Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Bagaimana Cara Membuat Patung dari Sabun Batangan?

Lifestyle

Bagaimana Cara Membuat Patung dari Sabun Batangan?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 16 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Sabun batangan yang biasanya dipakai untuk mandi ternyata dapat juga dijadikan sebuah karya unik lho Pins! Anda bisa membuat patung-patungan yang menarik dari sabun batang. Cara membuat patung dari sabun mandi pun tergolong mudah. Ingin tahu bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan? Simak yuk ulasannya di bawah ini!

Pinhome – Pandemi yang belum usai ini ternyata juga bisa berdampak positif lho Pins bagi kehidupan. Selain mempunyai banyak waktu di rumah bersama keluarga, pandemi juga bisa memunculkan ragam ide yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Salah satu contohnya adalah membuat sebuah karya seni mudah menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah seperti patung dari sabun batangan. Bagaimana membuat patung dari sabun batangan?

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Kolase?

Mengukir sabun batangan menjadi aktivitas yang menarik dilakukan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Sabun batangan dapat anda ukir dan dijadikan sebuah patung-patungan yang menarik. Selain itu alat yang diperlukan pun tergolong simpel dan mudah didapatkan. Nah, apa saja ya alatnya dan bagaimana cara membuat patung dari sabun batang? Semua tersaji di bawah ini!

Media yang Diperlukan Beserta Langkah Cara Membuat Patung Dari Sabun Mandi

Media/ alat yang diperlukan dalam membuat patung dari sabun batang memang tergolong mudah ditemukan. Maka dari itu tidak heran banyak dari kalian yang mampu untuk membuat patung dari sabun batang. Tapi untuk si kecil, mohon dibimbing ya Pins dan diperhatikan penggunaan benda tajamnya karena dapat membahayakan tangan si kecil bila tidak dilakukan dengan benar. Cobalah untuk mengarahkan benda tajam yang digunakan ke arah sabun tidak sebaliknya.

Baca Juga: Cara Membuat Kerajinan Dari Kardus Bekas Yang Mudah

Alat-Alat yang Diperlukan

Cara membuat patung dari sabun mandi dapat Pins pelajari dengan cepat dan mudah tanpa memerlukan keahlian khusus. Tapi sebelum itu, coba untuk mempersiapkan peralatan membuat patung sabun sebagai berikut:

  • Sabun Batangan

Untuk pemula disarankan yang berbentuk persegi panjang dan tidak menggunakan sabun bekas melainkan sabun baru

  • Benda Tajam yang Tersedia di Rumah

Pisau roti, kater, pisau masak, ataupun pisau khusus ukir

  • Alas

Anda bisa menggunakan koran, plastik, maupun papan sebagai alas pembuatan patung dari sabun batang

  • Mangkuk Berisi Air Hangat

Digunakan untuk merapikan sabun

  • Handuk Kering dan Sponge

Digunakan untuk merapikan sabun dan juga menghilangkan merek sabun

  • Tusuk Gigi atau Tusuk Sate

Anda bisa menggunakannya untuk membuat detail pada sabun batang

Langkah-Langkah Bagaimana Cara Membuat Patung Dari Sabun Batangan

Siapkan Sabun Batangan

bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan
(freepik.com)

Siapkan sabun batangan yang ada di rumah anda. Usahakan yang berbentuk persegi atau persegi panjang untuk memudahkan anda membentuk. Siapkan lebih dari satu buah sebagai bahan latihan anda sebelum membuat sabun batang yang anda inginkan. Mohon agar menggunakan sabun baru ya Pins jangan sabun bekas. Hal tersebut untuk menghindari sulitnya membentuk, karena sabun bekas yang sudah kering lebih rapuh dan mudah hancur.

Tentukan Tema Untuk Sabun

bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan
(freepik.com)

Selanjutnya tentukan tema apa yang akan Pins pilih untuk diaplikasikan pada sabun batang. Tumbuh-tumbuhan, simbol, ataupun hewan dapat Pins pilih sesuai selera. Bersihkan bagian merek sabun dengan cara menggosoknya menggunakan handuk dan air hangat. Air hangat berfungsi untuk membuat sabun menjadi lebih lunak.

Mengukir Bentuk Awal

bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan
(youtube.com/craftymadeeasy)

Langkah terpenting dari cara membuat patung dari sabun mandi adalah mengukir bentuk awal. Ukir tema yang telah Pins pilih pada permukaan sabun dengan menggunakan tusuk gigi ataupun tusuk sate dan mulailah mengikisnya satu persatu. Mulailah dari bagian luar dan sedikit demi sedikit menuju ke garis ukiran bentuk awal. Jangan terburu-buru ya Pins, untuk menghindari kesalahan terlalu banyak mengikis sabun.

Kikis Bagian yang Tidak Diperlukan

Setelah hampir semua bagian dikikis dan mulai terbentuk gambar yang diinginkan, mulai lah merapikan bagian satu-persatu. Lihat pada gambar di bawah ini, rangka kura-kura sudah mulai terbentuk dari sabun batangan yang telah Pins kikis satu persatu. Bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan akan terasa menyenangkan bila telah terlihat bentuk yang diinginkan.

bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan
(youtube.com/craftymadeeasy)

Tahap Akhir Merapikan Semua Bagian

bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan
(youtube.com/craftymadeeasy)

Nah, ini adalah tahap terakhir dari cara membuat patung dari sabun batangan yaitu merapikan semua bagian yang belum halus, maupun bagian-bagian yang dirasa masih belum layak. Pelan-pelan ya Pins agar hasilnya lebih maksimal. Setelah semua bagian terasa halus dan terbentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan, saatnya untuk finishing akhir dengan menggunakan tusuk gigi atau pisau ukir untuk membentuk detail dari bentuk. Contohnya seperti ukiran mata, motif tempurung kura-kura, kaki kura-kura dan lainnya.

(youtube.com/craftymadeeasy)

Sekarang kura-kura kesayangan Pins sudah jadi dan dapat dipajang sesuai dengan kebutuhan. Bila Pins ingin membuatnya lebih halus, Pins bisa menggosok menggunakan jari yang sudah dicelupkan air ke permukaan sabun. Diamkan seharian sampai kering ya Pins. Tapi jangan dekatkan ke bagian ruangan yang panas, karena sabun bisa meleleh.

Contoh-Contoh Menarik Prakarya Sabun Batangan Yang Mudah

Bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan memang dapat dipelajari dengan praktek yang mudah. Pins pun bisa mencoba bentuk yang mudah terlebih dahulu sebelum masuk ke bentuk tiga dimensi yang lebih rumit lho Pins! Contohnya seperti pada beberapa gambar dibawah ini!

  • Ukiran Buah Strawberry
(youtube.com/galeridiy)

  • Gambar Ikan
(youtube.com/galeridiy)

  • Buah Nanas
(youtube.com/galeridiy)

  • Sendal Jepit
(youtube.com/galeridiy)

  • Emoticon Smiley
(youtube.com/galeridiy)

  • Daun
(youtube.com/galeridiy)

Sekarang apa Pins sudah cukup percaya diri untuk mencobanya di rumah? Aktivitas menyenangkan seperti ini dapat Pins lakukan bersama keluarga di rumah. Bagaimana cara membuat patung dari sabun batangan itu cukup mudah bukan? Hal yang penting pula adalah jangan membuang sisa sabun bekas pengikisan. Ini dapat pins cairkan dan jadikan sabun cair di rumah.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel