Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Lebih untung Mana Beli Galon atau Botol Air Mineral?

Lifestyle

Lebih untung Mana Beli Galon atau Botol Air Mineral?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 7 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Air menjadi salah satu kebutuhan primer yang dibutuhkan makhluk hidup termasuk manusia. Fungsi utama air adalah untuk minum agar menjaga tubuh tetap terhidrasi. Biasanya kamu akan membeli air mineral atau galon ya kan Pins? Namun, kira-kira berapa liter dalam satu galon ya?

Pinhome – Pernahkah kamu bertanya-tanya berapa liter dalam satu galon dan lebih untung mana ya beli galon atau botol air mineral? Meskipun harga air kemasan botol murah dan di bawah 10 ribu rupiah, namun bisa saja rutin membeli botol air kemasan menguras isi dompetmu Pins. Mungkin hal ini bisa menjadi pertanyaan yang sering dipikirkan oleh anak kost. 

Baca Juga: Cara Jitu Menghemat Air Di Dalam Rumah

Keuntungan minum air mineral bagi tubuh 

(Halodoc)

Baca Juga: Ketahui 10 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Pins, air sebagai asupan yang dibutuhkan oleh manusia mempunyai beragam keuntungan. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

Melancarkan aliran darah

Air mempunyai komposisi yang dominan di dalam tubuh manusia. Sekitar 40-70 persen tubuh manusia adalah air. Artinya air memegang peran penting dalam kehidupan manusia. Salah satu fungsi besar air adalah melancarkan aliran darah. 

Membawa oksigen ke seluruh tubuh 

Selain untuk melancarkan aliran darah, air juga berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Oksigen perlu dialirkan ke seluruh tubuh manusia sehingga air menjadi media yang diperlukan dalam proses ini.

Membantu proses pencernaan

Selain mengonsumsi makanan, kita sebagai manusia perlu mengonsumsi air minum untuk proses pencernaan. 

Ukuran 1 galon air mineral

Apabila kamu bertanya-tanya, berapa sebenarnya ukuran galon? Mungkin kita bisa mengambil sampel untuk brand Aqua ya Pins.

(Tribun News)

Kamu bisa melihat bahwa untuk 1 galon berukuran sama dengan 19 liter air mineral. Sebenarnya jika dihitung menggunakan kalkulator volume untuk mengonversi ukuran, maka 1 gallon sama dengan sebagai berikut.

(Google Conversion)

Apabila kamu perhatikan, ukuran 1 gallon adalah 4,5 liter. Gallon di sini merupakan satuan ukuran volume ya Pins. Jadi gallon di sini menggunakan dua huruf L yang artinya ukuran sama seperti liter, kg, mililiter dan lain-lain.

Pertanyaannya, mengapa jika 1 gallon sama dengan 4,5 liter, ukuran 1 galon aqua adalah 19 liter? 

Nah di sini Pins yang menjadi miskonsepsi. 1 galon (wadah) air mineral tersebut pada dasarnya adalah 5 gallon yang sama dengan 19 liter. 

Berapa harga galon air mineral?

Untuk membandingkan harga dari galon air mineral mari kita perhatikan penjelasan berikut ini. 

Untuk satu galon aqua yang baru, artinya kamu membeli galon (wadah) dan juga air di dalamnya, umumnya dihargai Rp50.000-Rp60.000. Namun, jika kamu bermaksud untuk melakukan isi ulang, artinya kamu sudah mempunyai wadahnya, maka kamu cukup membayar Rp19.000-Rp20.000 saja.

Jika kamu di rumah tinggal sendiri, 1 galon air mineral ini bisa habis dalam waktu 9-10 hari. Ya, dengan estimasi 1 hari kamu menghabiskan 2 liter air. 

Jika harga isi ulang galon adalah Rp20.000 (kita umpamakan segini ya Pins supaya angkanya bulat), lalu dibagi 10 hari, maka dalam satu hari kamu hanya menghabiskan uang sekitar Rp2.000 saja untuk kebutuhan air minum.

Asumsi di atas adalah jika kamu sudah mempunyai wadah galon sendiri ya Pins, dan hanya melakukan isi ulang air mineral.

Bagaimana dengan kemasan air mineral ukuran lain? Apakah lebih murah?

Pins, jika kita lihat sekilas, sepertinya mengonsumsi air mineral ukuran yang lebih kecil akan membuat kamu lebih boros. Mari kita bandingkan harga air kemasan berikut.

Bentuk KemasanUkuran (Mililiter)Harga (Rp)
Botol besar1.500 8.000
Botol sedang6002.900
Botol kaca38015.000
Botol kecil3302.100
Gelas240 500

(Tokopedia)

Pins, data harga di atas menggunakan merek aqua dengan sumber harga di Tokopedia. 

Air mineral dengan ukuran jumbo 1500 ML biasanya kamu gunakan untuk minum satu hari ya Pins. Untuk kemasan sedang dan kecil biasanya akan kamu gunakan untuk bekal. Sementara botol kaca umumnya disediakan di restoran fancy saat dinner atau lunch. Nah untuk kemasan gelas biasanya digunakan pada saat lebaran atau disediakan oleh warung makan. 

Terbayang bukan bahwa perbedaan harga air kemasan di atas bisa dibilang lebih boros? Nah jadi pada intinya air mineral galon lebih hemat Pins. Mungkin memang jika dilihat dari harga awal membeli galon, akan sangat mahal sekali ya Pins. Tetapi, jika kamu hitung dengan seksama maka penggunaan galon tersebut terhitung lebih murah karena kamu bisa sekaligus stock air minum dalam jumlah besar. 

(Kompas)

Jika ada yang masih bertanya satu galon berapa liter, tentu kamu sudah bisa menjawab ya Pins. Jawabannya adalah 19 liter, karena dalam satu galon (wadah) air mineral terdapat 5 gallon air. 

Selain itu jika ada yang menanyakan apa bedanya gallon dan galon kamu pun pasti sudah bisa menjelaskannya ya Pins. Galon, istilah yang sering digunakan orang Indonesia untuk menyatakan wadah atau kemasan air mineral isi ulang. Sementara gallon dengan dua huruf L, artinya ukuran atau satuan volume sama seperti liter dan lain-lain. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa proper

Tags :

Bagikan Artikel