BlogLifestyleEdukasi6 Pengertian Resensi Menurut Para Ahli
0
0

6 Pengertian Resensi Menurut Para Ahli

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
pengertian resensitop-right-banner

Salah satu faktor yang dapat membuat buku menjadi menarik adalah dengan resensi yang ada dan pernah ditulis, karena dengan membaca resensi buku kita bisa secara sekilas langsung mengetahui mengenai buku tersebut. Namun masih banyak yang salah membedakan resensi dengan sinopsis buku dan belum memahami apa pengertian dari resensi.

Nah kali ini Pinhome akan membagikan sedikit mengenai materi resensi di artikel yang berjudul Pengertian Resensi, Unsur Resensi, Jenis Resensi, Tujuan Resensi, dan Manfaat Resensi. Baik langsung saja simak dengan baik artikelnya di bawah ini ya teman teman!

Baca juga: 26 Ucapan Selamat Tahun Baru Islam Penuh Makna

Pengertian Resensi

pengertian resensi
Source : Pixabay

Resensi buku adalah sebuah tulisan yang berisi mengenai penilaian terhadap suatu buku atau bisa juga kita katakan sebagai ulasan buku, di dalam resensi ini isinya berupa mengenai kelemahan atau kekurangan buku dan juga kekuatan atau kelebihan dari suatu buku yang ada.

Resensi ini ditulis terpisah dari karya tersebut, dan dalam penulisannya juga memiliki ketentuan yang sudah ada. Inilah pengertian resensi menurut para ahli.

Gorys Keraf

Resensi adalah sebuah ulasan yang memberikan evaluasi terhadap nilai sebuah karya atau buku.

W.J.S. Poerwadarminta

Resensi adalah ulasan yang memberikan pertimbangan dan perbincangan tentang sebuah buku, menilai kelebihan dan kekurangan buku tersebut, serta memberikan kritikan terhadap tema dan isi buku. Resensi juga memberikan dorongan kepada khalayak tentang kelayakan buku tersebut untuk dibaca, dimiliki, atau dibeli.

Yus Rusyana

Resensi adalah ulasan yang memberikan deskripsi, gambaran, dan penilaian terhadap sebuah buku, terutama buku-buku yang berkaitan dengan pengetahuan, sastra, kamus, ensiklopedia, dan sebagainya.

Panuti Sudjiman

Resensi adalah ulasan yang memberikan penilaian dan pembahasan secara singkat terhadap sebuah karya tulis, biasanya berupa buku. Resensi ini memberikan arti penilaian terhadap karya tersebut, serta mengungkap secara sekilas, membahas, atau mengkritik buku tersebut. Euis Sulastri

Euis Sulastri

Resensi adalah ulasan yang memberikan kupasan atau pembahasan tentang sebuah karya, biasanya berupa buku, film, atau drama. Resensi ini biasanya disiarkan melalui media massa, seperti surat kabar atau majalah, dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang karya tersebut, serta memberikan pendapat atau evaluasi terhadap karya tersebut.

Saryono (1997:56)

Resensi adalah sebuah tulisan berupa esai dan bukan merupakan bagian suatu ulasan yang lebih besar mengenai sebuah buku. Isinya adalah laporan, ulasan, dan pertimbangan baik-buruknya, kuat-lemahnya, bermanfaat-tidaknya, benar-salahnya, argumentatif – tidaknya buku tersebut. Tulisan tersebut didukung dengan ilustrasi buku yang diresensi, baik berupa foto buku atau fotocopy sampul buku.

Baca Juga : Novel

Unsur Resensi

pengertian resensi
Source : Pixabay

Secara garis besar struktur atau unsur pembangun resensi dapat kita bagi mkenjadi 4, yaitu Judul, Data Buku, Isi Resensi Buku, dan yang terahir adalah Penutup Resensi Buku. Berikut pembahasan struktur resensi buku :

1. Judul Resensi Buku

Tentu saja dibagian ini berisi mengenai judul resensi yang akan dilakukan atau bisa juga berisi dengan nama resensi kemudian diikuti judul buku yang akan diresensi, contoh : Resensi Novel Laskar Pelangi.

2. Data Buku Yang Diresensi

Kita juga harus mengumpulkan mengenai buku yang akan diresensi di dalam bagian ini bisa berisi dari data buku sebagai berikut :

  • Judul buku yang diresensi.
  • Pengarang buku yang diresensi.
  • Penerbit buku yang diresensi.
  • Tahun terbit buku yang diresensi.
  • Pencetakan buku yang diresensi.
  • Dimensi buku yang diresensi.
  • Harga buku yang diresensi.

3. Isi Resensi Buku

Ini merupakan salah satu bagian inti dari resensi buku, dimana bagian ini bisa berisi mengenai sinopsis singkat buku yang dituju, kemudian diikuti dengan ulasan buku tersebut yang dapat berupa mengenai kelemahan, keunggulan, rumusan kerangka buku, dan juga bahasa yang digunakan pada buku yang diresensi tersebut.

4. Penutup Resensi Buku

Dibagian penutup resensi buku ini terkadang berisi kesimpulan yang diberikan oleh si penulis resensi atau dapat juga berisi mengenai kenapa alasan buku tersebut ditulis dan ditujukan kepada siapa.

Baca Juga: Teks Biografi

Jenis-jenis Resensi

Resensi buku ini jenisnya tidak hanya satu saja, namun ada beberapa jenis resensi, secara umum resensi buku ini dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu Resensi Informatif, Resensi Deskriptif, dan Resensi Kritis, berikut penjelasannya :

1. Resensi Buku Informatif

Resensi buku informatif merupakan jenis resensi yang menyampaikan dengan cara singkat dan secara umum dari semua isi buku yang di resensi tersebut.

2. Resensi Buku Deskriptif

Resensi buku deskriptif merupakan jenis resensi yang menyampaikan resensinya dengan sangat detail dan sangat jelas dari semua bab buku tersebut.

3. Resensi Buku Kritis

Resensi buku kritis merupakan jenis resensi yang biasanya memiliki isi resensinya diambil secara obyektif dan juga kritis, dan metodelogi yang digunakan untuk meresensi menggunakan ilmu pengetahuan tertentu.

Baca Juga: Contoh Teks Ulasan

Tujuan Resensi

pengertian resensi
Source : Pixabay

Dibalik semua itu tentu saja melakukan resensi ini memiliki tujuan tertentu yang diinginkan oleh si penulis resensi buku, namun umumnya adalah sebagai berikut tujuan yang di inginkan sipenulis resensi :

  • Menunjukan kelebihan buku yang diresensi.
  • Menunjukan kekurangan suatu buku yang di resensi.
  • Menjadikan tulisannya tersebut masukan kepada penulis buku yang telah diresensi tadi.
  • Dengan meresensi buku dapat juga sebagai alat untuk menguji kualitas suatu buku.
  • Dapat dijadikan gambaran untuk calon pembaca buku tersebut, namun disisi lain ini dapat menurunkan minat calon pembaca buku tersebut jika melihat kekurangannya.

Baca Juga: Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Manfaat Resensi

Dengan memiliki tujuan tertentu seperti yang sudah dituliskan di atas, tentu saja dengan meresensi buku pastinya akan mendapatkan manfaat tertentu entah itu untuk si penulis buku, untuk penulis resensi, ataupun untuk calon pembaca buku tersebut. Berikut beberapa manfaat resensi buku :

  • Meningkatkan kemampuan kritik pembuat resensi.
  • Mempopulerkan buku yang diresensi.
  • Bisa menjadi pertimbangan calon pembaca buku.
  • Bisa menjadi acuan atau patokan si penulis buku untuk melakukan evaluasi kedepannya.
  • Terkadang ada pihak yang berani membayar kita untuk melakukan resensi buku.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Inilah beberapa rekomendasi buku resensi:

  •  Remaja Membangun Kepribadian.
  • Tips & Trik Jago Main Rubik.
  • The Magic Smile “SENYUM”
  • Cewek Smart.
  • Pengantar Filsafat Pendidikan
  • Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang
  • Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi

Nah itulah artikel kali ini mengenai pengertian resensi buku, Unsur Resensi, Jenis Resensi, Tujuan Resensi, dan Manfaat Resensi mudah mudahan artikel ini dapat menambah wawasan Pins.

Baca juga: 25 Ucapan Perpisahan Teman Kerja


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Sepatan dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download