BlogLifestyleEdukasi30 Kata Kata Bijak Bahasa Melayu
0
0

30 Kata Kata Bijak Bahasa Melayu

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Okt 9, 2023

10 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Melayu merupakan sebutan untuk kelompok atau etnis orang-orang Austronesia. Etnis ini sangat terkenal dengan kata-kata mutiara, kata-kata bijak ataupun nasehat yang dapat memotivasi. Kata bijak bahasa melayu mungkin bisa pula memberikan harapan dan motivasi hidup dan bagaimana bersikap.

Sama halnya dengan aplikasi Pinhome yang membantumu menemukan Rumah Ekslusif. Kamu dapat memperoleh informasi terkait rumah bekas di Bogor seperti Intan Residence maupun rumah baru di Kabupaten Bekasi.

Sekilas Tentang Bahasa & Suku Melayu

budaya Melayu
Indephedia

Sebelum kita masuk kata kata bijak dalam bahasa Melayu, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai Melayu dan bahasanya, baik sejarah maupun perkembangannya. Bahasa Melayu merupakan sebuah bahasa yang digunakan dan dituturkan oleh sebagian wilayah Indonesia serta semenanjung Melayu. Beberapa daerah yang menggunakan bahasa Melayu diantaranya;

  • Sumatera
  • Bagian selatan Thailand
  • Pantai selatan Burma
  • Singapura
  • Brunei
  • Borneo

Meskipun sama-sama menggunakan bahasa Melayu, akan tetapi tidak semua bahasanya sama persis, terdapat perbedaan dan keunikan masing-masing. Selain di Indonesia dan negara-negara di ASEAN, status bahasa Melayu juga tersebar di beberapa negara, seperti;

  • Sri Lanka
  • Kepulauan Cocos
  • Afrika Selatan

Kemudian apabila digolongkan berdasarkan bangsanya, golongan Melayu setidaknya terbagi ke dalam 5 (lima) kelompok.

NoSuku Melayu
1Melayu Malaysia
2Melayu Siam
3Melayu Myanmar
4Melayu Indonesia
5Melayu Singapura

Apabila kita pecah lagi berdasarkan negara, tentu akan banyak daerah yang termasuk ke dalam suku Melayu. Belum lagi beberapa kelompok ada yang pindah ke beberapa negara di luar Asia Tenggara.

Baca juga:

Kata Kata Bijak Bahasa Melayu

Berikut quotes, kata mutiara dan kata kata bijak Bahasa Melayu untuk dijadikan motivasi dan pengingat dalam hidup. Quote berikut tak kalah dengan kata kata bijak bahasa Inggris yang memberikan hal positif.

1. Menaiki Tangga

Source : Pexels

Jika anda ingin berjaya janganlah hanya melihat anak tangga saja, akan tetapi, berusahalah untuk menaiki tangga tersebut.

Anak tangga merupakan ilustrasi dari sebuah proses untuk menuju kesuksesan. Anak tangga bisa jadi memiliki 10 tangga atau lebih, maka setiap tangganya harus dilewati.Apabila terdapat 10 (sepuluh) anak tangga, maka sebelum kita dapat mencapai anak tangga yang ke 10, harus melewati anak tangga ke-1, 2, 3 dan seterusnya.

Mustahil kita dapat langsung berada di tangga 10 tanpa melewati anak tangga sebelumnya, apalagi jika hanya melihat saja tanpa berani untuk melangkah. Ingatlah ungkapan ini untuk menjadi motivasi kerja bagi kalian. Langkah yang besar selalu dimulai dari langkah yang kecil. Setuju kan, Pins?

Baca juga:

2. Baik & Jahat

Orang baik jarang mengaku jahat, tapi orang jahat seronok mengaku baik.

Orang yang baik tidak mungkin mengakui dirinya baik karena menyadari kekurangan dirinya dan bersikap rendah hati. Salah satu kata bijak bahasa Batak menyebutkan, orang yang baik hatinya adalah orang yang malu jika perbuatannya tidak sesuai dengan perkataanya. Tapi, seringkali orang jahat menganggap dan mengaku dirinya sebagai orang baik untuk mengambil simpati dan mendapat kepercayaan orang lain.

3. Bertimbang Rasa

Hadiah yang paling berharga buat teman adalah: bertimbang rasa dan sedia memaafkan kesalahannya.

Barangkali dalam menjalin hubungan pertemanan mengalami banyak hal, termasuk di dalamnya pasang surut, hal tersebut sangatlah wajar. Cara terbaik dalam menghadapi hal tersebut adalah dengan bertimbang rasa dan bersedia untuk saling memaafkan kesalahan. Nah, kata kata bijak bahasa Melayu di atas dapat dijadikan sebagai nasehat, serta pengingat ketika kita mengalami perseteruan sesama teman.

4. Racun & Obat

Source : Rawpixel

Jangan fikirkan yang sedap saja, kadang-kadang kita kena juga telan yang pahit sebab kadang-kadang yang pahit itu ubat sedang yang sedap itu racun.

Dalam hidup ini jangan hanya memikirkan yang enak saja. Sebab, tidak semua yang enak itu baik. Pada beberapa kesempatan yang terlihat enak bahkan dapat menjadi sebuah racun. Kemudian jangan pula menganggap hal yang pahit itu buruk, sebab obat yang pahit juga baik untuk kesehatan kita. Begitupun dalam sebuah kehidupan, yang pahit belum tentu buruk.

5. Mempertajam Kapak

Mempertajam kapak seminit itu lebih baik daripada menghayun kapak yang dempak sepanjang hari.

Artinya dalam menjalani hidup sebaiknya menggunakan otak, jadi jangan sampai kita hanya menggunakan fisik saja, alangkah baiknya mengkombinasikan keduanya. Terkadang diantara kita banyak melakukan sesuatu hal dengan tergesa-gesa tanpa memikirkan apa yang akan terjadi, sehingga pada akhirnya hasil yang didapatkan tidak maksimal.

Maka untuk itu sebaiknya kita dapat belajar dari quotes bahasa Melayu di atas. Sebelum bertindak alangkah baiknya menajamkan kapak terlebih dahulu, dalam artian memikirkan dan mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Baca juga:

6. Nampak Rugi

Tak semua yang nampak rugi itu sepanjangnya rugi, kadang-kadang untung menanti di hujung.

Mungkin kita senantiasa memandang kehidupan ini soal untung rugi, padahal tidak selamanya demikian. Kita juga terkadang merasa kecewa saat berusaha keras namun belum membuahkan hasil.

Padahal tidak sedikit yang namanya hasil itu datang di ujung atau di akhir. Maka, teruslah berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan impian-impian kita. Dalam ungkapan bahasa Batak, terdapat kata bijak yang bermakna bila kita menghabiskan jatah gagal, mau tidak mau maka akan berhasil. Jadi, tetap optimis dalam menghadapi kegagalan, ya Pins!

7. Jahat & Baik

Source : Pxhere

Kalau kamu nak jahat, jahat betul-betul, biar macam Firaun, baru berbaloi masuk neraka. Kalau setakat tipu orang seratus dua lebih baik jadi baik betul-betul, sebab balasannya Syurga.

Ada saran yang sangat menarik dari kata-kata bijak bahasa Melayu yang mana apabila mau bertindak jahat maka jangan tanggung agar bisa masuk neraka.Kemudian apabila ingin menjadi orang baik, maka jangan tanggung pula agar mendapatkan surga.

Namun tentu pilihlah kebaikan sebab kebaikan tersebut akan menghantarkan kita surga dan selamat dari dunia akhirat.Untuk yang saat ini telah berusaha menjadi orang baik, tetaplah bersyukur dan terus perbaiki diri kita masing-masing, semoga suatu saat nanti kita benar-benar menjadi orang baik.

8. Pujian & Cacian

Memuji sorang sama sorang itu ampu namanya, mengeji di khalayak ramai tu cabaran namanya, sebab itu pujian adalah racun, cacian adalah penawar.

Pujian dan cacian dalam kehidupan adalah soal biasa. Sebetulnya saat dipuji kita tidak dapat apa-apa dan saat dicaci pun tidak akan ada yang hilang dari diri kita. Namun tentu tidak setiap orang bisa bersikap cuek dan bahkan beberapa diantaranya terbawa perasaan. Saat dipuji, merasa dunia ini berada di pihaknya, sedang saat dicaci atau dihina merasa terpuruk dan sedih.

Kata-kata mutiara Bahasa Melayu ini berpesan kepada kita bahwa pujian itu adalah racun, sedang cacian itu penawarnya. Sudah berapa banyak orang yang jatuh karena dipuji hingga bersikap sombong dan sudah berapa banyak orang yang tumbuh karena dicaci. Pujian itu terlihat indah, akan tetapi pada nyatanya membuat hancur, bahkan sulit untuk berkembang. Cacian itu tidak mengenakan, namun pada nyatanya dapat membuat seseorang lebih maju dan berkembang.

9. Mengumpat

Bercakap itu mudah sebab itu ramai sungguh orang melakukannya, tapi mengumpat itu lebih mudah sebab itu lebih ramai orang melakukannya.

Rasanya, ungkapan ini menyindir orang-orang yang dengan mudahnya mengumpat atau membicarakan orang lain. Biasanya hal ini banyak dilakukan oleh ibu-ibu, tapi saat ini anak muda juga mulai ikut ramai-ramai membicarakan orang lain.

10. Indah di Mata Tuhan

Biar buruk di mata orang tapi indah di mata TUHAN, tapi tentu lebih bagus kalau indah di mata TUHAN juga indah di mata orang.

Soal keburukan dan kebaikan, di dunia ini begitu banyak tipe orang, bahkan apabila kita klasifikasikan akan sangat sulit, saking banyaknya. Diantaranya ada orang yang baik dari segi spiritual dan lainnya akan tetapi di mata manusia ia terkenal buruk.

Ada juga sebaliknya di mata manusia baik namun secara spiritual kurang. Namun lebih baik bila menjadi pribadi yang baik di kedua aspek, dimana baik menurut pandangan manusia dan baik menurut pandangan agama.

Baca juga: Kata-kata Melangkah

11. Menghargai Diri Sendiri

Source : Pxhere

Usahkan bulan, kalau nak matahari pun sanggup didekati. Usahkan badan sendiri, kalau tak nak dibiarkan berdaki.

Quotes bahasa Melayu yang indah di atas berpesan kepada kita untuk senantisa merawat dan menjaga diri sendiri. Sebab apabila tidak dijaga oleh kita sendiri siapa lagi.Barangkali bertanggung jawab terhadap diri sendiri merupakan sesuatu hal yang harus diusahakan spenuh hati.

Hal ini juga menyangkut dengan titipan dari Allah. Makna ungkapan ini juga dapat ditemukan di bahasa Madura yang menyebutkan bahwa kita harus menghargai diri sendiri dulu agar dapat dihargai oleh orang lain.

12. Tisu

Jangan jadikan diri anda ibarat sekumpulan tisu-tisu kerana tugasnya adalah untuk mengesat benda -benda yang kotor.

Sebuah nasehat mengenai betapa pentingnya untuk menjaga diri dari perbuatan buruk, jangan sampai seperti tisu yang tugasnya untuk membersihkan kotoran. Hendaknya kita senantiasa melakukan kebaikan dan berada di tempat yang baik pula sehingga mental dan pikiran kita bersih.

13. Ilmu

Apabila engkau fakir, maka ilmu itu adalah hartamu. Apabila engkau kaya, maka ilmu itu perhiasanmu.

Keudukan ilmu dalam kehidupan itu amatlah mulia, orang yang fakir sekalipun dapat mendapatkan ilmu dan menjadi hartanya. Sedangkan untuk orang yang kaya, ilmu adalah sebuah perhiasan yang indah dan akan senantiasi menghiasi kehidupan. Maka dari itu alangkah baiknya kita senantiasa belajar dan menuntut ilmu dimanapun berada supaya kita menjadi orang yang mulia dunia dan akhirat.

14. Memberikan yang Terbaik

Apapun bentuk kehidupan yang dihadapi, berikan diri anda yang terbaik setiap hari.

Dalam menjalani kehidupan, sudah selayaknya kita senantiasa memberikan yang terbaik setiap harinya. Sebab ingatlah hidup itu sekarang dan saat ini.Ketika kita mampu memberikan kehidupan yang maksimal setiap harinya, maka kehidupan itu akan memberikan yang terbaik untuk kita.

15. Hal yang paling Bahaya

Bahaya yang paling berbahaya dalam hidup bukanlah saat gagal, tatapi gagal untuk mencoba lagi saat gagal.

Apakah kegagalan dalam hidup adalah hal yang biasa? Tentu saja biasa, kegagalan dan kesuksesan senantiasa beriringan. Apabila mendapatkan kesuksesan sudah sepatutnya bersyukur. Kemudian saat mendapatkan kegagalan maka bersabarlah dan bangkit kembali untuk mencoba.

Kata-kata bijak bahasa Melayu di atas bahkan menyebut bahaya ketika tidak mampu bangkit dari kegagalan, bahkan lebih bahaya dari kegagalan itu sendiri. Jadi, sangat penting untuk tetap maju dan melangkah meski sedang menemukan hambatan atau tantangan hidup.

16. Kompromi dengan Diri Sendiri

Bermufakatlah dengan diri sendiri sebagaimana anda bermufakat dengan kawan tatkala hendak menentukan arah dan tujuan.

Berkompromi tidak harus dengan kawan atau orang lain, ada kalanya kita harus berkompromi dengan diri sendiri untuk menentukan tujuan. Banyak orang yang gagal dalam hidup karena ia tidak mampu berkompromi dengan diri sendiri. Pada akhirnya mereka tidak memiliki tujuan.

Baca juga:

17. Orang Bodoh

Bukan semua orang bodoh itu bodoh, sebenarnya dia bodoh karena membenarkan dirinya untuk menjadi orang bodoh.

Barangkali bodoh itu hanya sebuah persepsi, yang sifatnya memang tidak benar-benar absolut. Akan tetapi terlalu banyak orang yang menganggap dirinya bodoh, sehingga benar-benar terlihat bodoh. Satu-satunya cara untuk menjadi tidak bodoh yaitu dengan tidak membenarkan diri tentang kebodohan tersebut.

18. Menggenggam Bara Api

Source : Pexels

Genggam bara api biar sampai jadi intan jutawan.

Kata kata bijak bahasa Melayu ini memberikan pesan kepada kita bahwa untuk menjadi seorang yang sukses dan luar biasa kita perlu mengambil resiko dan tantangan. Tantangan dan resiko dalam hal ini diibaratkan sebagai bara api, yang mana apabila digenggam tentu panas. Justru dengan berani mengambil resiko dan tantangan akan menjadikan diri menjadi seorang yang kuat dan terbiasa dengan segala hal.

19. Kerja Itu Ringan

Hampir semua kerja menjadi ringan apabila hati bahagia dan ceria.

Berat dan ringannya sebuah pekerjaan sebetulnya bukan dilihat dari pekerjaan itu apa. Melainkan dapat dilihat dari kondisi dan suasana hati. Apabila hati bahagia dan ceria, pekerjaan berat sekalipun akan menjadi ringan.

Sebaliknya, meskipun pekerjaannya nampak ringan, jika hati tidak bahagia maka akan terasa berat. Dalam melakukan segala hal, alangkah baiknya persiapkan terlebih dahulu kondisi hati. Sebab seperti yang telah kita bahas kondisi hati ini memiliki peranan penting.

20. Hati yang Bodoh

Hati seorang yang bodoh terletak pada mulutnya, tetapi mulut seorang yang bijak terletak di hatinya.

Orang yang bodoh apabila berbicara dan berkata ia tidak pernah pikir panjang, langsung ngomong. Sedangkan orang yang pintar sebelum berbicara dipertimbangkan dan dipikirkan terlebih dahulu. Mengapa dalam kata kata bijak di atas hati orang yang bodoh ada dimulut, sedang mulut orang yang pintar itu ada di hati.

21. Puncak Diri

Mengetahui keistimewaan diri ibarat berada di puncak bukit, harganya tidaklah ternilai.

Keistimewaan diri akan dapat kita ketahui setelah melalui banyak proses. Ibarat mendaki gunung, terlebih dahulu harus berjalan untuk mendakinya. Sebelum kita dapat sampai pada proses mengetahui keistimewaan diri, hal yang paling dasar ialah mengetahui dan kenal dengan diri sendiri. Setelah mengenal diri sendiri, maka proses selanjutnya baru kita akan mengetahui keistimewaan yang kita miliki, perbedaan diri kita dengan yang lain.

22. Mimpi Bisa Jadi Kenyataan

Source : Wallpaper Flare

Semua yang kamu boleh bayangkan adalah benar

Segala yang kamu bayangkan bisa jadi kenyataan. Tidak ada yang tidak mungkin jika apa yang kamu bayangkan masih realistis.

Baca juga:

23. Perbedaan Jalan Hidup

Jhanya kerana jalan saya berbeda tidak bermaksud saya tersesat

Memilih jalan yang berbeda tak jarang mendapatkan pandangan mencibir dari orang lain. Meskipun begitu bila jalanmu yang diambil membuatmu jadi lebih baik bukan berarti kamu salah atau tersesat.

24. Kebahagiaan

Kebahagiaan bukan secara kebetulan, tetapi oleh pilihan

Setiap kebahagiaan yang kamu ambil bukanlah kebetulan. Semua kebahagiaan adalah pilihanmu untuk menuju jalan tersebut,.

25. Berani Ambil Resiko

Source : Pexels

Jalan raya yang sukar sering menuju ke destinasi yang paling indah

Jalan yang sulit tak selalu menghasilkan hal yang buruk. Tak jarang jalan yang sulit ternyata ujungnya justru membuahkan keindahan atau hal-hal baik.

26. Kenali Dirimu

Anda adalah pencipta untuk masa depan anda sendiri

Siapapun dirimu saat ini yang bisa merubah masa depan adalah dirimu sendiri. Seyogyanya kamu adalah pecinta dirimu saat ini dan masa depan.

27. Makna Sahabat Sejati

Kawan sejati meletakkan anda di hadapan untuk beri lindungan

Sahabat sejati yang sebenarnya adalah mereka yang memberikan perlindungan. Bentuk perlindungannya adalah membantumu menjadikan orang yang lebih baik.

28. Kapan Seharusnya Menyerah?

Sebelum berhenti, ingat mengapa anda bermula

Menurutmu kapan sebaiknya kamu menyerah? ternyata menurut kata bijak Melayu mengatakan untuk selalu ingat alasan kenapa kamu memulai hal tersebut. Dengan begitu kamu bisa memaksimalkan upayamu dalam meraih sesuatu.

29. Cara Menjalani Hidup

Hidup anda mesti antara harapan dan kepercayaan

Dalam menjalani hidup pastikan kamu berada di antara kepercayaan dan harapan. Dengan begitu kamu tidak pernah berada di tepi jurang keputusasaan. Kamu juga tak akan mudah menyerah dan bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-harimu.

Baca juga: 15 Manfaat Hidup Rukun dalam Kehidupan Sehari-hari

30. Masa Depan

Source : Pexels

Kaedah terbaik untuk meramalkan masa depan anda adalah menciptanya

Cara terbaik untuk memprediksi masa depan ialah dengan mendesainnya sedemikian rupa agar memenuhi hal yang ingin kamu ciptakan. Walaupun masa depan terkadang tak bisa diprediksi dengan mudah namun kamu siap menghadapinya.

Demikian tulisan mengenai kata bijak Bahasa Melayu, semoga bisa bermanfaat bagi kalian dan menjadi sumber inspirasi dalam menjalani kehidupan ya Pins!

Feature Image Source: Pxfuel


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi New Abaya Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download