BlogLifestyleCara Ampuh Mengatasi Lampu Modem IndiHome LOS Merah!
0
0

Cara Ampuh Mengatasi Lampu Modem IndiHome LOS Merah!

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 14, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
IndiHome LOS Merahtop-right-banner

Ketika mengalami masalah lampu modem internet IndiHome LOS merah, biasanya semua layanan IndiHome tidak akan bisa digunakan. Termasuk pada jaringan WiFi, kamu tidak bisa menggunakannya untuk internetan.

Sudah jelas, hal ini tentu akan mengganggu semua aktivitas harian kamu, terlebih untuk kamu yang menggunakan layanan IndiHome untuk bekerja. Mau tidak mau, kamu harus mencari jaringan lain selama IndiHome belum bisa digunakan.

Tapi tenang, kali ini kami akan memberikan beberapa langkah untuk mengatasi IndiHome LOS merah. Semuanya akan kami urutkan dari cara yang paling mudah sampai cara yang direkomendasikan oleh pihak Telkom.

Baca juga: Cara Cek Tagihan Indihome

Penyebab Modem IndiHome LOS Merah

IndiHome LOS Merah
Source : Indihome

Sebelum melangkah ke cara mengatasi modem IndiHome LOS merah, alangkah baiknya kamu mengetahui penyebab dari masalah ini. Dengan begitu, kamu jadi lebih tahu langkah apa yang harus segera dilakukan.

Secara umum, masalah IndiHome LOS merah disebabkan karena problem modem itu sendiri, entah karena pengaturan modem salah, terdapat kabel yang bermasalah, ataupun memang sedang ada trouble dari pusat.

Di samping semua masalah umum tersebut, lampu modem Indihome LOS merah juga bisa disebabkan karena gangguan sinyal di area tersebut. Seperti yang kita ketahui, saat ini masih ada berbagai wilayah di Indonesia yang belum mendapatkan jaringan internet yang baik.

Namun, bagi penghuni rumah di Jakarta Pusat, atau area Jabodetabek lainnya, tentu hal ini tidak menjadi masalah untukmu. Pasalnya, dilansir dari Detik.com, DKI Jakarta tercatat memiliki persentase aksesibilitas internet tertinggi di Indonesia, yaitu sekitar 89,04%.

Jika permasalahannya hanya terletak pada pengaturan modem saja, kemungkinan masih bisa diperbaiki sendiri. Namun, jika masalahnya disebabkan karena trouble dari pusat, maka hanya Telkom yang bisa memperbaikinya.

Baca juga: Cara Cek Kuota Indihome Lewat Android & Web

Cara Mengatasi Modem IndiHome LOS Merah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, disini kami akan memberikan cara mengatasi lampu IndiHome LOS merah mulai dari cara mandiri sampai cara yang memerlukan teknisi IndiHome dari Telkom Indonesia.

Periksa Posisi Kabel Modem

lampu los indihome merah
Source : Pinhome

Kabel modem merupakan salah satu fokus yang harus diperhatikan ketika mengalami lampu LOS merah. Pasalnya, ketika kabel modem tidak berada pada tempat yang tepat, atau kabel tersebut longgar, maka kabel tidak akan berfungsi.

Untuk itu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah cek posisi kabel tersebut, apakah sudah berapa pada tempat yang tepat atau belum. Jika kamu tidak pernah mengubah posisinya, maka abaikan cara ini.

Selanjutnya, kamu juga harus memastikan bahwa kabel tersebut terpasang dengan baik. Maksudnya, cek kabel modem dan jangan sampai longgar. Kalau longgar, silahkan kencangkan port (konektor) kabel tersebut.

Agar lebih sempurna, rapikan juga posisi kabel dan jangan sampai ada kabel yang tertekuk. Jika terdapat kabel yang masih tersisa, silahkan ringkas kabel tersebut dengan cara menggulungnya untuk menghindari kabel tertekuk.

Setelah semuanya kamu lakukan, sekarang silahkan cek modem IndiHome. Apakah lampunya sudah berwarna hijau atau masih merah. Kalau ternyata masih merah, silahkan lanjut ke cara selanjutnya.

Baca juga: Cara Bayar Indihome Lewat M Banking BNI

Matikan dan Nyalakan Modem

modem indihome los
Source : Pinhome

Mematikan lalu menyalakan kembali modem merupakan cara yang sering direkomendasikan teknisi IndiHome dalam beberapa masalah. Apakah kamu pernah disuruh mematikan lalu menyalakan modem oleh teknisi IndiHome?

Jangan salah, cara ini memang cara yang cukup ampuh pada masalah tertentu, salah satunya adalah modem IndiHome LOS merah. Namun, tidak ada jaminan cara ini selalu berhasil karena dari segi penyebab saja bisa berbeda.

Untuk kamu yang ingin mencoba cara ini, silahkan baca panduan berikut:

  1. Perhatikan pada bagian belakang modem, kamu akan melihat tombol power.
  2. Silahkan tekan tombol tersebut (On/Off) sekali untuk mematikannya.
  3. Tunggu sampai modemnya benar-benar mati.
  4. Kalau sudah mati, nyalakan kembali dengan menekan tombol yang tadi.
  5. Selesai.

Setelah kamu berhasil menghidupkan kembali modem tersebut, kamu harus menunggu beberapa saat sampai fungsi modem berjalan sebagaimana mestinya. Silahkan perhatikan lampu LOS apakah sudah hijau atau belum.

Baca juga: Cara Berhenti Berlangganan IndiHome 2023 Secara Resmi

Hubungi Teknisi Telkom

Source : Indihome

Kalau ternyata kedua cara sebelumnya tidak ada yang berhasil, maka langkah terakhir adalah menghubungi teknisi Telkom. Cara ini adalah cara pamungkas yang pasti akan mengatasi masalah IndiHome LOS merah.

Berdasarkan pengalaman kami, permasalahan IndiHome LOS merah yang hanya bisa diselesaikan oleh teknisi IndiHome adalah sebagai berikut:

  • Kabel terputus
  • Perangkat modem bermasalah
  • Sedang ada gangguan pusat

Nah, untuk menghubungi pihak Telkom dalam rangka melakukan pengaduan terkait masalah lampu IndiHome LOS merah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kamu bisa menggunakan Twitter, Facebook, call center, email, ataupun aplikasi myIndiHome.

Jika kamu ingin melakukan pengaduan melalui email, maka berikut ini adalah cara mengadukan IndiHome LOS melalui email.

  1. Pertama, silahkan buka Gmail (bisa lewat aplikasi atau website).
  2. Setelah itu, tulis pesan dan tujukan ke customercare@telkom.co.id
  3. Pada bagian Subjek, isi dengan Modem IndiHome LOS Merah.
  4. Untuk pesannya, silahkan tulis saja sesuai keinginan kamu.
  5. Jangan lupa, sertakan pula Nomor IndiHome kamu agar teknisi bisa melakukan pelacakan.
  6. Selesai.

Setelah mengirim email, kamu tinggal menunggu teknisi datang ke rumah. Berdasarkan pengalaman pribadi, teknisi datang ke rumah 1 hari setelah email dikirim. Jadi, jika kamu mengirim email hari ini maka besok teknisi IndiHome akan tiba.

Namun, kedatangan teknisi IndiHome juga tergantung antrean dan lokasi rumahmu. Jika antrean tidak banyak dan lokasi rumahmu strategis dan mudah dijangkau seperti Kertamukti Sakti Residence yang dekat dengan akses toll, biasanya teknisi akan cepat sampai.

Baca juga: Cara Bayar Indihome Lewat M Banking BNI

Cara Meminimalisir Masalah IndiHome LOS Merah

Untuk meminimalisir terjadinya masalah IndiHome LOS merah, sebenarnya kamu cukup melakukan perawatan sederhana. Dalam artian, kamu harus rajin melakukan pengecekan pada kabel-kabel modem yang kabel fiber yang tersisa.

Hal ini berkaitan dengan kerapian dan penempatan kabel tersebut. Usahakan untuk menempatkan sisa kabel fiber (biasanya sudah digulung oleh teknisi) pada tempat yang terang, jangan tempat tersembunyi.

Berdasarkan pengalaman penulis, kabel diletakkan di tempat yang sering dilewati oleh tikus. Jadi, kabel fiber optik IndiHome diputus tikus sehingga terjadi masalah lampu modem IndiHome LOS merah dan mengakibatkan layanan tidak bisa digunakan.

Ketika kamu melihat lampu LOS berwarna merah dan kamu tidak mau ambil pusing, alangkah baiknya sesegera mungkin menghubungi teknisi IndiHome. Hal ini dilakukan agar masalah kamu segera diatasi oleh teknisi.

Hal ini karena, jika kamu mengalami masalah IndiHome LOS namun kamu tidak melaporkannya pada pihak Telkom, maka mereka juga tidak akan melakukan perbaikan. Jadi kamu wajib melaporkannya terlebih dahulu, baru teknisi akan memprosesnya.

Jika masalah utamamu disebabkan karena berada di area yang minim jaringan internet, sayangnya kami belum bisa menemukan solusi yang tepat untukmu. Namun, kami bisa merekomendasikan pilihan rumah dengan aksesibilitas internet terbaik yang bisa kamu temukan di halaman Rumah Eksklusif Pinhome.

Nah, seperti itulah cara mengatasi modem IndiHome LOS merah. Dari semua cara di atas, cara paling ampuh memang cara terakhir. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba cara 1 dan 2, karena memiliki potensi berhasil juga. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download