Ruang Edukasi Agen

Marketing

Mengenal Social Experiment dan Manfaatnya dalam Strategi Marketing

Ditulis oleh Omri Cristian ∙ 26 October 2022 ∙ 4 menit membaca

Pernahkah Anda mendengar “social experiment” atau bahkan menonton kontennya di kanal berbagi video? Kebanyakan mungkin mengira bahwa konsep ini merupakan konten pura-pura atau prank saja.

Anggapan tersebut sebenarnya keliru. Social experiment bukan gimmick belaka. Konsep ini bahkan sebenarnya dapat berguna bagi Anda untuk melakukan marketing.

Lalu, apa itu sebenarnya social experiment? Apa saja manfaat bagi marketing termasuk di bidang properti? Simak informasi di bawah ini untuk jawaban selengkapnya!

Baca juga: Ya Atau Tidak: Apakah Sebuah Konten Wajib Viral?

Apa itu Social Experiment?

(Shutterstock)

Eksperimen sosial (social experiment) merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui sifat atau respon seseorang dalam melihat permasalahan atau isu tertentu. Kegiatan ini seringkali dikemas dalam bentuk konten video sehingga dapat banyak menjangkau penonton.

Berbeda dengan prank yang bertujuan untuk menjahili orang dengan aksi usil, social experiment ingin menguji respon dan empati seseorang atau sekelompok orang.

Nah, rupanya konsep eksperimen sosial dapat menjadi kekuatan yang sangat kuat dalam marketing.

Social experiment dipilih karena berbeda dengan cara marketing pada umumnya. Dengan menampilkan produk secara halus serta sentuhan seni bercerita, Rekan Agen bisa meninggalkan kesan yang baik pada target pasar Anda.

Contoh di bawah ini menunjukkan bahwa eksperimen sosial punya kekuatan yang sangat kuat dalam marketing yang Rekan Agen lakukan:

a. Eksperimen sosial dari Nescafe

b. Eksperimen sosial dari Coca-Cola

c. Eksperimen sosial dari Dove

Baca juga: Youtube Shorts, Sebuah Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif

Social Experiments untuk Strategi Marketing

(Shutterstock)

Apabila Anda bingung memilih konsep seperti apalagi untuk marketing, eksperimen sosial dapat menjadi jawaban. Dengan ide yang menarik, bukan tidak mungkin social experiment bisa menjangkau target pasar Rekan Agen. 

Sebagai contohnya, Rekan Agen bisa menonton eksperimen sosial yang dibuat oleh Coca-cola dan Nescafe. Keduanya berhasil memberi kesan yang kuat dengan menghadirkan visual yang menarik dalam social experiment yang dibuat.

Brand tersebut setidaknya memperhatikan dua hal agar strategi marketing yang dilakukan optimal. Hal tersebut adalah sebagai berikut:

Buat Social Experiments yang Berkesan

Pastikan Anda mengutamakan narasi dan menampilkan emosi pada konten. Hal ini dapat membuat target pasar Rekan Agen terhubung ke cerita dalam eksperimen sosial yang Anda kemas. 

Apabila berhasil, konten social experiment bisa lebih efektif dibandingkan testimoni seorang selebriti mengenai produk Anda. Hal ini terjadi karena orang akan beranggapan bahwa apa yang mereka lihat di eksperimen sosial bisa lebih dipercaya.

Dorong Social Sharing

Bukan hanya berfokus pada isi konten social experiment, setelahnya Rekan Agen harus memastikan bahwa konten ini mudah dibagikan di dunia maya. 

Sebagai contoh Anda bisa menggunakan hashtag tertentu untuk mendorong orang-orang membagikan video Anda di media sosialnya. Tentunya hal ini dilakukan setelah Anda menyajikan eksperimen sosial yang relevan untuk target pasar Anda.

Baca juga: Pengguna Media Sosial Di Indonesia Meningkat! Efektifkah Promosi Properti Online?

Manfaat Social Experiments

(Shutterstock)

Pada dasarnya social experiment bukan untuk mempertontonkan kemiskinan, melainkan sisi humanisme yang ada pada banyak orang. Banyak topik atau isu yang bisa Anda pilih. Cerita menarik dari sisi ini yang akhirnya bisa diangkat dan berdampak pada marketing yang Anda lakukan.

Beberapa manfaat dari social experiment untuk marketing misalnya adalah sebagai berikut:

Baca juga: Tingkatkan Bisnis Dengan Menerapkan Marketing Mix 6P

Menciptakan Koneksi

Siapa pun yang menonton eksperimen sosial akan membayangkan diri mereka berpartisipasi dalam eksperimen tersebut. Hal ini membuat konten atau konsep ini banyak diterima orang. Dari sini bukan tidak mungkin tercipta koneksi antara target pasar dan Anda sebagai pembuat konten.

Menjadi Daya Tarik Emosional

Tidak semua eksperimen sosial memiliki daya tarik emosional. Namun, bila dilakukan dengan baik bukan tidak mungkin dapat memikat tager pasar secara emosional.  Video eksperimen sosial dengan daya tarik emosional akan meninggalkan kesan yang mendalam untuk target pasar Anda.

Meningkatkan Awareness ke Produk Anda

Social experiment dapat meningkatkan brand awareness sehingga reputasi bisnis Anda juga bisa meroket. Akibatnya, profit Anda akan meningkat karena banyak buyer baru yang datang untuk produk Anda.

Nah, itu tadi ulasan mengenai eksperimen sosial yang dapat dilakukan sebagai bagian dari strategi marketing, termasuk di bidang properti. Rekan Agen bisa menambah ide segar dan menarik dalam social experiment yang akan Anda buat. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Intip 5 Strategi Kopi Kenangan! Ada Yang Bisa Dipake Agen Properti


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel