2 Jenis Pakaian Adat Papua Barat Berbahan Tumbuhan

Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ November 14, 2022 ∙ 4 menit membaca

Secara geografis, provinsi Papua Barat berada di ujung barat Pulau Papua. Provinsi di Indonesia ini berdiri sejak 18 April 2007. Jika diamati dari ciri-cirinya, budaya masyarakat provinsi Papua Barat ini sebenarnya hampir sama dengan budaya masyarakat Provinsi Papua, khususnya pakaian adat Papua Barat.

Hal tersebut terjadi karena walaupun suku-suku yang mendiami kedua provinsi ini sangat heterogen namun kedekatan masyarakatnya dengan alam tidak bisa dipisahkan. Diantara bukti kedekatan ini adalah dapat ditemukan pada baju adat Papua Barat yang mereka pakai untuk kegiatan keseharian.

Untuk mengetahui karakteristiknya, kali ini kami hadirkan pembahasan dengan tema pakaian Adat Papua Barat Lengkap, Nama, Jenis Dan Penjelasannya. Silakan menikmati.

Pakaian Adat Papua Barat

Sebutan bagi baju adat Papua Barat adalah apa yang dinamakan dengan pakaian adat Ewer. Pakaian tersebut dibuat dari bahan alam yakni jerami yang dikeringkan.

Dengan adanya pengaruh pengaruh modernisasi, pakaian adat tersebut pada perkembangannya dilengkapi dengan kain sebagai busana atasannya.

Baca juga: Pakaian adat Papua

1. Pakaian Adat Wanita

Pakaian Adat Papua Barat
(The Conversations)

Pada Saat ini, bahan alam yang berupa jerami atau serat kering hanya dipakai sebagai busana bawahan berupa rok untuk kaum wanita. Rok ini dibuat dengan cara mengambil serat-serat dari tumbuhan kemudian dirangkai memakai tali di bagian atasnya. Rok tersebut dibuat dua lapis, lapisan bagian dalam panjangnya sebatas lutut, dan lapisan luarnya lebih pendek.

Guna memperkuat ikatan rok, dipakai ikat pinggang yang dibuat dari kulit kayu yang diukir sedemikian rupa sehingga nampak artistik. Pada umumnya motif ukiran ini cukup sederhana, yaitu motif kotak yang disusun geometris.

Sebagai busana atasan, dipakai baju kurung yang dibuat dari bahan kain beludru berhiaskan rumbai bulu pada bagian tepi lengan, leher, atau pinggangnya. Baju atasan tersebut sebenarnya merupakan pengaruh dari budaya luar dan umumnya hanya dikenakan bagi penduduk Papua Barat yang berada di wilayah kota Manokwari.

Selain berupa baju dan rok, pakaian tradisional Papua Barat bagi perempuan dilengkapi juga dengan aneka ragam aksesoris antara lain: gelang, kalung, dan penutup kepala.

Gelang dan kalung umumnya terbuat dari biji-bijian keras yang dirangkai memakai seutas benang, sedangkan sebagai penutup kepala terbuat dari bulu burung kasuari.

Baca juga: Pakaian adat NTB

2. Pakaian Adat Pria

Pakaian Adat Papua Barat
(Kabar Papua)

Untuk kaum pria, baju adat Papua Barat yang dipakai pada masa silam jauh berbeda dengan pakaian adat yang dipakai pada saat ini. Jaman dahulu, kaum lalki-laki biasanya hanya mengenakan rok rumbai dengan cara dan bahan pembuatannya sama dengan rok yang dikenakan oleh kaum perempuan.

Pengggunaan rok rumbai oleh kaum pria tanpa dilengkapi dengan busana atasan sehingga mereka hanya bertelanjang dada.

Aksesoris Pakaian Adat Papua Barat

Ada berbagai aksesoris yang digunakan oleh pria dan wanita pada pakaian adat Papua Barat.

Baju Kurung

Pakaian adat papua barat
(Imuijo)

Wanit di Papua Barat biasanya juga memakai baju kurung untuk aksesoris pakaian adat mereka. Baju Kurung ini juga memiliki desain yang modern yang terbuat dari serat tumbuh-tumbuhan dan bulu hewan.

Rok Rumbai

Rok Rumbai
(Rimba Kita)

Rok Rumbai salah satu aksesoris yang juga digunakan untuk pakaian adat Papua Barat. Rok Rumbai terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Setelah serat kering, kemudian disusun berjejer dengan tali hingga membentuk tali dan diikatkan pada pinggang. Rok Rumbai biasanya digunakan oleh perempuan.

Baju Kain Rumput

Pakaian adat papua barat
(Rimba Kita)

Jika di Papua ada Rok Rumbai, maka di Papua Barat ada baju Kain Rumput. Bentuknya sekilas mirip dengan Rok Rumbai namun baju Kain Rumput memiliki dress sebagai atasannya.

Seperti namanya, baju ini terbuat dari rumput yang telah dikeringkan dengan proses anyaman. Baju Kain Rumput ini biasanya digunakan oleh wanita.

Ikat Kepala

rumbai papua
(detik)

Papua Barat juga memiliki aksesoris yang mirip dengan daerah lain di Papua. Seperti ikat kepala yang biasa digunakan masyarakat Papua Barat. Ikat kepala ini biasanya terbuat dari bulu burung kasuari yang memang mudah dijumpai di Papua. Bentuk ikat kepala ini seperti mahkota dengan bagian tengahnya tanpa penutup.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pakaian adat Papua Barat beserta aksesoris pelengkapnya. Semoga bisa bermanfaat untuk Pins dan bisa dijadikan referensi.

Baca juga: Pakaian adat NTT


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Permata Green Menganti Regency di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Pada era modern ini, berkembangnya teknologi sudah banyak sekali memberikan manfaat kepada hidup ma

Finansial
Finansial BI Rate Naik? Cari Tahu Dulu Kebenarannya! (Edisi YoY Oktober & November)

#WaktunyaBeliRumah - Apakah Pins sadar, biaya yang dikeluarkan untuk transaksi bisnis properti tida

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP 6 Jutaan, Harga Mid-Range Berasa Flagship!

Jika Pins menginginkan HP mid-range dengan kualitas flagship, maka rekomendasi HP 6 jutaan adalah j

Finansial
Finansial 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Sebagai bentuk investasi aset digital yang menjanjikan, banyak orang yang mencoba untuk mempelajari

Finansial
Finansial Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Ada banyak sekali istilah dalam dunia trading yang mungkin terdengar asing untuk kamu yang masih pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia