Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Apa yang Dimaksud dengan Kolase?

Hobi

Apa yang Dimaksud dengan Kolase?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 19 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Seni rupa memang terdapat beberapa jenis. Tentunya variasi ini didasarkan pada bentuk, teknik dan jenis dari seni rupa itu sendiri. Berbicara seni rupa, mungkin sebagian dari Pins pernah mendengar kolase. Ya, bagi Pins yang belum tahu apa yang dimaksud dengan kolase, seni rupa yang satu ini adalah seni rupa yang memiliki karakteristik, unik namun menggunakan teknik pembuatan yang mudah. 

Pinhome – Mungkin banyak juga dari Anda yang bertanya-tanya apa arti kolase? Ya, kolase berasal dari bahasa Perancis coller yang berarti mengelem atau menempel. Kolase adalah karya seni yang terbuat dari beberapa bahan seperti kertas, koran, foto, pita dan benda lainnya yang ditempelkan pada suatu barang yang dijadikan latar, misalnya kertas. Nah, bagi Anda yang penasaran cara pembuatan kolase, simak ulasan di bawah ini ya!

Baca Juga: Berikut Penjelasan Apa Yang Dimaksud Dengan Mozaik

Cara Membuat Kolase

(Dekoruma)

Jika sebelumnya telah dijelaskan bahwa arti kolase adalah mengelem atau menempel, tentu Pins semakin paham dengan karya seni rupa yang satu ini. Selain kertas, foto, koran dan majalah, Pins juga menempelkan pecahan kaca, keramik, potongan kain, majalah dan masih banyak lagi. Jadi Pins tidak perlu kebingungan mencari benda yang bisa ditempelkan pada latar kolase. Namun bagi Pins yang masih kebingungan cara membuat kolase, berikut cara membuat kolase yang mudah Anda coba sendiri di rumah. 

Baca Juga: Cara Membuat Kerajinan Dari Kardus Bekas Yang Mudah

Pikirkan Konsep Kolase

Sebelum membuat kolase, Anda perlu memikirkan konsep kolase yang akan dibuat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tentang apa yang dimaksud kolase, Anda dapat membuat kolase dengan foto, stiker, kain, biji-bijian dan masih banyak benda lainnya. Anda dapat menempelkan benda-benda tadi ke latar berupa kertas atau papan. Jangan lupa, sebaiknya benda-benda ini berbeda. Misalnya foto, Anda dapat menempelkan foto yang berbeda-beda dalam satu latar kolase yang sama. 

Baca Juga: Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas

Anda bahkan dapat menambahkan beberapa benda lain  seperti stiker, bunga kering dan benda lainnya ke dalam latar kolase tadi. Karena banyak benda yang dapat Anda gunakan, pikirkanlah konsep kolase dengan matang dan benda yang mudah dicari agar Anda tidak kesulitan dalam membuatnya.

Pilih Latar yang Tepat

Setelah memikirkan konsep untuk kolase, Anda dapat mulai mencari dan memilih latar yang tepat. Ya, yang dimaksud kolase adalah beberapa benda yang ditempelkan pada latar. Jadi usahakan bahan latar sesuai dengan benda-benda yang akan Pins tempelkan pada latar. 

Misalnya Anda ingin menggunakan daun kering, biji-bijian dan kain, maka usahakan memilih latar yang berbahan keras dan tegak seperti papan, kardus, atau karton. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam menempel dan menyusun bahan-bahan pada latar. Selain itu dengan bahan yang tegak tentu akan membuat kolase Anda kokoh dan tidak mudah rusak.

Siapkan Bahan dan Alat untuk Membuat Kolase

Setelah Pins menentukan konsep kolase dan memilih latar, langkah selanjutnya dalam membuat kolase adalah menyiapkan bahan dan alat untuk membuat kolase. Pins dapat mulai mengumpulkan benda-benda yang akan ditempelkan pada latar, misalnya foto, stiker, bunga kering, latar dan benda lainnya. 

Usahakan siapkan benda-benda yang sulit didapat jauh dari waktu membuat kolase. Selain itu Pins juga perlu menyiapkan alat-alat untuk membuat kolase seperti gunting, lem dan alat-alat lainnya.

Mulai Buat Kolase

apa yang dimaksud dengan kolase
(Dekoruma)

Setelah bahan dan alat untuk membuat kolase telah terkumpul, Anda dapat mulai membuat kolase. Potonglah latar dengan rapi sesuai dengan ukuran yang Pins inginkan. Setelah itu, Pins dapat mulai menempelkan benda-benda yang telah Anda dapatkan. Susunlah dengan kreasi yang telah Anda konsepkan sebelumnya. 

Buat kolase semenarik mungkin. Jika perlu, tambahkan ornamen-ornamen kecil seperti payet, kancing dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya dapat membuat kolase yang Anda buat semakin menarik. Selain itu, Jika Pins ingin menggantungnya di dinding, Anda dapat menambahkan pengait atau membuat lubang pada karton, kertas atau kardus dengan pembolong kertas.

Biarkan Kolase Mengering

Jika Anda telah selesai menempelkan seluruh benda pada latar, langkah selanjutnya adalah membiarkan kolase mengering. Usahakan jangan terus-terusan menyentuh kolase saat lem masih basah. Hal ini supaya membuat kolase Anda tetap sesuai dengan kreasi awal dan tidak menggeser benda-benda yang telah ditempel pada latar.

Ketika lem telah kering, Pins dapat memperbaiki kerusakan kecil atau sampah-sampah kecil yang tertinggal pada kolase seperti potongan kertas, benang dan sampah kecil lainnya. Setelah dibersihkan, kolase dapat Anda pajang di dinding atau di meja untuk menambah keindahan ruangan.

Itulah informasi tentang apa yang dimaksud kolase, arti kolase dan cara membuat kolase. Jika Pins tertarik membuat karya seni rupa yang satu ini, pastikan Anda memikirkan konsep kolase dengan matang dan menyiapkan benda-benda yang akan ditempel selengkap mungkin agar kolase memiliki hasil yang memuaskan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko Fatra

Tags :

Bagikan Artikel