Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Mengenal Bunga Beras Tumpah Beserta Cara Perawatannya

Lifestyle

Mengenal Bunga Beras Tumpah Beserta Cara Perawatannya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 30 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Biasa disebut dengan tanaman Sri Rejeki, bunga beras tumpah menjadi salah satu tanaman golongan Aglaonema. Tanaman ini cocok dikoleksi untuk para pecinta tanaman hias karena cantik rupanya sekaligus berfungsi sebagai pembersih udara. Tapi apa Pins tahu bagaimana cara merawat tanaman pembawa keberuntungan ini? Simak yuk penjelasannya di bawah ini!

Pinhome – Aglaonema merupakan salah satu jenis varian tanaman hias yang cukup populer di kalangan pecinta tanaman hias. Warna yang merekah dan mempesona menjadikan tanaman sri rejeki ini dijuluki ratu tanaman hias. Mempunyai banyak nama yang menarik, tanaman sri rejeki juga disebut dengan bunga beras tumpah.

Baca Juga: Apakah Bunga Gelombang Cinta Beracun? Simak Lengkapnya Di Sini!

Tanaman beras tumpah memiliki ragam yang bervariasi di pasaran dengan keindahan ciri khas masing-masing pada daun bunganya. Semenarik itukah? Sebenarnya apa saja yang termasuk bunga beras tumpah? Dan seperti apa cara perawatannya? Mari simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini!

Jenis Tanaman Beras Tumpah

Tanaman Aglaonema memiliki keindahan yang beragam yang dapat anda jumpai di seluruh dunia. Tanaman beras tumpah ini banyak menghiasi rumah karena minim perawatannya. Tanaman beras tumpah merah dapat bertahan di suhu ruangan manapun baik dengan pencahayaan matahari maupun tanpa pencahayaan. 

Baca Juga: Mudah! Ini Dia Bagaimana Cara Merawat Taman Bunga Dengan Praktis

Tidak heran tanaman ini menjadi salah satu koleksi untuk para pemula yang masih belajar memiliki tanaman hias di rumah. Pada kesempatan kali ini, pembahasan akan mengerucut pada jenis tanaman bunga beras yang sering dijumpai di pasaran Indonesia, apa saja ya?

Aglaonema Costatum

(tokopedia.com)

Bunga jenis Costatum cukup mudah anda dapatkan di pasaran. Warna hijau pekat yang melekat dengan garis berwarna putih yang lembut, cocok menghiasi ruangan minimalis milik anda. Namun, ada hal yang perlu anda perhatikan dalam merawat bunga ini, jauhi dari hewan peliharaan anda karena dapat menimbulkan efek samping berbahaya.

Aglaonema Widuri

(tokopedia.com)

Bunga ini selanjutnya hadir dari varian widuri. Memiliki ciri khas melengkung pada daunnya, bunga widuri sangat cantik dengan bercak putih merona yang tersebar merata pada daun. Tidak hanya sampai situ, widuri putih yang terkenal juga memiliki saudara yang tak kalah menarik, yaitu bunga widuri putih tulang merah. Anda bisa melihat perbedaannya, dari bunga beras tumpah merah pada tulang daun yang sangat terlihat merona, layakya urat nadi bagi manusia.

Aglaonema Pride of Sumatra

(planterandforester.com)

Pada umumnya tanaman beras tumpah/ sri rejeki berwarna kehijauan, tapi untuk aglaonema Pride Sumatera warnanya kemerahan. Bunga ini harga jual di pasarannya cukup mahal, hal tersebut dikarenakan ciri khas nya yang berbeda dari bunga jenis lainnya. Apa Pins tertarik mengadopsinya?

Aglaonema Emerald Bay

bunga beras tumpah
(miamitropicalplants.com)

Selanjutnya ada Aglaonema jenis Emerald Bay. Mempunyai daun yang panjang dan runcing, bunga yang satu ini memiliki warna hijau yang menarik perhatian. Mayoritas warna putih pada daunnya membuat Emerald Bay berkilau. Yang tak kalah menarik, jenis bunga satu ini dapat tumbuh subur di ruangan yang minim terpapar sinar matahari.

Aglaonema Red Ruby

bunga beras tumpah
(gdm.id)

Bunga yang digadang menjadi bunga pendatang rezeki ini juga memiliki jenis lain yang tak kalah cantik, yaitu aglaonema red ruby. Bunga beras tumpah merah menghiasi daunnya yang cantik dan merona. Warna merah muda yang mencolok memberi ciri khas tersendiri dari bunga satu ini. Seru sekali bukan Pins untuk dikoleksi di rumah?

Aglaonema Lady Valentine

bunga beras tumpah
(tokopedia.com)

Berbeda dari bunga beras tumpah merah red ruby, aglaonema satu ini memiliki warna daun yang lembut dan cantik. Didominasi dengan warna daun merah muda yang lekat dengan warna pada saat hari valentine. Bunga ini dinamakan Lady Valentine. Hal yang Pins perlu ketahui, usahakan untuk merawat bunga ini di suhu yang tidak terlalu rendah, karena hal tersebut akan mengurangi warna merah muda pada daun.

Aglaonema Golden Hope

bunga beras tumpah
(pinterest.com)

Nah, terakhir ada yang menarik nih dari varian jenis bunga beras tumpah, yaitu aglaonema Golden Hope. Tanaman jenis hibrida ini mempunyai harga yang cukup tinggi di pasaran, anda pasti akan tercengang untuk mengoleksinya. Hampir 10 juta per satu pot, tanaman beras tumpah satu ini terkenal karena merupakan karya Greg Hambali, seorang bapak tanaman hias asal Indonesia yang mendedikasikan sebagian hidupnya dalam budidaya tanaman aglaonema.

Cara Perawatan Bunga Beras Tumpah

Spesies dari bunga beras tumpah memang tidak bisa dibahas satu persatu karena ragamnya yang sangat banyak. Tapi perlu Pins ketahui, perawatannya sebagian besar sama karena fungsi dari bunga tersebut satu yaitu sebagai tanaman pembersih udara yang baik di dalam rumah. Nah, sebenarnya seperti apa perawatan bunga beras tumpah yang baik?

  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung maupun udara dengan suhu yang tinggi dikarenakan akan memudarkan kilau warna dari bunga beras tumpah itu sendiri dan menjadi pucat.
  • Berbeda dari bunga jenis lainnya yang mengandalkan air sehari-hari, tanaman beras tumpah memiliki asupan air yang cukup selama musim kemarau, jadi anda cukup menyiram 2-3 kali dalam seminggu.
  • Berilah pupuk dan lakukan pembersihan hama secara rutin, ini akan merawat tanaman beras tumpah agar tidak mudah layu.
  • Gunakan tanah organik dalam budidaya tanaman beras tumpah.
  • Selalu atur kelembaban udara yang baik

Sekian mengenai tanaman bunga beras serta tata cara perawatannya. Selalu hindari dari jangkauan anak-anak ya Pins, hal tersebut dikarenakan getah bunga aglaonema dapat menyebabkan gangguan pernafasan maupun gatal-gatal di area lidah dan mulut bila tidak sengaja tertelan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel