Ruang Edukasi Agen

Marketing

Pasarkan Unit Lewat Instagram Reels dengan Video Promosi? Memangnya Bisa?

Ditulis oleh Bryan Dharmanta ∙ 16 November 2022 ∙ 5 menit membaca

Promosi dan pemasaran merupakan 2 hal yang harus Anda kuasai sebagai Rekan Agen. Lewat promosi dan pemasaran. Pada 11 November 2022 silam, Pinhome mengadakan Webinar Rekan Agen yang membahas terkait Skill Video Review untuk Promosi Unit di Instagram Reels dengan pembicara Raisha Bani Pramadhani, Youtube Content Strategy Associate di Pinhome.

Konten ini pernah tayang di channel YouTube Pinhome dimana Raisha membagikan beberapa tips dan trik terkait bagaimana cara membuat konten video review yang baik sebagai teknik pemasaran modern untuk Rekan Agen.

Nah, berikut adalah ringkasan dari sesi webinar kita kemarin. Cek, yuk!

Baca juga: Tips Belajar Lewat Teknik Feynman Untuk Kembangkan Bisnis Anda!

Apa itu Video Promosi dan Sepenting Apakah Konten Tersebut?

(Adorama)

Video review merupakan sebuah konten yang menjelaskan atau memaparkan sebuah ulasan terhadap objek yang sedang dijadikan konten. Hal ini dapat berupa keunggulan, kelemahan, spesifikasi, dan lain sebagainya. Dalam kasus ini, video review properti bertujuan untuk mengulas sebuah properti.

Konten video review ini, dalam konteks properti, bertujuan untuk memudahkan calon buyer yang tertarik pada sebuah properti namun tinggal di daerah yang jauh tanpa harus mengunjunginya secara langsung dengan melihat visual yang sudah disediakan.

Kelebihannya juga banyak. Beberapa diantaranya adalah:

  • Dapat memberikan gambaran sebuah unit
  • Menunjukkan berbagai USP (Unique Selling Proposition) dengan cara yang singkat, padat, dan jelas. USP bisa berupa beberapa keunggulan yang dimiliki dari objek yang diulas
  • Mempermudah calon pembeli untuk membuat keputusan ketika memilih

Semua kelebihan ini pada akhirnya memiliki satu tujuan, yaitu menghasilkan leads berkualitas, yaitu calon buyer yang sudah tahu apa yang mereka inginkan.

Struktur Konten yang Baik

(HelloTech)

Dalam membuat sebuah konten yang baik dan bisa menghasilkan leads potensial, maka sebuah konten harus padat, jelas, menarik, serta dilengkapi dengan unsur ajakan atau CTA (call to action).

Rekan Agen bisa menggunakan struktur AIDA dalam merumuskan konten video review di Instagram Reels Anda. Berikut adalah pembahasan singkat mengenai struktur AIDA:

  • Attention. Konten hendaknya dapat menarik perhatian dari target pasar lewat sebuah frasa unik (headline)
  • Interest. Setelah menarik perhatian dari calon buyer potensial, konten hendaknya dapat membangkitkan minat. Hal ini bisa dicapai dengan memasarkan USP dari properti yang sedang dipasarkan. Contohnya: Rumah X selain memiliki desain yang modern, lokasinya juga sangat strategis.
  • Desire. Buat calon buyer jadi semakin tertarik dengan properti yang dipasarkan dengan memberikan beberapa pemicu psikologis, seperti promo. Rekan Agen bisa coba untuk menginformasikan promo GELEGAR. Calon buyer akan mendapatkan bunga KPR rendah mulai dari 2% ketika mengajukan KPR. Calon buyer juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan seperti DP 0%, bebas biaya admin hingga Rp50 juta, dan garansi anti bocor selama 1 tahun. Cek informasi lengkapnya di sini.
  • Action. Buat sehingga calon buyer melakukan sebuah aksi. Hal ini dapat berupa calon buyer melakukan transaksi, membagikan informasi kepada kerabat atau kolega, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengenal Social Experiment Dan Manfaatnya Dalam Strategi Marketing

Perhatikan Aspek-aspek Ini Ketika Buat Video Instagram Reels

(La Biznaga Digital)

Agar konten yang Anda buat bisa memiliki performa yang baik dan berkualitas, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan konten memiliki informasi yang jelas, namun tidak terlalu lengkap. Hal ini bertujuan untuk memicu adanya interaksi antara Rekan Agen dan calon buyer sehingga dapat meningkatkan engagement)
  • Usahakan gambar jelas dan memiliki kualitas yang baik (tidak kabur).
  • Terus ulik ide dan konsep yang menarik karena pemasaran lewat sosial media sangat kompetitif dan dinamis
  • Tonjolkan USP (unique selling proposition) secara padat dan jelas dari properti yang Anda coba pasarkan.
  • Amati kompetitor dan dengarkan masukan dari penonton agar bisa membuat konten yang lebih inklusif
  • Pastikan relatable agar bisa lebih mudah diterima oleh masyarakat. Usahakan untuk menyesuaikan gaya bahasa dan konsep sesuai dengan target pasar Anda.

Tips dan Trik yang Perlu Anda Ketahui

(Amartha Blog)

Setelah membaca berbagai informasi di atas, kini sudah saatnya Anda membuat dan mengulik sendiri konten video promosi properti yang sesuai dengan gaya dan target pasar Anda!

Perhatikan beberapa tips dan trik berikut ini agar konten yang Anda buat bisa lebih unggul dan berkualitas dibandingkan kompetitor:

  • Jangan pernah ragu untuk mengikuti tren. Seperti yang sudah diketahui, media sosial sangat kompetitif dan dinamis. Tidak ada salahnya untuk melakukan riset kecil seperti tren apa saja yang sedang viral dan menerapkannya dalam konten yang Anda buat. Dengan begitu, Anda lebih mudah menjangkau banyak orang dengan konten yang relatable dan up-to-date
  • Gunakan bahasa sesuai target audiens. Masih berbicara tentang relatable, konten yang Anda buat harus bisa menyesuaikan dengan target pasar yang diincar. Hal ini akan mempermudah menarik perhatikan calon buyer
  • Jadilah pendengar yang baik. Teruslah terbuka pada masukan dan kritik dari para audiens. Dengan begitu, Anda bisa terus mengevaluasi dan meningkatkan kualitas konten yang sudah dibuat
  • Eksplor format konten. Jangan hanya menggunakan satu gaya untuk semua konten yang Anda buat. Terus ulik dan cari format-format konten terbaru agar konten yang telah Anda buat tetap bisa bersaing.

Itulah dia seputar informasi mengenai membuat konten video review yang berkualitas untuk diunggah di Instagram Reels. Lewat algoritma Instagram Reels yang berbeda, konten-konten yang Anda buat bisa mendapatkan exposure yang lebih. Oleh karena itu, jangan pernah bosan untuk selalu belajar dan meningkatkan skill penjualan, ya!

Baca juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Insight Listing Di Aplikasi Rekan Agen Pinhome?

Ikuti webinar khusus Rekan Agen yang diadakan setiap 2 minggu sekali. Dalam webinar ini, Anda akan diberikan pelatihan untuk meningkatkan skill sebagai agen properti dengan topik yang beragam dan pembicara yang ahli dalam bidangnya. Informasi lebih lanjut bisa langsung mengunduh aplikasi Rekan Agen di sini:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel