Ruang Edukasi Agen

Info & Program

5 Contoh Responsif Berkomunikasi Online dengan Pelanggan atau Klien

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 12 February 2022 ∙ 4 menit membaca

Saat ini, komunikasi dengan klien tidak hanya dilakukan secara tatap muka. Adanya perkembangan teknologi mengharuskan agen properti untuk tetap menjaga komunikasi dengan baik secara online. Ada banyak contoh cara berkomunikasi dengan pelanggan yang perlu dipraktikkan supaya pekerjaan sebagai agen bisa berjalan lancar.

Pinhome – Responsif saat berkomunikasi online sangatlah penting. Artinya, Anda bisa menjalin komunikasi dengan baik seperti cepat membalas pesan, memberikan jawaban yang tepat, dan lainnya. Agen yang bisa berkomunikasi dengan baik akan mendapat kepercayaan lebih dan reputasinya juga meningkat.

Berikut ini beberapa contoh cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan sebagai agen properti.

Contoh Berkomunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan jika Anda ingin menjalin komunikasi yang baik dengan klien. Berikut ini beberapa contoh yang bisa Anda terapkan.

Memberikan tanggapan pesan dengan tepat waktu

Ketika berkomunikasi secara online, salah satu hambatan yang perlu dihadapi yaitu waktu. Komunikasi secara online tidak memungkinkan pihak lainnya untuk segera memberi tanggapan. Selain itu, Anda juga bisa saja sedang berada dalam kondisi tidak bisa membalas pesan seperti sedang dalam perjalanan.

Supaya komunikasi dengan klien tetap terjalin dengan baik, Anda perlu memastikan untuk memberi tanggapan di waktu yang tepat. Jika pesan tersebut merupakan hal yang penting, maka sebisa mungkin Anda segera membalasnya. Di keadaan lain seperti ketika libur, Anda bisa memberitahukan hal ini sehingga klien tidak perlu menunggu jawaban tanpa kepastian.

Memberikan update pekerjaan

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dari adanya teknologi dan internet yaitu Anda bisa memberikan update secara langsung kepada klien. Jika ada update terbaru dari pekerjaan yang sedang dilakukan, Anda bisa memberitahu klien secara langsung. Hal ini akan meningkatkan profesionalitas Anda di mata klien.

Misalnya, klien meminta Anda untuk mencarikan rumah baru di daerah Jakarta Pusat. Anda bisa memberi update kepada klien jika Anda telah menemukan rumah-rumah yang sesuai dengan keinginan dan preferensi.

Memahami keinginan klien dan tidak berasumsi

Contoh cara berkomunikasi dengan pelanggan secara online berikutnya yaitu memahami keinginan klien dan tidak berasumsi. Setiap orang tentunya memiliki keinginan tersendiri. Anda sebagai agen perlu untuk mengetahui hal ini dengan bertanya langsung kepada klien.

Memberikan pertanyaan tentang preferensi klien akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Anda bisa memberikan bantuan yang tepat sesuai informasi yang telah didapatkan. Jangan sampai Anda membuat asumsi tersendiri karena hal ini bisa menyinggung klien.

Berkomunikasi jika terjadi hambatan

Anda juga bisa memanfaatkan komunikasi online untuk memberitahu klien jika terjadi hambatan. Jujur kepada klien apabila terjadi sebuah masalah akan membantu pekerjaan Anda. Anda sebagai agen bisa berdiskusi dengan klien terkait masalah yang terjadi dan mencari solusinya bersama-sama.

Sebagai contoh, klien Anda mencari apartemen di daerah Bekasi dengan spesifikasi tertentu. Hanya saja, Anda tidak bisa menemukan apartemen yang sesuai. Maka, Anda perlu menghubungi klien terkait hal ini. Anda pun bisa mencari solusi permasalahan bersama klien.

Menggunakan “tolong, terima kasih, dan maaf”

Kata “tolong”, “terima kasih”, dan “maaf” sangatlah penting dalam berkomunikasi. Ketiga kata ini wajib digunakan jika ingin menjalin komunikasi yang baik dengan klien. Anda bisa menggunakan kata-kata tersebut sesuai dengan keadaan.

Misalnya, Anda terlambat membalas pesan klien karena sedang berada di pesawat. Setelah mendarat, Anda perlu merespon pesan tersebut. Tentunya, Anda perlu mengucapkan “maaf” karena terlambat dalam membalas pesan. 

Baca juga: Pembatalan Pembelian Rumah oleh Pembeli? Apa yang Perlu Dilakukan?

Mengapa Menjadi Agen yang Responsif Itu Penting?

Beberapa contoh cara berkomunikasi dengan pelanggan di atas, Anda bisa menerapkannya ketika menghubungi klien. Hal ini penting untuk diterapkan terutama sebagai agen properti yang berkomunikasi secara online. Beberapa hal yang bisa didapatkan dari menjalin komunikasi yang baik yaitu:

  • Terlihat lebih profesional di mata klien, sehingga reputasi meningkat.
  • Bisa memberikan informasi yanked g diperlukan dengan cepat.
  • Terhindar dari miskomunikasi terkait pekerjaan yang dilakukan.
  • Bisa lebih mudah mengetahui keinginan dari klien.
  • Tidak kehilangan klien potensial.
  • Kepercayaan klien meningkat.
  • Menjalin hubungan individual yang baik dengan klien.

Itulah beberapa contoh tips berkomunikasi dengan pelanggan sebagai agen properti. Anda bisa menerapkan contoh-contoh di atas untuk menjalin hubungan yang baik dengan klien. Semoga bermanfaat, Pins!

Sumber Foto Cover: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel