Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 6 Cara Membersihkan Kerak Kloset Jongkok dengan Cepat
cara membersihkan kerak kloset jongkok
Kebersihan Rumah

6 Cara Membersihkan Kerak Kloset Jongkok dengan Cepat

  • 12 Dec, 2021 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Kloset kamar mandi adalah salah satu tempat yang paling cepat kotor di rumah. Bukan cuma noda ringan, terkadang kamu perlu cara membersihkan kerak kloset jongkok untuk mengatasi noda membandel.

Pasalnya, kalau noda yang dibiarkan begitu saja bukan hanya terlihat menjijikkan tetapi juga bisa menjadi sarang perkembangbiakan bakteri. Padahal, kamar mandi dan khususnya toilet jongkok pasti kamu pakai setiap hari.

Yuk, jaga kebersihan kamar mandi dan basmi kotoran di kloset dengan cara membersihkan kerak berikut ini.

Cara Membersihkan Kerak Kloset Jongkok

Gunakan Cairan Pembersih Kamar Mandi

Kalau kamu mau cara membersihkan kerak kloset jongkok paling cepat, coba gunakan cairan pembersih kamar mandi. Produk ini diformulasikan khusus untuk mengangkat kerak dengan cepat berkat kandungan bahan aktif HCl.

Hydrochloric acid merupakan cairan asam kuat yang memiliki aroma menyengat. Senyawa kimia ini ampuh merontokkan kerak membandel pada toilet dan lantai kamar mandi.

Hanya saja, zat kimia ini bersifat keras dan dapat menguap ketika dituangkan pada area yang berkerak. Jika terhirup, pembersih lantai berbahan HCl bisa menyebabkan risiko kesehatan.

Begitu juga jika terkena kulit, cairan pembersih kerak ini bisa menyebabkan iritasi berupa gatal dan kemerahan. Itu sebabnya, membersihkan kerak kloset dengan cairan pembersih disarankan menggunakan pelindung seperti sarung tangan karet dan masker.

Cara penggunaannya adalah dengan menuangkan cairan pembersih seperlunya pada area yang berkerak. Tinggalkan selama 30 menit selagi cairan asam bekerja merontokkan kerak dan berubah menjadi gas.

Selanjutnya, kamu bisa menggosok residu kerak dengan mudah menggunakan sikat kamar mandi. Terakhir, bilas dengan air bersih.

Taburkan Kaporit

Siapa sangka kaporit yang kerap digunakan untuk menjernihkan air kolam renang ternyata bisa menghancurkan kerak kloset. Pantas saja, keramik di kolam renang selalu bersih bebas kerak.

Kaporit bisa kamu beli dalam bentuk serbuk atau tablet. Kalau dalam bentuk tablet, hancurkan dulu hingga menjadi serbuk agar mudah digunakan.

Cara membersihkan kerak kloset jongkok dengan kaporit adalah dengan menyiramkan air panas dulu pada permukaan kloset. Selanjutnya, taburkan kaporit yang sudah menjadi serbuk.

Diamkan selama sekitar 30 menit agar kaporit bekerja mengurai kerak, lalu gosok sampai bersih dengan sikat toilet. Kamu juga bisa menambahkan sabun atau detergen agar hasilnya makin optimal.

Kaporit memiliki aroma menyengat dan termasuk senyawa kimia yang bersifat keras. Gunakan sarung tangan dan masker saat menggunakan zat ini untuk membersihkan kloset, ya!

Pakai Pemutih Pakaian

Meski tidak seefektif kaporit atau Hydrochloric acid, pemutih pakaian juga bisa jadi alternatif cara membersihkan kerak kloset jongkok. Kandungan kimia dalam bahan pemutih pakaian lebih ringan sehingga lebih aman di kulit.

Namun, pemutih pakaian umumnya memiliki aroma menyengat. Sebaiknya Pins tetap memakai masker dan sarung tangan untuk melindungi dari bau dan bakteri.

Cara penggunaan cairan pemutih pakaian untuk menghilangkan kerak kloset adalah dengan menuangkannya langsung. Tunggu sampai 30 menit agar zat kimianya bereaksi, kemudian gosok dengan sikat.

Pins juga bisa menambahkan sabun atau detergen agar kloset lebih bersih dan kesat.

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi Sampai Hilang Total

Tuang Minuman Bersoda

Cara membersihkan kerak kloset jongkok di atas menggunakan bahan kimia yang aromanya menyengat dan bisa berisiko membahayakan kesehatan. Kalau Pins mau cara yang lebih aman, coba gunakan Coca Cola.

Kamu mungkin juga sudah tahu kalau Coca Cola bisa digunakan untuk membersihkan karat pada logam. Di samping itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk membersihkan toilet.

Ya, minuman bersoda ini mengandung asam karbonat dan fosforik yang ternyata dapat merontokkan kerak. Selain menggunakan Coca Cola, kamu juga bisa menggunakan minuman bersoda lainnya.

Cara penggunaannya mudah, Pins hanya perlu menuangkan Coca Cola pada area yang berkerak. Kemudian, diamkan selama satu jam dan gosok sampai bersih dengan sikat WC.

Terakhir, siram dengan air bersih untuk menggelontorkan sisa Coca Cola dan residu kerak.

Campurkan Air Lemon dan Boraks

Cara membersihkan kerak kloset jongkok juga bisa Pins lakukan dengan bahan alami. Yang kamu butuhkan hanyalah buah lemon dan boraks.

Jika lemon sulit didapat, Pins bisa menggantinya dengan jeruk nipis yang umumnya lebih murah. Tenang saja, khasiatnya sama saja, kok, karena yang kita cari adalah kandungan asam pada buah ini.

Adapun boraks merupakan bahan kimia yang kerap digunakan sebagai pengawet karena mampu membunuh bakteri dengan tuntas. Mencampurkan zat asam dari lemon atau jeruk nipis dengan boraks akan menghasilkan larutan alami yang ampuh merontokkan kerak membandel.

Cara penggunaannya, tuangkan serbuk boraks pada area berkerak, lalu teteskan air perasan lemon. Alternatifnya, kamu juga bisa mencampurkan sebuk boraks dengan air perasan lemon hingga teksturnya kental seperti pasta.

Selanjutnya, oleskan pada area berkerak dan diamkan selama 30 menit, kemudian gosok dengan sikat toilet.

Manfaatkan Cuka Putih

Satu lagi cara membersihkan kerak kloset dengan bahan alami. Kamu bisa memanfaatkan cuka putih yang dicampur dengan baking soda.

Kedua bahan ini merupakan produk tambahan dalam olahan makanan. Jadi, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di swalayan atau bahkan warung terdekat.

Cara penggunaannya, campurkan cuka dengan baking soda hingga kental seperti pasta. Lalu, oleskan pada bagian kloset yang berkerak dan diamkan selama 30 menit. Selanjutnya, gosok dengan sikat dan bilas dengan air bersih.

Selain ampuh untuk membersihkan kerak di kloset, campuran kedua bahan ini bisa kamu manfaatkan untuk hal lain. Misalnya, untuk membersihkan noda membandel di lantai kamar mandi atau menghilangkan noda gosong pada panci.

Itu dia beberapa cara membersihkan kerak kloset jongkok yang bisa kamu coba. Kalau kamu lebih suka pakai produk kimia yang instan atau bahan alami yang lebih aman?

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi yang Hitam


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Source Feature Image: Harga