Ruang Edukasi Agen

Marketing

Word of Mouth Adalah Strategi Marketing Ampuh Tingkatkan Penjualan

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 13 December 2021 ∙ 4 menit membaca

Meningkatkan penjualan dapat dilakukan melalui berbagai strategi pemasaran. Salah satu strategi yang ampuh untuk memasarkan produk adalah word of mouth. Strategi promosi mulut ke mulut ini dapat meningkatkan popularitas produk yang tentu berpengaruh kepada penjualan.

Pinhome – Di dalam kehidupan sehari-hari, word of mouth marketing sering terjadi meskipun Anda tidak menyadarinya. Word of mouth bisa terjadi baik dalam percakapan secara langsung, testimoni di media sosial, atau di halaman khusus review produk.

Apa sebenarnya word of mouth marketing ini? Apa kelebihan dan kekurangan strategi ini? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, Pins!

Word of Mouth Adalah Strategi Mulut ke Mulut

(Pexels)

Word of mouth adalah pemasaran produk atau jasa yang dilakukan oleh konsumen kepada konsumen lainnya. Pemasaran ini biasanya terjadi karena konsumen merasa puas dengan produk yang telah digunakan. Konsumen pun memberikan testimoni atau rekomendasi kepada orang lain terkait produk tersebut.

Pemasaran melalui word of mouth adalah cara yang efektif dalam mendapatkan pelanggan. Hal ini dikarenakan banyak orang lebih mempercayai rekomendasi atau cerita pengalaman orang lain daripada iklan. Pengalaman orang lain dianggap lebih organik dan tidak bias sehingga konsumen lebih mempercayainya.

Jenis-jenis Word of Mouth Marketing

word of mouth adalah
(Pexels)

Word of mouth marketing dapat dilakukan melalui berbagai cara. Secara umum, terdapat dua jenis promosi mulut ke mulut ini yaitu tradisional dan modern.

Word of mouth tradisional

Word of mouth tradisional merupakan pemasaran yang dilakukan oleh konsumen secara sukarela atau alami. Konsumen membagikan pengalamannya sendiri kepada orang lain baik itu melalui percakapan sehari-hari, pesan singkat, review, media sosial, dan lain sebagainya.

Word of mouth modern

Sedangkan word of mouth modern, berarti pemasaran mulut ke mulut yang secara sadar dilakukan oleh pemilik produk. Berbagai review atau testimoni pelanggan dipublikasikan kepada konsumen oleh pemilik produk seperti melalui akun media sosial. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dipromosikan.

Baca juga: Kini Zamannya Jual Property dengan Online Marketing, Bagaimana Caranya?

Kelebihan Word of Mouth

(Pexels)

Pemasaran melalui word of mouth sangat penting dalam meningkatkan penjualan. Adanya promosi ini membuat banyak konsumen tertarik untuk menggunakan produk Anda. Beberapa keuntungan yang didapat dari pemasaran ini yaitu sebagai berikut.

Berlangsung terus-menerus tanpa batas

Promosi dari mulut ke mulut terjadi tanpa dibatasi ruang atau waktu. Setiap konsumen bisa membicarakan produk tersebut ke siapa pun di mana saja dan kapan saja. Pemasaran ini juga akan terus-menerus terjadi selama konsumen merasa puas dengan produk Anda.

Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Testimoni dan review orang yang telah menggunakan produk memiliki pengaruh besar terhadap keputusan pembelian seorang konsumen. Review yang baik tentunya akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk meskipun testimoni tersebut berasal dari orang asing.

Tidak membutuhkan biaya

Keuntungan lain dari word of mouth bagi pemilik produk yaitu tidak diperlukannya biaya. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan anggaran tertentu untuk bentuk promosi ini. Hal ini tentunya menguntungkan terutama jika Anda memiliki budget terbatas untuk menjalankan bentuk promosi lainnya.

Kekurangan Word of Mouth

word of mouth adalah
(Pexels)

Word of mouth marketing memang memiliki banyak kelebihan. Meskipun begitu, terdapat beberapa kekurangan dari pemasaran ini yang perlu Anda perhatikan, di antaranya yaitu sebagai berikut.

Tidak bisa dikontrol

Pemasaran melalui word of mouth tidak bisa dikontrol karena setiap orang bisa membicarakan produk Anda. Hal buruk bisa terjadi jika testimoni yang diberikan tidak sesuai atau memiliki pesan negatif sehingga bisa merugikan dan menurunkan penjualan.

Bergantung pada inisiatif konsumen

Word of mouth sangat bergantung pada inisiatif konsumen. Terkadang, konsumen tidak selalu memberikan review atau testimoni terhadap pengalaman yang telah dilakukan. Anda pun tidak bisa begitu saja memaksa konsumen untuk memberikan review.

Word of mouth adalah pemasaran yang memiliki peran besar dalam mempromosikan produk. Berikan produk berkualitas dan layanan terbaik jika ingin word of mouth positif terjadi kepada produk Anda. Semoga informasi ini membantu, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel