Pinhome

Hadits Tentang Memaafkan dan Manfaatnya

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 13 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Baik kesalahan yang disengaja maupun tidak sengaja. Oleh karena itu, Islam mengajarkan seluruh umatnya untuk saling memaafkan. Dengan saling memaafkan maka kehidupan di dunia akan senantiasa tenang dan damai. Hal ini juga dijelaskan dalam hadits tentang memaafkan.

Pinhome – Terdapat banyak hadis tentang saling memaafkan yang dapat Pins jadikan sebagai acuan pedoman. Hadits memaafkan tersebut turut menyebutkan hukum serta keutamaannya. Selengkapnya, silakan simak ulasan hadits memaafkan dalam artikel berikut. 

Hadits Tentang Saling Memaafkan dalam Islam

(Pexels)

Rasulullah SAW senantiasa memaafkan orang-orang yang menyakiti dan membencinya. Berkat kebaikannya inilah, beliau disegani oleh kawan dan juga lawannya.

Sikap sabar dan pemaaf yang dimiliki Rasulullah SAW termuat dalam salah satu hadis yang diriwayatkan Aisyah RA. Berikut arti dari hadis tersebut: 

“Adalah Rasulullah SAW orang yang paling bagus akhlaknya: beliau tidak pernah kasar, berbuat keji, berteriak-teriak di pasar, dan membalas kejahatan dengan kejahatan. Malahan beliau pemaaf dan mendamaikan.” – HR Ibnu Hibban.

Selain hadis di atas, Allah SWT juga berfirman dalam surat Asy Syura ayat 40:

وَجَزَاءُ سَيِّئَةٍ سَيِّئَةٌ مِثْلُهَا ۖ فَمَنْ عَفَا وَأَصْلَحَ فَأَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

Arab latin: Wa jazā`u sayyi`atin sayyi`atum miṡluhā, fa man ‘afā wa aṣlaḥa fa ajruhụ ‘alallāh, innahụ lā yuḥibbuẓ-ẓālimīn.

Artinya: “Barangsiapa yang memaafkan dan mendamaikan maka pahalanya dari Allah SWT.” 

Perintah untuk memaafkan orang lain ini pun termuat dalam surah Ali Imran ayat 134. Dalam surah tersebut, Pins disarankan untuk mengambil minimal satu tindakan jika orang lain melakukan kesalahan kepadamu. Tindakan tersebut ialah menahan amarah, memaafkan, dan berbuat baik kepadanya. 

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

Arab latin: Allażīna yunfiqụna fis-sarrā`i waḍ-ḍarrā`i wal-kāẓimīnal-gaiẓa wal-‘āfīna ‘anin-nās, wallāhu yuḥibbul-muḥsinīn.

Artinya : (yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” 

Jika melihat dari hadits memaafkan di atas, perbuatan ini hendaklah menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Sekalipun (mungkin) sulit, tetapi sebagai umat muslim Pins harus belajar menerapkannya. 

Baca Juga: 20+ Pantun Minang Minta Maaf & Artinya

Keutamaan Saling Memaafkan

hadits tentang memaafkan
(Pexels)

Bagi seseorang yang disakiti, memaafkan tentu bukanlah perkara yang mudah. Walau demikian, kita harus mengerjakannya supaya dekat dengan rida Allah SWT.

Bahkan, Rasulullah SAW pun mengatakan kepada kita bahwa seorang muslim tidak boleh memutuskan hubungan dengan muslim lain lebih dari tiga hari. Dengan adanya tenggang waktu tersebut, barangkali Pins dapat menenangkan diri dan memaafkan kesalahan orang lain. 

Selain memberikan ketenangan batin, sikap saling memaafkan juga mendatangkan banyak manfaat dan keutamaan. Berikut beberapa keutamaan memaafkan: 

Dicintai oleh Allah SWT

Memaafkan merupakan salah satu perbuatan mulia yang disukai Allah SWT. Pasalnya, sikap memaafkan ini dapat memberikan ketenangan batin dan membuat persaudaran terjaga.

Oleh karena itu, Allah SWT tidak ragu untuk memberi cinta yang berlimpah kepada umatnya yang bisa memaafkan kesalahan orang lain. 

Mendapatkan pengampunan

Selain diberi limpahan berkah dan cinta-Nya, Allah SWT juga memberikan pengampunan kepada muslim yang mau memaafkan kesalahan orang lain.

Pasalnya, Dia tahu bahwa seseorang yang mampu memaafkan orang lain telah belajar menurunkan egonya. Dengan demikian, ia berhak mendapatkan pengampunan dari Allah SWT. 

Mengajarkan rasa simpati 

Ada pula efek psikologis dari saling memaafkan, yakni mengajarkan kita simpati dan empati. Jika dipupuk dengan baik, sikap ini akan mendatangkan banyak manfaat, seperti menciptakan kedamaian di lingkungan sekitar dan kehidupan sehari-hari. 

Pikiran menjadi lebih sehat

Kesulitan untuk memaafkan orang lain dapat memengaruhi Pins secara psikologis dan spiritual. Lambat-laun, sikap ini dapat memupuk dendam dan amarah yang bisa memperburuk kesehatan.

Dengan saling memaafkan, maka sikap buruk tersebut dapat dibendung. Jadi, bisa membuat pikiran lebih tenang, sehat, dan nyaman. Secara tidak langsung, hal ini pun akan memengaruhi kesehatan fisik seseorang. 

Baca Juga: Apa Arti Minal Aidin Wal Faidzin Beserta Maknanya

Cara Memaafkan Orang Lain dengan Ikhlas

hadits tentang memaafkan
(Pexels)

Memaafkan kesalahan orang lain yang pernah menyakiti kita tentu bukan perkara yang mudah. Walau demikian, Pins harus mengutamakannya supaya sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW dan firman Allah SWT. 

Jika Pins masih kesulitan untuk memaafkan orang lain, berikut ini ada beberapa tips yang dapat dipraktikkan: 

1. Ungkapkan perasaan terlebih dulu

Untuk mengurangi amarah, cobalah untuk mengungkapkan perasaan terlebih dulu. Pins dapat melakukannya dengan menuliskan kekesalan di buku harian atau mengirimkannya kepada mereka yang menyakitimu. 

Namun bila ingin dikirimkan, pastikan perasaan Pins sudah tentang supaya tidak menyulut emosi pembacanya. 

2. Akui kesalahan diri sendiri 

Sebelum menaruh amarah kepada orang lain, Pins baiknya berintrospeksi diri agar tidak menjadi orang lain sebagai ‘korban’. Akuilah kesalahan diri sendiri dulu, karena barangkali kamu pun juga tak sengaja berbuat salah kepada mereka (yang menyakitimu). 

Dengan mengakui kesalahan tersebut, maka Pins pelan-pelan akan mampu memberikan maaf kepada orang lain. 

3. Berkomitmen pada diri sendiri 

Pins perlu membuat komitmen pada diri sendiri untuk melepaskan semua masalah yang membuat hati tidak tenang. Salah satu caranya yakni dengan memaafkan kesalahan orang lain. Pasalnya dalam ketidakmampuan memaafkan tersebut biasanya terdapat amarah dan dendam yang disimpan. 

Nah, demikian tadi hadits tentang saling memaafkan. Semoga bisa menjadi panduan dalam berperilaku sehari-hari.

Baca Juga: Baca Ini Sebagai Doa Awal Tahun Dan Akhir Tahun Yang Mujarab


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Kumpulan Ucapan Selamat Imlek yang Penuh Harapan

Tahun Baru Imlek jadi salah satu momen yang ditunggu oleh keluarga Tionghoa. Pada waktu ini, mereka

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 15 Kombinasi Cat Ruang Tamu 2 Warna yang Serasi

Desain warna untuk tampilan ruang tamu memang sebagian besar berwarna senada. Namun, apa jadinya bi

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Kasur King Koil Terbaru

Ada banyak hal yang perlu disiapkan sebagai investasi kenyamanan seseorang. Salah satunya adalah da

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Ide Desain Ruang Tamu Modern dan Simple

Masih saja bingung, menata ruang tamu menjadi ruangan yang menarik dan nyaman? Desain ruang tamu mo

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 7 Desain Rumah Pintu 2 Dari Klasik Hingga Modern

Desain rumah pintu 2 bisa jadi pilihan untuk membuat interior ruangan semakin unik. Desain pintu se

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia