Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ini Dia 10 Jenis dan Fungsi Piring yang Perlu Kamu Ketahui

Lifestyle

Ini Dia 10 Jenis dan Fungsi Piring yang Perlu Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 24 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Jika dilihat secara detail, mungkin kamu sering melihat bentuk piring yang bermacam-macam. Mulai dari yang berbentuk cekung, datar dan masih banyak lagi. Piring-piring ini memang digunakan untuk sebagai wadah makanan. Namun tahukah Pins kalo piring-piring ini berbeda jenis dan fungsinya? Ya, beragam bentuk ini menandakan bahwa piring-piring ini berbeda jenis dan fungsi. Jadi Pins tidak bisa sembarangan menggunakannya. Bukan tanpa alasan, karena bentuk piring mempengaruhi fungsi piring itu sendiri. 

Pinhome – Tidak jarang orang kesulitan membedakan jenis-jenis piring bahkan sampai-sampai salah menggunakan piring untuk jenis makanan tertentu. Bagi Pins yang penasaran tentang jenis-jenis piring dan fungsinya, tenang! Kali ini Pinhome akan membagikan informasi tentang 10 jenis dan fungsi piring yang perlu kamu ketahui lewat ulasan di bawah ini.

Appetizer Plate

(Pinterest)

Appetizer plate atau yang disebut juga dengan piring appetizer adalah piring yang digunakan sebagai wadah makanan appetizer atau makanan pembuka. Piring ini mirip sekali dengan bread and butter plate, hanya saja ukuran piring makan appetizer ini berukuran lebih besar. 

Namun karena sebagai wadah makanan pembuka, piring ini digunakan untuk menempatkan hidangan dengan porsi yang tidak terlalu besar. Hal ini karena makanan pembuka umumnya tidak berjumlah terlalu banyak sehingga membutuhkan piring dengan ukuran sedang.

Dinner Plate

(Pinterest)

Fungsi piring yang satu ini adalah untuk menu makanan main course atau hidangan utama. Bentuk piring ini adalah lingkaran dengan ukuran piring makan yang besar sekitar berdiameter 26 cm. Namun meski begitu, dinner plate ini terbagi menjadi dua bentuk piring, yaitu datar dan cekung dengan kegunaan piring yang sama. 

Ukuran piring dinner yang sering digunakan ini adalah ukuran 8, 9, 10, 11 dan 11. Namun kebanyakan orang menggunakan dinner plate berukuran 9.

Dessert Plate

(Pinterest)

Piring ini adalah piring yang digunakan sebagai wadah makanan penutup. Bentuk piring dessert ini adalah bulat dengan ukuran diameter sekitar 18 cm. Piring ini biasanya digunakan untuk meletakkan dessert yang digunakan sebagai makanan penutup. Piring ini memang tidak terlalu besar, namun ukuran yang pas ini mampu menampung satu porsi makanan penutup dengan baik.

Salad Plate

(Pinterest)

Seperti namanya fungsi piring ini adalah sebagai wadah salad. Jenis piring salad ini memiliki bentuk bulat dengan dua jenis ukuran, yaitu diameter 22 cm dan 20 cm. Meski mirip dengan piring bread and butter namun salad plate ini memiliki ukuran yang lebih besar kok! Jadi kamu akan lebih mudah mengenalinya. Dengan ukuran yang sedang ini juga membuat salad kamu lebih terjaga sehingga tidak mudah tumpah dan berantakan.

BnB Plate

(Freepik)

BnB Plate atau yang disebut juga dengan bread and butter plate adalah jenis piring yang digunakan sebagai wadah untuk menyajikan roti dan mentega. Piring ini juga disebut dengan side plate atau quarter plate karena sering diletakkan di sebelah kiri garpu. Ukuran piring makan ini memiliki diameter 15 cm.

Soup Plate

(Pinterest)

Soup plate adalah jenis piring yang digunakan sebagai wadah untuk menyajikan sup. Piring ini berbentuk bulat seperti piring lainnya. Hanya saja bentuk piring ini lebih cekung dari pada piring biasanya. Seperti fungsinya, piring ini mirip mangkuk. Soup plate sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu soup plate formal dan informal. Pada soup plate formal biasanya bentuk piring akan lebih rendah.

Fish Plate

(Pinterest)

Fungsi piring ini adalah sebagai wadah untuk menyajikan menu makanan ikan. Mungkin Pins juga sering menemuinya di tempat makanan yang menjual menu masakan berbahan ikan. Umumnya piring ini berbentuk oval dengan berbagai ukuran. Jika ukuran ikan cukup besar, maka ukuran fish plate juga harus mengikuti ukuran ikan. Hal ini guna memudahkan Pins saat makan agar tidak berantakan.

Saucer

(Pinterest)

Saucer adalah jenis piring yang tidak digunakan untuk menyajikan makanan. Melainkan fungsi piring ini sebagai tatakan. Ukurannya pun hanya berdiameter 14 cm karena sebagai alas piring lain seperti soup plate agar sup tidak tumpah dan berantakan. Piring ini biasanya juga digunakan di restoran terutama restoran dengan konsep fine dining.

Platter Plate

(Pinterest)

Jika Pins pecinta sushi, mungkin kamu sudah sering menemui jenis piring yang satu ini. Piring ini berukuran besar dan panjang yang muat untuk makanan porsi besar. Platter plate adalah piring dengan ukuran piring makan yang cukup besar. Hal ini karena platter plate digunakan sebagai wadah untuk meletakkan dengan porsi besar. Piring ini juga digunakan di restoran sebagai wadah berbagai jenis makanan.

Charger

(Pinterest)

Charger adalah jenis piring yang memiliki pinggiran dekoratif. Ukurannya pun cukup besar dengan diameter sekitar 33 cm. Bahkan piring ini disebut-sebut sebagai piring terbesar. Mirip dengan fungsi saucer, piring charger ini digunakan sebagai tatakan dan dekorasi meja makan. Namun piring ini juga bisa digunakan sebagai piring salad atau appetizer.

Itulah 10 daftar dan jenis piring yang perlu Pins ketahui. Semoga dengan informasi di atas, bisa menambah wawasan kamu mengenai jenis-jenis serta fungsi piring yang cukup banyak ini. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel