Ruang Edukasi Agen

Tingkatkan Penjualan

Customer Retention Adalah Hal Penting dalam Bisnis, Apa Penjelasannya?

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 23 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Pelanggan merupakan pelaku penting dalam berjalannya sebuah usaha. Bisnis yang dibuat tidak bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya customer. Memaksimalkan customer retention adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendukung berjalannya suatu usaha seperti properti.

Pinhome – Banyak pelaku usaha yang beranggapan bahwa mendapatkan pelanggan baru lebih penting daripada menjaga pelanggan lama. Hal ini tidak salah namun tidak sepenuhnya benar. Pada kenyataannya, sebuah bisnis dapat bertahan lebih lama karena bisa mengelola customer lamanya dengan baik.

Menjaga hubungan dengan pelanggan lama merupakan sebuah strategi bisnis yang sering disebut dengan customer retention. Apa sebenarnya customer retention itu? Bagaimana agen properti bisa melakukannya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini, Pins!

Pengertian Customer Retention Adalah

retention adalah
(Verloop)

Customer retention adalah strategi yang dilakukan sebuah perusahaan untuk menjaga dan mempertahankan pelanggannya. Cara ini dilakukan supaya pelanggan bisa terus menggunakan produk atau layanan yang disediakan. Strategi retention ini penting karena mempengaruhi stabilitas pendapatan perusahaan.

Menggunakan strategi customer retention adalah pilihan yang banyak dilakukan oleh perusahaan guna menjaga pemasukan perusahaan. Hal ini dilakukan karena pelanggan lama yang kembali cenderung lebih mau membelanjakan uangnya. Tentunya, hal ini akan menguntungkan perusahaan karena adanya pelanggan ini akan berpengaruh besar terhadap laba yang didapat.

Baca juga: 7 Tips Negosiasi Jual Beli Rumah Bagi Seorang Agen Properti.

Mengapa Customer Retention Penting dalam Menjalankan Bisnis?

(lokerjakarta.id)

Mempertahankan pelanggan lama akan sangat menguntungkan bagi bisnis yang Anda jalankan. Naiknya customer retention akan diikuti oleh meningkatnya laba perusahaan. Selain itu, ada beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan dari strategi ini, yaitu sebagai berikut.

Hemat biaya pemasaran

Ketika mencari pelanggan baru, Anda perlu mengeluarkan budget promosi yang tidak sedikit. Hal ini mungkin karena Anda perlu memperkenalkan produk dari nol. Biaya pemasaran ini bisa Anda pangkas ketika menggunakan strategi customer retention. Anda tak perlu memperkenalkan produk kembali karena pelanggan sudah memiliki pengetahuan tentang hal tersebut.

Adanya word of mouth

Jika Anda berhasil memberikan pelayanan terbaik, pelanggan akan merasa puas karena ekspektasinya tercapai. Hal ini akan membantu Anda karena bisa terjadi word of mouth. Artinya, pelanggan akan memberi tahu pengalaman menggunakan jasa Anda kepada orang lain. Hal ini tentunya akan menguntungkan karena adanya potensi datangnya pelanggan baru.

Bisa mengenalkan produk baru dengan lebih mudah

Manfaat lainnya dari customer retention adalah Anda bisa mengenalkan produk baru dengan lebih mudah. Pelanggan lama telah memiliki kecenderungan untuk lebih terbuka terhadap produk lain yang Anda sediakan. Anda juga tidak perlu repot menjelaskan sampai detail karena pelanggan lama telah memiliki pengetahuan dasar tentang produk-produk yang ada.

Bagaimana Cara Melakukan Retention Sebagai Agen Properti?

retention adalah
(Quicken Loans)

Menjaga hubungan baik dengan klien merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan strategi customer retention. Anda perlu membangun hubungan yang baik dengan klien sekaligus menjaganya. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai agen properti yaitu:

  • Memenuhi kebutuhan klien.
  • Mengenal klien secara personal.
  • Mengerti keinginan dan kesulitan yang dihadapi klien.
  • Memberikan data yang dibutuhkan terkait pembelian atau investasi properti.
  • Mengirimkan tanda terima kasih.
  • Menghubungi klien saat ada acara spesial tertentu.
  • Menggunakan media sosial untuk berbagi informasi.
  • Berikan pelayanan terbaik.
  • Menawarkan promo-promo menarik di Pinhome, dan lain-lain.

Customer retention adalah strategi penting yang perlu dilakukan dalam berbisnis. Sebagai agen properti, retention ini akan sangat membantu usaha Anda ke depannya. Semoga informasi ini berguna, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel