Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Penjelasan Lengkap Tentang Hadist Sabar dan Pemaaf

Penjelasan Lengkap Tentang Hadist Sabar dan Pemaaf

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 15 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Sebagai seorang manusia, tentu kita tak pernah luput dari kesalahan. Oleh karena itu, Allah SWT menyarankan umat muslim untuk saling memaafkan dan menjadi pribadi yang pemaaf. Seorang pemaaf umumnya memiliki sifat yang sabar dan kelapangan hati yang luas. Jadi, mereka dapat memaafkan kesalahan yang dilakukan orang lain dengan hati yang ikhlas. Yuk, simak hadist tentang perintah sabar dan pemaaf berikut ini.

Pinhome – Dalam Islam terdapat banyak hadist sabar dan pemaaf. Hadis-hadis tersebut menjelaskan pengertian maupun keutamaan sikap sabar dan pemaaf. Berikut ini adalah hadist sabar dan pemaaf yang perlu Pins ketahui. 

Hadist Sabar dan Memaafkan 

(Pexels)

Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan sikap pemaaf sejak zaman beliau ada. Sikap tersebut beliau tunjukkan dengan terus berbuat baik kepada orang yang menyakitinya. Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga selalu bersikap sabar dan tidak membalas dendam. 

Berkat kebaikan dan sifat pemaafnya, Rasulullah SAW dikenal sebagai orang yang paling baik akhlaknya. Hal tersebut disebutkan dalam hadis yang artinya demikian: 

“Adalah Rasulullah SAW orang yang paling bagus akhlaknya: beliau tidak pernah kasar, berbuat keji, berteriak-teriak di pasar, dan membalas kejahatan dengan kejahatan. Malahan beliau pemaaf dan mendamaikan,” – HR Ibnu Hibban.

Selain dalam hadist pemaaf tersebut, Allah SWT juga berfirman dalam surah Asy Syura ayat 40. Berikut bacaannya: 

وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا ۖ فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

Arab latin: Wa jazā`u sayyi`atin sayyi`atum miṡluhā, fa man ‘afā wa aṣlaḥa fa ajruhụ ‘alallāh, innahụ lā yuḥibbuẓ-ẓālimīn

Artinya: “Barangsiapa yang memaafkan dan mendamaikan maka pahalanya dari Allah SWT.” 

Sikap pemaaf ini identik dengan sabar. Biasanya, seseorang yang sabarlah yang dapat berlapang dada dan memberikan maaf dengan ikhlas. 

Surah Al-Anfal ayat 46 turut menerangkan korelasi antara sabar dan pemaaf. Berikut bacaan surahnya:  

وَاَطِيْعُوا اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ وَلَا تَنَازَعُوْا فَتَفْشَلُوْا وَتَذْهَبَ رِيْحُكُمْ وَاصْبِرُوْاۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَۚ

Arab latin: Wa aṭī’ullāha wa rasụlahụ wa lā tanāza’ụ fa tafsyalụ wa taż-haba rīḥukum waṣbirụ, innallāha ma’aṣ-ṣābirīn

Artinya:  “Dan taatilah Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang dan bersabarlah. Sungguh, Allah beserta orang-orang sabar.”

Perintah untuk sabar ini pun tertuang dalam surah Al-Baqarah ayat 153. Berikut bacaan surahnya: 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ 

Arab latin: Yā ayyuhallażīna āmanusta’īnụ biṣ-ṣabri waṣ-ṣalāh, innallāha ma’aṣ-ṣābirīn.

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Jika merujuk dari hadist pemaaf dan sabar di atas, dapat disimpulkan bahwa memaafkan ialah perbuatan yang mulai. Apalagi jika diiringi dengan sikap sabar. 

Perilaku ini disukai oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Oleh sebab itu, kita sebagai umat muslim pun mestinya belajar mengamalkannya. 

Baca Juga: Hadits Tentang Memaafkan Dan Manfaatnya

Keutamaan Sikap Sabar dan Pemaaf

hadist sabar dan pemaaf
(Pexels)

Setelah mengetahui hadis sabar dan pemaaf, kini saatnya Pins untuk tahu keutamaan dan manfaat menjadi seorang pemaaf. 

Berikut keutamaan memaafkan yang akan Pins peroleh jika menerapkannya: 

Mendapatkan pahala yang tak terbatas

Allah SWT akan memberikan ganjaran yang berlimpah kepada umatnya yang berlaku sabar dan bisa memaafkan. Hal tersebut termuat dalam surah An-Nahl ayat 96. Berikut bacaannya: 

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ وَمَا عِنْدَ اللّٰهِ بَاقٍۗ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِيْنَ صَبَرُوْٓا اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Arab Latin: Mā ‘indakum yanfadu wa mā ‘indallāhi bāq, wa lanajziyannallażīna ṣabarū ajrahum bi`aḥsani mā kānụ ya’malụn.

Artinya: “Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

Sabar dan memaafkan adalah perbuatan mulia

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Allah SWT mencintai umatnya yang berlaku sabar dan pemaaf. Bahkan, Rasulullah SAW pun dikatakan sebagai seseorang yang baik akhlaknya karena dapat menjalankan dua perilaku ini. 

Allah SWT dalam surah Asy Syura ayat 43 bersabda: 

وَلَمَنْ صَبَرَ وَغَفَرَ اِنَّ ذٰلِكَ لَمِنْ عَزْمِ الْاُمُوْرِ ࣖ 

Arab latin: Wa laman ṣabara wa gafara inna żālika lamin ‘azmil-umụr

Artinya: “Tetapi barangsiapa bersabar dan memaafkan, sungguh yang demikian itu termasuk perbuatan yang mulia.”

Diberi martabat yang tinggi saat di surga nanti 

Allah SWT menjanjikan martabat tinggi bagi setiap umatnya yang sabar dan pemaaf. Dalam surah Al-Furqan ayat 75, Allah SWT bersabda yang artinya demikian: 

“Mereka itulah orang yang dibalas dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.” 

Selain tiga hal di atas, Pins agaknya juga perlu mengetahui bahwa sikap sabar dan pemaaf ini merupakan salah satu wujud dari ketakwaan. Sebagaimana firman Allah SWT berikut:  

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

Arab latin: Allażīna yunfiqụna fis-sarrā`i waḍ-ḍarrā`i wal-kāẓimīnal-gaiẓa wal-‘āfīna ‘anin-nās, wallāhu yuḥibbul-muḥsinīn.

Artinya : “(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” – QS Ali Imran: 134.

Perilaku sabar dan pemaaf memang tak bisa dilakukan begitu saja. Namun kamu bisa mengupayakannya dengan melakukan secara perlahan. Ingatlah bahwa sikap sabar dan pemaaf ini tak hanya menguntungkanmu di akhirat, tapi juga dapat mendatangkan ketenangan batin saat diri sedang risau. 

Yuk, mulai latihan sabar supaya kita senantiasa menjadi umat yang bertakwa dan dicintai oleh Allah SWT. 

Baca Juga: Ini Dia Hadist Menjaga Lisan Dan Artinya!


Temukan pilihan rumah atau tanah di jual seperti harga tanah di Jogja terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel