BlogPemilik PropertiFinansial7 Rekomendasi Tempat Investasi Emas Aman dan Tepercaya
0
0

7 Rekomendasi Tempat Investasi Emas Aman dan Tepercaya

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
tempat investasi emastop-right-banner

Dari berbagai instrumen investasi yang ada, emas sering dijadikan pilihan banyak orang sebagai investasi jangka panjang. Selain mudah untuk dilakukan pemula, nilai emas pun cenderung semakin menguat seiring berjalannya waktu. Terkait tempat investasi emas, ada banyak tempat investasi emas di Indonesia.

Namun, sebelum berinvestasi kamu perlu mencari tahu lebih dulu tempat investasi emas yang memiliki kredibilitas baik dan terpercaya. Sebagai rekomendasimu, yuk simak ulasannya ini, Pins.

Baca juga:

Tempat Investasi Emas

Source : Freepik

Kini melakukan kegiatan investasi emas tidak hanya bisa dilakukan secara offline dengan mendatangi outlet atau agen emas secara langsung. Kamu bisa juga melakukan investasi emas secara mudah melalui aplikasi smartphone. Ini dia 7 tempat investasi emas yang aman dan terpercaya di Indonesia.

Pegadaian

Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1901 ini dikenal luas sebagai salah satu tempat investasi emas terbaik. Beberapa keunggulan berinvestasi di Pegadaian antara lain, harga jual emas 24 karat yang kompetitif. Kemudian, pengelolaannya dilakukan secara transparan sehingga kamu akan mendapatkan informasi secara jelas mengenai perubahan harga emas. 

Untuk memulai investasi emas di sini, tidak perlu mengeluarkan nominal uang yang besar. Kamu dapat mulai melakukan transfer ke rekening emas milikmu mulai dari hitungan 0,1 gram. Apabila kamu tertarik untuk mencetaknya, emas dapat dicetak mulai dari kepingan 1 gram. Agar bisa memberikan bayangan mengenai investasi dalam hitungan jangka waktu tertentu, terdapat simulasi perhitungan emas yang kamu investasikan. 

Tertarik untuk berinvestasi di sini? Caranya cukup simpel, kamu hanya perlu mendatangi outlet atau agen Pegadaian terdekat. Selain itu proses registrasinya bisa juga dilakukan secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital. 

Pluang

Pluang adalah aplikasi finansial yang dikembangkan oleh PT Bumi Santosa Cemerlang pada tahun 2019. Meski terbilang baru, tapi Pluang merupakan tempat investasi emas yang aman. Hal ini karena emas dari Pluang disimpan di Kliring berjangka Indonesia (KBI), dan sudah mendapatkan lisensi Bappebti. 

Dari segi harganya, emas Pluang relatif dibanderol harga yang terjangkau. Alasannya karena Pluang tidak mengambil keuntungan yang tinggi. Hal ini sesuai dengan misinya, yaitu membuka akses produk keuangan pada masyarakat luas secara terjangkau. Proses pendaftarannya dapat dilakukan secara simpel  melalui aplikasi Pluang di smartphone kamu. Selain itu, pendaftarannya bisa dilakukan juga melalui program referral.

Baca juga: Yuk Mengenal Return Di Dalam Investasi

Bank Syariah Indonesia

Di bank syariah, terdapat juga layanan investasi emas. Salah satu bank yang menawarkan layanan ini adalah Bank Syariah Indonesia (BSI). Bagi yang belum familiar dengan BSI, bank ini merupakan hasil merger dari 3 bank BUMN,  yaitu Bank Rakyat Indonesia Syariah, BNI Syariah, dan Mandiri. Oleh karena itu, kredibilitas bank ini tidak perlu diragukan lagi. 

Untuk dapat melakukan investasi, kamu perlu mendownload lebih dulu aplikasi BSI Mobile di smartphone kamu. Pada bagian menu klik Emas dan ikuti panduan yang tertulis di sana terkait proses registrasinya. Untuk pembelian emas pertama, minimal adalah 0,1 gram atau kurang lebih nilainya Rp100 ribu. Sistem tabungan emas di bank ini menggunakan sistem akad jual beli tunai. Tabungan emas milikmu akan langsung dititipkan ke bank dengan Akad Wadiah Yad Amanah.

Tabungan Emas Tokopedia

Tokopedia tidak hanya menjadi e-commerce tempat kamu berbelanja secara online, di sini kamu bisa berinvestasi emas. Tokopedia bekerjasama dengan Pluang dan juga Pegadaian untuk menjalankan tabungan emas. Menabung emas di sini keamanannya terjamin karena layanannya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Kamu juga bisa mengecek harga jual dan beli emas, sehingga membantumu dalam mengambil keputusan ketika hendak membeli lagi emas atau menjualnya. Modal emas di aplikasi ini bisa mulai dari Rp5 ribu. Keuntungan lain dari menabung emas via Tokopedia, yaitu pada saat-saat tertentu terdapat promo yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan cashback.

Bareksa

Marketplace finansial dan investasi, Bareksa, juga menyediakan layanan investasi emas. Untuk bisa menabung emas di sini, kamu perlu menginstall aplikasi Bareksa dan kemudian mengikuti langkah-langkah registrasi. Pilihan menabung di Bareksa tersedia dari takaran terkecil yaitu 0,01 gram, dengan minimal pembelian sebesar Rp50 ribu. 

Kamu bisa mengecek harga emas mulai dari periode 7 hari hingga 1 tahun mendatang. Dengan mengusung ketransparanan, kamu pun bisa mengecek riwayat transaksi yang sudah dilakukan di Bareksa. Aplikasi ini sangat cocok terutama untuk kamu yang berinvestasi tidak hanya di emas, tetapi juga reksadana serta SBN. Dalam satu aplikasi semua proses investasi dapat dilakukan.

Baca juga: Gampang Banget! Ini 5 Cara Investasi Reksadana, Dijamin Untung!

Tabungan Emas Shopee

Shopee adalah e-commerce lainnya yang menyediakan layanan investasi emas. Kamu bisa membuka tabungan emas mulai cicilan dari Rp500! Proses investasi di sini tidak dikenakan biaya administrasi. Untuk prosesnya pun dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui halaman emas Shopee. 

Tabungan emas di Shopee terpercaya karena e-commerce ini bekerja sama dengan PT Pegadaian yang diawasi oleh OJK. Selain itu, di sini ada juga program cashback untuk pembelian emas. Investasi yang bisa dilakukan secara online dan bisa dimulai dari modal yang kecil, sangat menarik bukan? 

IndoGold

Sebagai aplikasi finansial yang menawarkan tabungan emas, IndoGold yang dinaungi OJK bisa menjadi pilihan kamu dalam berinvestasi emas. Tempat investasi emas yang sudah memiliki sertifikasi ISO ini memiliki keunggulan berupa harga buyback kompetitif dan terjamin keamananya. Proses transaksi dapat dilakukan melalui berbagai  e-wallet seperti, Gopay, OVO, dan klikBCA. 

Untuk mendaftar di Indogold, terlebih dahulu kamu perlu mendownload aplikasi Indogold dan memasukkan data diri. Diantaranya data berupa nama, nomor kontak yang bisa dihubungi, dan alamat email. Sementara itu, harga beli minimum emas di sini dimulai dari 0,001 gram.

Itulah 7 rekomendasi tempat investasi yang bisa menjadi alternatif pilihanmu. Setelah membaca informasi di atas, sudahkah kamu menjatuhkan pilihan tempat untuk berinvestasi? Selamat menabung emas, ya Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Taman Asri Giripeni dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download