Ruang Edukasi Agen

Komunikasi Online

Mengapa Empati Adalah Hal yang Perlu Dimiliki di Dunia Kerja?

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 5 April 2022 ∙ 5 menit membaca

Memiliki lingkungan kerja yang baik tentu menjadi impian banyak orang. Tidak hanya dari sisi aturan perusahaan, hubungan antar pekerja juga bisa menjadi penentu kenyamanan seorang karyawan. Adanya empati antar karyawan adalah hal penting untuk menjaga hubungan yang baik ini.

Pinhome – Di lingkungan kerja, empati adalah hal penting yang perlu untuk dimiliki. Kemampuan ini bisa memberikan berbagai keuntungan baik itu menjaga hubungan antar karyawan, membantu produktivitas, bahkan meningkatkan penjualan.

Apa Itu Empati?

Empati adalah sebuah kemampuan untuk memahami perasaan atau emosi yang dirasakan oleh orang lain. Kemampuan ini juga berguna jika Anda ingin menempatkan diri di posisi orang tersebut sehingga bisa lebih memahami perasaannya.

Di dalam dunia kerja, empati tentunya merupakan sebuah kemampuan yang penting. Seorang pekerja yang memiliki kemampuan empati akan bisa membangun hubungan baik dengan rekannya. Komunikasi pun akan terasa lebih lancar karena setiap pekerja baik sesama karyawan atau atasan bisa saling memahami.

Selain itu, empati juga bisa membantu pekerjaan yang dilakukan. Terlebih jika pekerjaan tersebut mengharuskan seseorang untuk berhubungan dengan orang lain seperti agen properti atau customer service. Kemampuan ini akan sangat membantu supaya pekerjaan lebih mudah untuk dilakukan.

Berbagai Jenis Kemampuan Empati

empati adalah
(Shutterstock)

Menunjukkan empati di dunia kerja tidak hanya saling berkomunikasi saja. Ada beberapa jenis empati yang bisa ditemukan seperti berikut ini.

Emotional empathy

Empati emosional adalah kemampuan saat Anda bisa saling membagi emosi yang dirasakan oleh orang lain. Anda menjadi tempat berbagai emosi baik itu perasaan negatif seperti kesedihan atau perasaan positif seperti kebahagiaan.

Cognitive empathy

Jenis empati yang berikutnya yaitu empati kognitif. Jenis empati ini berarti kemampuan untuk memahami perasaan dan pikiran orang lain. Anda bisa memahami perspektif seseorang ketika ia bercerita tentang hal yang dialami.

Compassionate empathy

Kemampuan empati bukan hanya sekadar memahami perasaan orang lain. Jenis empati yang ketiga, compassionate empathy, berarti Anda mau melakukan suatu tindakan yang bisa berguna bagi orang lain. Hal ini dilakukan sebagai bentuk bantuan kepada pihak lain.

Baca juga: Bagaimana Cara Tepat Menangani Pelanggan yang Komplain?

Keuntungan Memiliki Kemampuan Empati

Kemampuan empati adalah hal yang penting dan bisa membantu Anda dalam dunia kerja. Terdapat berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari empati, di antaranya yaitu sebagai berikut.

Meningkatkan kemampuan komunikasi

Kemampuan komunikasi tentu adalah skill penting di lingkungan kerja. Komunikasi yang baik akan membantu Anda untuk lebih mudah dalam melakukan pekerjaan. Hal ini bisa Anda kembangkan dengan lebih mudah jika memasukkan unsur empati ketika berkomunikasi.

Bisa menjadi lebih kreatif

Memiliki pemikiran kreatif tentunya bisa membantu Anda dalam melakukan pekerjaan. Hasil pemikiran ini bisa menghasilkan sebuah inovasi atau terobosan yang dibutuhkan di tempat kerja. Empati bisa membantu mewujudkan inovasi karena Anda diajak untuk menempatkan diri di posisi orang lain seperti pelanggan atau atasan.

Lebih semangat dalam bekerja

Empati juga dapat membuat Anda untuk merasa lebih bersemangat dalam melakukan pekerjaan. Anda akan mengetahui dan memahami perasaan orang lain saat mengerjakan pekerjaan. Anda pun merasa pekerjaan yang dilakukan bisa membantu orang lain sehingga lebih bersemangat dalam melakukannya.

Dapat membantu meningkatkan penjualan

Kemampuan empati adalah skill yang sangat diperlukan dalam bidang penjualan seperti agen properti. Seorang agen yang memiliki empati akan lebih mudah memahami dan memosisikan diri sebagai buyer. Anda pun dapat memberi saran terkait pembelian properti dengan lebih tepat sesuai dengan kebutuhan klien.

Cara Meningkatkan Empati di Lingkungan Kerja

(Shutterstock)

Empati tentunya tidak bisa terbentuk secara cepat, terutama jika Anda baru memasuki dunia kerja. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna meningkatkan kemampuan ini yaitu sebagai berikut.

Lebih mendengarkan orang lain

Salah satu cara yang penting ketika kamu ingin meningkatkan empati yaitu menjadi seorang pendengar yang baik. Ketika seseorang berbicara, Anda perlu mendengarkannya secara hati-hati. Perhatikan nada bicara serta bahasa tubuh orang tersebut untuk membantu Anda dalam memahami perasaannya.

Memperlakukan orang lain dengan baik

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan yaitu berusaha memperlakukan orang lain dengan baik. Anda bisa mencoba untuk memperlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Cara ini bisa membantu Anda untuk membangun hubungan yang baik dan sehat dengan rekan kerja.

Menghargai adanya keberagaman

Di lingkungan kerja, Anda tentunya akan bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Anda perlu untuk menghargai adanya perbedaan dan keberagaman ini supaya lebih toleran. Sikap ini akan menimbulkan suasana yang lebih damai dan tentram.

Empati adalah kemampuan penting yang perlu untuk dibangun di dunia kerja. Anda yang memiliki kemampuan ini bisa mendapatkan berbagai keuntungan baik secara personal atau profesional.

Sumber Foto Cover: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel