BlogPemilik PropertiFinansial7 Rekomendasi VGA untuk Mining Bitcoin
0
0

7 Rekomendasi VGA untuk Mining Bitcoin

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
7 Rekomendasi VGA untuk Mining Bitcointop-right-banner

Hash rate mining Bitcoin menunjukkan peningkatan yang signifikan selama beberapa waktu terakhir. Memang benar, mining Bitcoin memerlukan perangkat komputer yang mumpuni, termasuk VGA. Sudah pasti, VGA untuk mining Bitcoin juga pastinya tidak boleh asal pilih.

Sebab, terjadinya peningkatan spesifikasi pada perangkat mining membuat aktivitas satu ini memiliki tingkat kesulitan yang semakin tinggi. Alhasil, mendapatkan keping Bitcoin yang semakin langka tentu saja akan semakin sulit. 

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis, Mudah dan Praktis!

Mengenal VGA untuk Mining Bitcoin

Source : Pixabay

Sebelum masuk pada pilihan VGA yang cocok untuk mining Bitcoin, kamu perlu tahu dulu apa itu VGA dan fungsinya. Memiliki singkatan Video Graphics Accelerator, VGA merupakan komponen perangkat keras komputer dengan fungsi utama mengolah semua grafis data pada monitor.

Akan tetapi, dari persepsi para penambang Bitcoin, VGA adalah komponen yang penting untuk membantu memecahkan persoalan algoritma rantai blok dalam cryptocurrency, tak terkecuali Bitcoin. Satu perangkat mining membutuhkan sekitar 3 hingga 6 VGA, bahkan kebutuhannya bisa mencapai 14 VGA kalau ingin lebih cepat lagi.

Apabila melihat dari hal tadi, VGA mining memiliki arti sebagai penunjang grafis yang sangat penting untuk para miners dalam mendukung kegiatan menambang. Sebenarnya, mengapa proses menambang aset kripto memerlukan VGA? Berikut alasannya:

  • Arsitektur VGA memiliki kesesuaian dengan sistem algoritma yang terdapat pada rantai blok kripto.
  • Para penambang lebih mudah menjangkau VGA daripada ASIC pada pasar umum. Selain itu, VGA juga tidak membutuhkan daya listrik yang besar dan bisa terkonfigurasi secara bersamaan hanya pada satu instrumen.
  • Proses mining membutuhkan cukup banyak thread untuk bisa secara bersama memecahkan algoritma. Pemilihan VGA berdasarkan pada jumlah thread yang lebih banyak daripada CPU yang membuatnya lebih efektif.

Baca juga: Apakah Bitcoin Halal? Ini Dia Hukumnya Menurut Ulama

Rekomendasi VGA untuk Mining Bitcoin

Source : Pixabay

Jika kamu ingin tahu serunya proses mining Bitcoin, kamu bisa mencoba beberapa jenis VGA untuk mining Bitcoin berikut ini.

NVIDIA GTX 1070 TI

Source : Pinterest

Rekomendasi pertamanya ada NVIDIA GTX 1070 TI. Memang benar, AMD dan NVIDIA menjadi dua pilihan VGA yang memiliki persaingan sangat tinggi dalam memberikan spesifikasi yang mumpuni. 

VGA NVIDIA umumnya lebih berfokus pada high pixel count pada setiap produknya, sehingga proses komputasi kalkulasi piksel yang ada pada tipe satu ini sudah cukup baik untuk memecahkan algoritma kripto. Adapun spesifikasi lengkapnya:

  • NVIDIA CUDA Cores = 2432.
  • Standard memory config = 8 GB DDR5.
  • Memory interface width = 256-bit.
  • Memory speed = 8 Gbps.
  • Boost clock = 1683 MHz.
  • Memory bandwidth = 256 GB/detik.
  • Base clock = 1607 MHz.

Tipe VGA ini memiliki kisaran harga Rp15 jutaan.

NVIDIA GeForce GTX 1080

Source : Pinterest

Pilihan VGA untuk mining Bitcoin selanjutnya masih pada brand NVIDIA, yaitu seri GeForce GTX 1080 yang menjadi seri GTX dengan kartu grafis paling tinggi. Seri VGA ini terbilang populer bagi penikmat game dan penambang. 

Alhasil, stoknya pun semakin lama semakin sulit kamu temukan. Selain itu, tingkat kelangkaan produk yang tinggi membuat NVIDIA GTX 1080 memiliki harga yang cukup mahal. Spesifikasi dari seri NVIDIA ini yaitu:

  • NVIDIA CUDA Cores = 2560.
  • Standard memory config = 8 GB DDR5X.
  • Memory interface width = 256-bit.
  • Memory speed = 10 Gbps.
  • Boost clock = 1733 MHz.
  • Memory bandwidth = 320 GB/detik.
  • Base clock = 1607 MHz

Sementara itu, harga VGA keren satu ini adalah mulai dari Rp12 jutaan.

NVIDIA GeForce GTX 1660

Source : Pinterest

Kalau membicarakan VGA middle class untuk para penambang dan penikmat game, pilihannya jatuh pada NVIDIA GeForce GTX 1660. Kartu VGA dari NVIDIA ini mampu menghasilkan hash rate sampai 25 mh per detik dengan pemakaian daya listrik sebesar 90 Watt.

AMD Radeon RX Vega 56

Source : Pinterest

Rekomendasi VGA yang cocok untuk mining Bitcoin selanjutnya hadir dari AMD dengan seri Radeon RX Vega 56. Harga VGA seri ini terbilang lebih terjangkau daripada seri Vega 64, tetapi spesifikasi kecepatannya sebenarnya tidak jauh berbeda. Adapun spesifikasi umumnya yaitu:

  • Compute units = 56 nCU^2.
  • Peak half precision compute performance = 21 TFOPS.
  • Base frequency = 1156.
  • Stream processors = 3584.
  • Peak single precision compute performance = 10.5 TFOPS.
  • Boost frequency = 1471.

Sementara untuk harganya, AMD Radeon RX seri Vega 56 cukup terjangkau, Pins. Kamu bisa membelinya mulai dari Rp7 jutaan. 

AMD Radeon RX 480

Source : Pinterest

Lalu, ada pula VGA AMD Radeon RX 480, pilihan VGA yang pas untuk kamu yang ingin menambang aset kripto Ethereum atau ETH. Seri VGA ini memiliki RAM sebesar 8 GB GDDR5 dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, AMD Radeon RX seri 480 juga dapat memberikan hash rate mencapai 28 mh per detik, sehingga pemakaian listrik bisa lebih hemat. Harga pasaran untuk VGA ini mulai dari Rp3 jutaan saja, Pins.

Baca juga: Bagaimana Sejarah Bitcoin dan Siapa Penemu Pertamanya?

AMD Radeon RX 580

Source : Amazon

Selain seri 480, para penambang Ethereum (ETH) juga bisa menggunakan VGA dari AMD Radeon RX 580. Seri dari AMD ini juga dapat memberikan hash rate sampai 29 mh per detik dan membuat pemakaian listrik menjadi lebih rendah. 

Daripada VGA seri GTX 1070 dari NVIDIA, seri AMD satu ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau, Pins, yaitu mulai dari Rp4 jutaan. Bahkan, kamu bisa melakukan overclock untuk membuat kecepatan hash rate jadi maksimal.

AMD Radeon VII

Source : Pinterest

Pilihan VGA terakhir untuk penambang Ethereum adalah AMD Radeon VII. Seri VGA dari AMD ini punya bandwith tinggi dengan kapasitas RAM yang terbilang cukup besar, sehingga cukup mumpuni untuk menambang Ethereum.

Harga AMD Radeon VII juga lebih terjangkau, Pins. Hanya saja, kamu perlu perhatikan bahwa jenis VGA ini memerlukan cukup banyak konsumsi daya listrik saat kamu memakainya untuk menambang.

Itu tadi rekomendasi VGA untuk mining Bitcoin yang bisa menjadi pertimbangan kalau kamu tertarik berinvestasi dalam kripto Bitcoin. Jadi, seri mana yang kamu pilih, Pins?

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Livingstone at Telaga Golf Sawangan dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download