BlogLifestyleEdukasiPelajari Nama Nama Malaikat dan Tugasnya Berikut Ini
0
0

Pelajari Nama Nama Malaikat dan Tugasnya Berikut Ini

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Febrina Putri

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
ramadan, muslim, islamtop-right-banner

Siapa Malaikat yang tugasnya memberikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW? Pasti ingat kan, Pins? Jika kamu menjawab Malaikat Jibril selamat berarti kamu masih ingat. Di dalam Islam pernah diajarkan tentang rukun iman. Rukun iman merupakan pilar keimanan yang harus dimiliki oleh setiap umat Islam. Sejak kecil pun sudah dikenalkan dengan rukun-rukun iman ini. 

Pinhome – Rukun iman ini ada enam dan setiap umat Islam diwajibkan percaya dan mengamalkannya. Salah satunya terdapat butir yaitu percaya kepada malaikat, dan itu merupakan rukun iman yang kedua. Masih ingat tidak Pins nama-nama malaikat atau nama malaikat dan tugasnya? Jika tidak, simak berikut ini. 

Baca Juga: Ciri Ciri Desain Rumah Yang Baik Menurut Islam

Apa itu malaikat?

Tapi apakah Pins tahu sebenarnya apa pengertian dari malaikat, ada berapa jumlahnya serta tugasnya masing-masing? Kita akan ulas semuanya di artikel kali ini Pins.

Malaikat berasal dari bahasa Arab ‘malak’ yang memiliki arti pembawa pesan, bentuk jamaknya adalah ‘malaikah’. Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling taat. Malaikat diciptakan dari cahaya, tidak terlihat (kecuali atas seizin Allah), dan tidak mempunyai nafsu. Nama malaikat ada 10 dan setiap malaikat mempunyai tugasnya masing-masing. 

Baca Juga: Rangkaian Nama Bayi Perempuan Islami Yang Cantik Artinya

Nama malaikat beserta tugasnya:

  • Jibril

Malaikat Jibril mempunyai tugas untuk menyampaikan kabar gembira atau wahyu kepada manusia. Selain itu malaikat Jibril juga bertugas untuk meniupkan roh kepada janin yang masih di dalam kandungan

  • Mikail

Tugas dari malaikat Mikail adalah membagi rezeki. Seperti yang kita tahu bahwa bentuk rezeki dari Allah itu bermacam-macam baik dari materi maupun non materi. Selain membagi rezeki, malaikat mikail juga diberi izin Allah untuk mengatur angin, hujan dan tanaman.

  • Israfil

Malaikat Israfil bertugas untuk meniupkan sangkakala (terompet) di hari kiamat. Terompet ditiupkan dua kali. Tiupan yang pertama membuat terkejutnya seluruh makhuk dan menyebabkan kematian mereka. Kemudian setelah tiupan terompet yang kedua, seluruh roh akan dibangkitkan kembali ke jasad masing-masing dan inilah yang disebut dengan hari kebangkitan.

Di dalam Al-Quran surat AL-Qamar ayat 6 disebutkan bahwa malaikat Israfil menyerukan kepada sesuatu yang tidak menyenangkan di saat hari pembalasan.

فَتَوَلَّ عَنْهُمْ ۘ يَوْمَ يَدْعُ الدَّاعِ اِلٰى شَيْءٍ نُّكُرٍۙ

“Maka berpalinglah kamu dari mereka, Ingatlah hari ketika seorang penyeru atau malaikat menyeru kepada sesuatu yang tidak menyenangkan di hari pembalasan.”

  • Izrail

Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami mati. Malaikat yang mempunyai tugas untuk mencabut nyawa adalah Izrail. Jika memang sudah takdir Allah bahwa suatu makhluk sudah waktunya mati, maka sudah tidak bisa dihindari lagi dan malaikat Izrail akan melaksanakan tugasnya.

قُلْ يَتَوَفّٰىكُمْ مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ تُرْجَعُوْنَ

Artinya: “Malaikat maut yang disuruh untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan”.

  • Munkar

Setelah mengalami mati dan masuk ke alam kubur, malaikat Munkar melaksanakan tugasnya yaitu menanyai orang yang selama hidupnya selalu berbuat buruk. Wujudnya menyeramkan dan membawa godam yang digunakan untuk menghukum apabila tidak dapat menjawab pertanyaannya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِذَا قُبِرَ الْمَيِّتُ أَوْ قَالَ أَحَدُكُمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ يُقَالُ لأَحَدِهِمَا الْمُنْكَرُ وَالآخَرُ النَّكِيرُ 

 (HR At-Tirmidzi)

Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila mayat telah dikubur atau jika salah seorang kalian dikubur maka ada dua malaikat yang mendatanginya yang keduanya hitam kebiruan, diberi nama Munkar dan yang lainnya bernama Nakir.” (HR At-Tirmidzi)

  • Nakir

Tugas malaikat Nakir mirip dengan malaikat Munkar hanya saja yang didatangi adalah orang-orang yang sering berbuat baik selama hidupnya. Wujudnya lebih indah dan enak dipandang serta barangsiapa yang didatangi oleh malaikat Nakir diriwayatkan akan masuk surga.

  • Raqib

Setiap perbuatan atau amalan yang kita perbuat di dunia akan dicatat oleh malaikat. Semua perbuatan baik yang kita lakukan akan dicatat oleh malaikat Raqib untuk nantinya mendapat imbalan yang baik pula oleh Allah.

sebutkan pula dalam Al-Quran surat Al-Infithar ayat 10-12 yang berbunyi,

وَاِنَّ عَلَيْكُمْ لَحٰفِظِيْنَۙ

كِرَامًا كَاتِبِيْنَۙ

يَعْلَمُوْنَ مَا تَفْعَلُوْنَ

Artinya: “Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan”

  • Atid

Tidak hanya perbuatan yang baik saja yang dicatat, perbuatan buruk pun juga akan dicatat dan mendapat balasannya di kemudian nanti. Malaikat Atid bertugas mencatat setiap amal kebaikan manusia di dunia.

Al-Quran surat Al-Isra ayat 13 dan 14 yang berbunyi,

وَكُلَّ اِنْسَانٍ اَلْزَمْنٰهُ طٰۤىِٕرَهٗ فِيْ عُنُقِهٖۗ وَنُخْرِجُ لَهٗ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ كِتٰبًا يَّلْقٰىهُ مَنْشُوْرًا

اِقْرَأْ كِتَابَكَۗ كَفٰى بِنَفْسِكَ الْيَوْمَ عَلَيْكَ حَسِيْبًاۗ

“Dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. Dan Kami keluarkan baginya pada hari kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka. “Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu“

  • Malik

Neraka adalah tempat sebagai balasan untuk orang-orang yang sering berbuat keburukan di dunia. Disinilah malaikat Malik bertugas untuk menjaga pintu neraka.

وَنَادَوْا يٰمٰلِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَۗ قَالَ اِنَّكُمْ مّٰكِثُوْنَ

لَقَدْ جِئْنٰكُمْ بِالْحَقِّ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَكُمْ لِلْحَقِّ كٰرِهُوْنَ

Artinya: “Dan mereka berseru, “Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja.” Dia menjawab, sungguh, kamu akan tetap tinggal (di neraka ini). Sungguh, Kami telah datang membawa kebenaran kepada kamu tetapi kebanyakan di antara kamu benci pada kebenaran itu”

  • Ridwan

Berkebalikan dari tugas malaikat Malik, malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga yaitu tempat untuk orang-orang yang selalu mengamalkan kebaikan semasa hidupnya di dunia.

وَسِيْقَ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ اِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا جَاۤءُوْهَا وَفُتِحَتْ اَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوْهَا خٰلِدِيْنَ

Artinya: “Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masuklah, kamu kekal di dalamnya.”

Bagaimana Pins? Kalau ditanya anak-anak di rumah sudah bisa menjawab nama dan tugas- tugas malaikat kan? Pasti bisa, Pins. Semoga bermanfaat dan selalu terlindung dari hal- hal yang buruk. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Podomoro Park Bandung di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download