10 Contoh Teks Biografi, Dilengkapi Ciri Ciri, Struktur & Pengertian

Diperbarui oleh Bryan Dharmanta ∙ November 10, 2022 ∙ 15 menit membaca

Teks biografi dapat diartikan atau didefinisikan yaitu sebagai suatu bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, entah itu berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut bisa menjadi teladan untuk orang banyak.

Selain biografi, ada juga yang namanya autobiografi atau riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tersebut. Untuk itu, antara biografi dan autobiografi sangatlah berbeda.

Perbedaan tersebut dapat ditinjau dari penulisnya, apakah riwayat tersebut ditulis sendiri atau orang lain yang menulisnya.

Baca juga: Mengenal Teks Debat: Definisi, Struktur, Ciri, Beserta Contoh Lengkap!

Ciri Ciri Teks Biografi

(Unsplash)

Berikut ini merupakan ciri-ciri dari teks biografi, hal tersebut sekaligus menjadi pembeda dengan teks lain, misal teks eksposisi dan lain sebagainya.

  • Memuat fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah-masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan
  • Memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh yang diceritakan dalam bentuk narasi
  • Teks biografi harus memiliki struktur yang jelas

Baca juga: Contoh Proposal Usaha Dan Business Plan

Jenis-Jenis Teks Biografi

Terdapat teks biografi dengan berbagai jenis atau macam, hal ini dapat dilihat berdasarkan hal-hal berikut ini.

NoJenis Teks Biografi
1Sisi penulis
2Konten atau isinya
3Persoalan yang dibahas
4Penerbit

Berdasarkan Sisi Penulis

  • Autobiografi, suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tersebut.
  • Biografi, suatu bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, entah itu berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang ditulis oleh orang lain.

Biografi berdasarkan izin penulisan dibagi menjadi dua:

  • Authorized biography, biografi yang penulisannya mendapatkan izin atau sepengetahuan dari tokoh yang akan ditulis cerita hidupnya.
  • Unauthorizedbiography, biografi yang penulisannya tanpa seizin dan sepengetahuan tokoh yang akan di tulis kisah hidupnya. Biasanya Penulisan unauthorized biography terjadi karena tokoh tersebut telah wafat.

Berdasarkan Isinya

  • Biografi mengenai kisah perjalanan hidupnya, teks biografi yang satu ini berisi mengenai perjalanan hidup seorang tokoh yang di jadikan biografi, dimana tokoh tersebut dianggap memiliki kesan yang dapat dijadikan teladan.
  • Biografi perjalanan karir, berisi sebuah perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini atau bisa juga perjalanan karir dalam mencapai sebuah kesuksesan tertentu.

Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

  • Politik, penulisan cerita hidup tokoh suatu negara yang dilihat dari sudut pandang politik. Biografi semacam ini mendapatkan bahan dari kumpulan berbagai riset. Akan tetapi, biografi politik biasanya tidak lepas atau sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang minta untuk ditulis.
  • Intelektual, kumpulan bahannya yang didapatkan dari berbagai riset. Namun, penulisannya dituangkan dalam gaya bahasa ilmiah.
  • Jurnalistik, sebuah biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh yang menjadi rujukan sebagai bahan pendukung cerita.

Berdasarkan Penerbit

  • Buku sendiri, sebuah biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri.
  • Buku subsidi, penulisan biografi tokoh yang biaya produksinya ditanggung oleh sponsor. Biasanya biografi seperti jika dilihat dari segi komersil tidak akan laku ataupun jika laku harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.

Struktur Teks Biografi

Orientasi
Tahap ini adalah bagian pengenalan suatu tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh tersebut di dalam teks biografi.
Peristiwa dan Masalah
Tahap kejadian atau peristiwa yang dialami oleh tokoh. Berisi penjelasan suatu cerita baik itu berupa pemecahan masalah, proses berkarir, peristiwa menyenangkan, menegangkan, yang pernah dialami oleh tokoh hingga mengantarkannya meraih mimpi, cita-cita dan kesuksesan.
Reorientasi
Bagian penutup. Berisi mengenai pandangan penulis kepada tokoh yang dikisahkan. Reorientasi ini bersifat opsional semata, jadi boleh ada maupun tidak ada.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Adanya Puisi Di Dunia

Unsur Kebahasaan Teks Biografi

Kata Hubung

Kata hubung berfungsi sebagai penyambung antara satu kata dengan kata yang lain dalam sebuah kalimat dan juga kata hubung antara satu kalimat dengan kalimat yang lain.

Contoh: dan , tetapi, lalu, kemudian.

Apabila kata hubung tersebut berfungsi menyambungkan antara satu kalimat dengan kalimat lain, kata hubung itu dinamakan konjungsi antarkalimat.

Contoh: oleh karena itu, akan tetapi, meskipun demikian, tidak hanya itu.

Rujukan Kata

Rujukan kata yaitu kata yang merujuk pada kata lain yang sudah diungkapkan sebelumnya. Kata rujukan dikategorikan menjadi beberapa bagian, antara lain:

  • Benda atau hal. Contoh : ini, itu, tersebut.
  • Tempat. Contoh : disini, disana, disitu.
  • Orang. Contoh : dia, ia, beliau, mereka, -nya.

Peristiwa, Waktu dan Tempat

Dalam teks biografi, terdapat kata yang berfungsi menunjukkan peristiwa, waktu dan tempat yang dialami oleh tokoh.

Kata Kerja

Verba atau kata kerjamerupakan kata yang menjelaskan sesuatu hal yang dilakukan oleh tokoh. Kata kerja dibagi menjadi dua, yaitu :

1. Kata kerja dasar
Ini adalah kata kerja yang masih dalam bentuk aslinya, yang berarti kata kerja ini belum mengalami pengimbuhan baik awalan, akhiran ataupun sisipan. Contoh : lari, ajak, ambil, pukul.
2. Kata kerja berimbuhan
Kata kerja berimbuhan merupakan kata kerja yang sudah mengalami penambahan, baik berupa awalan, akhiran, maupun sisipan. Contoh :   Mengambil. Awalan = me + ambil (kata kerja dasar) Mengadili. Awalan = meng + adil (kata kerja dasar) + i (akhiran)

Baca juga: Mengenal Teks Inspiratif: Definisi, Struktur, dan Contohnya!

Contoh Biografi

Berikut ini merupakan pendapat beberapa contoh biografi yang akan dipaparkan dan dijelaskan dalam artikel kali ini.

Contoh Teks Biografi BJ Habibie

(Kompas)

Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan B.J Habibie merupakan tokoh yang sangat terkenal di Indonesia maupun dunia. B.J Habibie pada tanggal 25 Juni 1936 lahir tepatnya di Pare-Pare. Tokoh yang satu ini bahkan pernah menjabat menjadi presiden Indonesia.

Meskipun kepemimpinannya tidak lama, namun B.J Habibie sangat berpengaruh bagi Indonesia. Istri dari B.J Habibie bernama Ainun Bersari.

Almarhumah mendampingi B.J Habibie dalam masa perjalanan hidupnya. B.J Habibie dikenal bukan sebagai seorang politikus yang handal. Ia dikenal sebagai bapak teknologinya Indonesia. Ini dikarenakan kepintaran Habibie dalam urusan teknologi khususnya teknologi pesawat terbang.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan B.J Habibie pernah mengenyam pendidikan di ITB atau Institut Teknologi Bandung. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya untuk sekolah di Jerman.

Pada saat di Jerman inilah banyak pihak yang merasa kagum dengan B.J Habibie dalam urusan pembuatan pesawat terbang. B.J Habibie mampu memberikan semangat pada kaum muda Indonesia, jika anak-anak Indonesia mampu bersaing dalam teknologi.

Baca juga: Contoh Teks Editorial

Contoh Biografi R.A Kartini

contoh biografi
(Pinterest)

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat merupakan nama lengkap RA Kartini. Ia lahir pada tanggal 21 April 1879 di Mayong, Jepara, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Raden mas Adipati Ario Sosroningrat yang merupakan seorang bupati Jepara. Kartini adalah keturunan ningrat. Hal ini bisa dilihat dari silsilah keluarganya.

Kartini adalah putri dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A Ngasirah yang merupakan putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono yang merupakan seorang guru agama di Telukawur, Jepara. Dari sisi ayahnya, silsilah Kartini dapat dilacak sampai Hamengkubuwana VI.

Sudah banyak yang mengupas mengenai pahlawan wanita berpengaruh di Indonesia bahkan dunia yang satu ini. Ibu kita kartini memang menjadi salah satu tokoh pahlawan wanita yang fenomenal di tanah Jawa tepatnya berasal dari Jawa Tengah. Banyak penulis menuturkan biografi RA Kartini dan menceritakan perjalanan hidupnya yang menginspirasi.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Sitisoemandari Soeroto dalam bukunya yang berjudul ‘Kartini : Sebuah Biografi’. Dalam buku ini diterangkan tentang silsilah keluarga Kartini, sisi kehidupan yang menjadi saksi perjuangan melalui tulisannya yang sarat akan kritik penyetaraan gender, nasionalisme yang mengunggah sampai ke negeri Belanda.

Kumpulan tulisan kepada sahabat – sahabat penanya di Belanda atau surat – surat yang pernah ia buat dirangkum Armijn Pane dalam sebuah buku yang berjudul ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ yang juga menjadi salah satu tema yang pernah ia tuliskan.

Keturunan Kartini saat ini masih ada yang masih hidup dengan silsilah keluarga Kartini. Perjalanan hidup Kartini sampai dengan kontroversi gelarnya yang membuat Indonesia pernah geger pada waktu itu memang masih menjadi tanda tanya dan membuat banyak orang masih tertarik dan ingin tahu terus bagaimana biografi RA Kartini sebagai pahlawan wanita Indonesia.

Karena itu film – film Kartini sampai saat ini masih memiliki cerita – cerita baru dari babak profil dan biografi RA Kartini.

Contoh Biografi Ahmad Yani

contoh biografi
(Wikimedia)

Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani lahir di Purworejo, Jawa Tengah, 19 Juni 1922 dan meninggal di Lubang Buaya, Jakarta, 1 Oktober 1965 pada umur 43 tahun. Ia adalah komandan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat, dan dibunuh oleh anggota Gerakan 30 September saat mencoba untuk menculik dia dari rumahnya.

Setelah Kemerdekaan Yani bergabung dengan tentara republik yang masih muda dan berjuang melawan Belanda. Selama bulan-bulan pertama setelah Deklarasi Kemerdekaan, Yani membentuk batalion dengan dirinya sebagai Komandan dan memimpin kepada kemenangan melawan Inggris di Magelang.

Yani kemudian berhasil mempertahankan Magelang melawan Belanda ketika ia mencoba untuk mengambil alih kota, mendapat julukan ‘Juru selamat Magelang’.

Sorot lain yang menonjol karier Yani selama periode ini adalah serangkaian serangan gerilya yang diluncurkan pada awal 1949 untuk mengalihkan perhatian Belanda sementara Letnan Kolonel Soeharto dipersiapkan untuk Serangan Umum 1 Maret yang diarahkan pada Yogyakarta.

Contoh Biografi Imam Bonjol

(Republika)

Tuanku Imam Bonjol lahir di Bonjol, Pasaman, Sumatra Barat, Indonesia, 1772 dan wafat dalam pengasingan dan dimakamkan di Lotta, Pineleng, Minahasa, 6 November 1864 adalah salah seorang ulama, pemimpin dan pejuang yang berperang melawan Belanda dalam peperangan yang dikenal dengan nama Perang Padri pada tahun 1803-1838. Tuanku Imam Bonjol diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia berdasarkan SK Presiden RI Nomor 087/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973.

Nama asli dari Tuanku Imam Bonjol adalah Muhammad Shahab, yang lahir di Bonjol pada 1 Januari 1772. Dia merupakan putra dari pasangan Bayanuddin Shahab (ayah) dan Hamatun (ibu). Ayahnya, Khatib Bayanuddin Shahab, merupakan seorang alim ulama yang berasal dari Sungai Rimbang, Suliki, Lima Puluh Kota.

Sebagai ulama dan pemimpin masyarakat setempat, Muhammad Shahab memperoleh beberapa gelar, yaitu Peto Syarif, Malin Basa, dan Tuanku Imam. Tuanku nan Renceh dari Kamang, Agam sebagai salah seorang pemimpin dari Harimau nan Salapan adalah yang menunjuknya sebagai Imam (pemimpin) bagi kaum Padri di Bonjol. Ia akhirnya lebih dikenal dengan sebutan Tuanku Imam Bonjol.

Baca juga : Teks Persuasi

Contoh Biografi Ki Hajar Dewantara

contoh biografi
(Emaze)

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Suwardi Suryaningrat, sejak 1922 menjadi Ki Hadjar Dewantara atau Ki Hajar Dewantara, lahir di Pakualaman, 2 Mei 1889 dan meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun, selanjutnya disingkat sebagai ‘Soewardi’ atau ‘KHD’.

Ia adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Ia adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.

Contoh Biografi I Gusti Ngurah Rai

(SINDOnews)

Brigadir Jenderal TNI (Anumerta) I Gusti Ngurah Rai (lahir di Desa Carangsari, Petang, Kabupaten Badung, Bali, Hindia Belanda, 30 Januari 1917 dan meninggal di Marga, Tabanan, Bali, Indonesia, 20 November 1946 pada umur 29 tahun) adalah seorang pahlawan Indonesia dari Kabupaten Badung, Bali.

Ngurah Rai memiliki pasukan yang bernama pasukan ‘Ciung Wanara’ yang melakukan pertempuran terakhir yang dikenal dengan nama Puputan Margarana. (Puputan, dalam bahasa bali, berarti ‘habis-habisan’, sedangkan Margarana berarti ‘Pertempuran di Marga’, Marga adalah sebuah desa ibu kota kecamatan di pelosok Kabupaten Tabanan, Bali) Di tempat puputan tersebut lalu didirikan Taman Pujaan Bangsa Margarana.

Contoh Biografi Oto Iskandar di Nata

contoh biografi
(minews)

Raden Otto Iskandardinata lahir di Bandung, Jawa Barat, 31 Maret 1897 dan meninggal di Mauk, Tangerang, Banten, 20 Desember 1945 pada umur 48 tahun. Ia adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Ia mendapat nama julukan si Jalak Harupat.

Dalam kegiatan pergerakannya pada masa sebelum kemerdekaan, Otto pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Budi Utomo cabang Bandung pada periode 1921-1924, serta sebagai Wakil Ketua Budi Utomo cabang Pekalongan tahun 1924. Ketika itu, ia menjadi anggota Gemeenteraad (‘Dewan Kota’) Pekalongan mewakili Budi Utomo.

Oto juga aktif pada organisasi budaya Sunda bernama Paguyuban Pasundan. Ia menjadi Sekretaris Pengurus Besar tahun 1928, dan menjadi ketuanya pada periode 1929-1942. Organisasi tersebut bergerak dalam bidang pendidikan, sosial-budaya, politik, ekonomi, kepemudaan, dan pemberdayaan perempuan

Demikian yang dapat kali ini pintarnesia sampaikan tentang contoh biografi secara lengkap mulai dari pengertian, struktur, jenis, dan ciri-ciri. Semoga penjelasan diatas dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran dan menambah ilmu pengetahuan. Jika terdapat penjelasan atau kalimat yang kurang tepat mohon dimaklumi.

Contoh Teks Biografi Tentang Penulis Buku

(Pikiran Rakyat)

Tere Liye adalah penulis terkenal di Indonesia. Nama Tere Liye ini adalah nama pena dari seorang penulis yang bernama Darwis. Tere Liye bisa dikatakan sebagai penulis paling produktif saat ini. Pasalnya penulis yang satu ini selalu mengeluarkan karya-karya baru di setiap tahunnya.

Tere Liye lahir di pedalaman Sumatera pada tanggal 21 Mei 1979. Saat ini usianya akan menuju ke 40 tahun. Penulis novel yang satu ini adalah penulis yang sangat tidak biasa ide-ide novelnya.

Hampir semua genre novel pernah ditulis oleh Tere Liye. Ia sudah menulis novel dengan berbagai tema mulai dari cinta, politik, ekonomi, agama, pendidikan dan berbagai tema lainnya. Setiap kali Tere Liye merilis novel, novel terbitannya selalu diburu oleh penikmat novel Indonesia.

Padahal jika melihat latar belakang Tere Liye, ia tidak memiliki jejak penulis. Pendidikannya adalah Ekonomi dari kampus Universitas Indonesia.

Ayah dan ibu Tere Liye hanya seorang petani biasa. Namun bakat Tere Liye dalam menulis tidak perlu diragukan lagi. Bahkan beberapa novel karyanya sudah difilmkan. Beberapa karya yang di filmkan seperti Hafalan Sholat Delisa dan Bidadari-Bidadari Surga.

Hal yang semakin membuat banyak orang kagum adalah ternyata menulis bukan pekerjaan utama seorang Tere Liye. Tere Liye adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta di Indonesia.

Menulis hanyalah sebagai hobi dari Tere Liye. Melalui tulisannya, pembaca bisa belajar banyak hal. Di novel Negeri Para Bedebah, pembaca bisa belajar tentang ekonomi dan politik dunia. Di novel Sunset Bersama Rossi,pembaca bisa belajar mengenai ketulusan cinta sejati.

Saat membaca karya-karya Tere Liye, penulis akan disajikan cerita yang tidak bisa. Dari semua cerita ini pembaca akan paham jika penulis novel yang satu ini sangat luas sekali pengetahuannya akan dunia luar. Saat ini, Tere Liye telah menulis lebih dari 30 novel. Tentu saja ini prestasi yang sangat mengagumkan.

Contoh Teks Biografi yang Membahas Diri Sendiri

Saya adalah seorang laki-laki kelahiran kota Medan dan dilahirkan tepat pada tanggal 20 September 1994.

Ayah dan ibu saya memberikan saya nama Putra Shahreza. Ayah saya bernama Amir Shahreza dan ibu saya bernama Martha Ashinta. Di keluarga, saya adalah anak pertama dari 3 bersaudara. Adik saya yang pertama bernama Dani dan yang kedua bernama Doni.

Saya menempuh pendidikan di kota Medan sejak SD, SMP dan SMA. SD Muhammadiyah 2 Medan adalah tempat dimana saya menyelesaikan pendidikan dasar. Setelah lulus, saya melanjutkan ke jenjang SMP di, SMP Negeri 11 Medan. Selepas SMP saya menempuh pendidikan di SMA Kartini Medan.

Selepas SMA, saya melanjutkan kuliah di Universitas Medan jurusan tata boga. Saya menempuh pendidikan dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang selalu saya raih. Bahkan saya berhasil menjadi lulusan terbaik di tempat saya kuliah.

Tentu saja ini saya lakukan untuk bisa membuat orangtua saya merasa bangga. Bagi saya belajar keras dan bekerja keras adalah sesuatu yang harus dilakukan. Tidak ada kesuksesan yang dapat diraih tanpa adanya kerja keras.

Saat ini saya sudah berhasil membuka restoran sendiri. Hal ini adalah impian saya sejak kecil. Saya memang suka sekali makan enak dan juga masak masakan yang enak.

Bagi saya pendidikan memang sangat penting dan mewujudkan cita-cita adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Itulah perjalanan singkat kehidupan saya, semoga hal ini dapat menginspirasi banyak orang.

Contoh Teks Biografi Bahasa Inggris Cristiano Ronaldo

(Sport Detik)

The world of football belongs to Cristiano Ronaldo. He became a star thanks to his experience in round leather processing. Although according to many circles, his achievements are still below Lionel Messi, but Cristiano Ronaldo is still considered one of the best soccer players at the moment.

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro is his full name and has the nickname CR7. He was born on February 5, 1985 in Santo António, district of Funchal, Island of Madeira (Portugal).

The youngest of the four brothers is the son of the couple Aviero Early and Maria Dolores dos Santos. His father worked as a gardener in the city. Ronaldo’s name was given by his father because he greatly admired Ronald Reagan.

Cristiano Ronaldo was born in the middle of a poor family. Since childhood, he had to share a room with his brothers. And this family adheres to Catholic teachings.

While attending school, Cristiano Ronaldo was quite popular among his classmates, but had to be expelled from school for throwing a chair at his teacher.

Until he obeyed his mother’s will to focus on the world of football. At the age of 8 years he joined the club of Andorinha and then at the age of 10 he joined C.d.

National In this club the ability of Cristiano Ronaldo is growing rapidly. Finally, Sporting Lisbon became interested in the skill of Cristiano Ronaldo and recruited him at the age of 16.

He debuted with Sporting Lisbon in October 2001. Along with Sporting Lisbon, he won 25 times and scored 3 goals.

On August 6, 2003, during the inauguration of the Estadio José Alvalade, a friendly match was played between Sporting Lisbon and Manchester United. Cristiano Ronaldo starred in the game and his club won the match with a score of 3-1.

Demikian pembahasan mengenai teks biografi yang meliputi contoh, struktur, tujuan, ciri, unsur dan kaidah kebahasaan yang digunakan. Semoga tulisan ini dapat membantu serta memberikan pemahaman yang baik.

Baca juga:  30+ Kata Kata Lucu Bahasa Minang, Bikin Hari Makin Berwarna!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Unsplash

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial 9 Bank dengan Penawaran KPR Terbaik

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki rumah idaman

Finansial
Finansial Cicilan DP Rumah Sebaiknya ke Developer atau Bank Ya?

Sekarang, bank bukan lagi menjadi satu-satunya tempat yang menawarkan uang muka tanpa bunga atau ci

Finansial
Finansial Cara Mengajukan Permohonan Keringanan Cicilan untuk KPR BTN

Membeli rumah dengan KPR, misalnya di Bank BTN membuat kamu wajib melakukan pembayaran cicilan seti

Gadget
Gadget 9 Cara Membuat PowerPoint di HP, Lengkap dan Mudah

Membuat presentasi dadakan akan sangat mudah jika dilakukan lewat HP. Hal ini dapat dilakukan tanpa

Finansial
Finansial Apakah Ada Cara KPR Rumah Bekas Tanpa DP? Ini Jawabannya

Cara KPR rumah bekas tanpa DP kini jadi incaran karena bisa jadi pilihan tepat untuk mereka yang in

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia