BlogLifestyleLetak Astronomis dan Geografis Indonesia
0
0

Letak Astronomis dan Geografis Indonesia

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 14, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Letak Astronomis dan Geografis Indonesiatop-right-banner

Indonesia ini merupakan negara kepulauan terbesar yang ada di dunia ini. Letak astronomis dan geografis Indonesia sendiri berada di salah satu bagian wilayah Asia Tenggara, dengan 18.000 pulau (sekitar 12.000 pulau berpenghuni dan sekitar 6.000 pulau tidak berpenghuni).

Selain itu, wilayah Indonesia juga di lewati oleh garis khatulistiwa, sehingga membuatnya menjadi wilayah tropis. Namun taukah kamu di mana letak astronomis dan geografis Indonesia? Di bawah ini Pinhome akan menjelaskan letak astronomis dan geografis Indonesia.

Baca juga:

Letak Geografis Negara Indonesia

letak astronomis dan geografis indonesia
Source : Guru Berbagi

Letak geografis merupakan posisi yang dilihat melalui dari visual kenyataan yang ada di permukaan bumi. Ini dapat berupa keadaan lingkungan alam di suatu daerah, letak, hingga luas, dan juga bentangan alam yang ada di wilayah suatu daerah tersebut.

Dalam arti lain, bisa dikatakan sebagai letak wilayah yang didasarkan dari letak dan bentuknya di atas muka bumi. Contoh komponen bumi di antaranya, Laut, Samudera, Gurun, Benua, dan komponen bumi lain yang sejenisnya.

Dilihat dari lokasi geografis, negara Indonesia terletak antara dua Benua dan dua Samudra. Dua Benua tersebut adalah Benua Asia dan Benua Australia, dan dua Samudra tersebut adalah Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Letak geografis Indonesia tersebut tentunya sangat mempengaruhi iklim tropis di negara kita. Pasalnya, Indonesia memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim panas. Selain itu bagian Indonesia yang berada di jalur dagang tersebut menjadi wilayah yang Strategis.

Baca juga: Letak Astronomis ASEAN

Letak Astronomis Negara Indonesia

letak astronomis dan geografis indonesia
Source : Daftar Pustaka

Selain di dasarkan dengan letak geografis, Indonesia juga dapat dilihat dengan melalui letak astronomisnya. Letak astronomis Indonesia merupakan posisi suatu daerah atau wilayah yang di dasarkan dari garis bujur dan juga garis lintang.

Garis lintang sendiri merupakan garis khayal atau garis khatulistiwa yang melewati permukaan bumi dari arah barat ke arah timur. Sedangkan letak menurut garis bujur adalah garis yang dapat berpengaruh terhadap perbedaan waktu.

Letak astronomis Indonesia terletak di 6 derajat Lintang Utara – 11 derajat Lintang selatan dan 95 derajat Bujur Timur – 141 derajat Bujur Timur. Dengan wilayah astronomis Indonesia ini berpengaruh pada tiga pembagian waktu negara Indonesia ini, yaitu: 

  • Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT) yang meliputi daerah Indonesia Timur seperti Papua, Maluku, dan pulau yang ada di sekitarnya.
  • Waktu Indonesia Bagian Tengan (WITA) yang meliputi daerah Indonesia bagian tengah seperti Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan pulai yang ada di sekitarnya.
  • Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB) yang meliputi daerah Indonesia bagian barat seperti Jawa, Madura, dan wilayah yang ada di sekitarnya.

Demikianlah pembahasan tentang letak astronomis dan geografis Indonesia. Bagaimana Pins, apakah kamu sudah memahaminya? Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Seroja Asri Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download