Cara Menghindari Sifat Sombong yang Tidak Baik untuk Diri Sendiri

Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Cara Menghindari Sifat Sombong yang Tidak Baik untuk Diri Sendiri

Cara Menghindari Sifat Sombong yang Tidak Baik untuk Diri Sendiri

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 20 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Sombong atau tinggi hati merupakan salah satu sifat yang dilarang dalam Islam. Bahkan Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa sifat  ini dapat mendatangkan banyak kemudaratan. Seseorang yang memiliki sifat sombong dalam dirinya, akan selalu merasa berkuasa atas segalanya. Maka tak heran, jika mereka kerap kabur dan menjadi angkuh. 

Pinhome – Sebagai seorang muslim yang taat, baiknya Pins menghindari sifat sombong. Di bawah ini ada beberapa cara menghilangkan sifat sombong yang dapat Pins lakukan. Walau mungkin butuh proses, setidaknya cara agar tidak sombong ini dapat membimbing Pins pelan-pelan menuju jalan Allah SWT. Berikut uraian lengkapnya. 

Baca Juga: Yuk Simak Dan Sebutkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki Abu Bakar As Siddiq

Bahaya Sifat Sombong Menurut Islam

(Pexels)

Baca Juga: Sifat-Sifat Yang Dimiliki Oleh Umar Bin Khattab Adalah Sebagai Berikut!

Sebelum membahas cara menghilangkan sifat sombong, ada baiknya jika Pins tahu dulu bahaya dari sikap tercela ini. Berikut beberapa akibat dan bahaya dari sikap sombong: 

Dibenci dan diabaikan oleh Allah SWT 

Dalam surah Luqman ayat 18, Allah SWT berfirman: 

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى ٱلْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

Artinya: “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” 

Selain itu, dalam sebuah hadis Rasulullah SAW juga bersabda yang artinya demikian: 

“Ada tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah, tidak disucikan oleh-Nya, dan baginya azab yang pedih; (yaitu) orang yang sudah tua berzina, penguasa pendusta dan orang miskin yang sombong.” – HR. Muslim.

Sombong menjadikanmu menjadi makhluk yang hina

Seseorang yang memelihara sifat sombong dalam dirinya lambat-laun akan menjadi makhluk yang hina. Sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi demikian: 

سَأَصْرِفُ عَنْ ءَايَٰتِىَ ٱلَّذِينَ يَتَكَبَّرُونَ فِى ٱلْأَرْضِ بِغَيْرِ ٱلْحَقِّ وَإِن يَرَوْا۟ كُلَّ ءَايَةٍ لَّا يُؤْمِنُوا۟ بِهَا وَإِن يَرَوْا۟ سَبِيلَ ٱلرُّشْدِ لَا يَتَّخِذُوهُ سَبِيلًا وَإِن يَرَوْا۟ سَبِيلَ ٱلْغَىِّ يَتَّخِذُوهُ سَبِيلًا ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَذَّبُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا وَكَانُوا۟ عَنْهَا غَٰفِلِينَ

Artinya: “Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di muka bumi tanpa alasan yang benar dari tanda-tanda kekuasaan-Ku. Mereka jika melihat tiap-tiap ayat(Ku), mereka tidak beriman kepadanya. Dan jika mereka melihat jalan yang membawa kepada petunjuk, mereka tidak mau menempuhnya, tetapi jika mereka melihat jalan kesesatan, mereka terus menempuhnya. Yang demikian itu adalah karena mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka selalu lalai dari padanya.” – QS Al-A’raf ayat 146.

Mereka yang bersikap sombong pintu hatinya akan terkunci dan menjadi pengikut iblis

Allah SWT akan menutup pintu hati seseorang yang senantiasa bersikap sombong. Apalagi jika ia tidak bertobat selama masa hidupnya. Selain itu, Allah SWT pun mengatakan bahwa Ia sangat membenci orang yang sombong, sehingga mereka akan menjadi pengikut iblis. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 34 yang artinya demikian:

“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.” 

Cara Menghindari Sifat Sombong

(Pexels)

Imam Al-Ghazali, seorang filsuf teologi muslim asal Persia turut membagikan cara agar tidak sombong. Ia menyebutkan bahwa terdapat enam nasihat atau cara menghindari sifat sombong. Berikut uraiannya:

  1. Jika berjumpa dengan anak-anak, maka anggaplah mereka lebih mulia daripada kita. Pasalnya, secara logika anak-anak (diasumsikan) belum melakukan dosa. 
  2. Jika bertemu orang yang lebih tua, anggaplah mereka lebih mulia daripada kita. Sebab, mereka sudah lama beribadah.
  3. Jika berjumpa dengan orang alim, anggaplah mereka lebih mulia daripada kita. Sebab, mereka telah mempelajari dan mengetahui banyak keilmuan. 
  4. Jika melihat orang bodoh, anggaplah mereka lebih mulia daripada kita. Sebab, mereka melakukan dosa dalam kebodohan, sedangkan kita melakukan dosa dalam kondisi sadar dan tahu.
  5. Jika melihat orang jahat, jangan menyombongkan diri dan menganggap bahwa kita lebih mulia daripada mereka. Pasalnya, bisa jadi suatu saat mereka menyadari kesalahannya dan bertobat. 
  6. Jika bertemu dengan orang kafir, kamu dapat berkata dalam hati mungkin suatu saat mereka akan mendapatkan hidayah dan memeluk Islam.

Selain enam nasihat di atas, Pins juga dapat melakukan beberapa cara menghindari sifat sombong berikut ini:

Lakukan muhasabah diri

Muhasabah diri atau introspeksi diri merupakan salah satu hal dasar untuk menghindari sifat sombong. Salah satu contoh perilaku yang dapat dilakukan yakni  meyakini bahwa semua yang dimiliki adalah atas kehendak Allah SWT. Jadi, Pins harus mensyukurinya. 

Perbanyak ibadah 

Bila suatu ketika Pins merasa menjadi pribadi yang sombong, maka hendaklah segera memperbanyak ibadah. Selain membuat hati lebih tenang, ibadah dapat membawa Pins kembali menyadari akan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, sehingga kamu tak lagi takabur atau sombong. 

Sejajarkan diri dengan orang lain

Poin ini mirip seperti penjelasan Al-Ghazali di atas. Dengan menyejajarkan diri dengan orang lain, maka Pins dapat menjadi pribadi yang lebih rendah hati dan tidak sombong. 

Selain itu, agaknya Pins juga perlu berhenti memikirkan kelebihan diri sendiri. Pasalnya, kebiasaan ini dapat memicu sifat sombong. 

Demikian beberapa cara menghindari sifat Sombong yang dapat dilakukan oleh Pins. Semoga mendatangkan manfaat dan berguna untuk mengatur perilaku sehari-hari. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel