Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Pengertian Tabulampot dan Cara Menanamnya Agar Berhasil

Hobi

Pengertian Tabulampot dan Cara Menanamnya Agar Berhasil

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 8 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Photo by Kindel Media from Pexels

Dalam dunia berkebun terdapat banyak cara yang dapat Pins lakukan kala pandemi saat ini. Bercocok tanam sudah menjadi hobi banyak orang karena hal tersebut dapat mengisi waktu luang dan juga dapat menghasilkan panen yang dapat dinikmati kemudian hari. Ketika melakukan cocok tanam mungkin yang terpikirkan oleh Pins adalah berkebun di ladang layaknya petani. Namun, kali ini Pins akan disuguhkan suatu informasi tentang metode tanam yang dapat Pins lakukan di rumah sendiri tanpa harus membuka lahan untuk kebun. 

Bagi Pins yang belum tahu, ada salah satu metode tanam tumbuhan kebun yang dapat Pins lakukan di rumah. Namanya tabulampot, mungkin tabulampot ini adalah istilah tersebut terdengar asing bagi sebagian kamu yang bukan pecinta bercocok tanam. 

Tapi tenang saja karena Pins dapat menyimak ulasan di bawah ini yang akan membahas tentang pengertian tabulampot, tanaman apa saja yang dapat Pins gunakan pada metode ini, dan bagaimana cara menanamnya supaya mendapatkan hasil panen yang dapat Pins gunakan sebagai bahan pangan di rumah. 

Mengenal Apa itu Tabulampot

Sebenarnya tabulampot adalah nama suatu metode tanam yang disingkat dari tanaman buah dalam pot. Dalam merawat tanaman buah dalam pot tentunya memiliki perbedaan dengan cara menanam buah dari tanah pada umumnya. Tanaman ini hanya memiliki sedikit akar yang berada di dalamnya dan hal tersebut mempengaruhi kebutuhan konsumsi dari tanaman tersebut yang harus dirawat dengan baik. 

Selain itu, penggunaan pupuk pada tanaman ini sangat diperlukan karena akan sangat menentukan kualitas dari pertumbuhan dan kemudian hasil buahnya. Hal tersebut adalah poin yang membuat perbedaan jika dibandingkan dengan tanaman buah yang tertanam di tanah kebun dengan akar yang dapat menjalar ke segala arah. 

Tanaman buah dalam pot ini hadir sebagai solusi bagi Pins yang ingin menanam tanaman buah di rumah sendiri. Metode tanam ini dapat menjadi solusi sebagai alternatif dalam mengatasi keterbatasan pangan untuk masyarakat yang kekurangan bahan pangan. Karena pada umumnya untuk menghasilkan tanaman buah itu membutuhkan lahan yang tersedia secara cukup untuk menampung segala postur dari tanaman buah yang dapat tumbuh tinggi dan besar. Hal tersebut tentunya menjadi hambatan dalam menanam tanaman buah di rumah. Maka dari itu Pins dapat menggunakan metode tanam yang satu ini sebagai solusi yang tepat. 

Salah satu kelebihan dari metode tanaman buah dalam pot adalah tanaman tersebut dapat menyerap 80% air dan pupuk yang diberikan secara rutin. Hal tersebut berbeda dengan tanaman buah pada umumnya yang tidak menggunakan metode ini. Dari pupuk dan air yang cukup menjadikan akar tanaman buah ini tumbuh dengan sehat dan menghasilkan buah yang berkualitas serta lebih banyak. Selain itu, jangka waktu akan panennya pun terbilang lebih cepat lho. 

Baca juga: Apa Itu Tanaman Hortikultura? Ini Dia Jenisnya

Tips dan Cara Menanam Tabulampot dengan Baik 

Photo by Paweł Kmiecik from Pexels

Dalam menanam tanaman buah dalam pot terdapat cara-cara yang perlu Pins ketahui sebelum mengaplikasikannya. Selain itu juga tersedia berbagai tips yang dapat Pins gunakan dalam menanam tanaman buah dalam pot di rumah. Mari simak beberapa cara dan tips dalam membudidayakan tanaman buah dalam pot di bawah ini. 

Kenali Karakter Jenis Tanaman

Aspek pertama yang perlu Pins ketahui sebelum membudidayakan tanaman buah dalam pot adalah dengan mengenali karakter buah apa yang akan ditanam. Metode tanam ini biasanya banyak digunakan untuk membudidayakan tabulampot mangga, tabulampot anggur, belimbing dan masih banyak lagi. Tanaman buah tersebut tergolong sebagai tanaman yang cepat akan berbuah dengan metode ini. Dibandingkan dengan buah rambutan, buah duku, atau buah manggis terbilang sulit untuk berbuah dengan cepat. 

Pilih Media Tanam yang Tepat

Langkah kedua yang harus Pins lakukan adalah menyiapkan media tanam untuk tanaman buah dalam pot. Pins perlu menyediakan pot yang berisikan dengan campuran tanah, pupuk kompos, dan juga arang dengan perbandingan yang sama besar. Jika Pins memiliki media tanam dengan sifat yang terlalu asam, jangan khawatir. Pins dapat memberikan kapur dolomit supaya tanaman buah dapat tumbuh dengan baik. 

Pemilihan Pot yang Sesuai

Aspek selanjutnya ini dapat Pins sesuaikan dengan ukuran tanaman yang akan dibudidayakan. Seperti tabulampot mangga, Pins perlu menggunakan pot dengan ukuran yang dapat menampung besarnya tanaman di kemudian hari. Poin yang satu ini perlu dilakukan karena dapat menjadi faktor penunjang tanaman agar berbuah cepat lho. Pins dapat memilih pot yang berbahan dasar tanah liat, semen, kayu, atau plastik yang kokoh. 

Pangkas Secara Rutin

Tips selanjutnya ini perlu Pins lakukan secara berkala ketika tanaman sudah mulai tumbuh panjang. Tips yang satu juga salah satu cara agar tanaman dapat berbuah cepat. Pemangkasan dapat Pins lakukan dengan mengikuti postur tiap tanaman supaya tetap terpancar sinar matahari dengan baik. Lakukan juga pemangkasan pada bagian tunas untuk merangsang bunga dan bagian tanaman yang sudah menua. 

Siram Secara Rutin

Langkah terakhir yang harus Pins senantiasa lakukan ketika membudidayakan tanaman buah dalam pot adalah menyiram tanaman secara rutin. Lakukan penyiraman setiap hari ketika pagi dan sore hari. Hal ini perlu Pins rutinkan agar tanaman tidak berubah warna kekuningan. 

Baca juga: Menanam Pohon Bidara Sendiri? Bisa Kok!

Itulah informasi tentang tabulampot atau tanaman buah dalam pot yang dapat Pins lakukan di rumah. Metode ini sangat bermanfaat untuk Pins yang ingin berdikari di segi pangan dan tidak khawatir akan keterbatasan supply pangan di pasar. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel