BlogPemilik PropertiFinansialBagaimana Cara Membuat NFT Art Sendiri? Ini Dia Jawabannya!
0
0

Bagaimana Cara Membuat NFT Art Sendiri? Ini Dia Jawabannya!

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Bagaiman Cara Membuat NFT Art Sendiri? Ini Dia Jawabannya!top-right-banner

Mengetahui bagaimana cara membuat NFT sangat penting untuk kamu yang berniat menjual NFT art, gambar, lukisan, games, maupun karya seni digital lain dalam bentuk digital. Sudah pasti, ini akan menjadi pilihan alternatif untuk kamu yang ingin mencari pemasukan tambahan dengan angka yang cukup menggiurkan. 

Non-fungible token atau NFT sendiri sebenarnya pernah jadi topik diskusi yang santer muncul pada halaman sosial media. Ini karena bentuk asetnya yang sangat mudah kamu tukarkan dengan uang. Tidak heran kalau orang-orang yang bermain dalam investasi digital memiliki ketertarikan tinggi terhadap bentuk aset digital satu ini. 

Baca juga: 10 NFT Marketplace Indonesia & Global yang Populer, Banyak Dipakai Investor!

Mengenal Lebih Jauh Mengenai NFT Art

Source : Freepik

NFT merupakan bentuk aset digital yang terkoneksi dengan sistem rantai blok atau blockchain. Umumnya, NFT memiliki bentuk berupa karya seni, seperti animasi, foto, gambar, desain, musik, lukisan, game, dan benda lain yang memiliki nilai koleksi tinggi. 

Lantas, apa perbedaan antara NFT dan cryptocurrency atau mata uang kripto yang sama-sama menjadi aset digital dalam blockchain? Cryptocurrency sudah pasti memiliki nilai serupa dan bisa kamu tukarkan dengan uang. Sementara itu, NFT tidak dapat kamu tukar atau gunakan untuk bertransaksi, kecuali memakai mata uang kripto. 

Inilah sebabnya, NFT memiliki sebutan sebagai token atau alat verifikasi dengan bentuk sertifikat hak milik untuk semua aset tadi. NFT sendiri akan mengubah semua barang seni dan koleksi digital menjadi barang tunggal. Artinya, orisinalitas dari karya tersebut dapat lebih mudah ditawarkan pada blockchain.

NFT umumnya dapat kamu salin dan gandakan jumlahnya. Meski begitu, aset turunannya tidak akan punya nilai yang sama tinggi dengan aslinya. Sertifikat hak miliknya juga tidak sama dengan aset asli, yang artinya harganya sudah pasti akan punya perbedaan. 

Bagaimana Cara Membuat NFT Art?

Sebenarnya, bagaimana cara membuat NFT art tidak selalu wajib memiliki jiwa seni tinggi, Pins. Bahkan, kamu bisa membuat NFT sendiri tanpa harus punya keahlian khusus pada bidang kripto. Langsung saja, begini langkah bagaimana cara membuat NFT yang dapat kamu ikuti:

Tentukan item untuk NFT

Source : Freepik

Langkah pertama adalah mencari semua aset yang unik dan pas untuk kamu gunakan sebagai NFT. Jenisnya sebenarnya sangat beragam, Pins. Misalnya, hasil karya buatan sendiri, musik, foto, gambar, game, atau koleksi GIF maupun meme. Hal yang tidak boleh kamu lupa adalah pastikan kamu telah mempunyai HAKI untuk semua koleksi ini sebelum mengubahnya jadi NFT. 

Dengan begitu, kamu akan terbebas dari semua legalitas dan hukum yang ada hubungannya dengan semua barang tadi. Bisa juga menggunakan aplikasi untuk membuat NFT art sendiri kalau kamu belum memiliki aset yang dapat diubah menjadi NFT. 

Baca juga: Apa Itu NFT Art? Contoh dan Cara Menjualnya

Tentukan blockchain

Source : Freepik

Aset kripto, tak terkecuali NFT tidak pernah lepas dari rantai blok alias blockchain. Sebab, sistem ini berperan sebagai rumah untuk semua hal yang berhubungan dengan kripto. Blockchain sendiri merupakan sistem untuk menyimpan semua data digital yang menjadi dasar berkembangnya mata uang kripto. Ini termasuk Ethereum, Bitcoin, dan jenis aset lainnya. 

Tak sedikit kolektor, seniman, hingga seleb papan atas yang memakai Ethereum untuk sistem rantai blok. Ini karena harga aset Ethereum sendiri cenderung stabil dan memiliki dukungan marketplace NFT. 

Pilih dompet kripto

Source : Freepik

Langkah berikutnya dari bagaimana cara membuat NFT dan tak kalah pentingnya adalah mempunyai dompet kripto. Ini karena kamu tidak dapat membeli aset NFT secara langsung melalui uang konvensional. Artinya, kamu harus mengonversi mata uang tersebut dalam bentuk kripto. 

Selain itu, semua transaksi digital melalui kripto hanya dapat kamu lakukan dari dompet kripto yang sama. Setelahnya, baru kamu dapat mengubahnya ke mata uang yang sah. Tersedia berbagai macam pilihan dompet digital kripto yang dapat kamu pakai. Mulai dari AlphaWallet, Coinbase Wallet, Math Wallet, Metamask, hingga Trust Wallet.

Tentukan pasar NFT

Source : Freepik

Kalau kamu sudah mempunyai dompet digital dan uang kripto, sekarang waktunya kamu menentukan pasar yang pas untuk menjual NFT punyamu. Pasar NFT atau NFT marketplace adalah suatu platform khusus untuk tempat menjual semua bentuk aset digital NFT. 

Sebenarnya, pasar NFT ini mirip dengan situs marketplace atau e-commerce konvensional pada umumnya. Bedanya yaitu fokus produknya. Marketplace NFT tentu saja hanya menjual produk NFT. Para pemain aset ini umumnya akan membuat games, NFT art, hingga berbagai bentuk aset digital lain pada situs seperti Axie Marketplace, Larva Labs/CryptoPunk, atau OpenSea. 

Baca juga: 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Cara Membuat NFT Lewat OpenSea

Source : Pexels

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat NFT sendiri, kamu juga dapat membuat NFT melalui OpenSea. Sebelum mulai, pastikan kamu sudah membuat akun terlebih dahulu. Baru setelahnya kamu dapat mulai membuat NFT sendiri. Langkah mudahnya seperti ini: 

  • Akses halaman awal dari platform OpenSea.
  • Lalu, pilih menu Create.
  • Selanjutnya, masukkan file yang ingin kamu jadikan sebagai NFT. Misalnya berupa video, foto, gambar, atau bentuk lainnya. 
  • Kemudian, masukkan nama NFT dan beberapa aturan penting lain. 
  • Setelah selesai, kamu bisa klik tombol Create.

Sangat mudah, bukan? Menariknya, sekarang ini popularitas NFT sedang semakin tinggi. Sebab, tak sedikit orang yang memanfaatkan NFT untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Kamu tertarik, Pins? Selamat mencoba!

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan Grand Sulawesi Antang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download