BlogLifestyleEdukasi2 Jenis Pakaian Adat Papua Barat Berbahan Tumbuhan
0
0

2 Jenis Pakaian Adat Papua Barat Berbahan Tumbuhan

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jul 20, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Pakaian Adat Papua Barattop-right-banner

Secara geografis, provinsi Papua Barat berada di ujung barat Pulau Papua. Provinsi di Indonesia ini berdiri sejak 18 April 2007. Jika diamati dari ciri-cirinya, budaya masyarakat provinsi Papua Barat ini sebenarnya hampir sama dengan budaya masyarakat Provinsi Papua, khususnya pakaian adat Papua Barat.

Hal tersebut terjadi karena walaupun suku-suku yang mendiami kedua provinsi ini sangat heterogen namun kedekatan masyarakatnya dengan alam tidak bisa dipisahkan. Diantara bukti kedekatan ini adalah dapat ditemukan pada baju adat Papua Barat yang mereka pakai untuk kegiatan keseharian.

Untuk mengetahui karakteristiknya, kali ini kami hadirkan pembahasan dengan tema pakaian Adat Papua Barat Lengkap, Nama, Jenis Dan Penjelasannya. Silakan menikmati.

Pakaian Adat Papua Barat

Sebutan bagi baju adat Papua Barat adalah apa yang dinamakan dengan pakaian adat Ewer. Pakaian tersebut dibuat dari bahan alam yakni jerami yang dikeringkan.

Dengan adanya pengaruh pengaruh modernisasi, pakaian adat tersebut pada perkembangannya dilengkapi dengan kain sebagai busana atasannya.

Baca juga: Pakaian adat Papua

1. Pakaian Adat Wanita

Pakaian Adat Papua Barat
Source : The Conversations

Pada Saat ini, bahan alam yang berupa jerami atau serat kering hanya dipakai sebagai busana bawahan berupa rok untuk kaum wanita. Rok ini dibuat dengan cara mengambil serat-serat dari tumbuhan kemudian dirangkai memakai tali di bagian atasnya. Rok tersebut dibuat dua lapis, lapisan bagian dalam panjangnya sebatas lutut, dan lapisan luarnya lebih pendek.

Guna memperkuat ikatan rok, dipakai ikat pinggang yang dibuat dari kulit kayu yang diukir sedemikian rupa sehingga nampak artistik. Pada umumnya motif ukiran ini cukup sederhana, yaitu motif kotak yang disusun geometris.

Sebagai busana atasan, dipakai baju kurung yang dibuat dari bahan kain beludru berhiaskan rumbai bulu pada bagian tepi lengan, leher, atau pinggangnya. Baju atasan tersebut sebenarnya merupakan pengaruh dari budaya luar dan umumnya hanya dikenakan bagi penduduk Papua Barat yang berada di wilayah kota Manokwari.

Selain berupa baju dan rok, pakaian tradisional Papua Barat bagi perempuan dilengkapi juga dengan aneka ragam aksesoris antara lain: gelang, kalung, dan penutup kepala.

Gelang dan kalung umumnya terbuat dari biji-bijian keras yang dirangkai memakai seutas benang, sedangkan sebagai penutup kepala terbuat dari bulu burung kasuari.

Baca juga: Pakaian adat NTB

2. Pakaian Adat Pria

Pakaian Adat Papua Barat
Source : Kabar Papua

Untuk kaum pria, baju adat Papua Barat yang dipakai pada masa silam jauh berbeda dengan pakaian adat yang dipakai pada saat ini. Jaman dahulu, kaum lalki-laki biasanya hanya mengenakan rok rumbai dengan cara dan bahan pembuatannya sama dengan rok yang dikenakan oleh kaum perempuan.

Pengggunaan rok rumbai oleh kaum pria tanpa dilengkapi dengan busana atasan sehingga mereka hanya bertelanjang dada.

Aksesoris Pakaian Adat Papua Barat

Ada berbagai aksesoris yang digunakan oleh pria dan wanita pada pakaian adat Papua Barat.

Baju Kurung

Pakaian adat papua barat
Source : Imuijo

Wanit di Papua Barat biasanya juga memakai baju kurung untuk aksesoris pakaian adat mereka. Baju Kurung ini juga memiliki desain yang modern yang terbuat dari serat tumbuh-tumbuhan dan bulu hewan.

Rok Rumbai

Rok Rumbai
Source : Rimba Kita

Rok Rumbai salah satu aksesoris yang juga digunakan untuk pakaian adat Papua Barat. Rok Rumbai terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Setelah serat kering, kemudian disusun berjejer dengan tali hingga membentuk tali dan diikatkan pada pinggang. Rok Rumbai biasanya digunakan oleh perempuan.

Baju Kain Rumput

Pakaian adat papua barat
Source : Rimba Kita

Jika di Papua ada Rok Rumbai, maka di Papua Barat ada baju Kain Rumput. Bentuknya sekilas mirip dengan Rok Rumbai namun baju Kain Rumput memiliki dress sebagai atasannya.

Seperti namanya, baju ini terbuat dari rumput yang telah dikeringkan dengan proses anyaman. Baju Kain Rumput ini biasanya digunakan oleh wanita.

Ikat Kepala

rumbai papua
Source : detik

Papua Barat juga memiliki aksesoris yang mirip dengan daerah lain di Papua. Seperti ikat kepala yang biasa digunakan masyarakat Papua Barat. Ikat kepala ini biasanya terbuat dari bulu burung kasuari yang memang mudah dijumpai di Papua. Bentuk ikat kepala ini seperti mahkota dengan bagian tengahnya tanpa penutup.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pakaian adat Papua Barat beserta aksesoris pelengkapnya. Semoga bisa bermanfaat untuk Pins dan bisa dijadikan referensi.

Baca juga: Pakaian adat NTT


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Grand Sharon Residence di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download