Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Diperbarui oleh Yurinda Dini ∙ December 26, 2022 ∙ 5 menit membaca

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini karena pemahaman masyarakat akan dunia cryptocurrency juga semakin tinggi. Termasuk bagaimana cara menambang Bitcoin yang tepat sehingga dapat mengurangi semua bentuk risiko yang mungkin terjadi. 

Sebenarnya, istilah mining atau menambang Bitcoin ini tidak jauh berbeda dengan bagaimana kamu memperoleh salah satu bentuk aset kripto tersebut. Jika demikian, apa arti menambang atau mining Bitcoin dan bagaimana cara menambang Bitcoin untuk pemula? 

Pengertian dan Cara Menambang Bitcoin

(EconoTimes)

Bitcoin termasuk dalam salah satu bentuk aset kripto yang memiliki peminat paling tinggi di seluruh dunia. Tidak sama seperti arti kata menambang logam atau bentuk sumber daya alam lain yang memerlukan bantuan alat berat, menambang Bitcoin justru bisa sangat sederhana dan praktis. 

Ungkapan menambang atau mining Bitcoin mengarah pada cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa memperoleh aset kripto tersebut. Sering kali, kamu harus memecahkan soal matematika yang cukup rumit. Inilah yang membuat proses untuk mendapat Bitcoin sama susahnya dengan mendulang emas 

Setiap Bitcoin merupakan file komputer yang tersimpan dalam aplikasi dompet digital. Setiap pengguna bisa melakukan jual beli atau menukarkan aset lewat e-wallet tersebut. Adapun jumlah keping Bitcoin sebenarnya cukup terbatas. Hanya ada 21 juta keping dan setidaknya sebanyak 18,84 juta keping sudah resmi menjadi milik orang lain. 

Sebenarnya, kamu bisa mendapatkan keping Bitcoin melalui banyak cara. Misalnya, membeli langsung menggunakan uang tunai, menawarkan barang dan hanya menerima pembayaran menggunakan Bitcoin, dan mendapatkan Bitcoin dengan cara menambang.  

Baca juga: 4 Teknik Trading Harian Agar Sukses!

Cara Menambang Bitcoin, Cocok untuk Pemula

Bitcoin berjalan berdasarkan koordinasi yang terjadi antara teknologi jaringan dan perangkat lunak. Proses ini berlangsung dengan bantuan banyak mesin sehingga perangkat lunak dapat berfungsi dengan baik. Gabungan dari perangkat tadi memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan semua informasi yang ada hubungannya dengan proses transaksi. 

Tak hanya itu, kombinasi tersebut juga memiliki peran dalam melakukan verifikasi pada setiap bentuk transaksi yang terjadi. Dengan begitu, sistem akan memastikan kalau tidak dapat terjadi transaksi kedua pada satu Bitcoin yang sama. Terdapat beberapa cara menambang Bitcoin yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

Pool mining atau kolam tambang

(Investopedia)

Seperti namanya, menambang Bitcoin dengan menggunakan teknik pool mining mengacu pada sekelompok orang yang ikut menambang pada tempat yang sama denganmu. Intinya, kamu bersama dengan kelompok tersebut menambang Bitcoin pada suatu pool atau kolam tambang. 

Apabila kamu berhasil menambang Bitcoin, keping aset kripto tersebut sudah pasti menjadi milikmu. Apabila kamu memiliki minat untuk mencoba menambang Bitcoin dengan cara ini, sebaiknya pilih kolam tambang yang sudah tepercaya. Sebab, proses paling awal supaya kamu bisa menambang Bitcoin di kolam adalah mendaftar terlebih dahulu. 

Kamu bisa mencoba menambang Bitcoin di beberapa kolam yang menjadi tempat populer sebagai pool mining, seperti F2Pool, BTV.com, dan KanoPool. 

Baca juga: Mari Pahami Perbedaan Investasi dan Trading!

Cloud mining

(Bitcoinist)

Cara menambang Bitcoin untuk pemula selanjutnya yang dapat kamu coba adalah teknik cloud mining. Cara ini tidak memerlukan komputasi yang canggih, sehingga kamu dapat memakai beberapa layanan menambang berbasis cloud atau awan. Misalnya, genesis mining, hashflare, atau hashing24.

Adanya layanan menambang berbasis cloud ini akan membuat pemula semakin mudah. Sebab, cara menambang Bitcoin ini tidak memerlukan ilmu khusus yang ada hubungannya dengan perangkat keras untuk menambang. Meski begitu, kamu tentu tetap wajib berhati-hati ketika memilih layanan ini karena risikonya yang cukup tinggi. 

Solo mining

(Cryptopolitan)

Solo mining menjadi pilihan lain untuk menambang bitcoin. Jika dua cara sebelumnya kamu lakukan dengan memilih perangkat yang sudah ada, cara satu ini cukup berbeda. Pasalnya, kamu harus membuat sendiri instrumen untuk menambang. Meski begitu, semua hasil yang kamu dapatkan tidak perlu kamu bagikan kepada orang lain. 

Inilah sebabnya, kamu memerlukan peranti komputer yang mumpuni, termasuk RAM, perangkat keras, motherboard, juga listrik yang mendukung. Lalu, kamu wajib menuntaskan hitungan matematika yang sangat sulit untuk bisa mendapat Bitcoin. Tak heran jika cara menambang Bitcoin ini sangat populer untuk kalangan penambang yang sudah ahli. 

Baca juga: Negara yang mengizinkan forex trading, Indonesia?

Trading

(Suara.com)

Trading menjadi cara menambang Bitcoin untuk pemula yang tak kalah populer. Teknik ini menggunakan beberapa platform trading yang memiliki penawaran transaksi dengan menggunakan Bitcoin. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu unduh untuk melakukan trading Bitcoin, seperti MinerGate, Bitzfree, Droid Miner, Eobot, dan Crypto Miner. 

Cara menambang Bitcoin melalui trading alias jual beli memang sangat mudah. Meski begitu, banyaknya platform trading membuat kamu harus lebih cermat dalam memilih yang tepat, sehingga sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu dalam mengerti semua fitur yang ada pada platform tersebut. 

Setiap cara menambang Bitcoin pasti memiliki nilai lebih dan kurangnya. Jadi, pastikan kamu memilih dengan hati-hati, Pins!

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan Insignia Oasis dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rumah KPR non subsidi boleh direnovasi? Apakah jika melakukanny

Edukasi
Edukasi Apa Fungsi Aplikasi Idebku? Berikut Cara Menggunakannya

Belum lama, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi merilis aplikasi untuk mengecek status BI checking s

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia