BlogLifestyleGadget12 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Yang Patut Diketahui
0
0

12 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Yang Patut Diketahui

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Apr 11, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi tentu harus Pins kenali sebelum membelinya. Sebagai salah satu smartphone favorit banyak orang, Xiaomi tentunya menyajikan berbagai fitur yang menarik dan memudahkan penggunanya. 

Mengetahui tentang kelemahan dan kelebihan smartphone Xiaomi tentunya menjadi  informasi penting yang harus Pins pahami sebelum kamu memutuskan untuk memilih ponsel Xiaomi sebagai rekan bisnismu atau tidak. Lihat di bawah untuk detail lengkapnya! 

Jika Pins ingin membeli HP Xiaomi sebagai pendamping aktivitas sehari-hari, pastikan kamu memahami kelebihan dan kekurangannya sebelum membeli. Artikel dibawah ini menuangkan informasi kelebihan dan kekurangannya, Pins tidak akan salah memilih ponsel sebagai teman untuk beraktivitas. 

Tidak apa-apa, ini bukan rahasia lagi. Harga menjadi salah satu keunggulan Xiaomi yang tak terhitung banyaknya, sehingga banyak orang yang memilih flagship Xiaomi sebagai varian HP mereka. 

Berkaitan dengan hal tersebut, artikel ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan handphone merk Xiaomi yang wajib diketahui. Yuk simak selengkapnya.

Baca juga:17 Aplikasi Download Lagu Android Gratis

Kelebihan HP Xiaomi

Keunggulan atau kelebihan HP Xiaomi dibanding dari HP lainnya adalah didukung dari segi hardware, tampilan, Kualitas RAM, ROM, harga dan masih banyak lagi. Untuk itu, yuk cek keunggulan HP Xiaomi dibawah ini!

Kelebihan HP Xiaomi Dari Desain yang Elegan

Smartphone dan flagships Xiaomi biasanya memiliki desain yang unik dan stylish. Xiaomi tidak mencoba meniru gaya ponsel terkemuka lainnya, tetapi menciptakan gaya khasnya sendiri. 

Desain unik dan inovatif ini membuat Xiaomi lebih dikenal. Ini tentu saja menjadi keunggulan yang jelas dibanding ponsel tersebut saat dipasarkan di Indonesia.

Garansi yang Ditawarkan Oleh Xiaomi

Dari segi garansi, Xiaomi Indonesia menawarkan sesuatu yang sangat menarik. Salah satu langkahnya adalah mengaktifkan fungsi root tanpa membatalkan garansi. Tapi dengan catatan, tanpa merubah custom ROM. 

Masalah garansi lain yang menarik adalah garansi hingga 2 tahun pada beberapa ponsel Xiaomi. Ini pasti layak diapresiasi, karena merek lain biasanya hanya menawarkan garansi 1 tahun. 

Klaim garansi ini berlaku untuk handphone Xiaomi yang bergaransi resmi. Ciri-ciri HP Xiaomi bergaransi resmi biasanya ditandai dengan stiker logo bertuliskan “Garansi Resmi Xiaomi, Kami Buatan Indonesia”.

Harga Murah Menjadi Daya Tarik Tersendiri

Keunggulan ponsel Xiaomi yang paling utama tentunya adalah harganya yang murah. Hampir semua HP bertenaga dari Xiaomi ditawarkan dengan harga miring. Bisa dibilang harganya lebih murah dari HP dengan spesifikasi yang sama dari produsen lain. 

Menerapkan harga murah tersebut wajar saja mengingat segmen pasar yang dibidik Xiaomi adalah kalangan menengah ke bawah. Dalam menerapkan strategi penjualannya, Xiaomi menggunakan flash sale dengan jumlah produk yang terbatas.

Baca juga: 6 Cara Menggabungkan File PDF di HP Android

Komunitas yang Solid

Keunggulan lain dari Xiaomi adalah dukungan komunitas yang dimiliki oleh Xiaomi. Kini semakin banyak orang yang menggunakan ponsel Xiaomi, pengguna Xiaomi sudah memiliki komunitas bernama Mi Fans. 

Komunitas ini sebenarnya menjadi salah satu gimmick pemasaran Xiaomi. Seiring bertambahnya ukuran komunitas saat ini, semakin banyak orang yang setuju dengan Xiaomi. Mereka juga mampu meyakinkan lebih banyak orang untuk membentuk komunitas bernama Mi Fans. 

Melalui komunitas yang ada, Xiaomi juga menawarkan manfaat lain kepada masyarakat. Manfaat lain yang ditawarkan Xiaomi kepada anggota komunitas adalah menawarkan hadiah dan mentraktir anggota komunitas ke berbagai acara yang disediakan oleh Xiaomi. Dari semua hal tersebut, komunitas Xiaomi menjadi lebih kuat di segala bidang.

Menghadirkan Inovasi yang Tiada Henti

Xiaomi telah membuat banyak keberhasilan dalam perkembangan dunia teknologi. Itu membuat mereka terlihat dan berbicara banyak. Maka tidak mengherankan jika Xiaomi menjadi salah satu perusahaan paling inovatif di tahun 2016 (peringkat ke-35). 

Xiaomi bisa mengalahkan perusahaan besar seperti Dell, Honda, Intel dan Huawei. Diakui sebagai perusahaan  paling inovatif, Xiaomi mampu menciptakan produk yang lebih bernilai, terutama smartphone

Pengakuan Xiaomi sebagai salah satu perusahaan paling inovatif adalah alasan lain mengapa mereka terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga di belahan dunia lainnya. Inovatif bukan hanya karena metode penjualannya, tetapi juga karena hal-hal canggih lainnya. 

Contohnya adalah produk HP Xiaomi dulu memiliki desain yang membosankan dan semua serinya sama dari produk yang harganya paling murah sampai yang paling mahal. Belakangan, setiap desain ponsel semakin inovatif dan berbeda. 

Xiaomi Indonesia juga melakukan banyak inovasi. Jika sebelumnya mengandalkan penjualan online, kini Xiaomi Indonesia juga fokus pada penjualan offline. Mereka juga memiliki Mi Store dan Mi Shop yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Xiaomi Indonesia yang selalu memperkenalkan ponsel dengan harga terjangkau, telah berevolusi menembus pasar high-end. Inilah yang ditunjukkan Xiaomi mulai tahun 2020. 

MIUI yang Digunakan Begitu Eye-Catching

Kelebihan HP Xiaomi lainnya ada di hardware Xiaomi yang mendukung MIUI. MIUI adalah firmware dari Xiaomi atau bisa dikatakan itu adalah sistem operasi yang digunakan oleh Xiaomi. Firmware ini diproduksi oleh Xiaomi sendiri. Bahkan MIUI menjadi firmware yang lebih dulu dikenal sebelum Xiaomi terkenal dengan berbagai produknya. 


Secara tampilan, MIUI  sangat mirip dengan iOS pada produk Apple dan TouchWiz, produk milik Samsung. Ponsel Xiaomi banyak digandrungi karena tampilannya yang mengingatkan pada produk Samsung dan Apple. Khusus untuk remaja Indonesia yang memang mencari ponsel dengan banyak fitur namun dengan harga yang terjangkau, ponsel Xiaomi sudah pasti menjadi pilihan.

Baca juga:11 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri, Dijamin Berhasil!

Kekurangan HP Xiaomi

Namun, setiap smartphone memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelemahan HP Xiaomi bisa Pins lihat pada ulasan di bawah ini. Berikut kelemahan Xiaomi yang harus kamu simak.

Flash Sale dan Hype yang Berpengaruh Pada Harga Jual

Ponsel Xiaomi yang beredar di Indonesia selalu dijual dengan harga terjangkau sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Mereka juga sering mengadakan flash sale atau harga perkenalan saat HP pertama kali dirilis. 

Strategi Xiaomi telah bekerja dengan baik sejak lama. Yang mempopulerkan Hunger Marketing atau pemasaran yang membuat orang tertarik dengan cara menjual barang limited flash sale. 

Namun, pemasaran yang lapar ini tidak lagi digunakan secara berlebihan. Pasalnya, stok ponsel Xiaomi cukup banyak akhir-akhir ini. Namun, karena tingginya permintaan, flash sale Xiaomi selalu berjalan dengan baik. Selain itu, ada “individu” yang diuntungkan karena kehadiran ponsel Xiaomi sedang heboh. 

Seseorang membeli ponsel Xiaomi dengan harga flash sale kemudian menjualnya dengan harga 300-400 ribu lebih murah. Misalnya ada ponsel Xiaomi yang dijual secara flash sale seharga Rp 1.999.000. 

Karena minat masyarakat terhadap ponsel ini tinggi, ada orang yang memiliki peluang tertentu untuk membeli ponsel ini secara massal. Kemudian mereka menjualnya seharga Rp 2.300.000. Akibat efek ini, biasanya harga HP Xiaomi bisa normal saat hype reda dan stok HP sudah melimpah.

Harga Jual Kembali yang Rendah

Kelemahan Xiaomi selanjutnya adalah ada pada harga jual yang relatif anjlok. Meski perubahan harga sering dijumpai pada jenis merk smartphone lain, namun smartphone Xiaomi seringkali mengalami harga jual yang relatif anjlok. Inilah yang menjadi kelemahan Xiaomi, sebab harga belinya tidak seimbang dengan harga jual bahkan dapat turun drastis.

Salah satu alasan penurunan harga jual anjlok adalah karena smartphone ini seringkali mengeluarkan tipe baru yang akhirnya berpengaruh pada harga smartphone tipe sebelumnya. Penurunan harga jual bekas dengan garansi resmi biasanya sekitar 30 persen. Terlebih dengan garansi distributor, tentunya memicu penurunan harga jual yang sangat drastis.

Iklan yang Sangat Mengganggu

Ponsel Xiaomi dijual sangat murah. Namun, ini datang dengan risiko lain yaitu iklan. Selain dengan keuntungan Xiaomi yang kurang dari 10 persen, perusahaan China punya keunggulan lain. Manfaat tersebut didapat melalui adanya iklan di antarmuka MIUI. 

MIUI menambahkan iklan dengan beberapa fitur menarik. Iklan itu sendiri tidak terlalu mencolok. Iklan hanya muncul saat membuka aplikasi bawaan Xiaomi. Namun tentu saja tidak semua orang menyukai iklan. 

Beberapa orang merasa membuang-buang uang untuk membeli ponsel dengan iklan. Tentu saja, ini bisa menjadi kerugian tersendiri. 

Kabar baiknya adalah selain tidak terlihat, iklan MIUI sebenarnya dapat dihapus menggunakan beberapa metode. Metode ini relatif sederhana. Satu lagi, iklan MIUI biasanya ada di seri Redmi dan POCO. Apalagi di seri Xiaomi, iklannya sangat sedikit, hampir tidak ada. Berkat hal tersebut, seri Mi dijual dengan harga yang cukup wajar mengingat fitur yang ditawarkannya.

Baca juga: 8 Cara Menyambungkan Hp Ke TV Dengan Atau Tanpa Kabel

Overheat yang Mengganggu

Kekurangan smartphone Xiaomi juga terlihat pada faktor handphone yang cepat panas. Tentunya semua perangkat teknis mengeluarkan panas, termasuk smartphone Xiaomi. Keadaan ini bisa disebabkan oleh penggunaan baterai, RAM atau prosesor yang menyebabkan smartphone cepat panas. 

Kelemahan Xiaomi sering dirasakan oleh banyak pengguna yang mengeluhkan smartphone mereka cepat panas. Meski demikian, Xiaomi diketahui akan terus berupaya mengatasi kekurangan tersebut.

Terlalu Banyak Distributor

Kelemahan  pertama Xiaomi datang dari banyaknya distributor yang membuat pelanggan  mempertimbangkan untuk menggunakannya. Pasalnya, beberapa merek ponsel Xiaomi  Indonesia bisa saja tidak memiliki garansi resmi. Biasanya minimnya garansi resmi dari Xiaomi Indonesia karena banyak dari smartphone tersebut yang masuk melalui jalur ilegal atau tidak resmi. 

Kurangnya garansi resmi dari Xiaomi berarti Pins hanya mendapatkan garansi distributor. Selanjutnya, jika smartphone kamu mengalami masalah, maka tidak bisa diperbaiki oleh garansi resmi. Maka dari itu, untuk menghindari efek tersebut, pastikan sebelum membeli bahwa smartphone kamu benar-benar bergaransi resmi dan terpercaya.

Waspada ROM yang Menggunakan Kualitas Rendah

Kelemahan HP Xiaomi selanjutnya adalah read-only memory atau ROM berkualitas rendah. Kerugian ini biasanya menjadi risiko saat Pins membeli ponsel Xiaomi melalui dealer. Jika ROM biasanya berkualitas rendah atau palsu, maka akan menimbulkan masalah nantinya. 

Kondisi tersebut dikarenakan banyaknya minat masyarakat untuk menggunakan ponsel Xiaomi cukup tinggi, namun terkendala oleh terbatasnya jumlah ponsel Xiaomi di Indonesia. Alhasil, kondisi tersebut memungkinkan distributor untuk menggunakan ROM palsu. Jadi pastikan kamu membeli HP Xiaomi dari toko yang resmi dan terpercaya.

Nah itulah 12 kelebihan dan kekurangan Xiaomi yang perlu dipahami pengguna smartphone. Pins dapat mempertimbangkan ataupun memutuskan menggunakannya yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Featured image: mi.com

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Paramarta Regency Giwangan dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download