BlogPemilik PropertiFinansialSimak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula
0
0

Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemulatop-right-banner

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini karena pemahaman masyarakat akan dunia cryptocurrency juga semakin tinggi. Termasuk bagaimana cara menambang Bitcoin yang tepat sehingga dapat mengurangi semua bentuk risiko yang mungkin terjadi. 

Sebenarnya, istilah mining atau menambang Bitcoin ini tidak jauh berbeda dengan bagaimana kamu memperoleh salah satu bentuk aset kripto tersebut. Jika demikian, apa arti menambang atau mining Bitcoin dan bagaimana cara menambang Bitcoin untuk pemula? 

Pengertian dan Cara Menambang Bitcoin

Source : EconoTimes

Bitcoin termasuk dalam salah satu bentuk aset kripto yang memiliki peminat paling tinggi di seluruh dunia. Tidak sama seperti arti kata menambang logam atau bentuk sumber daya alam lain yang memerlukan bantuan alat berat, menambang Bitcoin justru bisa sangat sederhana dan praktis. 

Ungkapan menambang atau mining Bitcoin mengarah pada cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa memperoleh aset kripto tersebut. Sering kali, kamu harus memecahkan soal matematika yang cukup rumit. Inilah yang membuat proses untuk mendapat Bitcoin sama susahnya dengan mendulang emas 

Setiap Bitcoin merupakan file komputer yang tersimpan dalam aplikasi dompet digital. Setiap pengguna bisa melakukan jual beli atau menukarkan aset lewat e-wallet tersebut. Adapun jumlah keping Bitcoin sebenarnya cukup terbatas. Hanya ada 21 juta keping dan setidaknya sebanyak 18,84 juta keping sudah resmi menjadi milik orang lain. 

Sebenarnya, kamu bisa mendapatkan keping Bitcoin melalui banyak cara. Misalnya, membeli langsung menggunakan uang tunai, menawarkan barang dan hanya menerima pembayaran menggunakan Bitcoin, dan mendapatkan Bitcoin dengan cara menambang.  

Baca juga: 4 Teknik Trading Harian Agar Sukses!

Cara Menambang Bitcoin, Cocok untuk Pemula

Bitcoin berjalan berdasarkan koordinasi yang terjadi antara teknologi jaringan dan perangkat lunak. Proses ini berlangsung dengan bantuan banyak mesin sehingga perangkat lunak dapat berfungsi dengan baik. Gabungan dari perangkat tadi memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan semua informasi yang ada hubungannya dengan proses transaksi. 

Tak hanya itu, kombinasi tersebut juga memiliki peran dalam melakukan verifikasi pada setiap bentuk transaksi yang terjadi. Dengan begitu, sistem akan memastikan kalau tidak dapat terjadi transaksi kedua pada satu Bitcoin yang sama. Terdapat beberapa cara menambang Bitcoin yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

Pool mining atau kolam tambang

Source : Investopedia

Seperti namanya, menambang Bitcoin dengan menggunakan teknik pool mining mengacu pada sekelompok orang yang ikut menambang pada tempat yang sama denganmu. Intinya, kamu bersama dengan kelompok tersebut menambang Bitcoin pada suatu pool atau kolam tambang. 

Apabila kamu berhasil menambang Bitcoin, keping aset kripto tersebut sudah pasti menjadi milikmu. Apabila kamu memiliki minat untuk mencoba menambang Bitcoin dengan cara ini, sebaiknya pilih kolam tambang yang sudah tepercaya. Sebab, proses paling awal supaya kamu bisa menambang Bitcoin di kolam adalah mendaftar terlebih dahulu. 

Kamu bisa mencoba menambang Bitcoin di beberapa kolam yang menjadi tempat populer sebagai pool mining, seperti F2Pool, BTV.com, dan KanoPool. 

Baca juga: Mari Pahami Perbedaan Investasi dan Trading!

Cloud mining

Source : Bitcoinist

Cara menambang Bitcoin untuk pemula selanjutnya yang dapat kamu coba adalah teknik cloud mining. Cara ini tidak memerlukan komputasi yang canggih, sehingga kamu dapat memakai beberapa layanan menambang berbasis cloud atau awan. Misalnya, genesis mining, hashflare, atau hashing24.

Adanya layanan menambang berbasis cloud ini akan membuat pemula semakin mudah. Sebab, cara menambang Bitcoin ini tidak memerlukan ilmu khusus yang ada hubungannya dengan perangkat keras untuk menambang. Meski begitu, kamu tentu tetap wajib berhati-hati ketika memilih layanan ini karena risikonya yang cukup tinggi. 

Solo mining

Source : Cryptopolitan

Solo mining menjadi pilihan lain untuk menambang bitcoin. Jika dua cara sebelumnya kamu lakukan dengan memilih perangkat yang sudah ada, cara satu ini cukup berbeda. Pasalnya, kamu harus membuat sendiri instrumen untuk menambang. Meski begitu, semua hasil yang kamu dapatkan tidak perlu kamu bagikan kepada orang lain. 

Inilah sebabnya, kamu memerlukan peranti komputer yang mumpuni, termasuk RAM, perangkat keras, motherboard, juga listrik yang mendukung. Lalu, kamu wajib menuntaskan hitungan matematika yang sangat sulit untuk bisa mendapat Bitcoin. Tak heran jika cara menambang Bitcoin ini sangat populer untuk kalangan penambang yang sudah ahli. 

Baca juga: Negara yang mengizinkan forex trading, Indonesia?

Trading

Source : Suara.com

Trading menjadi cara menambang Bitcoin untuk pemula yang tak kalah populer. Teknik ini menggunakan beberapa platform trading yang memiliki penawaran transaksi dengan menggunakan Bitcoin. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu unduh untuk melakukan trading Bitcoin, seperti MinerGate, Bitzfree, Droid Miner, Eobot, dan Crypto Miner. 

Cara menambang Bitcoin melalui trading alias jual beli memang sangat mudah. Meski begitu, banyaknya platform trading membuat kamu harus lebih cermat dalam memilih yang tepat, sehingga sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu dalam mengerti semua fitur yang ada pada platform tersebut. 

Setiap cara menambang Bitcoin pasti memiliki nilai lebih dan kurangnya. Jadi, pastikan kamu memilih dengan hati-hati, Pins!

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Perumahan Insignia Oasis dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download