Ruang Edukasi Agen

Marketing

Cara Menjadi Agen Properti yang Terpercaya

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 28 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Apakah Anda sedang mencari cara menjadi agen properti yang bisa dipercaya oleh klien? Coba kita simak cerita berikut mengenai brand Apple. Apakah Anda tahu apa yang menyebabkan produk Apple memiliki banyak fans fanatik? Misalnya saja saat Apple merilis iPhone 11 pada tahun 2019 sebelum terjadi pandemi. Banyak fans Apple yang rela menunggu demi mendapatkan produk smartphone berlogo apel digigit tersebut.

Pinhome – Fenomena di atas membuktikan bahwa para pengguna iPhone sudah sangat percaya dengan produk ponsel pintar ini. Hal ini lantaran Apple berhasil menciptakan branding yang kuat pada produk ponsel pintarnya tersebut. Branding yang kuat tersebut mencakup  kualitas produk, fitur-fitur solutif yang memudahkan aktivitas sehari-hari, keamanan dan kenyamanan pengguna. Jadi, berapapun harga yang dikeluarkan oleh perusahaan Apple, maka produk tersebut pasti akan langsung diserbu konsumen loyal.

Baca Juga: Kesalahan Promosi Agen Pemula Dan Tips Marketing Jitu Untuk Solusi Jual Properti!

Untuk bisa menjadi seperti Apple yang dipercaya oleh konsumennya, Anda harus melakukan banyak upaya. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan klien properti dengan mudah, serta mempertahankan klien yang ada agar tetap melakukan transaksi properti berikutnya melalui Anda.

Mengapa klien selektif dalam memilih agen properti? 

(Kumparan)

Membeli properti bukanlah seperti membeli jajanan di pasar atau pakaian, yang hanya butuh waktu tiga puluh menit atau satu jam untuk membandingkan produk. Bagi klien, membeli properti sama dengan melakukan investasi jangka panjang dalam hidup. Butuh pertimbangan yang matang dan observasi yang menyeluruh. 

Baca Juga: Ingin Sukses Promosi Properti? Belajar Copywriting Adalah Kunci Utama.

Beberapa hal yang menyebabkan klien lebih selektif dalam memilih agen properti sebagai pendamping mencari properti adalah sebagai berikut, 

Klien membeli properti dan lingkungan hidup

Bagi klien, membeli properti berarti membeli lingkungan di sekitar properti. Lingkungan yang nyaman, akses yang strategis dan fasilitas komplet adalah dambaan semua individu yang mencari properti. Maka dari itu, klien Anda akan sangat selektif sekali mencari agen properti yang bisa memberikan referensi hunian asri dan sesuai idaman klien. 

Klien perlu menyesuaikan dengan budget pribadi

Selain lingkungan yang menjadi perhatian klien, biasanya budget pribadi juga menjadi faktor yang diperhitungkan untuk membeli properti. Baik transaksi pembayaran yang dilakukan melalui cash keras, cash bertahap atau KPR/KPA, klien tetap memperhitungkan budget pribadi. Klien akan memilih agen properti yang bisa mengerti kebutuhan mereka dan memberikan variasi referensi agar klien mempunyai lebih banyak pembanding.

Klien menghindari penipuan dan drama

Klien properti akan sangat menghindari rekan agen yang berpotensi melakukan penipuan atau manipulasi. Pasalnya uang untuk pembelian properti itu tidak sedikit, bahkan mencapai miliaran. Untuk melindungi aset dan kepentingan utama sendiri, mereka akan sangat selektif memilih agen yang bisa dipercaya.

Klien menginginkan proses yang mudah, cepat dan profesional

Di dalam proses pencarian rumah, klien akan memilih agen yang profesional. Hal ini karena agen properti akan mendampingi si klien berminggu-minggu hingga proses transaksi properti selesai. Artinya agen harus mengutamakan ketepatan waktu, jujur, dan menepati janji  agar klien nyaman dengan pelayanan Anda selama mencari hunian idaman. 

Jadilah agen properti terpercaya dengan melakukan hal berikut

(Jobstreet)

Lalu bagaimana ya menjadi agen properti yang terpercaya dan mempunyai karakter profesional agar dilirik klien? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Bergabung di platform jual beli properti terpercaya

Langkah pertama, Anda bisa bergabung dengan platform jual beli properti terpercaya seperti Pinhome. Anda bisa mengunduh aplikasi properti untuk agen real-estate dan mulai berjualan dengan aplikasi tersebut. Untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut bagus, Anda bisa cek jumlah orang yang mengunduh aplikasi di Google Playstore dan Apple Store. Lihat review dari setiap orang. Periksa juga media sosial perusahaan mulai dari Instagram, Facebook dan LinkedIn serta cari tahu kegiatan mereka untuk agen properti. Perusahaan yang baik akan memikirkan keuntungan agen jika menggunakan platform tersebut.

Pastikan Anda menguasai wilayah bekerja

Selanjutnya adalah Anda harus menguasai wilayah bekerja. Artinya jika Anda berbasis di Jawa Barat, maka paling tidak Anda harus mengerti perkembangan sektor real-estate dan kebijakan terkait properti di area Jawa Barat. Misalnya ada berapa banyak pembangunan cluster baru dalam kurung dua tahun ke belakang atau apa untung dan rugi jika klien membeli properti di area tertentu. Anda bisa memaparkan potensi perkembangan area, keamanan, kondisi tanah dan lain-lain.

Bangun personal branding 

Menjadi agen properti di era digital menuntut Anda untuk turut aktif di media sosial. Anda bisa memulai untuk menggunakan Instagram, TikTok dan LinkedIn. Pelajari cara berkomunikasi di tiga media sosial tersebut dan bagaimana social media tersebut bekerja. Lakukan promosi properti dan bangun personal branding dengan cara membagikan tips mencari properti versi Anda.

Mengunggah review dari klien

Membagikan review klien menjadi salah satu cara mendapatkan kepercayaan dari calon klien. Dewasa ini, seseorang akan menggunakan produk atau jasa tertentu berdasarkan hasil review orang lain. Apabila review positif, maka kita akan mempertimbangkan menggunakan produk dan jasa tersebut. Namun, jika review yang muncul negatif maka biasanya kita akan langsung mengabaikan produk atau jasa tersebut.

Bergabung ke komunitas properti

Untuk meningkatkan jejaring dan pengetahuan, Anda bisa bergabung ke komunitas properti. Hal ini bertujuan agar Anda bisa bertukar pikiran dengan orang lain dan saling berdiskusi, sehingga harapannya akan banyak pengetahuan baru yang didapatkan.

Bagaimana Pins? Semoga informasi di atas dan bisa membantu Anda menjadi agen properti yang terpercaya di mata klien, ya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel