BlogPemilik PropertiFinansialApa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya
0
0

Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jun 20, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannyatop-right-banner

Ada banyak sekali istilah dalam dunia trading yang mungkin terdengar asing untuk kamu yang masih pemula dan awam. Salah satunya adalah copy trading atau copy trade. Sebenarnya, istilah ini sudah eksis sejak 20 tahun silam, tetapi tak sedikit orang yang masih belum memahami dengan baik apa itu copy trade dalam saham. 

Terkait dengan implementasinya, copy trade ternyata menjadi pilihan banyak trader untuk mencapai kesuksesan melakukan trading. Kuncinya sebenarnya sangat mudah, Pins. Kamu hanya perlu memilih trader panutan yang tepat dan sesuai dengan tujuan investasi yang kamu lakukan contohnya investasi dana pensiun

Baca juga: Mari Pahami Perbedaan Investasi dan Trading!

Memahami Apa Itu Copy Trade

Source : The Technique

Ringkasnya, copy trade adalah suatu bentuk layanan yang dapat menyalin implementasi posisi trading secara otomatis dari para trader profesional. Cara kerja dari layanan ini adalah menghubungkan akun kamu dengan akun trader profesional. Melalui layanan ini, kamu dapat memilih sendiri trader ahli sebagai acuan.

Dengan begitu, kamu dapat menyalin setiap pergerakan trading yang mereka lakukan. Contoh mudahnya, saat ini kamu sedang mengikuti seorang trader profesional. Trader lalu melakukan pembelian saham berjumlah 100 lembar pada perusahaan A. Bukan tidak mungkin kamu akan ikut membeli saham pada waktu dan jumlah saham yang sama. 

Namun, pastikan trader ahli yang kamu ikuti memiliki tujuan investasi yang sama denganmu. Misalnya, kamu memiliki keinginan untuk berinvestasi yang mengarah pada tujuan konservatif. Artinya, kamu harus mengikuti trader ahli yang memiliki tujuan serupa. Kamu dapat melakukan copy trading secara mandiri atau melalui berbagai platform yang tersedia. 

Fungsi Copy Trade

Tak sedikit trader yang memilih memakai strategi copy trade untuk mendapatkan keuntungan. Sebab, copy trade memiliki banyak fungsi, antara lain: 

Membuat proses trading jadi lebih mudah

Source : London Post

Hadirnya layanan copy trade sudah pasti memberikan manfaat yang signifikan untuk para trader. Sebab, layanan ini membuat proses trading menjadi lebih mudah, karena hanya memakai satu sistem. Para trader profesional menjadi panutan bagi para trader pemula yang baru saja memulai bermain saham dengan berbagai tujuan.

Baca juga: 4 Teknik Trading Harian Agar Sukses!

Mekanisme yang jauh lebih ringkas

Source : Money Advice

Selain itu, layanan copy trade juga menawarkan mekanisme untuk melakukan transaksi yang jauh lebih ringkas dan praktis. Sebab, trader cukup memilih siapa saja trader profesional yang mampu menghadirkan keuntungan besar. Mencari trader yang sudah memiliki jam terbang tinggi juga tidak sulit. 

Kamu hanya perlu melihat pada bagian statistik trader tersebut sebelum menentukan pilihan. Menariknya lagi, tak sedikit platform yang memiliki fitur stop loss. Fitur ini memiliki peran penting untuk menekan potensi terjadi kerugian, terutama pada trader yang masih pemula. 

Tempat terbaik untuk mempelajari trading

Source : The Balance

Singkatnya, mempelajari trading bukan menjadi hal mudah. Terlebih apabila kamu tidak punya cukup waktu karena sibuk. Hadirnya copy trade sudah pasti sangat bermanfaat bagi para pemula yang ini belajar tentang strategi trading lebih mudah. Termasuk bagaimana strategi untuk berinvestasi dengan tepat dan mendapatkan trader profesional yang sesuai. 

Ladang pemasukan tambahan

Source : Pinterest

Khusus untuk para trader master yang menjadi panutan, copy trade menjadi tempat terbaik untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Pasalnya, akan ada komisi yang asalnya dari profit yang masuk untuk para trader profesional yang kamu ikuti dan kamu copy.

Cara Menggunakan Layanan Copy Trade

Secara sederhana, layanan copy trade memiliki cara kerja yang berfokus pada mengamati, mengikuti, dan mencontoh semua aktivitas para trader profesional. Supaya lebih mudah dalam melakukan copy trade, kamu dapat mengikuti langkah berikut ini.

Menentukan platform

Source : DetikInet

Adanya jaringan dan akses internet yang mumpuni menjadi modal paling utama yang harus kamu punya sebelum memulai menggunakan layanan copy trade. Sebab, kamu memerlukan akses internet untuk melakukan riset dan mencari platform yang menawarkan layanan copy trading

Memilih trader profesional

Source : Finance Talk

Setelah mendapatkan platform layanan copy trading, langkah selanjutnya yaitu menemukan trader profesional. Supaya bisa melihat bagaimana track record trader master, ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan. Mulai dari jumlah profit dan kerugian, statistik transaksi, sampai berapa lama trader telah menjadi master atau profesional. 

Baca juga: Buku Trading Forex yang Wajib Kamu Miliki

Menentukan jumlah investasi

Source : Forbes

Berikutnya, kamu perlu menentukan nilai investasi. Sebelum memastikan jumlahnya, sebaiknya hindari melakukan all-in. Maksudnya, kamu tidak menaruh semua anggaran hanya pada satu perangkat investasi, atau berfokus pada satu master trade saja. 

Kamu tidak boleh lupa bahwa jumlah investasi seharusnya memiliki nilai yang seimbang dengan anggaran kamu. Artinya, kamu harus memastikan bahwa investasi yang sedang kamu lakukan ini tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap kewajiban dalam memenuhi semua kebutuhan harian.

Melakukan analisis

Source : US News Money

Sama halnya dengan kinerja trader profesional yang menjadi panutan, kamu dapat menentukan apakah harus meningkatkan jumlah investasi atau mengganti panutan dengan mengikut trader master lain yang memiliki pengalaman lebih banyak. Sebelum memutuskan, ada baiknya untuk melakukan analisis terlebih dahulu. 

Sekarang kamu sudah tahu apa itu copy trade dan bagaimana cara kerjanya. Pastinya akan semakin menambah wawasan kamu tentang trading, bukan?

Feature Source Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan Citraland Tallasa City Makassar dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download