Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Menanam Pohon Bidara Sendiri? Bisa kok!

Hobi

Menanam Pohon Bidara Sendiri? Bisa kok!

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pohon bidara yang berasal dari daerah Asia Selatan dan Afrika Timur dikenal dengan khasiatnya untuk kesehatan. Dikenal sebagai tanaman untuk pengobatan alternatif di India, Thailand dan China, tanaman ini juga terkenal di Indonesia. Tumbuh subur di lingkungan yang kaya cahaya matahari dan kering, pohon bidara juga bisa tumbuh di Indonesia.

Menanam pohon bidara di rumah sendiri memiliki beberapa manfaat, Pins. Selain menambah asri pekarangan rumah, kamu juga bisa memanfaatkan daun bidara dan buah bidara untuk dijadikan pengobatan alternatif. Daun dan buah bidara diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Yuk pelajari cara menanam pohon bidara di rumah, Pins.

Langkah Menanam Pohon Bidara Di Rumah

#1 Temukan bibit bidara.

Kamu dapat melakukan ini secara manual ataupun membelinya di toko tanaman atau secara online, Pins. Bagi kamu yang ingin melakukannya secara manual, berarti kamu harus memilih bibit secara langsung dan menyemaikannya. Ketika memilih bibit, bibit harus diambil dari buah yang telah matang.

Lalu kamu bisa memasukkannya ke air garam dengan perbandingan 17 garam : 100 air. Bibit yang mengambang bisa kamu buang. Bibit yang tenggelam, bisa kamu rendam di dalam thiourea, senyawa kimia yang berfungsi sebagai herbisida untuk memberantas gulma. Lakukan ini selama 4 jam, Pins. Setelah ditiriskan, diamkan selama 7 hari.

Nah, jika kamu memilih untuk beli bibit bidara di toko, belilah bibit yang sudah dikupas cangkangnya. Lalu, kamu bisa merendam biji bidara dengan zat yang merangsang biji bidara agar dapat tumbuh seperti bawang merah dan air hangat selama semalam.

#2 Semaikan bibit bidara

Ada beberapa alat yang perlu kamu siapkan, Pins. Yang pertama adalah wadah, tisu, semprotan berisi air dan plastik sungkup. Kamu harus memasang beberapa lembar tisu pada wadah. Semprotkan air pada tisu hingga basah secara menyeluruh. Setelah itu mulailah menyusun bibit bidara yang telah ditiriskan di atasnya.

Setelah selesai menyusun bibit bidara, semprotkan air dan tutup hasil penyemaian menggunakan plastik sungkup selama dua hari. Lalu kamu bisa membuka plastik tersebut dan melihat bibit bidara mulai mengeluarkan akar.

Nah, bagi kamu yang melakukannya secara manual, bibit bidara yang ditiriskan dari air garam membutuhkan 21 hingga 28 hari untuk bertumbuh. Setelah itu akan mulai bertunas dalam waktu 4 bulan.

#3 Pindahkan akar bidara

Langkah berikutnya adalah menyiapkan media tanam, Pins. Alat-alat yang perlu kamu siapkan adalah polybag, campuran tanah humus, abu sekam padi dan pupuk kandang. Setelah itu, kamu bisa mulai memindahkan bibit bidara yang sudah bertunas menjadi akar ke media semai, Pins.

Saat kamu menanam, pastikan posisi akar menghadap ke bawah. Dan benamkan akar ke dalam media semai hingga 2-3 cm. Lalu sirami dengan air. Setelah itu tunggu hingga seminggu, benih akan tumbuh dan mengeluarkan tunas daun muda.

Lakukan ini sebanyak pohon bidara yang ingin kamu tanam.

#4 Tanam pohon bidara

Bagi kamu yang memiliki kebun, siapkan jarak antara satu pohon dan lainnya, Pins. Perlu dipastikan, jarak antara tiap pohon bidara yang tidak dipangkas adalah 11-12 meter, namun pohon bidara yang sudah dipangkas bisa diberi jarak 7-8 meter.

Pohon bidara mulai berbuah setelah berumur 3-5 tahun dan jumlah buahnya sangat banyak. Ketika matang, buahnya akan berwarna kuning kecoklatan. Biasanya masa panennya adalah dari bulan Juli hingga Oktober. Buahnya bisa disimpan selama seminggu dalam suhu ruangan. Namun buah bidara yang dikeringkan bisa awet hingga beberapa bulan, Pins.

Baca juga 9 Manfaat Menanam Pohon Bidara di Rumah

#5 Pemeliharaan pohon bidara

Pemangkasan pohon bisa dilakukan setelah panen. Bunga yang muncul bisa dipangkas agar tumbuh subur.

Kamu bisa memberikan pupuk pada pohon bidara sebanyak 2 – 3 kali per tahun. Pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk kandang maupun pupuk nitrogen. Pohon bidara dapat hidup di temperatur ekstrim dan tumbuh dengan baik dalam keadaan kering, Pins. Namun air juga diperlukan untuk tumbuh kembangnya selama sedang berbuah.

Itulah beberapa cara menanam pohon bidara di rumah. Baca juga Mitos dan Fakta Seputar Tanaman Bidara

Bagi kamu yang sedang mencari hunian idaman. Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel