Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Apa itu Tanaman Hortikultura? Ini Dia Jenisnya!

Hobi

Apa itu Tanaman Hortikultura? Ini Dia Jenisnya!

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 26 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Memiliki rumah dengan pekarangan yang luas merupakan suatu kelebihan yang dapat mendatangkan banyak manfaat. Sebagian orang banyak yang memanfaatkannya untuk berkebun, menanam sayuran, buah-buahan, dan sebagainya. Hasil panen yang dihasilkan dari berkebun di pekarangan rumah tersebut dapat langsung dinikmati setelah masa panen. Tentunya hal tersebut diminati oleh banyak orang namun tidak semua orang dapat melakukannya di rumah. Ya, budidaya tanaman hortikultura adalah cara yang tepat bagi Pins yang ingin berdikari atau berdiri di kaki sendiri dalam segi pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari.

Pinhome – Hortikultura dimaknai cukup luas dengan pembahasan mengenai bagaimana mengolah tanaman. Penerapan hortikultura dapat Pins lakukan di rumah sendiri karena metode tersebut tidak terbilang sulit. Jika Pins tertarik untuk membudidayakan tanaman hirtikultura di rumah, mari simak informasi dibawah ini yang akan menyuguhkan informasi lengkap tentang tanaman hortikultura dan ragam jenis-jenisnya.

Mengenal Tanaman Hortikultura 

(Freepik)

Sebelum Pins menerapkan konsep tanam dengan hortikultura, alangkah baiknya kenali dahulu lebih jauh tentang konsep ini. Hortikultura secara harfiah adalah sebuah cabang dari ilmu pertanian tanaman yang mengkhususkan tanaman pekarangan. 

Umumnya tanaman ini adalah buah-buahan, sayuran, dan juga tanaman hias. Menelisik lebih dalam istilahnya, hortikultura merupakan konsep tanam yang berfokus pada penanaman tanaman buah, tanaman tanaman sayuran, tanaman bunga, taman, dan terakhir tanaman obat. 

Hortikultura jika didefinisikan secara keseluruhan merupakan seni membudidayakan tanaman kebun. Tanaman hasil dari konsep hortikultura ini menghasilkan panen yang segar-segar. Walaupun menghasilkan panen tanaman dan buah yang segar, ketahanan dari hasil panen hortikultura tidak cukup bertahan lama. Jika Pins memiliki hobi menanam atau berkebun di rumah, menuai hasil panen dari kebun sendiri, konsep tanaman dengan hortikultura adalah cara yang tepat untuk diaplikasikan. 

Karakteristik Hortikultura

(Freepik)

Konsep tanam hortikultura terbagi menjadi dua fungsi yang perlu Pins ketahui jika ingin mengaplikasikannya. Fungsi pertama adalah hortikultura memiliki prospek keuntungan yang baik karena memberikan hasil panen yang bernilai ekonomis tinggi di pasar domestik dan luar negeri. Lalu fungsi kedua dari hortikultura adalah dapat meningkatkan jumlah komoditas pangan dan obat-obatan. 

Selanjutnya, menurut Food and Agriculture Organization (FAO) hortikultura memiliki lima karakteristik yang mencirikan tanamannya. Berikut di bawah ini rincian dari lima karakteristik hortikultura. 

  • Hasil panen dari hortikultura bersifat musiman, yang berarti tidak selalu tersedia selama setahun penuh. Hasil panen tersebut seperti buah rambutan, buah manggis, dan lain-lain. 
  • Dalam membudidayakannya, hortikultura membutuhkan ruangan yang besar. Oleh karena itu juga menyebabkan biaya transportasi yang tidak sedikit sehingga harganya tinggi ketika sampai di pasar. 
  • Harus memiliki area tanam yang sesuai dengan geografi dan agroklimat yang spesifik. 
  • Hasil panen hortikultura harus memiliki nilai estetika yang berarti harus memenuhi permintaan pasar. Hal ini cukup sulit untuk dijaga karena bergantung terhadap cuaca dan hama yang menyerang tanaman. 
  • Hasil panen hortikultura adalah buah dan sayuran yang segar, namun sangat cepat membusuk. Diperlukan perhatian khusus sejak awal panen dan efisiensi dalam mengolah hasil panen hingga sampai ke pasar dengan aman. 

Baca juga: Tanaman Sayur Paling Cocok di Rumah

Jenis-Jenis Tanaman Hortikultura

Hasil panen dari tanaman ini umumnya lebih kepada produk-produk konsumsi seperti sayuran dan buah-buahan yang ada di kebun. Selain itu, hortikultura juga dapat menghasilkan tanaman obat yang berguna untuk berbagai penyakit. Berikut beberapa jenis tanaman yang biasa ditanam dengan konsep hortikultura. 

Tanaman Cabai

(Pinterest)

Tanaman yang satu ini merupakan komoditi yang memiliki lonjakan harga relatif cukup tinggi. Pasalnya, perubahan cuaca yang cukup ekstrim banyak menggagalkan hasil panen cabai dan membuatnya langka untuk memenuhi permintaan pasar. Namun Pins tidak perlu khawatir jika menerapkan konsep hortikultura di rumah. Pins dapat menghasilkan cabai yang sama dengan yang ada di pasar cukup dari rumah saja. 

Baca juga: Cara Menanam Cabe di Rumah dengan Mudah

Beragam Jenis Bawang

(Pinterest)

Konsep tanam hortikultura juga dapat menghasilkan panen dari jenis tanaman yang paling sering digunakan sebagai bumbu dapur ini, yaitu bawang-bawangan. Dari bawang putih, bawang merah, dan juga daun bawang yang selalu mengisi bahan dasar dapur ini dapat Pins budidayakan sendiri di rumah. 

Untuk menghasilkan tanaman bawang ini, Pins cukup menyediakan lahan yang tidak perlu besar. Cukup dengan kebun kecil di pekarangan rumah yang dipersiapkan dengan polybag. Setelah itu Pins dapat merawatnya dengan menyiram dengan rutin. 

Lidah Buaya

 

(Pinterest)

Jenis hortikultura selanjutnya ini adalah tanaman yang banyak dikonsumsi sebagai obat atau bahan dasar dari produk kecantikan. Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, maka dari itu lidah buaya cukup banyak dibudidayakan orang-orang di rumahnya. 

Dalam membudidayakan lidah buaya, Pins perlu meletakkannya di area yang teduh namun tetap terkena sinar matahari untuk kesuburannya. Untuk merawatnya Pins cukup menyiram tanaman ini secara rutin dan jangan sampai terlampau kering. 

Tomat

(Pinterest)

Tomat merupakan hasil panen dari hortikultura yang juga kerap digunakan sebagai komponen dalam memasak. Permintaan pasar terhadap tomat juga terbilang sangat tinggi namun dengan harga yang cukup stabil. Tanaman yang satu ini dapat difungsikan sebagai bahan bumbu masakan dan juga sebagai obat. Pins dapat dengan mudah membudidayakan tomat di rumah sendiri dengan pengaplikasian konsep hortikultura. 

Itulah informasi mengenai tanaman hortikultura yang dapat Pins aplikasikan di rumah dan juga beberapa jenis hortikultura yang biasa dihasil oleh konsep tanam ini. Dengan menerapkan hortikultura, Pins dapat dengan mudah menghasilkan buah-buahan dan sayuran sendiri. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel