Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Spesifikasi dan Harga Motor Listrik Yamaha yang Siap Meluncur di Indonesia
motor-listrik-yamaha
Otomotif

Spesifikasi dan Harga Motor Listrik Yamaha yang Siap Meluncur di Indonesia

  • 27 May, 2022 oleh Aileen Velishya
  • 6 menit membaca

Salah satu produsen otomotif asal Jepang, Yamaha, sudah mulai memproduksi motor listrik dan siap diluncurkan untuk tes pasar di Indonesia pada tahun 2022. Yamaha mengusung 20 unit motor listrik E01 yang akan masuk ke pasar otomotif Indonesia. Tes tersebut dilakukan untuk melihat seberapa kuat E01 beradaptasi di pasar dan untuk melihat ketertarikan konsumen akan motor listrik terbaru ini. Selain untuk konsumen umum, motor listrik Yamaha ini juga dapat digunakan oleh instansi pemerintah yang ingin bekerja sama. 

Namun target utama dari motor listrik ini tetap untuk masyarakat luas. Tidak hanya disebar di Indonesia, Yamaha motor listrik E01 ini juga melakukan tes pasar pada beberapa negara Asia lainnya seperti Thailand, Taiwan, dan Malaysia. 

Percobaan E01 pada beberapa negara tersebut untuk mengetahui respon motor listrik pada wilayah yang memiliki karakteristik dan kondisi cuaca yang berbeda-beda, memantau performa baterai, dan ketahanan baterai terhadap cuaca dan suhu. Kelebihan dari menggunakan motor listrik untuk Pins tentunya akan lebih ramah untuk lingkungan. 

Ketika di jalan pun Pins tidak mengeluarkan suara bising dari knalpot. Selain itu Yamaha E01 juga memiliki banyak kelebihan lainnya yang dapat memukau Pins dengan desain dan kualitas mesinnya. Jika Pins penasaran dengan harga motor listrik Yamaha keluaran Jepang ini, berikut Pinhome jabarkan spesifikasi lengkap beserta harganya di pasar otomotif Indonesia. 

Spesifikasi Yamaha E01 

(Otomotif Tempo)

Produksi motor listrik dari Yamaha ini memang sengaja diluncurkan dengan spesifikasi yang lengkap. Dirancang untuk memenuhi karakteristik skuter matic kelas 125 cc yang dapat digunakan untuk mobilitas jarak pendek dan menengah. 

Sistem pengisian daya E01 menggunakan teknologi fixed battery yang memudahkan Pins untuk mengisi daya dimanapun dan dilengkapi dengan tiga sistem charging yaitu fast charging, normal charging, dan portable charging. Fitur lainnya dari E01 yaitu sudah dapat terhubung ke smartphone

Baca juga: Daftar harga Motor KLX Bekas Murah Paling Update

Desain Futuristik

Yamaha E01 memang dirancang dengan desain yang menggambarkan sisi kebersihan dan ramah lingkungan. Konsep dari desainnya pun dinamai dengan “A Human-Centric Juxtaposed” yang menyandingkan konsep kebersihan dan futuristik. 

E01 memiliki warna yang unik dengan perpaduan biru racing yang ikonik dengan produk Yamaha dan warna hijau yang melambangkan ECO Green dengan nama Aqua. Selain itu, juga ada warna putih mutiara yang melambangkan modernitas dan warna hitam yang elegan. Keunikan dari desain E01 selanjutnya adalah headlamp yang mengelilingi charging port

Baca Juga: Macho Abis! Intip Harga Honda Goldwing yang Buat Geleng Kepala

Baterai dan Sistem Pengisian Daya

Yamaha E01 yang dilengkapi dengan fixed-lithium ion battery memiliki kapasitas baterai sebesar 4,9 kWh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, E01 dapat menempuh jarak hingga 104 km dengan daya penuh. 

Untuk pengisian daya Pins dapat mencolokkan charger pada bagian depan body motor. Selain itu juga tersedia sistem pengisian daya portable charger untuk memudahkan Pins dalam pengisian daya dimanapun. 

Baca Juga: Keren! Motor Listrik Gesits Hasil Karya Anak Bangsa

Performa Mesin

Motor listrik Yamaha ini sengaja dirancang menyerupai motor kelas 125 cc lainnya. Dengan slogan Yamaha “Selalu di Depan”, E01 dilengkapi dengan dengan tiga model pengendaraan yaitu Power Mode, Standard Mode, dan Eco Mode. Eco Mode sangat cocok untuk Pins yang mengendarai motor harian karena akan lebih hemat daya dan ramah lingkungan. 

Baca Juga: U-Go Motor Listrik Honda Harga dan Spesifikasinya

Comfortable Ride

Mengusung desain motor matic yang ramah lingkungan, E01 juga dilengkapi dengan fitur kenyamanan bagi penggunanya. Rangka body dari E01 dikembangkan sesuai dengan motor sport Yamaha lainnya dengan Double Cradle Frame dan Yamaha Controlled Filling (CF) Aluminium Die Casting Swing Arm. Fitur dari rangka E01 tersebut memberikan keseimbangan antara kekuatan dan berat motor sehingga lebih ringan untuk dikendarai. 

Selain fitur di atas, Yamaha juga menambahkan fitur Dual Channel ABS pada sistem pengereman. Dilengkapi dengan Dual Rear Suspension dan Traction Control System serta Belt Drive yang dapat menghasilkan minim getaran dan tidak berisik. 

Untuk lebih memudahkan pengendara menggunakan E01, Yamaha juga melengkapi fitur speedometer digital yang multifungsi, sistem smart key dan reverse mode. E01 juga memiliki fitur Y-Connect yang berfungsi untuk menghubungkan smartphone dengan motor agar pengendara bisa mengetahui kondisinya saat berkendara. 

Baca Juga: 7 Pilihan Motor untuk Touring yang Tangguh

Y-Connect E01

Fitur Y-Connect pada E01 yang dapat Pins gunakan untuk menghubungkan smartphone dengan motor tidak menggunakan bluetooth. Pins dapat menyambungkannya langsung dengan SIM Card yang sudah tersedia. 

Dengan begitu Pins dapat mengirimkan data ke server aplikasi Y-Connect dengan mudah. Y-Connect sendiri memiliki menu yang dapat memberikan Pins informasi terkait informasi kendaraan, konsumsi daya, riwayat berkendara, lokasi parkir, dan pengaturan.

Dalam menu informasi kendaraan Pins akan ditampilkan informasi mengenai jarak berkendara yang sudah ditempuh, estimasi jarak yang akan ditempuh, dan tanggal data. Pada menu tersebut juga menginformasikan indikator baterai yang ditandai dengan warna hijau dan orange. 

Pada menu riwayat berkendara Pins dapat menyimpan data kecepatan rata-rata selama berkendara, jarak saat berkendara ke tujuan, rekaman jalur saat berkendara, durasi saat berkendara, dan konsumsi daya selama perjalanan. Dan pada menu konsumsi daya Pins disajikan informasi mengenai konsumsi daya dalam rentang waktu harian, bulanan, dan tahunan. 

Baca juga: Intip Kisaran Harga Motor Sonic Bekas Murah

Harga Yamaha E01

(Detik Oto)

Yamaha E01 saat ini memang belum dijual untuk umum secara resmi, namun harga motor listrik Yamaha E01 sudah ditaksir. Di Thailand Yamaha E01 dibanderol dengan harga 150.000 baht yang setara dengan 64 jutaan di Indonesia. Berbeda dengan di Jepang, motor ini baru mulai disewakan pada bulan Juli 2022 mendatang. Dengan harga tersebut tentunya sesuai dengan kualitas dan fitur yang ditawarkan oleh Yamaha. 

Itulah informasi seputar motor listrik Yamaha E01 dengan spesifikasi lengkap dan harga pasarannya. Motor listrik Yamaha ini memang memiliki banyak fitur yang mengedepankan kenyamanan pengendara. Selain itu E01 juga dilengkapi dengan fitur yang memudahkan saat Pins menggunakannya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:


Jika kamu memiliki mobil, jangan lupa rawat mobil agar tidak cepat rusak dan tampilannya tetap mempesona, seperti mencuci mobil. Jika tidak sempat, Pins bisa memanfaatkan layanan cuci mobil yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan cuci mobil yang dapat kamu pesan melalui aplikasi Pinhome. Harganya mulai 60ribu tergantung lokasi kamu. Klik di sini untuk coba, ya!

Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.