BlogLifestyleTeknologiYuk Desain Amplop Lebaran Tinggal Print Word Mudah Banget!
0
0

Yuk Desain Amplop Lebaran Tinggal Print Word Mudah Banget!

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Momen bagi-bagi THR saat lebaran selalu ditunggu oleh anak-anak apalagi dari kerabat yang jauh dari kampung halaman seperti tinggal di Jakarta dan lainnya. Untuk memberikan kesan elegan, THR akan dimasukan ke dalam amplop yang lucu-lucu. Kesannya THR yang diberikan akan sangat elegan walaupun terkadang isinya tidaklah seberapa (yang penting ikhlas ya Pins). Sayangnya tidak semua memiliki desain amplop lebaran tinggal print word tersedia.

Biasanya ketidakcocokan desain amplop lebaran tinggal print word terletak pada desainnya yang tidak sesuai dengan karakteristik si pemberi. Untuk itu opsinya hanya ada dua, pesan kepada pencetak atau membuat desain sendiri menggunakan bermacam-macam tools. Beberapa yang bisa dan sering dimanfaatkan oleh para pembuat desain amplop lebaran tinggal print word adalah memanfaatkan aplikasi Canva dan juga Microsoft Word. 

Untuk Pins yang ingin mencari Rumah Ekslusif seperti Ruma Prana, Britania Green Resort dan lainnya pilihannya cuman satu yakni lewat Pinhome.

Tutorial Membuat Amplop Lebaran di Canva

Source : Pexels

Canva sendiri merupakan aplikasi desain gratis dimana pengguna bisa menggunakannya untuk bermacam-macam desain. Tidak hanya desain amplop lebaran, pada aplikasi Canva pengguna bisa dengan mudah membuat poster, kartu ucapan dan konten visual lainnya. Desainnya juga mudah diganti sesuai keinginan (warna, penambahan elemen ornamen dsb) 

  • Cara Memakai Canva:
  1. Langkah 1: Tentu saja mendownload aplikasi Canva di Play store. Tenang saja ukuran dari aplikasi ini tidak besar jadi tidak terlalu memakan ruang smartphone sobat Pins
  2. Langkah 2: Sobat Pins bisa registrasi melalui akun Google, Facebook atau email lainnya
  3. Langkah 3: Mulai mendesain amplop lebaran sesuai keinginan.
  • Mendesain dengan Canva juga sangat mudah. Sobat Pins bisa mulai mendesain dengan mengikuti step by step berikut ini:

Step 1: Buka Aplikasi dan pilih ikon (+) yang berada di bagian bawah tengah.

Source : Screenshot Canva

Step 2: pilih opsi menu Instagram Post (Square)

Step 3: Sobat Pins akan diarahkan ke jendela untuk mendesain. Disini Pins akan berkesempatan mengembangkan kreativitasnya. Langkah krusial adalah membuat desain amplop lebarannya. Caranya dengan menambahkan elemen square di jendela desain.

Source : Screenshot Canva

Step 4: jika elemen kotak sudah terlihat sesuaikan membentuk persegi panjang. Disini Pins cukup tarik saja kursor di bagian tengah dan bawah. Sesuaikan saja menurut keinginan Pins.

Step 5: Sesuaikan dengan warna yang disukai oleh Pins. Lalu buat duplikat dari gambar persegi panjang tadi. Beri warna yang berbeda pada gambar yang diduplikasi. 

Step 6: duplikasi ini berguna untuk menempelkan lem saat amplop lebaran di rangkai. Jadi buat 3 duplikasi lagi untuk bagian atas dan bawah. Posisikan duplikasi di posisi backward. Buat duplikasi lagi dan letakan di samping.

Source : Screenshot Canva

Duplikasi di bagian atas bisa dirubah menggunakan menu shape. Pilih yang sesuai keinginan, disini menggunakan menu lingkaran.

Bagian yang tengah merupakan bagian belakang sedangkan sisi sebelah kanan adalah bagian depan. Jadi mari mulai mempercantik tampilan dari amplop lebaran kita.

Step 7 Pins bisa klik tanda panah yang ada di bagian kiri bawah. Pilih menu element lalu cari di kolom pencarian keyword yang menggambarkan mengenai hari lebaran. Asah kreativitas Pins di bagian ini, Canva memberikan jutaan pilihan untuk berekreasi.

Source : Screenshot Canva

Step 8 Pilih ikon download di bagian atas sebelah kanan. Ikon ini akan langsung mendownload hasil kreasi Pins ke dalam bentuk JPG dan menyimpan ke galeri. 

Step 9 Yeey desain Pins sudah bisa dicetak. Pins bisa mengirimkan desain tersebut ke pencetakan atau bisa langsung mengcetak sendiri dengan menggunakan bantuan Microsoft Word.

Baca juga:

Cara Print Envelope di Word

Mencetak desain amplop lebaran tinggal print word itu sangatlah mudah. Bahkan lewat aplikasi word di smartphone Pins bisa menata dan mencetaknya secara langsung lho. Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Pins tentu saja harus menginstal aplikasi word. Bisa di download di app store atau play store milik android. 

Langkah 2: Buat dokumen baru. Masuk menu Layout, atur margin menjadi narrow dan size kertas dengan ukuran legal. As always manfaatkan semua space agar maksimal.

Source : Screenshot Word

Langkah 3: insert photo dari galeri. Sebelum masuk ke dalam dokumen Pins akan disediakan menu untuk crop gambar (jika gambar terdapat elemen yang tidak diperlukan bisa dipotong sesaat sebelum foto masuk ke dalam dokumen). Setelah foto berhasil masuk ke dokumen, pins bisa masuk menu wrap text (klik gambar terlebih dahulu) pilih menu through (gambar akan bisa dipindahkan sesuka hati).

Source : Screenshot Word

Langkah 4: Atur ukuran dari amplop lebaran yang ingin dicetak. Untuk ukuran amplop lebaran ini yaitu 15 cm x 12.83 cm termasuk ke dalam ukuran yang sedang. Jika menginginkan ukuran yang lebih besar atau lebih bisa disesuaikan pada menu size gambar.

Langkah 5: apabila memiliki printer yang langsung terhubung dengan smartphone amplop lebaran ini bisa langsung dicetak dan tidak perlu mengunduhnya dalam bentuk pdf.

Source : Screenshot Word

Berkarya menghasilkan desain amplop lebaran lucu sekarang ini bukanlah hal yang sulit. Bahkan hanya mengandalkan smartphone yang dimiliki, desain-desain untuk menyambut lebaran bisa langsung dibuat tanpa menggunakan laptop/komputer. Hanya perlu mengunduh aplikasi Canva dan Word saja, desain sesuai keinginan hati bisa dihadirkan. Desain amplop lebaran tinggal print word dan voila amplop untuk THR untuk anak-anak sudah jadi, gampang sekali bukan?

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat Datang saat Menyambut Tamu

Featured image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Panorama Bekasi Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download