Cara Kerjanya Berikut

Apa Itu Investasi?

Saham Layak Investasi Jangka Panjang
Source : Pexel

Investasi adalah aktifitas menggunakan uang untuk membeli aset modal seperti saham, obligasi, dan sebagainya, dengan tujuan menghasilkan aliran pendapatan di masa depan. Beberapa individu berinvestasi dalam merealisasikan keuntungan modal, yang merupakan selisih harga dalam biaya pembelian dan biaya penjualan.

Investasi adalah satu-satunya cara untuk menumbuhkan uang atau kekayaanmu. Investasi membantumu mencapai tujuan keuangan lebih cepat. Menyimpan uang saja tidak akan membantumu menjadi kaya. Untuk itu, Pins harus menginvestasikan uang pada investasi yang sesuai.

Mana yang Lebih Penting?

cara gadai sertifikat rumah di pegadaian
Source : Shutterstock

Di era ketidakpastian modern ini, menjadi penting untuk tetap terlindungi dari semua kemungkinan bahaya keuangan, yang bermanfaat bagi individu dan tanggungan mereka.

Bersamaan dengan itu, tingkat inflasi yang terus meningkat telah membuat sangat penting bagi individu untuk memulai perjalanan investasi mereka sedini mungkin. Tak heran jika banyak orang yang mempertimbangkan antara asuransi dan investasi.

Mengingat bahwa polis asuransi yang tepat akan melindungi Pins dari kemungkinan kerugian finansial yang timbul karena perkembangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, sangat penting untuk memilih produk asuransi terlebih dahulu.

Dengan polis asuransi berjangka, Pins akan mendapatkan uang pertanggungan yang tinggi untuk pembayaran premi tahunan nominal. Ini akan memberimu lebih banyak alasan untuk memanfaatkan asuransi sebelum berinvestasi.

Baca juga: Panduan Asuransi Kesehatan Bisnis Kecil

Bagaimana Cara Memilih Asuransi?

asuransi dan investasi
Source : Shutterstock

Dunia modern selalu berkembang sedemikian rupa, sehingga Pins tidak yakin apa yang akan terjadi di menit berikutnya. Medtech telah berevolusi, begitu juga virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit dan infeksi.

Jika kamu jatuh di ranjang rumah sakit, kemungkinan besar kamu akan menghabiskan banyak uang untuk melunasi tagihan medis. Ini telah menyerukan ketersediaan polis asuransi kesehatan yang tepat.

Polis asuransi kesehatan harus memberikan perlindungan medis yang cukup untukmu dan anggota keluarga. Pins harus memastikan bahwa polis tersebut mencakup sebagian besar penyakit yang rentan dialami anggota keluarga dan memiliki beberapa rumah sakit di bawah jaringannya.

Memiliki polis asuransi kesehatan yang tepat menjauhkanmu dari pembayaran tagihan medis yang besar dan kuat. Tak lupa, premi yang akan Pins bayarkan untuk polis asuransi kesehatan harus wajar dan sesuai budget.

Jika Pins adalah pencari nafkah dalam keluarga, dan jika insiden yang tidak diinginkan mengakibatkan kematianmu, anggota keluarga akan terlantar tanpa penghasilan. Untuk menghindari skenario itu, Pins harus memanfaatkan polis asuransi jiwa berjangka.

Preminya terjangkau, dan polis berjangka memberikan uang pertanggungan yang tinggi, yang akan cukup untuk menutupi pengeluaran keluargamu dan mempertahankan gaya hidup yang kamu berikan kepada mereka.

Asuransi jiwa berjangka datang dengan premi rendah jika dicairkan pada usia muda. Oleh karena itu, Pins harus memanfaatkan asuransi jiwa berjangka paling awal.

Bagaimana Cara Menentukan Investasi yang Tepat?

asuransi dan investasi
Source : Shutterstock

Mengasuransikan sebelum berinvestasi selalu merupakan langkah yang baik. Namun, Pins tidak boleh menunda berinvestasi. Pins juga harus mulai berinvestasi sejak usia muda untuk mewujudkan keuntungan yang lebih tinggi dari waktu ke waktu.

Namun, Pins harus menyadari risiko yang terkait investasi dan harus menghindari opsi yang tingkat risikonya tidak sesuai dengan profilmu. Jika Pins adalah investor yang menghindari risiko, Pins dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi di deposito bank (FD dan RD).

Selain itu, Pins juga bisa memilih skema tabungan pemerintah, obligasi, dan reksa dana utang. Jika Pins adalah investor yang sedikit agresif, Pins dapat berinvestasi dalam dana hibrida dan investasi terkait ekuitas.

Di samping semua itu, jika Pins siap untuk mengambil risiko yang cukup besar dengan imbalan pengembalian yang lebih tinggi, Pins dapat berinvestasi dalam ekuitas langsung dan reksa dana ekuitas.

Terlepas dari opsi investasi yang kamu pilih, Pins harus memastikan bahwa tujuan investasimu terpenuhi dan tingkat risiko investasi selaras dengan tingkat toleransi risikomu.

Baca juga: Pengertian Investasi dan jenisnya

Kesimpulan

Asuransi dan investasi adalah dua komponen terpenting dari rencana keuangan. Pins harus memastikan produk apa yang harus dipilih sebelum mulai berinvestasi, begitupun dengan asuransi. Dengan menggunakan asuransi dan investasi, maka Pins bisa menyusun anggaran keuangan lebih tenang dan aman.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Properti Eksklusif Tamaruma dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. 

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download