Karakteristik Desain Kantor Industrial Favorit Milenial

Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ October 11, 2022 ∙ 5 menit membaca

Konsep industrial kini juga diterapkan sebagai interior kantor. Apalagi jika mayoritas karyawannya merupakan generasi milenial. Kantor industrial cocok untuk lahan kantor yang terbatas.

Ciri dari konsep industri ini terlihat jelas dari material struktu bangunan yang diekspos. Adapun karakteristik lainnya serta sejarah interior industrial ini dapat Pins simak dibawah ini !

Mengenal Interior Industrial

(Pexels)

Gaya interior berasal dari daratan Eropa yang terlihat jelas pada lantai, plafon dan dindingnya yang terekspos dan tanpa finishing. Interior ini muncul pertama kali pada 1950-an.

Bangunan yang digunakan untuk kantor industrial umumnya berupa gudang atau gedung yang belum selesai. Latar belakang kemunculannya adalah untuk efisiensi serta menyiasati keadaan.

Selain untuk area perkantoran, interior industrial sering diimplementasikan untuk cafe maupun apartemen. Salah satu tokoh terkenal yang menginspirasi gaya industrial adalah Silvio Stefani. 

Ia terkenal dengan bangunan loft Miracciolo. Ada pula Lev Lugovskoy yang terkenal dengan bangunan Midlife Crisis Loft.

Baca juga : Cara Memilih Meja Resepsionis Ergonomis Untuk Kantor

Ciri Gaya Kantor Industrial

(Unsplash)

Gaya industrial menampilkan komposisi garis dan warna yang mempertegas ruangan. Adapun ciri lainnya terlebih untuk area kantor adalah sebagai berikut :

Plafon Terbuka

Umumnya bangunan kantor memiliki palfon tertutup. Fungsi plafon disini berfungsi untuk melindungi ruangan dari debu atau kebocoran atap langsung mengenai lantai.

Berbeda dengan kantor yang mengusung konsep industrial cenderung memiliki langit-langit terbuka. Gaya industrial memang berani sehingga tidak menyembunyikan struktur langit bangunan tersebut.

Bila ada saluran pipa maka dibiarkan terekspos begitu saja. Kerangka atap terlihat jelas dan menjadi dekorasi langit-langit ini. Gaya ini mengesankan maskulinitas karena berani mengekspos tesktur dan struktur bangunan.

Pencahayaan

Untuk pencahayaan kantor umumnya memakai lampu TL yang disusun menyerupai maze. Ada pula lampu gantung di bawah plafon terbuka dengan hiasan ducting ekspos.

Sistem kabel lampu tidak disembunyikan malah dibiarkan berkeliaran bebas. Lampu neon atau gantung khas bangunan di pabrik menjadi cahaya buatan utama. 

Gaya industrial memakai jendela kaca yang besar sehingga sinar matahari masuk kedalam ruangan. Tak jarang dilengkapi pula dengan deretan tanaman gantung yang menyegarkan. 

Material grill besi menjadi bingkai luar jendela sebagai penangkal cahaya matahari agar tidak terlalu panas saat siang hari. Desain lampu dapat menggunakan garis-garis tegas dan tegak lurus sehingga terkesan modern.

Dominasi Warna Gelap

Umumnya warna dominasi dari konsep industrial adalah warna gelap. Kebanyakan memakai warna monokrom atau hitam putih. Warna elemen pembentuk ruangan ada pula yang memakai coklat tua, merah bata hingga abu-abu beton.

Keistimewaan warna gelap adalah tidak mudah terlihat kotor. Visualnya stylish dan elegan sehingga cocok untuk momen apa saja. Furniture mudah disesuaikan dengan warna dinding yang netral.

Interior desainer biasanya menambahkan rumput sintetis yang berguna sebagai penyejuk pandangan. Perabotannya memakai bahan kayu dengan gradasi yang berbeda dari cat dinding maupun lantai yang cenderung berwarna gelap.

Bahan Terekspos

Ciri lainnya dari desain industrial adalah elemen ekspos. Elemen ini dapat ditujukan dari dinding batu bata yang menghiasi ruang meeting utama. Selain itu bisa pula dinding beton maupun semen yang menjadi sekat ruangan.

Dinding juga dibuat tanpa polesan cat. Hal ini menyebabkan efek visual ruang yang aktraktif.

Lantai, Tangga & Lampu Khusus

Bila memakai tangga maka materialnya adalah metal. Misalnya besi, aluminium, ataupun kombinasi dengan kaca. Bagian bawah tangga dapat difungsikan sebagai taman zen yang memiliki filosofi kesederhanaan.

Bagian lantai memakai beton yang dipoles atau kayu parket. Lantai kayu parket terkesan berkarakter hangat, praktis dan ekonomis. Gaya industrial juga ada yang menggunakan acian, parquette maupun semen.

Furniture Upcycle dan Recycle

Perabotan upcycle dan recycle menunjukan kesan kuat dan gloomy. Upcycle adalah sebutan untuk barang bekas yang mendapatkan modifikasi baru. Sementara istilah recycle adalah proses daur ulang barang bekas yang dipakai kembali.

Keduanya mengusung konsep ramah lingkungan dan mampu menghemat budget dalam hal interior ruangan. Furniture dari barang bekas memiliki kesan unik dan cocok untuk perusahaan yang bergerak di bidang kreatif.

Baca juga :

Inspirasi Desain Kantor Industrial

Jika Pins ingin mengusung tema ini pada kantor dapat pula menyimak inspirasi dibawah ini :

Open Plan

(Unsplash)

Desain industrial dianggap cocok untuk mereka yang suka sekali minimalism. Ruangan tidak diberi pembatas antara satu ruangan dengan lainnya. Jika lahan terbatas maka mampu menghemat ruangan.

Material perabotannya ditunjang oleh bahan metal. Kesan kokoh dan kuat terlihat jelas.

Homey Cubicle

(Unsplash)

Gaya industrial dapat pula untuk tipe kantor cubicle. Setiap karyawan memiliki ruangan kerja sendiri-sendiri. Walaupun begitu terlihat jelas atap kantor terlihat jelas tanpa penutup.

Dominasi warna gelap masih ditonjolkan dan dipadu dengan ornamen kayu. Bahkan ornamen tetap mengedepankan warna aslinya. Kesan homey terasa dari furniture kayu yang mampu menciptakan suasana hangat.

Green Workspace

(Unsplash)

Konsep industrial cocok sekali dikombinasikan dengan alam. Contohnya pada desain diatas dimana penyangga atap menjadi tempat tanaman gantung. Tidak hanya pada sekat saja namun pot diletakan hingga railing tangga dari metal.

Interior industrial diatas mampu mengesankan elegan sekaligus menghidupkan ruang. Tempat kerja terasa lebih asri dan sirkulasi udara baik karena adanya tanaman yang mengeluarkan oksigen saat fotosintesis.

Kantor industrial tak hanya terkesan berani dan aktraktif. Interiornya bahkan bisa dikombinasikan dengan gradasi warna yang lebih cerah karena dominasi warna gelap untuk dinding dan lantainya.

Baca juga : Daftar Harga Lift Kantor Terbaru Beserta Kapasitasnya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Finansial
Finansial 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, Wajib Tahu!

Dalam berinvestasi saham selalu ada risiko yang mengikuti. Hal ini dikarenakan saham termasuk jenis

Finansial
Finansial 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun

#WaktunyaBeliRumah -Memiliki aset berupa tabungan atau barang bernilai ratusan juta di usia muda pa

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia